Bung Karno dan Lembar Hitam Romusha

BK romusha

Romusha adalah catatan hitam seorang Sukarno. Ribuan bahkan ratusan ribu nyawa rakyat Indonesia yang begitu mencintai Bung Karno, mati dengan cara mengenaskan akibat sistem kerja paksa yang kejam zaman pendudukan Jepang. Ironis, karena justru Bung Karno yang ditugasi Jepang mendata dan “merayu” rakyatnya memasuki ranah kerja paksa yang mengerikan itu.

romusha asal Indonesia di BurmaBung Karno, dalam biografi yang ditulis Cindy Adams, mengakui itu semua dengan hati remuk. Bung Karno tahu para romusha yang dikirim ke Burma, hampir 99 persen mati. Ada yang mati kelaparan, mati disiksa, mati dipenggal kepalanya, mati di dalam gerbong kereta tertutup yang berisi ribuan romusha. Mereka dipaksa bekerja hingga tinggal kulit pembalut tulang.

Inilah pernyataan Bung Karno tentang romusha: “Sesungguhnya akulah –Sukarno– yang mengirim mereka kerja paksa. Ya, akulah orangnya. Aku menyuruh mereka berlayar menuju kematian. Ya, ya, ya, ya akulah orangnya. Aku membuat pernyataan untuk menyokong pengerahan romusha Aku bergambar dekat Bogor dengan topi di kepala dan cangkul di tangan untuk menunjukkan betapa mudah dan enaknya menjadi seorang romusha. Degn para wartawan, juru potret, Gunseikan –Kepala Pemerintahan Militer- dan para pembesar pemerintahan aku membuat perjalanan ke Banten untuk menyaksikan tulang-tulang-kerangka-hidup yang menimbulkan belas, membudak di garis-belakang, itu jauh di dalam tambang batubara dan tambang mas. Mengerikan. Ini membikin hati di dalam seperti diremuk-remuk.”

Bung Karno bukannya tidak menuai protes.  Lima mahasiswa kedokteran yang juga aktivis pergerakan segera mendatangi Bung Karno, sesaat setelah gambar Bung Karno bersama romusha dan terkesan mendukung romusha tersebar di mana-mana. “Nampaknya Bung Karno tidak dipercayai lagi oleh rakyat. Cara bagaimana Bung Karno bisa menjawab persoalan romusha?” seorang mahasiswa membuka percakapan yang menegangkan.

romusha-01b

Bung Karno menjawab, ada dua jalan untuk bekerja (menuju Indonesia merdeka). Pertama dengan tindakan revolusioner, yang menurut Bung Karno, kita belum siap. Jalan yang kedua adalah dengan bekerja-sama dengan Jepang sambil mengkonsolidasikan kekuatan dan menantikan sampai tiba saatnya ia (Jepang) jatuh. Saya mengikuti jalan kedua. Begitu kata Bung Karno.

Tidak puas dengan jawaban Bung Karno, mahasiswa lain menimpali, “Tapi kenapa Bung Karno sampai hati memberikan rakyat kita kepada mereka?”

Jawab Bung Karno, “Dalam setiap perang ada korban. Tugas dari seorang Panglima adalah untuk memenangkan perang, sekalipun akan mengalami kekalahan dalam beberapa pertempuran di jalan. Andaikata saya terpaksa mengorbankan ribuan jiwa demi menyelamatkan jutaan orang, saya akan lakukan. Kita berada dalam suatu perjuangan untuk hidup….”

tuguromushaDalam dialog yang lebih lunak Bung Karno menjelaskan, langkah “kooperatif” dengan Jepang adalah untuk menjaga kepercayaan Jepang kepadanya sebagai pemimpin. Dan Sukarno tahu betul, saat itu sudah sangat dekat dengan pintu gerbang kemerdekaan. Terlebih setelah ia dan Hatta diterima Kaisar Tenno Heika, dan mendapat sinyal tentang dukungan Kaisar Jepang terhadap kemerdekaan Indonesia.

Akan tetapi, yang jelas Bung Karno banyak menuai kritik, hujatan, cacian, hinaan, dan berbagai tudingan negatif  ihwal romusha. Bahwa kemudian berbagai kritik dan hujatan itu memudar, karena yang dikatakan Bung Karno memang benar. Setahun setalah “tragedi” Romusha, ia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Melepaskan derita rakyat Indonesia dari penjajahan laknat Belanda yang 3,5 abad, dan menyingkirkan penjajahan Jepang terkutuk yang 3,5 tahun. (roso daras)

About these ads
Published in: on 3 Juni 2009 at 17:44  Comments (32)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2009/06/03/bung-karno-dan-lembar-hitam-romusha/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

32 KomentarTinggalkan komentar

  1. Indonesia merdeka bukan pemberian Jepang. Jadi selama ini bangsa kita tertipu, menuruti semua kemauan Jepang, dengan harapan merdeka, lha wong kita merdeka karena Jepang dibom oleh Amerika Serikat kok. Jd kita merdeka krn kehendak Allah bukan karena Jepang.

    • berarti kita di jajah belanda dan jepang juga karena kehendak Allah? bukan kehendak Jepang dan Belanda

      • pasti, Ia, mencoba kita, dan kita kuat.. menunjukkan bahwa Indonesia bangsa yang kuat bukan?

  2. Yup…Indonesia merdeka karena murni perjuangan Rakyat Indonesia…kemerdekaan dapat diraih dengan kucuran keringat dan darah…dan karena Rahmat dari Allah tentu saja…

    • Saya dukung 100%

  3. Kagak ada yang lebih lengkap GITU …………..

    MASA INI DOANK CAPEK DEH !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • Tidak usah menyela, kalo tidak puas cari referensi sendiri. Di internet pasti banyak pro & kontra. Tinggal anda mau pilih yang mana. Ikuti kata hati anda dan selami lebih lebih dan lebih….sebuah ilmu tak akn pernah ada habisnya.
      salam

  4. manteb bro…
    pengetahuan bwt bangsa indonesia jg,,selama ini yg kita ketahui romusha adalah buatan jepang..

    klo ada referensi tambahan ttg lembar hitam sukarno dan romusha kirim2 lg bro,,
    tq

  5. Kembali Kekalahan Jepang Kualat akibatnya Bom Atom Meledakan Kota Hirosima Dan nagasaki akibat Tentara Jepang Membuat Sensara Rakyat Indonesia

    Komandan Militer

  6. Gerakan Membangun Kota Indonesia Zaman Jepang

  7. Anda berarti bukan jiwa Patroitisme

  8. beruntung kita hidup di jaman sudah merdeka om….
    tetapi terkadang banyak cecunguk biadab yang menyalah gunakan kekuasaan dan menguras habis bumi INDONESIA demi pemuasan udel mereka semata ^_^

    mungkin BUNG KARNO menangis kalo tau akan hal ini
    CMIIW

  9. Bung Karno bertujuan baik. lebih dari itu, dia berani.
    Jika berbicara romusha, Tan Malaka adalah orang yang saat itu menyelami romusha Banten. dialah orang yang keras menentang jalan diplomasi. apapun bentuknya.

  10. kahihan saya melihat bung karno

  11. dari dulu sampai sekarang NKRI model pemimpinnya tutur tinular yang tidak ada ketegasan dan keberanian, yang membentuk pribadi diktator awur2an & keblinger (raja tega)

  12. sejarah untuk senjata melangkah ke depan saudaraku….. apapun itu, ambil sisi baiknya… buang sisi buruknya…. semoga kemerdekaan ini bisa membawa bangsa menuju kepada kemandirian dan kesejahteraan bangsa

  13. kita harus bangga memiliki seorang pahlawan kemerdekaan seperti Soekarno…karna ialah sang pencerah tanah air kita Indonesia, dengan segala pengorbanannya..

  14. salam kenal

  15. tiada seorang pun dibolehkan merampas hak kehidupan seseorangu biarpun dia seorang pemimpin kalau itu terjadi itu hanya ambisi manusia bukan kehendak tuhan

  16. Sudah jelas, Jepang merebut Indonesia dari si penjajah Belanda. Datang dengan dalih sebagai saudara tua, sebagia Pemimpin & Pelindung ASIA. Nyatanya lebih kejam dibanding Belanda. Rentang waktu menjajah selama 3,5 th ternyata lebih dahsyat dibanding 350 tahun penjajahan Belanda. Romusha & Ju Gun Ianfu adalah kekejaman yang tiada banding.

  17. semua nya tak lepas dari hukum sebab dan akibat, yg jelas pada waktu itu bangsa indonesia kurang segala2 nya baik dari segi persenjataan sampai pada perilaku manusia nya. menjadi seorang pemimpin bukan hal yg mudah. yg jelas ini mengandung hikmah untuk kita jadikan pelajaran dalam menata masa depan kita bangsa indonesia. setiap kebaikan datang nya dari allah dan kesalahan dari manusia. mudah2an allah mengampuni kesalahan para pelaku sejarah yg mungkin dgn niat yg baik mereka harus melawan arus. dan untuk para korban mereka mudah2an menjadi para suhada amin.

  18. keren.. numpang repost om..

  19. MasyaAllah…semua kehendak ALLAH SWT…begitu besar perjuangan pahlawanQ Bung Karno..pro kontra itu sudah biasa tinggal bagaimana Qta menyikapi..

  20. Heh, Romusha…
    kakekku adalah salah satu romusha yang tidak pernah kembali ke tanah Jogja.
    Pada masa itu, setiap pemimpin kampung harus menyiapkan dan memberikan 10 orang pemudanya untuk ikut ‘kerja’ dengan bayaran yang lumayan, janjinya. Dan bapak dari kakekku adalah pemimpin kampung, yang entah apa istilahnya waktu itu.
    sembilan orang sudah pemuda terkumpul untuk dikirim, sebagai penggenap menjadi 10, anaknya sendiri dikirim.
    kakekku sudah punya 2 anak perempuan yang masih kecil saat berangkat. Sampai dengan tiga bulan pertama, tiap bulan ada kiriman uang ke nenekku yang katanya dari kakek. benar atau tidak uang itu darinya, nenek tidak tahu. mungkin saja itu hanya rekayasa penghibur dari pemerintah desa waktu itu, atau bahkan dari bapaknya kakek. Setelah tiga bulan itu, tidak ada kabar lagi dari kakek.
    Setahun lebih sudah nenkku melepaskan semua beban sejarah dan dunianya.
    Salam untukmu mbah kakung, mbah uti… semoga alam yang indah yang kau huni saat ini.

  21. aku amat membenci apapun tidakan yang biadab di muka bumi ini,setiap penjajahan dalam bentuk apapun pasti akan membawa sebuah penderitan ,semoga jepang di hukum karma ….makan tuh tsunami memporadakan jepang,bom atom ,kimia nuklir pujiyama ,makan tuh segitu belum apa apa tar tunggu aja dosa jepang di birma ,korea dan indo . sumpah dah jepang kena hukum alam .aku doakan kena hukum kutukan tuhan .

  22. [...] tulisan mengenai keterkaitan Soekarno dan Romusha dapat dilihat di sini. Atau di sini. Di sini juga [...]

  23. AKU TERKEJUT. TAPI BUNG KARNO ADALAH MANUSIA YANG TAK LEPAS DARI DOSA DAN KESALAHAN … AKU KECEWA MELIHAT PEMIMPIN YANG DEKAT DENGAN DUNIA MARHAEN, JUSTERU MELUKAI UNTUK MENCAPAI TUJUAN …

  24. De Sukarnoisasi sistematis dilakukan oleh orang Orde Baru untuk membenci Sukarno,sejarah menunjukkan pada waktu Jepang datang Indonesia merasa dibebaskan dari Penjajahan Belanda dan dijanjikan Kemerdekaan oleh Jepang,Bung Karno merasa untuk Merdeka Penuh harus berani menanggung Resiko Membantu Jepang dengan Pusat Tenaga Rakyat,Jepang memang memenuhi Janjinya dengan mendidik Tentara Pembela Tanah Air dan menggembleng Semangat Untuk Merdeka ,mengajak Pemimpin Bangsa untuk mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia,taktik kerjasama ini juga terpaksa dilakukan agar Indonesia cepat merdeka.Suasana Perang berakibat bukan saja Romusha tetapi juga Rakyat Indonesia merasakan Kepedihan dijajah Jepang tetapi justru menumbuhkan patriotisme Pembelaan Tanah Air yang tinggi setelah dimanjakan oleh Penjajahan Belanda selama ratusan tahun,pengorbanan demi kemerdekaan adalah wajar,Jer basuki mawa bea.

  25. Berbeda dengan ORDE BARU yang telah mengorbankan ratusan ribu ralyatnya sendiri demi Kekuasaan Asing melakukan Kudeta Merangkak terhadap Bung Karno,Kerjasama Suharto dengan CIA tidak dapat dipungkiri lagi dengan sikap KONTRA REVOLUSIONER nya yang Pro Neokolonialisme berlawanan dengan Pembukaan UUD 1945m,suatu Pengkhianatan terhadap REVOLUSI KEMERDEKAAN INDONESIA yang nyata dengan menyerahkan Sumber Daya Alam kepada Asing termasuk Freeport dan Caltex bahkan hampir semua sunber daya alam sekarang ini dikuasai asing.Bandingkan betapa berbedanya antara Bung Karno yang REVOLUSIONER terpaksa mengorbankan rakyat untuk KEMERDEKAAN BANGSANYA dan Suharto yang KONTRA REVOLUSIONER melakukan pembantaian rakyatnya yang MERDEKA serta melakukan pembodohan bagi Bangsanya selama 32 tahun untuk kepentingan diri sendiri dan keluarganya

  26. Kenapa ini tidak pernah di ekspose besar-besaran, sehingga hanya pencitraan Ɣɑ̤̥̈̊п̥̥ƍ baik2 saja terhadap Soekarno Ɣɑ̤̥̈̊п̥̥ƍ di tonjolkan.

  27. luar biasa Ir Soekarno ,bisa melihat jauh kedepan ,walaupun harus berkorban dan mengorbankan.
    siapa pada jaman tersebut berani seperti dia ? Negara jepang / Negara lain tidak akan memberikan kemerdekaan jika tidak ada seorang yang di segani……coba kita pikirkan….jepang di BOM pada saat itu yang antri untuk menjajah INDONESIA masih banyak ! harusnya kita bersyukur dan berterima kasih kepada allah swt melalui BUNG KARNO!

  28. Tindakan Bung Karno memang slalu visioner. Pada saat itu tidak mungkin kita dapat mengalahkan Jepang jika seandainya harus berperang, karena kita tidak memiliki tentara & senjata yg lengkap. Belanda saja yg 350thn lebih menjajah kita telah takluk kepada Jepang. Yaa..walaupun Bung Karno dihujat, dimaki, dicemooh oleh banyak kalangan Ia tetap seorang kesatria pahlawan bangsa. Bahkan Ia berani mengakui, itu adalah kebijakannya, karena itu adalah pilihan terbaik. Tetapi kini Ia banyak dipuji & dirindukan banyak orang karena realisasinya sebagai seorang pemimpin yg selalu pro rakyat dan untuk kemakmuran rakyat. Ia lah bapak marhaenisme/rakyat jelata. Ia lah bapaknya kaum miskin. Ia lah bapak pendiri bangsa. Yang slalu berupaya untuk memakmurkan rakyatnya melalui kebijakan-kebijakannya yg pro rakyat & anti kolonialisme…

    Hidup Bung Karno…..!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 362 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: