About this Blog

bung-karnoDigagas bukan sebagai blog komersial, tetapi ini blog spesial. Bukan karena merah marun background-nya, tetapi karena nama besar Sukarno-nya. Nama besar yang bahkan telah diakui seluruh dunia. Rasanya tidak aneh kalau kita pun meng-amin-inya. Lepas dari kontroversi yang menyelimuti perjalanan hidup Bung Karno, dia tetaplah orang besar. Besar cita-citanya, besar ide dan gagasannya, besar pula kecintaannya terhadap Tanah Air.

Saya bertekad, harus mewarisi segenap ajaran dan kebaikan yang melekat pada dirinya. Sekalipun begitu, saya tidak harus memuji, karena dia bukan Nabi. Tapi saya pun tak harus menghina, karena dia bukan durjana. Bung Karno tidak akan lebih agung meski aku junjung-junjung. Bung Karno tidak akan jadi kecil meski kusamakan dia dengan upil. Sukarno adalah Sukarno. Titik. Terima saja dia apa adanya. Jangan ditambahi. Jangan dikurangi.

Begitu niat blog ini di-create dengan asma Allah. Bismillah, atas nama Tuhan, blog ini aku persembahkan bagi dunia, atas nama rasa yang jumawa, atas nama cinta Tanah Air, atas nama hormat pada Pahlawan Proklamator.

Tekad terakhir perlu saya nyatakan, bahwa semua tulisan yang saya sajikan, adalah sepenuhnya tulisan saya (kecuali yang saya kutip dari sumber lain). Kami persilakan mengutip sebagian atau seluruh isi tulisan saya, tentu saja, dengan menyebut sumbernya (rosodaras.wordpress.com), fair enaugh bukan?.

MERDEKA!!!

Roso Daras kclSekilas Saya

Saya, Roso Daras…

Bukan siapa-siapa, hanya orang yang menggandrungi Bung Karno. Gandrung akan kecintaannya terhadap Tanah Air. Gandrung akan pemikiran-pemikirannya, dan terutama gandrung akan rasa nasionalismeya. Atas alasan itu pula, saya berusaha terus dan terus menggali pemikiran-pemikiran Bung Karno.  Setidaknya, untuk memuaskan nafsu keingintahuan saya lebih jauh tentang sosok Putra Sang Fajar.

Pergulatan saya dengan pemikiran Bung Karno, sampailah saya pada momentum yang saya sebut “kebetulan”, yakni ketika saya menulis buku “Aktualisasi Pidato Terakhir Bung Karno: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah”,  dan langsung disambut baik penerbit Grasindo (Gramedia Group),dan diterbitkan sebagai salah satu “seri pemikiran Bung Karno”, yang terbit tahun 2001, bertepatan dengan seabad Bung Karno. Momentum itu makin memompa semangat saya untuk terus memahami pemikirannya.

Pahamkah saya terhadap pemikiran Bung Karno? Jauh panggang dari api. Makin mencoba mendalami, makin merasa kecil saya. Makin berusaha mempelajari, makin bodoh saja rasanya. Sebaik-baiknya sikap, adalah tidak berhenti. Itu artinya, saya sedang dalam perjalanan memasuki belantara Sukarno.

Ibarat spon basah, semua hal yang saya coba serap, akhirnya menumpulkan otak saya. Karenanya, saya harus segera memeras spon basah tadi, agar kembali kering dan siap menerima hal-hal baru dari seorang Sukarno.

Saat ini, saya sedang menyusun sebuah buku, tidak jauh dari sosok Bung Karno. Insya Allah, tidak lama lagi akan terbit. Itu adalah salah satu upaya saya memeras spon basah. Nah, blog ini sedianya saya siapkan, manakala karena satu dan lain hal, buku tadi tidak jadi terbit. Dan jika itu terjadi, maka di sinilah akan saya tampilkan. Niatnya hanya berbagi.

Saya melihat begitu banyak komunitas pro Sukarno. Barangkali sama banyaknya dengan para pihak yang antiSukarno. Bagi saya, itu tidak masalah. Mengagumi dia adalah hak saya. Sekalipun begitu, kekaguman saya sejauh ini saya anggap normal-normal saja. Artinya, saya kagum terhadap ajaran Bung Karno, tetapi tetap dengan kesadaran bahwa, Bung Karno tidak akan lebih besar kalau saya puji…. Bung Karno tidak akan lebih kecil kalau saya maki. ***

Telah Terbit on 5 Februari 2009 at 15:25  Komentar (342)  

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/about/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini.

342 KomentarTinggalkan komentar

  1. salam kenal mas, senang sekali bisa mampir ke blog ini

    • terima kasih sudah mampir…. dan salam kenal kembali…
      MERDEKA!!!

    • salam kenal Bung.
      gilak qreen bged nih blog.
      saia sbgai anak muda mrsa perlu belajar banyak tentang sejarah kepada anda.

      beljar mencintai negara, sejarah dan pejuangnya.

      ckckckckckck.

      • Bung Bubun Chan… thanks! Pasti banyak hal juga yang saya bisa pelajari dari Anda.

  2. Menarik Mas tulisan-tulisannya tentang Bung Karno sang tokoh proklamator RI dan Presiden Pertama RI kita. Mudah-mudahan blog ini bisa menjadi referensi tentang sejarah Indonesia khususnya tentang Bung Karno. Ditunggu topik-topik berikutnya. Salam.

    http://dianhadiyansyah.wordpress.com.

  3. terima kasih mas dian hadiyansyah… salam kenal….
    mohon doa restunya yaaaa….. Topik-topik selanjutnya insya Allah terus mengalir… dari yang serius sampai yang menghibur….
    MERDEKA!!!

  4. salam kenal mas, aku cuma mo tanya. mas tahu cerita-cerita bung Karno darimana? apakah mas baca buku / bertanya ma orang dekatnya bung Karno ? koq bisa tahu banyak tentang bung Karno? tapi aku salut ma mas yang mo berbagi informasi ini :D

    • Salam kenal juga mas… Thanks atas respon positifnya. Semua tulisan yang saya sajikan di blog ini, bersumber dari referensi buku, baik buku biografi Bung Karno (sedikitnya ada 4 biografi yang kredibel), plus buku-buku memoar atau biografi para tokoh seperjuangan, seperti bukunya Hatta, Syahrir, Djuanda, DR Soeharto (dokter pribadi BK), Mangil (pengawal), dan masih banyak lagi. Selain itu, juga saya serap dari hasil bincang-bincang dengan para sesepuh bangsa, di antaranya Moch. Achadi (Menteri Koperasi Kabinet Dwikora), Sri Mulyono Helambang (alm) semasa hidup, H. Amin Aryoso, dan para tokoh sepuh lain.
      Insya Allah akan saya publish hal-hal menarik lain tentang proklamator kita, dari yang serius sampai yang lucu dan menarik.
      MERDEKA!!!

  5. ass.wr.wb
    maaf sy masuk tanpa permisi…..
    salam kenal ya mas…..
    saya juga salah satu pengagum Bung karno
    Bung karno adalah sosok nasioalisme/fer/tidak terlalu agamis tetapi faham dasar2 agama.
    saat ini sy melihat masih lum ada pemimpin yg seperti beliau.

    • wa’alaikumussalam mama…
      salamullah anda adalah sebaik-baiknya permisi…. Terima kasih sudi mampir ke blog saya. Bung Karno belum ada duanya? Saya setuju….!

  6. Salam Kenal Om. Blognya Keren

    • Terima kasih bung Wangmuba dan salam kenal kembali.

  7. alhamdilillah, indonesia punya manusia seperti anda. saya yakin apa yang anda lakukan bukan hal yang sia2, tapi sangat bermanfaat bagi kita semua.
    go ahead !

    • Amin, dan terima kasih bung Erwees.

  8. Ini blog hebat. Singkat ringan namun cukup menambah wawasan mengenai BUng Karno.

    Terus menulis ya pak, saya selalu menunggu.
    Salam dari Pamulang

    • Thanks “cah Pamulang”… mohon doa restunya…. Salam kembali.

  9. mata saya ampe berair baca is blog ini berjam-jam. He..he..terlalu maksa, abs penasaran mas. trims infonya mas.

  10. Maturnuwun sudah menyapa Mas. Ditunggu printing edition-nya ya…

  11. salam kenal mas,,wow…blog yang bagus dan bermanfaat bgt ini..bakal sering mampir nih,untuk tau lebih dekat dgn bung Karno…wassalamkm

  12. @ mas Gufron: Thanks… lain kali sedia Insto mas…
    @ jeng Tanti: Thanks… insya Allah printing edition menyusul… a.s.a.p…
    @ bung mahendra: Thanks… sering-sering mampir yaaa…

  13. ass..Wr.Wb
    Lam knal dr nak Depok.
    Akhirnya ad jg org yg bikin blog tentang Ir.Soekarno.
    Terus terang sy merinding baca tulisan2 Om krna seolah-olah trbawa kdalam suasana.Sy akn selalu nantikan tulisan2 Om yg brikutnya…

    • Halo… sesama Depoker nih… Salam kenal kembali bung Udo. Terima kasih sudah sudi mampir….

  14. Blog yang bagus…. Pembahasalan dari sisi yang lain soal Bung Karno…. sangat menarik, karena isinya tidak hanya politik, tetapi juga dari sisi kehidupan dan keseharian beliau…

    Minta ijin untuk buat link blog ini di blog ku.

    Usul nich… Apabila sudah dirasa cukup, baiknya blog ini di jadikan buku… pasti banyak peminatnya…

    Salam

    • Thanks bung Hairulef… Link blog? Monggo, silakan saja… duh… terima kasih saya ucapkan. Usul Anda untuk membukukan konten blog ini? Insya Allah, nanti kalau sudah terbit, saya kabarkan. Salam.

  15. Mas Roso Daras,..
    Salut dan pujian yang setinggi tingginya buat Blog (khusus) anda untuk Bung Besar,..kebetulan saya terlahir disaat Bung Besar ini masih benar benar memukau rakyat dengan semua pidato dan orasinya (58-65), dan juga beruntung saya mengikuti perjalanan keluar peti mayat dan jazad Bung Besar dari Pancoran ke Halim Perdana Kusumah…membaca (belum seluruhnya) isi Blog anda ini membuat berkali kali saya mengusap Airmata yang ngalir dari mata tua saya,..saya juga sangat beruntung bisa bermain beberapa kali di rumah bung Besar ini saat di Bengkulu…Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya sambil berdoa untuk kesuksesan dan kesejahteraan anda beserta keluarga…
    Blog yang sangat bermanfaat untuk generasi setelah saya……Salam Hangat…!!!

    • Salam hormat saya buat Pak Bambang. Bapak adalah saksi sejarah, junjungan saya… Mohon dijewer jika ananda lancang kata. Niat terdalam, melalui blog ini hanya ingin menghadirkan sosok Bung Karno dari sisi human interest, agar generasi penerus tidak kehilangan jejak. Barangkali, dengan cara inilah generasi muda kita sudi meluangkan sedikit waktu untuk mengenal proklamatornya. Dukungan Pak Bambang sangat besar artinya bagi saya. Sekali lagi, salam hormat, dan terima kasih. Semoga Bapak senatiasa diberi kesehatan serta lindungan Tuhan. Amin.

  16. salam,

    sebelumnya mohon maaf jika saya ikutan nimbrung. tapi saya punya pertanyaan yang mengganjal. saya pernah membaca buku yang berisi kumpulan tulisan soe hok gie pada masa 1960an, disitu disebutkan bahwa sukarno korup, bagaimana pendapat anda mengenai hal itu? kita tahu pada masa 1960-1965 perekonomian indonesia carut marut dengan ditambah adanya kudeta PKI yang berhasil mengangkat soeharto menjadi presiden dan melengserkan sukarno.
    setelah membaca seluruh tulisan anda pada blog ini saya menjadi bingung tentang permasalahan tersebut dan membuat penasaran…
    saya juga mengagumi sukarno karena ia adalah pemimpin terbaik yang dimiliki bangsa ini.

    terimakasih dan salam sejahtera

    • Bung Tomz… terima kasih sudi mampir blog saya…. Mohon maaf, saya tidak kompeten menjawab pertanyaan Anda. Sungguh, saya tidak mau jawaban subyektif saya memancing perdebatan.
      Bung Tomz, masih banyak tudingan yang lebih buruk terhadap Bung Karno. Yakinlah, Bung Karno tidak perlu dibela. Ia sosok yang sudah “selesai”, lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangan.
      Sukarno bagi saya seperti rimba Amazon, di mana saya sedang tersesat di dalamnya. Kalau tidak tersesat, bagaimana sy bisa belajar mengenal lebih baik?

      • mmm bukan maksud saya untuk memancing perdebatan dan bukan maksud saya untuk menanyakan pertanyaan yang subyektif, saya hanya ingin mengetahui tentang tokoh pendiri bangsa ini lebih jauh lagi. sebagai generasi muda saya terinspirasi oleh beliau. terimakasih untuk menanggapi postingan saya dan saya salut dengan yang anda lakukan. sejarah itu penting dan saya suka untuk belajar tentang sejarah bangsa ini, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

        terimakasih….

  17. Hello Bung Roso Daras,

    Salam kenal dan salam hormat. Sungguh kagum saya akan isi blog ini. Luar biasa sekali. Saya belum sempat menelusuri secara lengkap. Saya akan baca satu per satu. Kenapa saya baru ketemu sekarang ya…hehe…

    Kalau boleh sekalian tanya, boleh kah Blog ini saya link ke blog saya juga di baltyra.com (gloBAL communiTY nusantaRA), tempat di mana anak-anak Nusantara yang tersebar di seluruh dunia berkumpul dan berbagi.

    Banyak di antara kami yang sangat hormat dan haus akan informasi serta cerita akan Bung Karno dan seputar beliau…jika tidak keberatan dan diijinkan, bolehkah seminggu sekali katakanlah, kami pasang salah satu artikel pilihan Redaksi di tempat kami?

    Mohon maaf jika tidak berkenan dengan komentar dan salam perkenalan ini. Terima kasih.

    • Halo Bung Joseph Chen, salam kenal dan salam hormat pula dari saya buat Anda (dan komunitas Anda). Terima kasih atas kunjungan, dan terima kasih sudah berkenan dengan konten yang saya sajikan.
      Buat link? Wah, dengan senang hati saya persilakan. Sungguh merupakan kehormatan bagi saya. Sekali lagi, terima kasih. Termasuk untuk memasang tulisan saya di website Anda.
      Salam Merdeka!!!

  18. Sukses Pak!

    • Hallllooo mas Karja… terima kasih. Sukses juga buat Anda!!!

  19. Terima kasih Bung Roso,

    Dan inilah salam perkenalan kami

    http://nusantara-global.com/2009/07/18/roso-daras-bung-karno/

  20. Salam kenal mas. Mohon izin untuk “menyulik” teknik penulisan yang renyah, yang mas sajikan. Kebetulan, saya bukanlah seseorang yang Anti-Sukarno, juga bukan yang me-nabi-kan Sukarno. Saya hanya seorang pengagum biasa, yang hanya sebatas mengerti bahwa dialah manusia yang dijadikan alat Illahi untuk menjadikan Indonesia ada.

    Sekali lagi, numpang ngacak2 blog ini untuk belajar menulis yang baik dan enak dibaca. Terima kasih

    Salam

    Dedi

    • Tidak seperti kasus penculikan yang lain, “penculikan” yang bung Dedi lakukan sungguh membuat saya tersanjung dan terhormat…. Dari lubuk hati paling dalam, saya persilakan bung Dedi “menculik” dan “mengacak-acak” blog ini…. he…he…he…
      Salam kembali dari saya.

  21. Salam Kenal Mas,
    Tulisan dalam blog ini sudah langka mas, hayo terus dilestarikan dan ditambahkan, biar bisa saya copy paste untuk anak saya nanti bahwa Bapak Negara kita itu Sukarno namanya…

    • Salam kenal Bung Dharma…. Siap! Laksanakan… he he he…. silakan di ko-pas buat anak cucu, generasi penerus.

  22. salam kenal mas. saya merasa senang ‘nyasar’ di blog ini. saya bisa membaca cerita2 tentang salah satu putra terbaik bangsa. tutur bahasanya bagus sekali, membuatnya benar2 terlihat nyata dan saya jadi terhanyut dalam emosi..
    terimakasih..

    • “Nyasar” yang menyenangkan… he…he…he…he… terima kasih Vira!

  23. Salam kenal Mas.

    Saya sudah baca semua tulisan ttg Soekarno yg Mas tulis. AMAZING!!!! Pencerahan yang luar biasa terjadi pada diri saya stlh tau seperti apa Soekarno. Semoga tulisannya terus bertambah soal soekarno. Saya sangat menantikannya. Terimakasih banyak Mas. BRAVO!!!!

    Best Regards,

    Cecep Suherman

  24. Mas, Blog ini saya link ke facebook saya supaya teman2 saya bisa lebih mengenal Bung Karno. Gak apa2 kan Mas?
    Makasih

    Salam,

    Cecep

    • Atur nuhun Bung Cecep… Mangga di-link. Senang sekali sajian blog ini berkenan buat Anda.
      Salam!

  25. Salam,

    Mas, Blog ini saya link ke facebook saya. Boleh ya? Supaya sharing wawasan aja mengenai Bung Karno ama temen2 di fb.
    Makasih

    Salam,

    Bibah

    • Terima kasih neng Bibah… Silakan, saya merasa tersanjung… Salam.

  26. waah om tulisannya bagus bgt ! saya yang masih dibilang ga tau apa2 ttg bung karno karna emang ga hidup dimasanya jd tertarik buat cari tau. saya link ya om biar temen temen saya ga ada yg lupa sama presiden kita yang sensasional ini, hehehe
    trima kasih om cerita ceritanya :)

    • Thanks Raysha! Anak yg baik adalah anak bangsa yang tidak melupakan sejarahnya…. OK? Silakan di-link biar temen-temen Raysha tertarik dan mau melirik…. (sukur2 dibuat komunitas diskusi kecil2an…. itu akan berguna bagi Raysha dan kawan2 kelak)…. Bravo anak muda !!!

  27. Terima kasih atas tulisan dan semangatnya untuk memberi kembali sisi-sisi sejarah yang tertanam jauh di dalam tanah selama lebih 3 dekade.
    Boleh tidak menulis ulang rentetan pidato dan tulisan Bung Karno dalam serial Dibawah Bendera Revolusi.
    Soalnya ketika ingin memilikinya, harga satu bukunya Rp 1 juta… Masih mahasiswa, gak punya banyak uang untuk membelinya.
    Terima kasih.
    Salam nusantara.

    • Terima kasih nusantaraku….
      Tentang menulis ulang naskah yang ada dalam buku Dibawah Bendera Revolusi (DBR), wowww... berat… Mungkin saya usahakan semacam penggalan-penggalannya. Itu pun untuk naskah-naskah yang berbahasa Indonesia. Untuk artikel yang berbahasa Belanda, wah… ditunggu nih kalau ada rekan Sastra Belanda yang berminat membantu….

  28. seneng sekali bisa mampir di blog ini. salam kenal mas.

    • Thanks… salam kenal kembali Bung Alvin….

  29. Salam kenal, Mas…saya juga seorang pengagum BK, dengan segala kelebihan dan kekurangannya..saya jadi ingat satu hal yang diceritakan Ruslan Abdul Gani dalam tulisannya (mohon dikoreksi bila saya salah) tentang pandangan BK terhadap komunis, karena banyak pihak yang mencurigai kedekatan beliau dengan PKI..Bung Karno berkata: “Saya belajar mencopet bukan karena saya ingin jadi seorang pencopet, tapi agar saya tidak kena dicopet…”

    Saya tunggu tulisan berikutnya, Mas.. salam jasmerah ;)

    • Great!!! Anda benar. Thanks! Merdeka!!!!

  30. salam kenal
    saya pembaca setia tulisan di blog ini, rss entry bahkan saya masukan ke Google Reader saya jadi kalau ada postingan baru saya segera tahu..

    terus sajikan info2 ttg Bung KArno yg jarang diketahui umum bung…

    • Salam kenal Bung Yasir… dan terima kasih. Menyusul info-info BK yang lain…

  31. Salam kenal,

    Blog anda sangat mengagumkan, membuat saya terlempar kembali ke masa kecil ketika berasyik masyuk dengan buku2 Di Bawah Bendera Revolusi ketika menghabiskan liburan sekolah. Niat anda untuk menggali dan mencuatkan kembali nilai2 luhur pahlawan bangsa patut menjadi teladan.

    Saya tinggal di US. Jika anda memerlukan bantuan referensi/papers silakan kontak. Insya Allah bisa dibantu.

    Doni
    Pittsburgh, PA, USA

    • Salam kenal kembali Bung Doni… Membaca komen Anda, membuat saya melayangkan pandang ke deretan buku-buku DBR yang begitu klasik dalam cover biru donker yang mulai kusam…. Kertas boleh menguning, tetapi isinya tetaplah mutiara…

      Makin kental saja keyakinan saya, “niat baik selalu mengalir menemukan jalannya sendiri”. Respons positif dan uluran tangan Anda, adalah jalan menuju samudera kebaikan. Sesuatu yang saya jadikan pondasi bangunan blog ini.

      Alhamdulilah dan terimalah ucapan “maha terima kasih” dari saya, karena kata terima kasih saja rasanya kurang cukup untuk membalas tawaran bantuan Anda.

  32. Assalaamu ‘alaykum wr wb.
    Salam kenal Mas. Saya sangat salut pada Mas Roso atas dedikasinya yang luar biasa melalui blog ini. Maaf saya belum sempat membaca seluruh arsip, tapi kalau belum ada dan bila Mas Roso berkenan daftar peblikasi yang berkaitan dengan Bung Karno mohon dimuat secara periodik. Mudah-mudahan dengan demikian para bloger dan pembaca lain bisa saling melengkapi.
    Sekian dulu Mas, terima kasih atas tanggapannya.
    Wassalaamu ‘alaykum wr wb.

    Adib Susila Siraj
    http://adibsusilasiraj.blogspot.com/

    • Wa’alaikumusalam wr wb.
      Salam kenal kembali mas Adib SS… terima kasih atas atensinya. Semua publikasi ada kaitannya dengan Bung Karno, tidak ada konten selain itu. Maksud mas Adib memuat daftar publikasi, yg bagaimana yaaa…. Beribu-ribu maaf… saya ini bloger anyar… blm familiar dengan berbagai widget dan navigasinya…. Anyway, tengkyu mas… saya akan terus belajar…
      Wassalam.

  33. Mas Roso Daras, ada hubungan apa dgn Roy Suryo? Mirip banget tauuuu. Hehee familiar. jarang2 aku nemuin blog yg kyk gini(ttg Bung Karno). Mungkin aku gk gaul kali yah. Apalagi yg berkaitan ma sejarah. Hmmm lumayan agak ningkatin nasionalis, tpi msh dikit. Tpi aku suka dgn sosok beliau. Oce oce

    • Dari yomi bukan yomielow. Kita berteman oce.

    • Hai Yomi… Yomi Yomi Yomi…. Mirip Roy Suryo? Ah… Roy Suryo yang mana yaaaa…. he he he he…

  34. Nanti klo nerbitkan buku jgn tebel2. cepet bosen bacanya. Mending yg dikit2 tpi mendalam. heheee :D ngarang

    • Begitu yaaa??? OK, saran langsung diterima!!!!

  35. Bung Roso,

    Ini saya lagi. Kebetulan saya “nyomot” salah satu artikel dari sini dan mendapat tanggapan dari salah satu pembaca yang saya tahu persis adalah salah satu “ahli Soekarno behind the screen”, jadi kalau berkenan, saya mencoba membuka diskusi yang asik ini di tempat kami: http://nusantara-global.com/2009/08/08/tuan-punya-bom-atom-tapi-saya-punya-seni/

    Terima kasih dan have a nice weekend…

  36. Selamat pagi dan selamat hari Senin, Bung Roso,

    Sekedar menyapa dan memberanikan diri “menyeret” Anda kembali ke tempat kami. Bung Iwan Kamah menurunkan tulisan berseri yang saya cukup yakin akan sangat asik untuk Anda…

    Terima kasih…

    http://nusantara-global.com/2009/08/10/selamat-ulang-tahun-indonesiaku-1/

  37. Salam kenal mas Roso,

    mohon ijin link beberapa artikel utk blog yg saya kelola…

    terima kasih sebelumnya.

  38. Berjuang terus mas Roso!!!

    Membaca tulisan Bung Karno, mendengarkan pidato Bung Karno, membaca tulisan tentang Bung Karno mungkin kita bisa menggali nilai2 dan pemikiran Bung Karno minimal sebesar yang mampu diterima masing2 yang membaca.
    Yang terkadang menimbulkan ketidak cocokan dengan pemikiran Bung Karno adalah orang yang hanya memandang perilaku dan sikap beliau khususnya di bidang politik, hal ini sebagai konsekuensi kesalahpahaman terhadap pemikiran beliau, terbukti setelah dikemudian hari mengatakan ohh ternyata Bung Karno benar.
    Yang paling sulit adalah menjalankan pemikiran Bung Karno sesuai dengan ruang dan waktu, karena hal ini membutuhkan pengorbanan seperti yang ditunjukan Bung Karno pada jamannya sampai beliau wafat dan siap untuk tidak dipahami dan salah paham apalagi di jaman sekarang ini.
    Selamat belajar dan berjuang.

    Salam,

    Didiek Poernomo

    • Mas Didik!!! Wah… spechless saya dapat kunjungan dan komen sampean!!! Seorang nasionalis, penggali dan pengamal ajaran Bung Karno yang konsisten… lebih dari itu, pemuda pejuang yang patut jadi teladan. Makasih mas! Mohon doa restu.

  39. Bung Roso, blognya banyak yg menyanjung dr hampir semua pengunjung termasuk saya, karena membuka tabir yg terpendam dalam tanah dan tercukil di dalam batu. Sy rasa hampir semua yg membaca artikel ini terenyuh dan merinding atas malang melintangnya Bung Karno demi Kemerdekaan bangsa Indonesia.

    • Terima kasih bung Arief S. Geby… ada kalanya sanjungan itu laksana palung samudra yang mematikan. Anyway, saya memaknai sanjungan sebagai support. Sekali lagi, terima kasih. Mohon doa dan restu.

  40. Halo! kebetulan saya sedang googling gambar/foto untuk peringatan 17 agustus dan masuklah saya ke webpage ini. Nama mas begitu familiar buat saya, Roso Daras, sehingga saya bertanya-tanya, apakah Mas Roso dulu adalah Redaktur di Harian Jayakarta? Sewaktu saya masih kuliah, saya dan beberapa teman pernah magang di harian ini dan disupervisi oleh Mas Roso. Benarkah anda yg saya maksud itu?

    Senang sekali bila itu benar sehingga saya bisa menyambung silaturahmi kembali.. Saya aktif di alamat multiply juga di facebook account, kalau mas gak keberatan untuk membalas pesan ini

    http://www.facebook.com/esayekti

    • Halo juga Endah! Kamu benar… sayalah “tersangka” yang kamu maksud…. ha ha ha ha… senang juga bisa nyambung silaturahmi kembali (sambil nginget2… duh… ini mahasiswa IISIP, UI, Moestopo, Mercu Buana…. atau yang mana yaaaa….?).

      • Yaaaa ampuuun, rasanya seperti dapat hadiah 17-an hari ini… Apa kabar, Mas?

        Saya Endah, dulu kuliah di Komunikasi FISIP UI angkatan ’89 dan bareng dengan Rane Hafied, Leonardus Adi, Sukrido Hasto Broto dan Machfudi magang di tempat Mas dulu. Benar2 gak nyangka bisa ketemu lagi dengan ‘guru di lapangan’ yang mengajarkan banyak tentang cara kerja jurnalis. Sibuk dimana sekarang, Mas?

        Saya minta ijin ya untuk link page Mas buat teman-teman sesama magang dulu.. Pasti mereka senang juga bisa ketemu Mas lagi :)

    • Ya ampuuuuunnnn… Endah… masih tetap saja menebar semangat dan keceriaan…. I love you fulll……

      • Mauuuuuu fesbuknya. Langsung kucari sajah.

  41. Halo! Apakah ini Mas Roso yg dulu pernah menjadi Redaktur di Harian Jayakarta? Sewaktu saya kuliah, saya dan beberapa teman pernah magang di harian tersebut dan mendapatkan supervisi dari Roso Daras. Apakah benar anda orang yang saya maksud itu?

    Senang sekali bila ternyata benar sehingga saya bisa menyambung kembali silaturahmi. Kalau tak berkeberatan, mas bisa meninggalkan balasan pesan ini di http://www.facebook.com/esayekti atau http://ondelondel.multiply.com

    Terima kasih, Mas Roso..

  42. Wahh.. Guru jurnalistik pertamaku di dunia nyata (baca:kampus) :) Apa kabar mas?

    • Habis Endah, muncul Rane…wah wah wah… thanks masih diingat…. ha ha ha… Kabar baik Rane!!! Dan kamu pasti lebih baik!!! Merdeka!!!!

      • Insya Allah baik mas. Makasih juga udah di add di facebook. Kadang masih sering dibuat geleng kepala melihat bagaimana teknologi ini bisa bikin reunian manusia di seluruh dunia hehe..

        Oya, barangkali lupa, aku, endah, adi, ido, aput, decy dll adalah ‘mahasiswa’ anda dari FISIP UI. Yang biasa nongkrong di Jayakarta sampe malem, juga sering ditugasin di bawah Mas Riza, Mas Kikiek dll..

  43. Tunas itu muncul kembali setelah banyak membaca blog ini, dan semoga akan bisa tumbuh sesuai dengan apa yg di harapkan. terima kasih mas telah share informasi disini. keep update….

    • Thanks Bung Bams!!! Semoga tunas itu tumbuh subur sesuai harapan Anda… yang mudah2an harapan bangsa juga….

  44. Suka sekali blog nya.. Semua tentang Bung Karno.. Cocok buat saya yang tidak sempat melihat beliau..

    • Thanks Bung Indra Hadi…

      Kita sama-sama termasuk dalam golongan orang-orang yang tidak sempat melihat dia…

      Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang bisa memetik pelajaran darinya…

      Sehingga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung…

  45. Halo Mas Roros, saya datang seperti janji dahulu. Blog ini sangat bagus untuk membantu banyak orang yang tidak tahu apa-apa, jadi tahu.

    Saya berharap blog ini jadi lebih baik dan bagus. Mungkin saya bisa membantu banyak, bila diijinkan.

    Salam

    • Selamat datang Bung Iwan… terima kasih tak terhingga, bahwa di antara himpitan waktu, Anda menyempatkan diri mengunjungi blog saya.
      Izin membantu? Terbalik bung! Saya yang harus memohon izin dan waktu Anda untuk membantu saya… Alhamdulillah… terima kasih tak terhingga atas uluran tangan Bung Iwan….

  46. Hai Mas Roso
    Saya diperkenalkan ke blog ini oleh teman saya
    Dan anda berhasil membuat saya “menengok sebentar” ke arah bapak bangsa kita “Sukarno”.
    Dari yg sebentar itu membuat saya mencari lagi, hal2 yg berkaitan dgn Bung karno, dan ketika saya membaca Biografi yg ditulis Cindy Adam, saya betul2 terkejut dan terpana : “sebegitu hebat dan agungnya Sukarno sekaligus juga sangat manusiawi”.
    Saya membacanya sambil menangis dan tertawa, seperti ikut serta mengalami pahit getirnya perjuangan.
    Dan pada akhirnya saya menyadari, untuk diri saya pribadi saya berpendapat bahwa : “Sukarno adalah seorang SUFI besar dari Indonesia, karena dia membawa sesuatu yg diperjuangkan oleh para sufi seperti Jalaludin Rumi, Rabiah Al Adawiyah, yaitu cinta yg universal, tidak bersyarat dan tidak membeda-bedakan,lewat ajarannya yaitu Pancasila. Sukarno adalah contoh spiritualis asli dari negeri ini, dia tidak berkutat pada hal2 yg gaib atau ketenangan belaka, dia penuh dengan enerji untuk membuat keadaan menjadi lebih baik. Dia sangat membumi seperti Gandhi, tapi juga lantang seperti Swami Vivekananda.”
    Biarlah sejarah yg akan membuktikan kebenaran ini.
    Bagi mereka yg bergelut dgn spiritualitas, kalau boleh saya memberi sedikit saran: “Selamilah jiwa Bung Karno, disitu anda akan menemukan berlian yg dibutuhkan bangsa dan negara ini”.

    Sy juga berterima kasih kepada teman saya Gama dan Pram, dari mereka lah saya mengenal lebih jauh tentang Bung karno.
    Atur Nuhun Mas Roso

    • Atur nuhun juga Kang Danny… sudah berkenan “menengok” barang sebentar ke blog saya…. Salut dan tabik atas apresiasi serta pemahaman dan pemaknaan Anda yang begitu dalam terhadap Bung Karno.

  47. Terima Kasib Bang Roso……HAve A nice DAy…

    • Terima kasih kembali Bung Ewink… Have a lovely day…

  48. Salam kenal Bung Roso,
    Alhamdulillah. Sungguh bagaikan menemukan mata air di padang pasir. Tiada yang bisa saya ungkapkan selain rasa syukur dan terimakasih. Orang-orang seperti anda semoga selamat sehat dan sukses selalu.
    Ijinkan saya untuk nge-link blog anda ya.

    Salam kenal juga buat Bung Danny Yogasmara dan Bung-bung semua di Blog ini. JAYALAH NEGERIKU.

    Salam,
    http://anugwd.blogspot.com

    • Alhamdulillah, Bung Anugerah berkenan dengan “mata air di padang pasir” ini…. Terima kasih tiada terhingga atas doa dan dukungannya.
      Salam.

  49. mas roso yang baik,
    tak cukup kata buat rasa terimakasih ini. sejarah, betapapun ditutupi toch akan terbuka juga.
    dan mas roso telah memiliki keberanian untuk mengungkap kegelapan yang selama ini menutup langit sejarah bangsa indonesia.
    ajakan mas roso untuk menerima BK sebagaimana adanya akan merupakan tantangan.
    terimakasih dan maju terus, biar lentera yang telah menerangi bangsa ini terus berpijar.
    teriring segala harapan terbaik,

    • Satyaning yang baik… terima kasih tak terhingga, atas apresiasi dan dukungannya. Mari jaga, agar pijar lentera itu tetap menerangi bangsa kita….

  50. Salam kenal…Mas.

    • Halo bung Sofwan… salam kenal kembali….

  51. salam kenal mas…blognya keren abis. tulisannya sangat berguna :-)

    • Salam kenal kembali “admin” KotaMagetan… Thanks! Merdeka!!!

  52. salam kenal.. eih.. cari gambar bedug malah nyasar kesini, blog yang menarik pak :)

    • terima kasih bung almascatie… aneh juga yaa… nyari bedug nemu Bung Karno… hehehe… Thanks. Semoga ke depan berkenan mampir dengan sengaja…

  53. Salam hormat setinggi tingginya untuk mas Rosa Daras.
    Saya sebagi pengagum Bung Karno merasa sangat beruntung berkesempatan mengunjungi dan mengarsip semua yang ada dalam blog ini. Dan kalau Bapak berkenan saya ingin mentautkan blog ini dengan blog saya. Sekali lagi kalau bapak mengijinkan.

    Salam Hormat Saya.

    • Bung Tony, salam hormat pula buat Anda… Saya jauh lebih beruntung mendapatkan kunjungan bung Tony, terlebih hendak menautkan blog ini pada blog Anda… Silakan, saya sangat tersanjung. Salam.

  54. Salam Hormat Buat Njenengan Mas Rosa Daras dari pengunjungmu yang tersembunyi…

    MINAL AIDIN WAL FA IDZIN mohon maaf lahir dan batin atas segala pikiran, hati serta tingkah laku yang kurang berkenan…Semoga selalu dalam Limpahan Rahmat dan Berkah Sang Maha Pencipta…

    Salam…Salam…Salam…

    • Salam hormat buat Bung Sumego… pengunjungku yang tersembunyi… akhirnya muncul juga… Terima kasih, dan ya… Minal Aidin wal Fa idzin, mohon maaf lahir batin…. Salam.

  55. Marhaens Bang Rosa Daras! Tak kenal maka tak sayang. Begitu kita kenal Bung Karno dengan pemikirannya maka kita tahu bahwa dia memang benar-benar abdi rakyat. Terima Kasih.

    • Salam Kenal Marhaens Johannes Ritonga! Semoga kita juga bisa meneladani Bung Karno dalam mengabdi kepada Marhaenis….

  56. Wow…. Sejak membaca artikel pertama saya seakan ketagihan untuk membaca seluruh isi dari blog mas Roso ini. Bukan hanya karena sosok Sukarno yang mengagumkan tapi juga cara bercerita mas Roso yang renyah dan cukup berimbang..
    Kita mempunyai pandangan yang sama mas. Sebelum saya membaca “about this” blog. Saya jg berpendapat bahwa Sukarno adalah sosok yang sangat besar, lengkap dengan kelemahan2nya (kalau boleh dibilang begitu) selesai. Bapak bangsa yang sulit kita temukan duanya sekarang ini.
    Semoga dengan meneladani kisah2 ini, kelak kita dapat mempunyai kembali seorang yang berkarakter kuat seperti beliau ini sehingga dapat membawa bangsa kita ke arah yang lebih baik.

    Salute….
    http//rwidagdo.wordpress.com

    • Salam dan terima kasih Bung R Widagdo!!! Tidak hanya pandangan kita yang sama, rupanya harapan kita pun sama…. Merdeka!!!

      • assalamualaikum mas roso…
        mohon ijin saya link ke blog saya yah..
        trims.. merdeka!

  57. Halo mas Roso. Saya kebetulan mampir setelah mencari tag “Soekarno”. Blog nya keren abis mas. ^^
    Kebetulan saya mahasiswa dan sedang membahas ‘perkuliahan Soekarno di THS’ sebagai tugas akhir perkuliahan saya, dan bisa banyak masukan yang baru dari blog mas. Ternyata masih banyak yang belum saya ketahui hanya dari buku biografi. Saya tunggu buku Bung Karno, The Other Stories, Serpihan Sejarah yang Tercecer” nya mas.

    Salam, Terima kasih.

    • Terima kasih Bung Andre… saya ikut senang jika sajian blog ini ada manfaatnya, terlebih khusus buat Anda. Buku? Insya Allah awal November sudah bisa Anda dapatkan di toko-toko buku kesayangan Anda….

  58. Keren… Merinding euy!

    Barangkali kanda Roso Daras, tertarik mendiskusikannya di http://politikana.com?

    tksh

  59. terimakasih banyak sudah menulis kisah untuk kami semua, saya sangat menikmati tulisan-tulisan di blog ini, dan semoga bisa belajar lebih tentang tokoh yang kita kagumi dan banggakan.
    teruslah menulis mas, saya yakin banyak yang bisa engambil manfaat dari tulisan2 anda. terimakasih.

    • Thanks Shabrina…. insya Allah, saya akan terus menulis dan menulis… (lha wong bisanya cuma menulis… he he he …). Dan, semoga saja bermanfaat. Amin.

  60. Dear Roso, please can you contact me, as I would love to use some of your images on this blog

    many thanks

    Ian W

    • Dear Ian… with my pleasure… you can use any pictures on this blog…

  61. Dear Bung Roso

    I love Bung Karno. I love your blog too. Lucky me, someone is going back to Indonesia next week, she can bring me back lots of books about Bung Karno including your latest masterpiece “Bung Karno, The Other Stories, Serpihan Sejarah yang Tercecer”. I can’t wait to read it.

    Revolution never ends.

  62. aku juga tergolong nggendhengi BK.. blog ini termasuk favorit saya juga.. matur nuwun yo mas Roso, ikut menikmati blog ini.. menikmati Indonesia.. dan bersaksi kpd dunia bhw Indonesia ini ada.. dan patut dinikmati siapa saja dari belahan dunia manapun..

  63. asswrwb, Yth mas Roso..

    maaf kalo saya menyebut nama mas….begini mas saya suka membaca juga pengagum bung karno….kemarin saya dapatkan buku yang ttg bung karno yg sungguh menarik saya baca…..kenapa? …selain pengagum…ada hal yang selama ini saya cari …yaitu tentang bagaimana bung karno menyampaikan pesan pesan atau informasi rahasia…..kepada kolega dan lainnya pdhal banyak cara belanda untuk mengekang Belliau…….salah satu bab membahas sandi telur…..pertanyaannya cara apa lagi yg dilakukan oleh bung karno dan temans dalam proses menuju kemerdekaan dalam mengamankan informasi-2 rhasia tsb?…bolehkah saya bertemu mas?…..bisakah saya mendapatkan no hp mas?….Terima kasih…..Jayalah Nusantaraku….Wasswrwb hormat saya Yuda Gunadi

    • Terima kasih mas Yuda/atau mas Gunadi?
      Sandi telor antara lain cara komunikasi antara BK ketika di Sukamiskin dengan Inggit…. Cara itu yang dipakai untuk menginformasikan kondisi pergerakan di luar. Cara lain, ada yang lewat Alquran dengan cara dilubangi (pake lubang jarum) pada huruf2 tertentu sehingga menjadi rangkaian informasi. Di Ende, beliau gunakan buah-buahan, antara lain semangka. Dan banyak cara lain…. Bertemu saya??? Dengan sangat senang…. Silakan atur waktu by email: rosodaras@yahoo.com

      • asswrwb, mas terima kasih ats wktunya, sdh saya kirimkan ke email mas Roso,…semoga Kebenaran selalu ada di Bangsa Indonesia ini…..wasswrwb yuda gunadi

  64. Sobat….!
    Aku datang dengan sejuta harap
    Menanti setetes embun pagi
    tuk singkirkan keringnya hati
    tuk tautkan harap
    sambungan uluran tangan
    sembari teriakkan gempitanya torehan tinta

    Sobat…..!
    Kusambangi dikau
    dengan untaian kata tak bermakna
    ukirkan indahnya rumah megahmu
    semoga kamu teringat slalu
    tuk jenguk rentanya gubukku
    sekedar torehkan tinta emasmu
    dihalaman BULENTIN tak bermaknaku
    agar jadi penyejuk hatiku!

    Sobat…..!
    Salam knal buatmu slalu
    ku tunggu kunjungmu di http://guspur.wordpress.com/
    agar harapku tak lagi layu.

  65. Suer deh…blog yang keren abiz….tiap ngenet gak ketinggalan singgah di sini….

    • Keren abiz? Asal tidak lebay pliz…

  66. saya baru tahu blog ini setelah beli buku anda.. ternyata saya mendapatkan serpihan lainnya di blog ini… Terima kasih buat Mas Roso karena anda, saya menjadi tahu banyak dan semakin kagum dengan Soekarno…
    KEEP WRITING.. karena Blog anda menjadi menu wajib saya dan pasti juga bagi yang lain… Sampaikan ke negara ini bahwa kita punya pemimpin hebat yang tiak akan tergantikan..
    Sekali lagi terima kasih!!!!

    • Maaf bung Jansen, lebih sebulan gak nengok2 komen para tamu… Critanya lagi sibuk banget nih di luar kota… Thanks anyway… dukungan Anda sungguh support luat biasa bagi saya.

      • Assalamualaikum wr. wb. apa kabar mas Roso Daras perkenalkan saya Indra pengen gabung dgn mengguncang dunia mas karena jujur terus terang kita sepaham ingin meneruskan perjuangan Putra Sang Fajar dan juga saya ingin sekali bertemu dengan mas Roso Daras ini nmr hp saya 081264448794. tq mas merdeka!!! merdeka!!!

  67. Bung Roso, tiap buka internet gak sabar saya buka blog anda..ada yang baru gak ? Ada yang baru gak ? Selalu penasaran dengan next posting anda…
    Smangat terus nulisnya yha bung…ervin selalu nunggu dengan rasa gak sabar en penasaran yang meluap he..he..

    • Ervin datang lagi gak? Ervin datang lagi gak? Selalu mengharap kunjungan Ervin… Kunjungan Ervin yang membuat saya besemangat meluap-luap untuk terus menulis… he.. he..

  68. alhamdulillah masih ada orang seperti anda
    salam kenal pak!

    • Gigih… salam kenal kembali… Tetap Gigih yaa!!!

  69. Salam kenal Pak..
    Maaf saya sudah duduk duduk dan minum teh, baru menyapa tuan rumah…
    Sungguh halaman yang asri, rindang dan bermanfaat..
    keep writing…

    • Hehehe… tamu banyakajar!!! Untung Bung Stefanus berkenan dengan halaman yang asri dan rindang… so… keep coming…

  70. Bung Roso..seneng baca posting anda yang terakhir…
    Kayae baru sekarang anda nulis ttg bu Inggit dalam 1 artikel secara utuh, biasanya kan hanya sedikit aja diulas. Yang menonjol malah ulasan ttd Fatma, Hartini ma Dewi,padahal kalo mau jujur kontribusi terbesar dalam hidup Seokarno adalah Inggit Garnasih… seorang yang selalu memberi tanpa meminta….
    Kalo baca biografi Bu inggrit rasanya terharu luar biasa, masa ada seh perempuan seperi itu di dunia ini ? Smoga bu Inggit mendapatkan balasan atas semua yang beliau lalukan, upah atas kesabaran dari hati yang tulus…Damailah disisiNya bu Inggit…

  71. Pak, makasih atas tulisannya. Saya akan sering mampir ya.

    • Makasih kembali Kartika… (ingat putri Bung Karno)… Semoga tidak bosan ya…

  72. Salam kenal mas. Blognya menyenangkan, saya juga pernah membuka-buka DBR jilid 1 dan 2, banyak hal-hal positif dapat dipetik dari pemikiran Bung Karno. Juga bukunya mas Guntur: Bung Karno Guruku, Kawanku, bapakku … lucu dan menyegarkan.
    Terima kasih, kita coba melihat obyektif dan menghargai beliau, mana ada orang Indonesia punya tiotel Doktor HC sampai 21 (lihat di buku Cindy Adams). Gus Dur ternyata doktor HC-nya sepuluh .. waaah top dech.

  73. Bung Roso, pernah gak mengunjungi rumah peninggalan BK di Ende atau di Bengkulu atau peninggalan yang laennya…kalo udah pernah tulis donk…Bung kan pinter banget kalo describe tentang sesuatu, terutama ttg BK. Kalo ke Blitar seh udah aku ubek2 mulai makam, rumah, museum sampe lukisan BK yang bisa berbafas…tapi penasaran ma peninggalan BK yang lain. Ditungu yha ceritanya…

    • Kok gak di jawab yha pertanyaan ervin…

  74. Wah pak Roso Daras salah satu fans berat pak Karno ya??
    Semoga buku bapak diterbikan dan laris. Amin.

    Oh ya sekedar memberitahu tulisan bapak enak dibaca, bener g bohong :D

    • Terima kasih sqa… satu judul buku berisi konten blog ini (yang sudah direvisi) sudah beredar. Judulnya Bung Karno, The Other Stories, Serpihan Sejarah Yang Tercecer….

      Terima kasih.

  75. makasih mas atas infonya banyak info yang di bengkokan atas bapak proklamator say juga pengagum bung karni lho!(maen mas ke blog aku trus kasih komen)

    • Halo debodor… yang pengagum BK…. Salam kenal… saya dah liat debodor’s blog… great!!!

  76. keren banget semua isinya!
    senang sekali saya bisa membaca hasil riset data Anda!

    • Thanks Pandu!!! Kok riset sih… berat bener kayaknya… jadi gak enak sama para periset…. But thanks anyway….

  77. Wah 3 hari gak ini blok…eh ada 2 posting terbaru…. terbayar deh penasarannya…

  78. Wah wah Hebat tenan blognya.
    Langsung seluruh jaringan GRN saya kabari biar belajar sama tulisannya mas Roso.
    Sekali sekali bisa wawancara mas Tomi beliau juga banyak kenangan dengan Bung Karno.
    Maju trus Pantang mundur ! !

    • Halo mas Tri!!! Weleh…weleh… jebul ketemu di sini… Salam buat kawan2 GRN. O ya, dah lama sekali sy tidak sowan mas Tomi… Nggih matur nuwun mas, diingatkan… nanti saya sempatkan sowan beliau.

  79. tulisannya bagus pak..
    insyaAllah lain waktu saya link, skrg minta ijin dulu.., boleh ya?! hehe :D

  80. permisi dulu ke tuan rumah sebelum saya berkeliling mengintip lebih jauh…
    salam kenal mas Roso, minta ijin buat ngubek2 blognya mas Roso :D

    • Mas Farid… Monggo… silakan diubek-ubek sampai lecek… :)

  81. Mas Roso,
    mas punya info mengenai Istri Bung Karno, Yurike Sanger tidak ya?
    saya ada rencana untuk mengundang beliau wawancara di metro Tv.
    sekalian mau bilang blog yang bagus…saya termasuk pengaggum BK juga.
    thx.

    kalo ada mohon di email ya mas ke arthabima@yahoo.co.id

    • Yurike Sanger? Ada… (Maaf) saya harus cari dulu…

  82. salam kenal mas,
    terima kasih untuk informasi yang menarik.
    apakah mas roso memiliki naskah pidato BK di awal-awal kemerdekaan yang memuat pernyataan: “tanah untuk rakyat”?
    salam hormat,
    sandra

    • Sandra… ada begitu banyak pidato Bung Karno. Koleksi saya tidak selengkap yang Anda bayangkan. Saya pun masih terus melacak, mencari, dan memburu. Tentang pertanyaan Anda, agak susah karena kurang spesifik. Setidaknya Anda harus tahu, di momentum apa dan kapan pidato yang Anda maksud.
      Insya Allah jika nemu, saya kabarkan…

  83. salam kenal bang, saya seorang mahasiswa di jogja. saya ingin mengetahui pemikiran-pemikiran bung karno tapi sekarang saya sulit mendapatkan referensi buku-bukunya,

    bisakah saya minta bantuan abang mengenai list buku-bukunya bung karno?

    kalo abang mempunyai teks pidato indonesia mengugat, bisakah abang kirimkan ke email saya?

    terima kasih sebelumnya bang.

    • Bung Nobel… Buku-buku yang Anda maksud sejatinya tidak terlalu sulit. Anda bisa ke perpustakaan nasional, atau ke Yayasan Bung Karno.

      • mater nuwun mas.

  84. bagus sekali tulisan-tulisan ttg bung karno-nya, mas roso daras! saya baca sblm matahari terbit sampai agak siang ini. terutama episode-episode yg ditulis bambang widjanarko. buku itu saya baca waktu SD. terima kasih sudah membangkitkan kenangan kpd bung karno.

    salam.
    arief

  85. merdeka bung…!!!
    blog ini bagus banget om…
    saat ini blog ini jadi salah satu referensi bagi kam GMNI Cabang Padang guna menggali pemikiran tentag soekarno…!!!
    kami juga sangat berharap om mw share tentang soekarno k blog kami di http://www.gmniandalas.co.tv….
    merdeka…!!!

    • Merdeka!!!
      Terima kasih kunjungannya… Insya Allah saya akan kunjung ke blog gmniandalas….
      Merdeka!!!

      • bung..saya kesulitan mencari karya-karya bung karno…seperti Sarinah, Penyambung Lidah Rakyat..klo mau beli buku itu kemana yaa…

      • Buku Sarinah versi baru pernah saya liat di toko buku. Kalau pidato-pidato, ada juga yang sudah dibukukan… Tetapi kalau kesulitan menemukan di toko buku, cobalah ke perpustakaan nasional dan meng-copy di sana.

  86. mas roso, apakabar,

    salam hangat dari saya untuk tulisan-tulisan yang dalam dan bermanfaat untuk saya baca berulang-ulang.

    salam hangat,

    diddoy
    0818669825

    • Halo Diddoy!!! Lama nian tak basuo…. Ingat zaman pergerakan…hehehehe…. Anda di mana sekarang? Salam hangat juga buat Anda….

      • sms saya bang kapan saya bisa silaturahmi dan bincang-bincang dengan bang Roso.
        ditunggu ya bang. biar ngobrolnya bisa panjang lebar.

  87. Mudah-mudahan serpihan “puzzle”nya lengkap, sehingga terbentuk gambaran utuh tentang sosok Bung Karno – manusia sepanjang zaman di republik ini…(mudah-mudahan tetap jadi republik dan tidak jadi kerajaan kembali).

  88. saya pembaca setia blog ini rawkz lah pokoknyaa…. :D

  89. halo, saya sangat tertarik dengan isi blog ini, bolehkah saya mempublikasikan kembali isi blog ini di blog saya?

    • Bung Jemmy… terima kasih atensinya…. Mempublikasikan konten blog ini di blog Anda? Silakan… saya senang… dan semoga bermanfaat…. Jangan lupa kutip sumbernya yaaa…..
      MERDEKA!!!

  90. sekitar 2jam sebelum posting ini saya tulis, saya baru kenal dengan situs ini dari [...] (lupa dari mana koq saya bisa nyasar dimari). dan dari sini saya baru tahu dan semakin tahu tentang Soekarno. terimakasih sudah berbagi dan sukses slalu.

    • Thanks Ricko Andrea… Terima kasih sudah “nyasar” kemari… semoga lain kali berkenan datang tanpa “kesasar”….
      Merdeka!!!

  91. Blognya unik, mas. Tapi saya belum baca banyak. Sepertinya kalau ingin mengenal Bung Karno mesti baca tulisan di blog-blog ini kalau tidak ingin capek-capek browsing.

    Menarik…
    :) Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com/

  92. Mas, aku link blogmu. Mohon ijin. Biar gampang buka kalau pengen cari tahu segala ihwal tentang Bung Karno. Terima kasih juga dah ada lawatan balik ke blogku.

    :)Salam,

    “Mochammad”

    • Terima kasih mas Mochammad…
      Salam

  93. Assalamualaikum mas..
    saya mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negri di jakartaa..saya juga penggagum soekarno bagi saya visinya sangat luar biasa..pemikiran,ideologi,sifat,dan kharismanya luar biasa..saya dan teman teman saya pun sering berdiskusi mengenai soekarno dan kebetulan mereka pun penggangum bung karno..senang rasanya ada blog seperti ini sangat menanmbah wawasan saya..
    boleh tanya mas ada sebuah perkumpulan penggagum soekarno??
    dari segala usiaa?mungkin bisa jadi tempat silaturahmi dan bertukar pikiran baru?

    Oia mas kalo boleh di posting mengenai anak soekarno yang bernama TAUFAN..
    saya ingin mengetahuinyaa..karena keluarga saya memberikan nama saya saking kagumnya dengan salah satu dari anak ploklamator bangsa ini..
    terima kasih mas..

    hidup INDONESIAA..
    HIDUP NASIONALISME

    • Trima kasih Bung Taufan!
      Komunitas itu pastinya ada… Setau saya, di beberapa perguruan tinggi di Jkt ada. Saya sendiri menggalang komunitas (tp baru sebatas pengunjung blog) ini. Mereka berhimpun di komunitas neo-sukarnois. Jka berminat, layangkan CV anda ke alamat email mengguncangdunia@yahoo.com

      Taufan, putra Bung Karno dari Ibu Hartini, setau saya sudah wafat dalam tugas sebagai penerbang. Yg masih ada adiknya, Bayu Soekarnoputra, yang aktif sebagai PNS di Sekretariat Negara. Beliau jarang sekali mau di-ekspos, dan aktivitasnya jauh dari lingkup politik. Media tempat saya bekerja pernah memuat wawancara dengan dia, tp saya lupa tanggal edisi, semoga saja suatu saat nemu, dan bisa saya posting di sini.

      Merdeka!!!

      • terima kasih mas ..
        saya tunggu tulisannyaa..
        aapalagi cerita tentang hidupnya dan fotonyaa..
        saya penasaran dan belum pernah melihatnyaa..
        kalo bung berkenan memposting disini jika menemukannyaa..saya sangat berterima kasih sekali,,
        HIDUP NASIONALISME

  94. apa pak Roso Daras punya transkrip utuh rekaman pidato Bung Karno?

    • Sayang sekali, saya tidak punya…. Punyanya barangkali sama seperti koleksi Anda, penggalan-penggalan pidato BK.

  95. Bung Roso, terima kasih semoga semakin banyak informasi tentang BK yang bisa dipelajari oleh seluruh anak bangsa. Mohon izin untuk meng-copy tulisannya.
    Hidup Indonesia..!!!!!

    • Insya Allah…
      Silakan di-copy, semoga bermanfaat.
      Hidup NKRI !!!

  96. Bungkarno memang hebat,karena sebagai Bapak Proklamator Negeri Tercinta ini,tapi ada sisi kelemahannya dalam hal meprediksi kemajuan bangsa ini malah yang muncul kekuatan Gergazi PKI yang sulit dibendung pengaruhnya dengan membonceng nama besar Bungkarno dengan semangat Revolusi waktu itu,dan akhirnya timbul pertengkaran di tingkat bawah yang selalu membawa korban untuk rakyat yang kurangtahu tentang politik,bahkan banyak pembunuhan-pembunuhan yang dilakukan oleh militan komunis ini dengan dalih untuk Revolusi, dan banyak rakyat kecil yang di intimidasi dan di beri janji-janji untuk mendapatkan jatah tanah sesuai dengan semangatnya kaum proletar itu, apa nggak ngeri itu ?

    • Cah Kesrakat…
      Mari kita pelajari lebih dalam sejarah bangsa ini…. Komunisme, pada hakikatnya adalah sebuah isme, sama seperti isme-isme yang lain…. Ingat, orang-orang komunis juga punya andil dalam sejarah merebut dan mempertahankan kemerdekaan kita. Lepas dari kita suka atau tidak suka. Namun sejarah juga mencatat, orang-0rang komunis juga pernah keblinger melakukan aksi kudeta serta aksi-aksi lain demi menghalalkan segala cara untuk mencapai maksud dan tujuannya.

  97. salam kenal mas…to the point lgsg, saya perlu berbicara dengan mas untuk sebuah project dan saya perlu contact number nya mas…tolong mas hub saya di 085694996625…secepatnya ya mas..thx mas..merdeka!

  98. saya suka hunting blog-blog yang unik dan tidak komersil,dan blog anda is the best.
    Saya percaya, andai kata dulu tidak ada perang dingin, pasti negara ini menjadi negara yang besar di bawah kepemimpinan soekarno.
    kunjung balik ke blog saya ya mas :)
    trims

    • THanks mas Ari… sesuai perintah… saya dah kunjungi blog keren ari… Great!!!
      Salam!

  99. blog pak roso sangat membantu kita para kaum generasi muda untuk mengetahui lebih dalam tentang putra sang fajar, ajaran dan perjuangan beliau, saya sebagai pengagum bung karno juga memiliki beberapa buku beliau terbitan gramedia, termasuk buku pledoi oemar dhani (seorang soekarnois) yang didalamnya ada tanda tangan asli pak oemar dhani, air mata saya serasa mau menetes ketika ada orang seperti pak roso dan pak asvi terus menggali dari berbagai sumber tentang sosok sang proklamator yang pada akhir hayatnya dibungkam oleh penguasa orba (kejujuran dan kebenaran ada waktunya akan terbukti). selamat mas, karena informasi online melalui blog dapat membantu publik yang tidak bisa membeli buku-buku perjuangan bung karno cukup dengan datang ke warnet. sekali lagi sukses untuk pak roso, saya menunggu update cerita terbarunya.

    • Thanks Setyo!!! Saya senang jika blog ini membawa manfaat, sebab itulah niat blog ini di-create….
      Tetap mohon doa restu dan dukungannya yaa…
      Salam!

  100. sebelum nya saya minta maaf, melihat forum ini saya jadi tergelitik buat numpang ngamen hehehe.. kebetulan saya baru membuat lagu tentang Bung Karno (sebagian besar terinspirasi tulisan mas yang baru2 ini saya ikuti)
    dengar lagu link ke :

    http://arioktafblog.blogspot.com/2010/10/putra-sang-fajar.html

    bukan lagu yang istimewa, hanya buatan dari penulis lagu jalanan. sekali lagi mohon maaf dan terima kasih

    • Great!! Saya sudah mendengarkan lagumu!!! Ayo Ri… Masih banyak inspirasi yang bisa kamu gali dari Bung Besar kita…. Niscaya akan mengalir menjadi lirik-lirikl lagi yang inspiratif bagi bangsa ini.

      • terimakasih banyak mas sudah maluangkan waktu dan mohon maaf atas sound yang alakadarnya (standar pengamen). bung karno memang sangat inspiratif apalagi dibungkus tulisan anda. pasti akan saya gali terus mas trimakasih.

  101. Mas Roso salam kenal, blog sampeyan luar biasa. Tidak ingin mencoba wawancara dengan Suhario Padmodiwirio alias hario kecik ? beliau juga Sukarnois dan sedikit dari angkatan orla yang masih hidup. Tentunya sangat menarik mendapat perspektif dari orang yang pernah dekat dengan bung Karno. Saat ini beliau tinggal di Bekasi, umur 90 thn dan masih berapi api.. http://praboto.wordpress.com/2008/09/07/memoar-jendral-orla/

    • Salam kenal bung dat… Pak Hario Kecik, ya saya punya buku beliau…. Insya Allah saya akan kontak beliau…. Terima kasih!

  102. dengan mengucap bismilahirrohmanirrohim…
    asix study insyallah ingin berbagi semangat dan rasa cinta yang dimiliki oleh putra sang fajar…
    maturnuwon..mas roso ! :)

    • Sama-sama bung Achmad Abubakar!

  103. saya punya kaset pidato BK waktu acara iedul adha yang menyinggung banyak hal seperti berdikari,PBB,konfrontasi dengan MALINGSHIT dll (pidato BK kurun waktu 1963~1965) adakah cara memformatnya dalam bentuk digital ? kasetnya sudah tua dan pitanya sudah mulai berkarat..sayang banget…

    • Yang pasti adalah produser kaset…. Tetapi jika cara itu terlalu mahal, mungkin bisa cara manual… diputar dan direkam pakai digital voice recorder…

  104. Selamat buat blog hebatnya mas, memberikab banyak info.. kami jg membuat beberapa entri ttg sejarah kecil, bisa dilihat di aleut.wordpress.com

    • Terima kasih…. selamat dan salut juga kepada aleut.wordpress.com

  105. Blog hebat.

    Membawa saya kembali ke masa kecil di Blitar. Setiap berkunjung, selalu mengingatkan saya untuk mikul dhuwur mendhem jero.

    Mas, kalo ada yang bisa saya bantu, terutama untuk menulis terkait pendiri republik ini, tolong jangan sungkan kontak yo. Tanpa pamrih kok, kalo buat sejarah :)

    Jas Merah!

    Ullil.
    081 853 0164

    • Matur nuwun Bung Ullil…. Anda luar biasa….!!!
      Jas Merah !

  106. “Bung Roso siapa yang punya,
    “Bung Roso siapa yang punya,
    “Bung Roso siapa yang punya,

    “Yang punya kita semua….

    Hehehe :B

    • Hehehehe….. lebay….., but thanks!!!

  107. Salam hangat, saya mengumpulkan buku2 tentang Bung Karno,karena beberapa bulan kemaren bekerja di Timika Papua, sulit untuk mencari buku2 tentang beliau.
    Kemaren saya pulang, mendapatkan buku Bung Karno Serpihan Sejarah yang Tercecer (The Other Stories 2).
    Untuk buku yang pertama bisa saya dapatkan dimana? soalnya saya browsing blm dpt, tolong informasinya, terimakasih dan salam kenal…….

    • Salam hangat bung Candra…. Buku yg Anda makud terbit setahun lalu. Di beberapa toko, kemungkinan masih ada, tetapi kemungkinan juga sudah habis.

      Barangkali Anda bisa kontak langsung ke penerbitnya, Etera Imania via salah seorang manajernya. DIa ada di akun facebook: Farid Wijdan. Coba kontak dia.

      Salam kenal kembali. MERDEKA!!!

  108. Ayah sayapun gandrung dengan sosok yang bernama SOEKARNO. Di kamar tidur beliau, bukannya foto keluarga yg dipampang tapi foto hitam putih bung Karno, mau marah! (gak ding becanda :D). Salam kenal pak Roro, eh atau Pak Daras? Saya tunggu tulisan berikutnya, Cheers’ Titut

    • Sama seperti bapakku almarhum… gonta-ganti presiden, eh, tetep aja foto Bung Karno yang dipajang, mau marah! (gak ding… bercanda :)
      Salam kenal kembali.

  109. Saya sangat suka dengan blog ini dan saya adalah pengagum bung karno karena gagasan dan pemikirannya. kalau saya boleh tanya dimanakah saya bisa mendapatkan film2 dokumenter tentang bung karno? mungkin di blog ini bisa ditambahkan, semoga. terimakasih & Salam…

    • Film-film dokumenter Bung Karno bisa Anda dapatkan di Arsip Nasional, Jl. Ampera Raya, Jakarta Selatan. Anda bisa nonton atau bahkan meng-copy. Tentu saja dengan merogoh kocek Anda.
      Tambahan fasilitas video di blog? Patut dipertimbangkan. Thanks!

  110. saya rekomen untuk para “tovarich” sukarnois mengunjungi site http://www.INDOLEAKS.net disitu banyak dokumen2x penting yang dapat lebih membuka wawasan kita semua khususnya sepak terjang ORDE BARU dan BAJINGAN suhartonya..salah satunya adalah pengiriman senjata ex SOVIET+cina+blok timur TNI untuk membantu sesama rejim militer LON NOL di kamboja atas desakan amerika sebagai syarat untuk mendapatkan BANTUAN MILITER dan FINANSIAL, hal ini dilakukan dalam rangka membantu tentara rejim untuk menghadapi vietnam dan khmer merah..seperti “tovarich” semua ketahui lon nol mengkup raja norodom sihanouk dan mengasingkan sang raja ke luar negeri = =

  111. bung,saya ingin ketemu dengan njenengan.
    selayaknya bukan hanya prakata yang ingin saya lontarkan melainkan upaya.saya rasa bapak kita jg sedih jika melihat orang2 yang pro dy tdk melakukan perubahan yang signifikan.tolonglah,barangkali dari bung lah saya mempunyai sebilah pedang di tangan!
    ini nomor hape saya bung 08562829584,whempy,solo,indonesia

    • Bung Whempy, anytime…. monggooooo…..

  112. Mas ditunggu The Other Stories Bung Karno #3-nya

    • Insya Allah…. #3, #4, #5…. dst….

  113. Mas Roso Daras,
    perkenalkan saya danu.widhyatmoko dari http://www.KepakGaruda.com, sebuah situs yang berharap dapat memberikan inspirasi bagi negeri dengan memberikan wallpaper gratis tokoh inspiratif Indonesia.

    Salah satu permintaan terbanyak dari situs tersebut adalah wallpaper Soekarno, selama ini “belum” kami penuhi karena kami sendiri ingin menjadikan wallpaper tersebut sangat spesial. Saat ini sudah ada dua sketsa siap olah untuk Soekarno. Dan kami ingin berdiskusi dengan Mas Roso Daras mengenai tampilan sketsa tersebut, agar ilustrasi yang kami tampilkan valid secara historis. Terkait wajah Soekarno di usia muda, busana yang dikenakan, serta latar visual.

    Ada email yang bisa kami gunakan untuk mengirim sketsa tersebut ke Mas Roso Daras?

    salam,
    danu.widhyatmoko
    kepakgaruda@gmail.com

  114. salam kenal untuk smua……..cinta indonesia 100%

  115. salam kenal mas..saya sangat tertarik atas semua tulisan mas..bener..saya pengagum berat “babeh” , Pak Karno… setiap baca tulisan beliau seakan saya hidup dimasanya, itu yang sampai saat ini saya rasakan. Maju terus mas, saya tunggu tulisan2 lainnya.

    • Terima kasih Bung Hendrat! Salam Nasionalis!!!

  116. Ass wr wb,

    salam bung Roso..
    Sebelumnya saya mohon maaf,,tanpa permisi langsung nyelonong buka blog ini..

    saya seorang dari sekian banyak pegandrung BUNGKARNO, dari semenjak saya kecil, sudah nggak asing dengan sosok Beliau,, mengingat orang tua saya( Alm) pernah dekat dengan beliau, dalam kapasitas di kepemudaan, jawa barat. Hampir tiap malam minggu orang tua saya bertemu BUNGKARNO di istana bogor keroncongan(nyanyi/maen musik Keroncong).
    Blog ini bener2 mengingatkan saya kembali akan cerita sosok Beliau,dari orang tua saya,,
    yang pasti saya salut & bangga kepada bung Roso !
    dan mohon maaf kalau saya lancang,,

    wassalam

    • Mas Karebet… waah, bagi-bagi cerita bapak dooong… Pasti menarik!

  117. Pak Roso Daras..

    saya adalah pembaca setia dari blog anda.. sebab saya juga pengagum dari Bungkarno..

    Saya menuliskan mail ini dikarenakan Saya ingin minta bantuan anda, Saya rasa Pak roso cukup berkompeten untuk turut meluruskan satu tread di Lounge Kaskus yang saya kira justru akan menanamkan anggapan-anggapan keliru pada Bungkarno.. Jujur saya rasa pembuat treat dapat memancing keadaan yang dia tidak pernah tau apa yang kelak akan terkail..

    berikut adalah URL dari tread di kaskus tersebut :

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6314327

    Saya rasa Pak Roso bisa menunjukan fakta terbalik atas foto-foto yang di tunjukan pada tread tersebut.. sebab foto-foto itu juga termuat di blok anda yang menyoal “Bung Karno Nonton Striptease”

    Jujur di tread tersebut ada juga yang mencoba mengeluarkan pendapat dengan menggunakan pembelaan yang berasal dari tulisan Anda :

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6314327&page=15

    Semoga berkenan.. Terimakasih.

    Note Jika anda berkenan meluruskannya mohon untuk saya di beri tau via e-mail saya tersebut.

    • Halo mas Dewanto…. Saya sudah mampir ke link yg Anda maksud…. Sempat terpikir utk memposting komen, tp terus terang saya berprinsip, “Bung Karno tidak perlu dibela…. Pembela Bung Karno adalah jalannya sejarah itu sendiri.” Apa yang anda risaukan, percayalah, hanya sebutir pasir di hamparan pantai.

  118. Mas Roso Daras, boleh saya minta nomor kontak. Saya Julius, produser Mata Najwa di Metro TV. Saya tertarik dengan tulisan Mas Roso tapi kesulitan mencari kontak ke Mas Roso. tq

  119. MERDEKA!!

    salut di zaman seperti ini masih ada yang mengagumi dan menghargai bapak bangsanya. kenapa tidak bergabung di Yayasan Bung Karno ?

    salam,
    rfn

    • MERDEKA!!!
      Halo bung Randy… dalam kondisi yang sekarang, saya menolak bergabung ke Yayasan Bung Karno (hehehe, ge er, lagian siapa yang ngajak???). Opini saya mengatakan, yayasan itu cuma besar di nama, kecil di karya. Saya justru bangga berhimpun di Soekarno Institut. Wadah Sukarnois sejati….

  120. mas roso daras, saya mau nanya .
    di mana saya bisa mendapatkan buku Mangil yg “Kesaksian tentang Bung Karno, 1945-1967″
    terima kasih .
    mohon dibalas ke email saya.
    maaf merepotkan mas :)

    • Mas Adryan, buku itu setahu saya sudah sold out di toko-toko buku. Kalau mau hnting ke pasar buku bekas. Alternatif lain pergi k Perpustakan Nasional dan meng-copy-nya. OK?

  121. Yth mas Roso Daras

    Sebelumnya saya sampaikan maaf yang sebesarnya karena telah lancang menggunakan gambar Tugu Selamat Datang tanpa minta ijin terlebih dahulu. Ceritanya begini. Saya mendapat tugas menulis laporan tahunan A4DES (Aid for Development Effectiveness) suatu sekretariat yang dibentuk Pemerintah untuk menangani implementasi dari Deklarasi Paris (2005) dan Komitmen Jakarta (2009, ditandatangani oleh 26 mitra pembangunan/donor).

    Nah ceritanya untuk sampul saya mencari gambar Tugu Selamat Datang, karena menggambarkan Indonesia ‘welcome’ menerima keikutsertaan mitra pembangunan. Pilar di dalam deklarasi Paris antara lain adalah harmonisasi dan keselarasan (alignment) itu cocok dengan semburan air mancur yang bersamaan dan selaras. Memang ada ‘tarian’ tapi itu harmoni. Cari2 di mbah Google kepincut sama gambar anda. Kepincutnya karena bukan sekedar gambarnya akan tetapi ada rohnya, yaitu tulisan2 mengenai pemrakarsa tugu tersebut, yaitu Bung Karno. Bahkan di kover dalam saya tulis ‘Diambil dari blog “Roso Daras – Saya dan Bung Karno.”‘
    Tapi karena diburu oleh tenggat waktu cetak ya langsung pasang trus dicetak. Baru teringat belum kulonuwun. Tapi di halaman dalam cover saya tulis sih sumber gambar anda.
    Wis kadung telat saya mohon mas Roso Daras bisa terima kelancangan saya mohon ijin tempel gambar yang terlanjur dicetak. Untuk itu saya akan kirim bukunya. Bagus sekali loh mas, ada komentar kayak puding gambarnya… Mohon sampaikan ke alamat mana bisa saya kirim buku tersebut.
    Note: Memang masih ada satu cetakan lagi yang bahasa Inggris saya tahan nunggu ijin dari anda. Atau perlu surat resmi?

    Salam Merdeka,

    Toto

    • Buku sudah saya terima mas Toto. Matur nuwun….

  122. Salam kenal mas, tambah sukses!

    Salam,
    Santhi

  123. Salam Kenal…

    JASMERAH
    Bhinneka Tunggal Sikep

  124. Salam kenal mas Roso Daras.
    Seingat saya, ada cerita bahwa Bung Karno pernah menyumbangkan pohon khusus untuk penghijauan di Saudi Arabia. Juga hanya beliau satu-satunya pemimpin negara yang di”ijinkan” memberikan khotbah Jum’at di masjid Madinah (masjid Nabi Muhammad SAW) dan berbicara di podium yang ada di atas (bukan yang di bawah). Konon, podium yang ada di atas adalah peninggalan Nabi dan tak satupun orang yang berani menggunakannya.
    Barangkali sambil berjalan, dapat dicari kebenaran berita itu, karena sebagian masyarakat Arab Saudi umumnya tahu akan hal itu.
    Juga kabarnya Bung Karno menyumbang burung perkutut ke raja Thailand, setelah dibudi daya, lalu terkenal sebagai perkutut Bangkok. Di Thailand malah disebut sebagai “burung Jawa” .
    Juga Dr.Sosrokartono adalah guru spiritual Bung Karno ketika masih muda dan mukim di Bandung.
    Terima kasih.

    • Salam kenal pak de win…. tulisan tentang Pohon Sukarno sudah pernah saya posting, silakan dicari di mesin pencari blog ini dg kata sandi pohon sukarno. Benar Dr Sosrokartono adalah guru spiritual Bung Karno ketika di Bandung, dan pernah pula saya posting. Silakan dicari dengan kata sandi sosrokartono. Dan kisah2 menarik lain, nanti saya posting dalam kesempatan mendatang.
      Salam!

  125. Assalamu’alaikum

    Pejah Gesang Nderek Bung Karno,,

    Blog ruarr biassa,,
    tetap semangat dan sehat selalu buat Bung Roso,, biar tetap mengisi banyak hal seputar Bung Karno.

    Salam Kenal, Bung Roso
    ijin Share ,, hehe

    wassalam

    • Wa’alaikum Salam Bung “Sang Petualang”. Terima kasih. Silakan di-share, semoga membawa manfaat.
      Wassalam. Merdeka!

  126. Salam Kenal Bung Roso,

    Ketika membaca artikel Bung Kwik, Indonesia Menggugat Jilid II bagian ke4-Bagaimana gambaran penjajahan dan siapa pelakunya, bagai tercekat tenggorokan ini. Tidak karena info yang disajikan baru bagi saya namun lebih karena kilas balik berbagai pengalaman dan pikiran masa lalu yang mulai terangkai keping demi keping.

    Membaca dan menyelami artikel-artikel yang ada di blog Bung Roso, sedikit mengobati rasa kerinduan saya terhadap tanah air. Selain bahasanya lugas dan berbobot juga mengisi celah kekosongan informasi sejarah masa lalu yang dulu terkesan banyak dicekoki ke dalam benak ini dimasa kecil.

    Bung Roso yang Baik,

    Artikel Bung Kwik tersebut mengingatkan saya pada beberapa film-film pendek “THE ARRIVALS” karya Noreagaaa dan Achernahr khususnya di seri awal 01 dan 02 (film-film tersebut mudah diunduh dari youtube) yang bercerita tentang persekongkolan sekelompok elit pemilik modal tingkat dunia untuk menguasai resources negara dunia ketiga.

    Film yang rata-rata berdurasi 10 menit kurang itu terdiri dari 50 seri lebih dan telah memberikan kesadaran global perihal apa yang sesungguhnya terjadi dengan zaman kita hidup di masa kini. Dan ini merupakan rangkaian pertempuran antara baik dan bathil, bangsa mangsa dan bangsa pemangsa.

    Kesadaran Nasionalisme saya terusik, dan itu terjadi setelah memperoleh kesadaran internasionalisme melalui serial film pendek itu. Dan semakin jelas setelah kisah-kisah Bung Karno yang pernuh dengan semangat perjuangan-pengorbanan memerdekakan bangsa indonesia dari belenggu penjajahan fisik, mental, ruhani dan penjajahan untuk menentukan nasib sendiri.

    Entah benar atau tidak, tapi saya sangat yakin bangsa kita saat ini telah berada didalam rahang mulut komodo, setelah lepas dari mulut buaya dan terlepas dari mulut ular sebelumnya.

    Saya menghaturkan banyak terima kasih atas artikel-artikel yang ada di blog Bung Roso. Semangat kesadaran akan penjajahan modern harus terus didengungkan, dengan berbagai cara dan upaya. Bergandengan tangan dengan siapa saja dan dimana saja. Jangan pernah terlintas pikiran untuk berhenti menulis dan berbagi. Mari lanjutkan ‘Revolusi belum USAI’. MERDEKA

    Inoki Nurza

  127. Assalamualaikum

    Perkenalkan saya Muh.Radian dari salah satu SMA negeri di Jakarta.Saya merupakan penggemar presiden pertama kita Ir.Soekarno seperti bapak sendiri.Nah rencananya majalah sekolah saya akhir semester nanti sekitar bulan desember bertema tentang “Superhero” yang mencakup pahlawan komik,internasional,dan juga dalam negeri.
    Saya berencana akan membuat tulisan tentang Soekarno yang mengungkit beberapa “Kisah Lain” dari Ir.Soekarno pasti akan saya ambil dari buku bapak yang pertama dan kedua.saya juga akan memasukan hal-hal yang telah beliau lakukan di panggung dunia seperti KAA,Cenefo,dan non-blok.tetapi saya juga ingin memasukan beberapa kisah Ir.Soekarno yang “tidak begitu hebat” sehingga dalam artikel saya Soekarno sebagai manusia biasa bukan manusia sakti.
    Saya mohon Iijin untuk mengambil beberapa kisah Soekarno dari buku dan juga blog bapak yang menurut saya unik dan jarang didengar yang dapat menarik perhatian remaja.Saya juga minta saran dalam menyelesaikan dan mengembangkan tulisan saya,mungkin saat sudah selesai akan saya kirim ke bapak untuk dikoreksi apabila ada kesalahan dan kekurangan.
    Saya berharap bapak bisa memberi saya foto-foto Soekarno yang jarang dilihat dengan tokoh-tokoh internasional seperti foto dengan Mahatma Gandhi,Paus Johannes XXIII sehingga anak-anak sekolah saya tau kalau kondisi Indonesia tidak dari dulu seperti ini.Pernah ada Indonesia lain dengan seorang pemimpin besar dimana pada masanya Indoensia punya peran,dihormati,dan dianggap bangsa yang hebat oleh dunia.Bangsa menggoyangkan langit,menggamparkan darat,dan menggelorakan samudra.

    Saya sungguh berharap bapak bisa membantu saya karena ini merupakan tulisan pertama saya yang saya buat dan (semoga) dipublikasikan.

    Terimakasih

    • Wa’alaikumsalam Radian…
      Dengan senang hati saya akan membantu. Semoga sedikit yang saya tahu, bisa bermanfaat buat karya tulismu yang pertama itu.
      Salam

  128. Assaamu ‘alaikum warhmatullaahii wabarakaatuh,
    Bismillaahirrahmaanirrahiim,… Alhamdulilaahirabbil’alaamiin,…. Segala puji hanyalah kembali kepada ALLAH SWT, Sang Pencipta, seisi langit dan bumi;
    Pak Roso yang saya hormati dan saya banggakan,… Barangkali tidaklah berlebihan kata,.. tidaklah berlebihan punya sanjungan, tidaklah berlebihan acungan jempol, tidaklah berlebihan ucapan dan rasa bangga, tidaklah berlebihan rasa kagum,….. dibalik semua itu, Pak Roso telah sudi berpayah-payah meluangkan waktu dan goresan pena, menghembuskan kembali “SEMANGAT BARU INDONESIA KITA” melalui tulisan-tulisan didalam blog ini.
    Sungguh kiranya merupakan sebuah hal yang mudah saya menemui Anda disini. Karena,… ketika saya sedang merenung, dan memikirkan, betapa KEMISKINAN, KESENGSARAAN, KELAPARAN,KETERPURUKAN, negeri (Indonesia kita) ini,… lalu saya mulai buka-buka web,… mencari artikel-artikel, dan yang saya cari adalah : “Dimanakah harta karun bangsa? Bagaimana dengan Indonesiaku yang sudah keparat dengan semangat korupsi, kolusi, merajalela, ,…. sampai kepada web yang berisi “Dana Abadi Bangsa Indonesia”, akhirnya terkonek dengan Blog Anda.
    Saya pertama kali membaca,.. mulai halaman awal,.. begitu seterusnya, dan seterusnya,.. sampai habis saya melahap tulisan Anda,… sungguh sangat membanggakan saya. Saya merasa memiliki Anda (Pak Roso,… boleh kan, saya berteman denganAnda??).
    Mari kita “BERPIKIR SOEKARNO” dan “BERSIKAP SOEKARNO” dan “BERTINDAK SOEKARNO”.
    Terakhir Mas,… Saya tahun 2009 yg lalu sempat mampir di kota Gorontalo (tempatnya Briptu Norman Kamaru). Disana saya sempat mampir di : Situs Peninggalan Soekarno, saya foto di halaman rumah peninggalan Soekarno, Ada 2 rumah, 1 masih baik, dan 1 lagi hanya tinggal atapnya saja. Saya duduk di tengah atap rumah no. 2 yg sudah rusak dan mengenang kembali,…. KETIKA PADA TAHUN 1941, Soekarno mendarat dengan pesawat Amphibi di Danau Limboto. Saya mampir juga di Danau Limboto,… melihat jejak-jejak pendaratan pesawat itu.
    Maka apakah Mas Roso ada punya referensi tentang kisah pendaratan pesawt amphibi di danau Limboto, dan bertemu dengan para laskar dan pahlawan revolusi perintis kemerdekaan Indonesia,… di Gorontalo yang saya mampir juga salah satu patung Pahlawan Perintis Kemerdekaan ” NANI WARTABONE” apakah ini juga anda punya literatur tentang itu?
    Demikian perkenalan dari saya, dan…. mohon maaf,.. ijinkanlah saya memasukkan Blog Anda ke Link saya. Terima kasih.
    Wassalam,
    Hormat Saya,
    Rasyid Djamaluddin
    alias
    BAPARADJA

    e-mail : Radj200@yahoo.com
    Blog ; http://www.abangradja.multiply.com

    • Assalamu’alaikum Bung Rasyid…. terima kasih atas perhatiannya. Tentang situs-situs yang Anda kunjungi itu, sejauh ini saya belum nemu referensinya, atau blm saya perhatikan…. Nanti, jika kebetulan nyenggol, saya akan coba posting buat memuaskan dahaga Anda… hehehe…
      Saya persilakan membuat link ke blog Anda. Terima kasih saya ucapkan.

      Hormat saya

  129. Mas Roso Daras

    Segala sesuatu tidak ada yg kebetulan begitu juga sekarang saya bertemu Mas, Roso melalui blog ini. Saya sangat kagum dan menghargai komitmen anda terhadap karya karya besar Bung Karno sepanjang hidupnya. Ada suatu pengalaman spritual yg sampai saat ini masih tandatanya bagi saya yaitu saya pernah bertemu dan bersalaman tangan dgn beliau di alam mimpi 10 thn yg lalu, apakah artinya melalui pertemuan kita ini ada hikmah yg tersembunyi…?

    salam kenal dalam persaudaraan

    • Salam bung Firdaus
      Hal sekecil apa pun tidak akan pernah terjadi tanpa ridha Tuhan YME. Terima kasih atas komplimen Bung Firdaus atas blog ini.
      Mimpi bertemu dan bersalaman dengan Bung Karno? Wah, mimpi yang membuat saya iri….hehehehe….
      Bisa jadi bung, hikmahnya kita “bertemu” 10 tahun kemudian. Dan anda jadi lebih tertarik menggali ajaran Bung Karno.
      Wassalam

  130. Mas Roso Daras sahabat ku

    terima kasih telah menanggapi komentar saya dan kalau berkenan silakan kunjungi tulisan ku ttg Bung Karno http://sejarah.kompasiana.com/2011/07/26/sekelumit-mendengar-pidato-bung-karno-waktu-kecil/

  131. I like Your Article about About this Blog ROSO DARAS Perfect just what I was looking for! .

  132. About this Blog ROSO DARAS Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you’re just too excellent. I actually like what you have acquired here, certainly like what you’re saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it wise. I can not wait to read far more About this Blog ROSO DARAS again from you. Thanks For Share .

  133. Assalamualaikum.
    Merdeka ! Senang bisa berkunjung ke blog yang sungguh membanggakan sebagai anak bangsa Indonesia :) salam hormat selalu dari Makassar.
    Mohon izin share artikel dan foto bung karno shalat di Amerika.

    • Salam Bung Hariyanto….
      Silakan di-share, semoga bermanfaat.
      Merdeka!!!

  134. Salam Bung Roso,

    Saya rasa kita semua yang berada dalam blog ini punya kesamaan, kekaguman dan inspirasi yang kita dapatkan dari Bung Karno. Saya dan teman-teman di pemuda gereja saya akan diskusi tentang tokoh pergerakan nasional yang dekat dan dipercaya oleh Bung Karno, Johannes Leimena. Apabila Bung Roso ada artikel, informasi atau referensi tentang pertemanan keduanya akan sangat memperkaya diskusi kami.

    Salam Ika dalam bhineka,

    Ramos Pandia

    • Salam Bung Ramos Pandia,
      Sangat banyak artikel menarik terkait persahabatan Bung Karno dan J. Leimena. Keduanya sangat akrab. Leimena adalah satu di antara sekian banyak pejabat negara yang relatif sering diundang pagi-pagi ke Istana, untuk sekadar menemani minum teh, dan sesekali merundingkan persoalan negara yang pelik.

      Leimena juga tokoh yang loyal dan banyak dedikasinya bagi Republik ini. Di antara sekian banyak Waperdam, J. Leimena dikenal berwawasan luas, tidak meledak-ledak (bijaksana). Dia satu dari sekian banyak Sukarnois yang rela “tenggelam” bersama sang nakhoda.

      Sayang, saya rasanya belum pernah memosting khusus jalinan persahabatan Bung Karno – Leimena. Insya Allah, pada kesempatan mendatang, posting ttg Leimena akan saya luncurkan.

      Sekali lagi mohon maaf, akhir-akhir ini sangat-sangat padat, sehingga sedikiiiitttt sekali waktu untuk memanjakan diri membaca buku-buku lawas tentang Putra Sang Fajar.

      Salam!

  135. Pak roso daras, salut utk blog anda yg penuh manfaat ini.

    Ada yg saya ingin tanyakan, dimana saya bisa membeli buku “Kesaksian tentang bung karno 1945-1967, H Mangil Martowidjojo” ?
    Saya sudah beberapa kali mengecek ke gramedia & toko buku lain, tp selalu tidak ada.
    Mohon bantuannya pak.
    Terima kasih.

    • Ovacastro…. ITu buku yang relatif lama.
      Di toko2 buku tentunya sudah habis. Ada beberapa alternatif utk mendapatkannya:
      1. Menunggu edisi cetak ulang.
      2. Pergi ke perpustakaan nasional, dan meng-copy-nya di sana.
      Salam.

  136. Mas Roso, saya tertarik artikel”balada prihatin” karena fokusnya buku karya H. Mangil M (mantan komandan DCP-CAKRABRAWA). Apa yang sebenarnya ingin disampaikan dari artikel mantan anggota bernama Prihatin tsb? Apa benar orang itu pernah ada? Pernah ketemu sama orang tersebut? Terima kasih- Hariwiseno

  137. pak, saya mahasiswa sastra indonesia, berniat untuk mengangkat kalimat-kalimat pidato bung karno dalam skripsi saya. apakah pak roso bisa membantu saya? terimakasih sebelumnya

    • Salam, ….
      Dengan senang hati saya akan membantu, semaksimal saya mampu.
      Terima kasih.

  138. SALAM KENAL DARI PENGAGUM BUNG KARNO UNTUK INDONESIA

    • salam kenal kembali bung Bambang….
      Merdeka!!!

  139. Pemimpin Agung..
    Yang membawa Negeri ini dikenal, dibanggakan dan punya harga diri ..
    Bung Karno, Aku pengagum beratmu !

    Belum ada di Negeri ini sosok atau pemikiran yang briliant, sepertimu wahai …. Bung Karno !!

    Blog ini, pelepas dahaga akan Bung Karno, bagiku ..

    Terimakasih buat Bung Roso …

    • Terima kasih kembali bung Adhi.
      Merdeka!!!

  140. salam kenal bung Roso…, senang sekali memiliki orang seperti anda di bumi Indonesia ini, sehingga bangsa ini dapat mengenal sosok Sukarno yang telah memberikan segalanya untuk Indonesia untuk kita, rakyatnya…

    Izinkan saya memberanikan diri untuk mengusulkan agar bung roso dapat berkenan menulis tentang korelasi pp.10 th’59, sosok Soekarno, dan tentunya warga tionghoa. Di satu pihak jelas saya mengetahui bahwa sosok Sukarno bukanlah seorang rasialis, terbukti dari pengangkatan Oei Tjoe Tat, sebagai menteri, termasuk insiden nama tionghoa-nya, serta kedekatan Sukarno dengan dokter Oei Hong Kian sebagai dokter pribadi pada akhir kekuasaannya sebagai presiden RI, tetapi di pihak lain terbitnya pp.10 th’59 membuat puluhan ribu warga keturunan kehilangan seluruh aset dan mata pencahariannya dalam waktu sekejap saja. Konon karena perbedaan pandangan tentang pp.10 th’59 ini juga yang melahirkan tulisan “Huakiao di Indonesia”, hingga mengakibatkan Pramudya Ananta Toer meringkuk di penjara. Apakah ini semua tentang menyaring warga keturunan mana yang pro RI, mengingat pada masa itu ada kelompok warga tionghoa yang masih berkiblat ke Belanda, maupun Tiongkok.

    Saya sempat mencoba mencari referensi perihal latar belakang keluarnya pp.10 th’59, tentunya dasar pemikiran Sukarno dibalik semua itu, tetapi hasilnya nihil, semoga bung Roso dapat memberikan pencerahan…

    Terima kasih sebelumnya – salam keriskwan

    • Salam bung keriskwan
      Komen anda dan tanggapan saya sudah saya posting tuhhh…
      Merdeka!!!

    • Kalau membicarakan PP 10 th 59 memang menarik, kita ingin mengetahui latar belakang apa PP tersebut dikeluarkan?. Mungkin kita perlu menelusuri sejarah kedatangan serta keberadaan orang-orang Tionghoa di Nusantara/Indonesia dan implikasinya, karena seorang Sukarno mempelajari sejarah secara mendalam dan dipakai sebagai landasan pemikiran dan kebijakannya. Apapun hasilnya yang baik dan buruk tidak bisa digeralisir (gebyah uyah). Mas Roso ini menarik dibahas di saat situasi sosial politik saat ini.

      Suwun

      • Halo mas Didiek….. Ya, saya sempat diskusikan masalah ini dengan pak Achadi. Memang sangat menarik, sebab mata rantai ke belakang sangat panjang. Dan ini bisa membuka mata kita semua dalam konteks kekinian.

  141. ass. wr. wb….sebagaimana kutipan yg saudara muat …..””Oleh Bung Karno, kalimat Musso itu diulanginya dalam penuturan kepada Cindy Adams. Itu artinya, tidak sedikit pemahaman-pemahaman baru yang Bung Karno peroleh dari Musso. Musso sendiri empat tahun lebih tua dari Bung Karno yang kelahiran 1901. Adapun teman seperjuangan Musso antara lain Alimin, Semaun, dan Darsono.”” (Musso dan Sukarno, Guru dan seteru,,28 agustus 2011). saya sekarang masih hidup dan tinggal di Indonesia.. Anda bisa dipersilahkan hub. saya.. dalam minggu2 ini saya ada di Jakarta..

  142. Salam Kenal Bung Roso Daras.
    Trimakasih karena dengan adanya tulisan-tulisan dari Bung Roso Daras saya jadi lebih mengenal Bung Karno.
    Banyak sekali warisan pemikiran-pemikiran Bung Karno yang sifatnya everlasting dan evergreen.

    Bung. Satu hal yang masih mengganjal di pikiran saya tentang Bung Karno adalah misteri tentang dana revolusi. Mungkin terdengar basi n tabu karena tema itu sering diangkat di berbagai tulisan dan masih menjadi kontroversi.

    Sekiranya anda berkenan maukah anda memberi pendapat kepada saya tentang hal tersebut.

    • Maaf baru sempat balas.
      Dana revolusi bukan topik basi. Selalu menarik. Wujudnya antara ada dan tiada. Dibilang ada, karena memang banyak dokumen dan testimoni yang memperkuat. DIbilang tiada, karena hingga sekarang faktanya belum terungkap.

      Lebih dari sekali saya bergelut dengan sekelompok orang (para sepuh) yang merunut, mengusut, menjemput, dan berusaha menjumput dana revolusi tersebut. Semua berujung nihil.

      Saya pribadi sampai pada kesimpulan, dana revolusi itu ADA. Tapi mohon jangan bertanya lebih, karena ceritanya sangat panjang dan bikin pusing saja.

      Ada beberapa serpihan kisah seputar dana revolusi, dan sempat terbersit niat menuangkannya menjadi sebuah tulisan (entah untuk materi blog atau bahkan bisa menjadi sebuah buku). Tetapi, … saya merasa belum layak, karena tidak ada konklusi yang valid.

      Sekali lagi, mohon maaf jika pendapat saya belum memuaskan dahaga Anda tentang dana revolusi.

      Merdeka!!!

      • Trimakasih Bung Roso Daras sudah membalas.

        Kalau saya pikir, walaupun dana revolusi memang benar-benar ada, tetapi untuk saat ini Bangsa Indonesia belum pantas menerima dana tersebut.

        Memang dana tersebut menurut berbagai sumber jumlahnya luar biasa besar, tapi ada lagi sesuatu yang lebih berharga dari dana tersebut, yaitu empat pilar Bangsa Indonesia yang tidak lain tidak bukan adalah Pancasila, UUD 45(yang asli dan bukan hasil amandemen), NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

        Menurut perkiraan saya Bung Roso Daras, mungkin karena pemikiran Bung Karno yang jauh kedepan dan beliau bisa melihat apa yang terjadi kelak lewat gejala-gejala politik di masanya, sehingga membuat beliau menyimpan rapat-rapat dana tersebut dan dimaksudkan akan digunakan oleh anak-anak bangsa Indonesia di kemudian hari.

        Walaupun dahaga saya tentang dana revolusi belum terpuaskan sepenuhnya , tapi dahaga saya akan pengetahuan tentang Bung Karno akan selalu terpuaskan lewat tulisan-tulisan Bung Roso Daras.

        Merdeka!!!

  143. saya suka dg blog ini

    • thanks, mas dodi.
      merdeka!!!

  144. menilik ulang sejarah

  145. salam, saya dari malaysia dan sudah beberapakali ke indonesia
    saya ingin tahu apakah pendirian kerajaan indonesia dalam hal soeharto?adakah soeharto itu menjadi president dengan cara yang sah?dan diiktiraf?sejarah indonesia kurang jelas.

  146. @pa cik mohd hanif dari jiran…suharto MENGKUDETA presiden sukarno dengan cara “creeping coup d’etat”..membunuh jendral2x TNI AD yg netral, membersihkan “house of parliement” dari para wakil rakyat dan digantikan oleh para penghianat plus kroni NEO LIB….membunuh 1~3 juta rakyat indonesia (1965~1967) dengan tuduhan “komunis” (menjadikan suharto setara dengan POL POT kamboja dalam hal genocida)….dia menjadi diktator berkuasa 32 tahun,korupsi menggila,menindas rakyat (khususnya di luar JAWA),membungkam demokrasi,membelokkan SEJARAH serta menyalah gunakan kekuasaan dengan meng “intepretasikan” ideologi PANCASILA menurut pendapat dirinya sendiri….he was a total asshole :(

  147. Blog yg menarik. Gambar2 yg bercerita atau yg diberi catatan/pandangan menjadikan blog ini tak sekedar penyaluran akan kegemaran di ruang maya.
    Apakah beberapa gambar blh diluncur pada jejaring media sosial teman2? Daripada ‘narsis’ pake gambar sendiri yg blm tentu menarik, hehehehe.

    • boleh-boleh saja….
      merdeka!!!

  148. Pak Rosso kebetulan saya menemukan sebuah foto uyut saya dan wanita2 pasundan bersama Soekarno saat KAA di album keluarga saya.Yang sampai sekarang saya belum tau adalah seorang kulit putih disebelah Soekarno.Apakah bapak mengenali orang itu?karena tidak ada satu pun di keluarga saya yang tau.
    Mohon bantuannya yah pak,Fotonya ada fb saya:

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=4019851783584&set=a.3985945135939.162071.1500112816&type=3&theater

    Terimakasih yang sebanyak-banyaknya!

  149. Salam kenal mas,…
    kapan-kapan kopi darat dong, byar bisa diskusi dengan para soekarnois. Thanks
    08561994911

    • Salam kenal juga Bung Jony…. insya Allah, dengan senang hati. Thanks

  150. Salam Mas, enak sekali baca-baca tulisan Mas. Semoga selalu dianugerahi Spirit untuk selalu berkarya. Kalau Mas Roso tersesat ke alam pikiran Bung Karno, saya mengasyik’i untuk tersesat dalam cerita-cerita spiritual-mistis Soekarno, termasuk yang aneh-aneh soal dana amanah itu. Cukup menguras sumber daya Mas, tapi memang asyik tenan. Kesimpulannya sederhana, cerita tentang Indonesia-tentu juga cerita tentang Soekarno, adalah proses yang sedang “menjadi”, semoga kita semua bisa turut mengantar negeri ini ke tujuanNya. Merdeka!

    • Salam mas Anto…. Senang akhirnya bisa berkenalan. Tetap semangat!!! Merdeka!!!!

  151. Salam kenal Mas Roso.

    • Salam kenal kembali Bung Teguh!!!
      Merdeka!!!!

  152. saya temukan tulisan2 bernas soal soekarno di sini. mantap mas!

  153. Mas, kenapa hari merdeka tahun ini tidak ada artikel yang baru? Padahal ini yang saya tunggu-tunggu.

    • bung zaid, mohon maaf… bkn hanya di hari kemerdekaan, hari-hari lain pun hampir tdk ada tulisan baru ttg BK. Mhn bersabar, lagi menata usaha penerbitan baru. mhn doa restunya.

  154. mas roso salam kenal.. saya punya lukisan karyanya beliau kebetulan ada di rumah saya bila ingin liat silahkan hubungi no 085695622154

    • salam kenal bung faizul. anda domisili di mana? setahu saya sih nyaris tak ada lagi lukisan karya BK di luaran…. luar biasa kalau anda punya.

  155. Bung salam kenal…..
    saya mau tanya nie..dimana ya bisa kita dapet refernsi buku-buku karya sukarno..seprti dibawah bendera revolusi….saya dari dulu mencari kok gak dapet2..adakah mas rosodaras punya softcopynya..?? klu ada minta share dong mas ke email saya : triyulianto19@gmail.com

    • mas tri, buku2 yang anda maksud bisa dilihat dan di-copy di perpustakaan nasional, Jakarta Pusat. Jika beruntung, bisa menemukannya di kios2 buku bekas di kota2 besar. Saya punya tapi hard copy.

  156. Om, nanti tulis tentang para pemuda2 dulu yg ikut sumpah pemuda, ya? biar ari kls 5 SD ini langsung tau. hehe…

  157. Salam kenal bung, saya ingin mengenal Soekarno lebih jauh lagi ( padahal belum kenal ) =D .
    Semoga dengan keberadaan Blog ini, rasa kecintaanku pada Soekarno bertambah, aamiin.. :-)

  158. Bung Karno ada di Bangkok, Thailand…
    Mantaaaabb…

    Bung Karno PANCASILA
    akulah pendukungmu…
    Patriot PROKLAMASI,
    sedia berkorban untukmu…

    PANCASILA Dasar Negara…
    Rakyat adil makmur, sentausa..
    Pribadi Bangsaku…

    Ayo maju.. Maju..
    Ayo maju.. Maju…
    Ayo maju.. Majuuu…

  159. Merdeka !!! Mas, saya ijin ngopy tulisan2nya ya buat tambahan refrensi untuk diskusi kawana2 disini … skalian kalau berkenan saya minta alamat emailnya mas roso,biar gmapang komunikasinya..

  160. teruslah menulis tentang sukarno mas!!

  161. saya suka dan kagum dngn sang penulis trs menulislah dan menulis karna dngn tulisan anda anak cucu bangsa jadi tau tentang sajarah dahulu kala!

    • Terima kasih. Merdeka!!!

  162. Selamat sore Pak, salam kenal. Sejak hampir 2 tahun lalu saya langganan membaca blog Bapak, sampai saya bookmark di leptop saya. Saya sangat suka cara Bapak menuturkan semua hal tentang salah satu tokoh yang saya kagumi ini, kebetulan sosok Pak Soekarno memiliki arti khusus bagi keluarga kami. Baru-baru ini saya memberanikan diri menantang diri saya untuk belajar menulis, akhirnya saya pun membuat blog, meskipun saya masih belum tau mau menulis apa di blog saya hehe… Ijin mem-follow blog-nya ya Pak, Kalau berkenan, saya tunggu kunjungannya di blog saya yang masih fresh from the oven :)

    • Terima kasih biblioholik…

  163. Salam kenal mas, saya ingin tahu hal banyak lagi mengenai dwi tunggal (Bung Karno-Bung Hatta) berpisah mohon diulas lebih banyak lagi mas, terimakasih mas.

    Salam Soekarnois

    • Salam kenal Apri Budi…. Blog ini tentang Bung Karno. Sebagai dwitunggal, tentu saja Bung Karno dan Bung Hatta laksana sekeping mata uang. Tentu saja Apri akan menjumpai tulisan2 yang menyinggung Bung Hatta. Hanya saja, barangkali tidak terlalu banyak.
      Merdeka!!!

  164. Salam kenal Pa Roso Daras, saya sedang buat tesis tentang Soekarno, bolehkan saya minta Pa Roso jadi narasumbernya…..?

    • Salam kenal Kirasave…. Sependek pengetahuan saya tentang Bung Karno, prinsipnya saya siap berbagi. Silakan saja. Terima kasih.

      • Terima kasih banyak Pa Roso Daras karena cepat sekali membalas pesan saya, saya ingin mengetahui dari Pa Roso sebagai orang yang pernah dekat dengan BK bagaimana tentang Uniform Soekarno, Peci, Tanda Kepangkatan, Tongkat Soekarno, Keris Soekarno, Pedang Soekarno (beliau pernah bertutur bahwa pernah berfoto menggunakan pedang di buku Cindy Adam). Mohon informasinya dari bapa ya, saya termasuk salah seorang pencinta Soekarno mohon saya minta kontak person bapa supaya bisa kaya akan jiwa Soekarno, alamat email saya: kirasave@yahoo.com

  165. Salam kenal Bung..!

    Saya sedang berusaha mengiterpretasi ulang paham-paham Bung Karno tentang ideologi negara dan pemikiraan antar bangsa dari beliau, termasuk berusaha mencari “penyebab” pudarnya putera sang fajar di sekitar tahun 1966. Faktor eksternal bisa kita deteksi, namun saya lebih tertarik dengan masalah internal yang ada. Saya terus bertanya-tanya kekeliruan apa yang beliau lakukan sehingga beliau seakan-akan “dihukum” oleh bangsanya sendiri.

    Apakah perpecahan beliau dengan Bung Hatta sebagai dwitunggal merupakan titik awal kemunduran perjuangan beliau? Apakah format dwitunggal adalah format ideal buat bangsa kita sebagaimana fenomena yang bisa kita lihat saat ini pada diri pak Jokowi dan Ahok? Mengapa setelah era Bung Karno bangsa kita seakan-akan kehilangan jati dirinya? dan berpuluh-puluh pertanyaan lain yang memenuhi kepala saya. Intinya adalah mengapa sebuah bangsa yang begitu kaya raya namun belum mampu mensejahterakan rakyatnya dengan rentang waktu lebih dari 3 generasi. Apakah bangsa kita terlalu bodoh untuk bisa melakukannya…? Kalau melihat kualitas tokoh-tokoh Indonesia di sekitar era Bung Karno rasanya 2 generasi sudah cukup mampu untuk menuntaskannya. Tapi itulah sejarah…

    Mudah-mudah bisa berkomunikasi lebih intens dengan bung! Senang bisa berkenalan dengan anda dan para pencinta NKRI di manapun.

    Sudah saatnya Ibu Pertiwi untuk memastikan bahwa “Anak kandungnya sendirilah yang paling berhak untuk air susu itu”

    • Teruslah mengkaji dan menelaah sejarah. Sampai saat ini, dan sepanjang hayat masih dikandung badan, saya pun melakukannya. Resepnya, jangan pernah menelan sebuah temuan secara utuh. Jadikan sebagai piranti guna menyusun kerangka sejarah. Kapan bangunan sejarah itu akan utuh? Jangan pusingkan itu. Sebab, sejarah akan mengalir menemukan jalannya sendiri. Merdeka!!!

      • Terima kasih tanggapannya. Anda benar, sejarah bagaikan puzzle tanpa batas. Ketika kita menemukan kepingan yang satu seketika itu juga akan menyisakan tempat untuk kepingan misterius lainnya. Namun sejarah akan menemukan jejaknya sendiri…

  166. Salam kenal. Saya mengikuti terus tulisan2 di blok Roso Daras. Sangat humanis dan ada hal2 yang tak pernah diungkap dalam buku-buku tentang Bung Karno, tetapi ditulis dalam blog ini. Satu hal yang saya pikirkan, bagaimana memotivasi anak muda jaman sekarang supaya cerdas dan giat belajar seperti Bung Karno. Beliau insinyur teknik sipil, ahli bangunan, dan menguasai beberapa bahasa, mendapat gelar doktor honoris causa sekitar 20. Tidak ada di dunia ini seseorang menerima gelar Dr.HC sampai demikian banyaknya. Mari kita cetak sejuta Soekarno, untuk menghadapi masa depan republik ini, yang akan lebih sulit dihadapi oleh anak cucu. Juga tentang kekayaan Nusantara di luar negeri, yang belum waktunya untuk ditarik kembali (karena nanti cuma jadi bancakan) memang tak perlu dibahas.
    Sekali lagi, bagaimana memotivasi anak muda jaman sekarang supaya lebih bersemangat, karena banyak bahaya menghadang mereka (antara lain narkoba).
    Terima kasih dan salam sukses.

    • terima kasih pak de win atas komentarnya….
      Mencetak manusia seperti Bung Karno, menurut saya mustahil. Saya berpendapat, Sukarno dicetak oleh zaman, oleh latar belakang sejarah, dan lebih dari itu, mendapat anugerah Tuhan. Untuk anugerah Tuhan, rasanya kita bisa berdoa dan memohon, tetapi latar belakang sejarah dan zaman yang musykil diulang, sebab detak-detik waktu bergerak maju.
      Salah satu upaya adalah “menanamkan pelajaran sejarah”. Dari sejarah, manusia bisa belajar banyak. Contoh yang kecil saja, mempalajari sejarah Sukarno dengan begitu banyak kelebihan (seperti yang Anda juga sebutkan), bukankah akan kita dapatkan endapan positif berupa ilmu pengetahuan? Sebagai pengagum Bung Karno, maka usul kongkrit saya adalah, “Belajarlah dari Sukarno”… ha…ha…ha… Setelah itu (kalau masih ada kekuatan otak) belajarlah dari tokoh2 besar dunia yang lain.

  167. Mas Roso udah nonton “The Act of Killing?”

    Ada tanggapan, kalau sudah nonton?

  168. bung roso aku masih penasaran dengan jendral hario kecik, aku telah memiliki buku karya beliau yg terbaru…dan isinya sangat menarik dan lumayan tajam…namun meninggalkan sejuta pertanyaan bagi saya yg sangat menyukai sejarah….apakah bung punya email address dari pak hario kecik? aku mo kulonuwun dengan beliau trima kasih

    • Mohon maaf, saya tidak ada email address beliau…..

  169. Pak Roso Daras, mohon perkenalkan nama saya Osa Kurniawan Ilham. Saya adalah silent reader blog Anda tetapi selalu tekun menyimak baik langsung berkunjung ke sini atau melalui http://www.baltyra.com.
    Sudah lama saya mempunyai mimpi untuk merekonstruksi sejarah di sekitar proklamasi 17 Agustus 1945 dan selama 3 tahun terakhir saya tekun melakukan riset literatur dalam rangka rekonstruksi tersebut, termasuk blog Pak Roso ini.
    Bulan Juni kemarin, mimpi itu pun terwujud sudah. Buku perdana saya akhirnya diterbitkan. Judulnya PROKLAMASI: SEBUAH REKONSTRUKSI, diterbitkan oleh Penerbit Matapadi Pressindo dari Yogyakarta. Saya berharap melalui penerbitan buku ini, generasi muda sekarang mendapatkan pendekatan baru dalam memahami sejarah bangsanya terutama sejarah proklamasi.
    Kalau Pak Roso punya waktu, silakan membaca buku ini Pak. Masukan dan komentarnya dipersilakan untuk perbaikan buku ini.

    Salam Merdeka,
    Osa KI

    • Halo Kurniawan….
      terima kasih sudah berkenan menjadi silent reader blog ini… hehehehe…. dan selamat atas sukses anda merekonstruksi peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan kita. Selamat pula atas terbitnya buku Anda. Tetap semangat. Teruslah menulis.

  170. Luar biasa, pertama saya ucapkan untuk blog yang Bapak kelola. Mungkin awalnya tidak sengaja saya temukan blog ini dari mesin pencari google. Akhirnya semua pertanyaan dalam benakku terjawab juga. Tentang sosok bung Karno yang pada masa lalu memang telah banyak dibelokkan sejarahnya. Saya adalah generasi yang lahir masa orde baru, jauh dari masa Bung Karno. Sempat ragu tentang apa yg aku dapat selama ini, akhirnya blog ini cukup lah jadi referensi saya tentang Bung Karno, Tokoh yang disegani dan ditakuti bangsa Asia, Afrika bahkan Amerika tapi diperlakukan tidak adil dinegri sendiri. Sekali lagi terimakasih Bapak.

    • Terima kasih bung Purwa. Merdeka!!!

  171. Salam kenal Soekarnois Bung Roso Daras! Apa kabar bung? Saya sangat ingin tahu lebih jauh, mendalam, tentang Bung Karno. Apa mungkin saya bisa berjalan bersama-sama dengan Bung Daras dalam menggali Ideologi bung Karno yang begitu mengiris, menggugah hati saya? Terima kasih. Dedi Sulbar

    • Salam kenal bung Dedi. Tanpa bung Dedi sadari, sejatinya kita sedang berjalan bersama menggali ajaran Bung Karno, bukan?
      Merdeka!!!

  172. Salam Bung Karno Pak Roso, sebelumnya saya banyak mengucapkan terima kasih dari blog ini yang telah membantu penulisan tesis saya, beberapa hari kemarin saya telah bertemu dengan Bapak Achadi, ada salam buat Pak Roso dari Pak Achadi. Bicara mengenai Bung Karno membuat kita semua menjadi bersatu menjadi saudara. Salam, Agung.

    • Salam bung Agung. Syukurlah sudah berjumpa saksi sejarah (yang alhamdulillah masih sehat).

  173. MERDEKA…
    MARHAENISME ditenggelamkan
    SOEKARNOISME dikubur hidup hidup.
    PANCASILA dijadikan pajangan, dibuat kudung oleh orde baru untuk menakut nakuti rakyat, RUHnya diacak acak oleh rezim ” the smilling evil “.
    Kini saatnya untuk rakyat jelata membuka mata. Kaum Marhaen bangkit. yang tertindas bergegas. Mengembalikan ruh pancasila yang hilang dalam GERAKAN SPIRIT PANCASILA.
    Bangun INDONESIA yang BERDAULAT.
    Bangun INDONESIA yang BERDIKARI.
    Bangun INDONESIA yang BERKEPRIBADIAN.
    Semoga semua itu bisa terwujud buat kedepannya..
    “ajining diri saka lathe.. Jer basuki mawa bea”

    Merdekaa !!

  174. Asslm….. Salam Kenal dan Hormat Bang

    • Salam kenal dan salam hormat Bung Pras!

  175. salam kenal pk lek roso daras..
    Seneg bgt lek bisa baca sejarah yang mungkin dulu saya tdk tahu…
    jujur baca diblog ini saya pengen tahu yang lebih rinci dari njenengan..
    dan bisa sharing-sharing..
    Lanjutkan lek menyuntikkan api demokrasi ini..
    MERDEKA LAHIR BATHIN INDONESIA !!!!!

    • Salam kenal, le…. Terima kasih. Merdeka!!!

  176. Diwikipedia saya baca ini, istri dari bung karno
    Oetari (1921–1923)
    Inggit Garnasih (1923–1943)
    Fatmawati (1943–1956)
    Hartini (1952–1970)
    Kartini Manoppo (1959–1968)
    Ratna Sari Dewi (1962–1970)
    Haryati (1963–1966)
    Yurike Sanger (1964–1968)
    Heldy Djafar (1966–1969)
    Tapi yang kartini manoppo, yurike sanger, heldy fajar kok ndak ada ceritanya..??
    Sama saudara bung karno berapa orang saya juga ndak tau..

  177. pak lek roso marhaen dan kaum marhaen itu apa..??
    terus yang terkandung didalam arti/makna, sifat dll itu apa yang bisa diambil..??
    Sudah saya baca beberapa kali, tetapi antara makna yang tersirat dan tersurat didalamnya saya kurang bisa paham..
    mohon bantuan njenengan untuk bisa menjelaskannya..
    Terimakasih..

  178. Siang Bung Roso Daras.

    Perkenalkan, Saya Dedhy dari Univ. Brawijaya Malang. Bisakah saya meminta kesediaan Bung untuk menjadi narasumber Skripsi saya. Kebetulan saya sedang menganalisis pidato Sukarno berjudul “To Build The World A New” yang dibacakan di depan Sidang Umum PBB ke XV. Saya ingin bertanya lebih jauh tentang pandangan Sukarno atas perang dingin dan politik luar negerinya. Sehingga Sukarno dengan lantang memperkenalkan Pancasila untuk dijadikan sebagai sebuah solusi atas konflik perang dingin.

    Mohon bantuannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    • Hallo Bung Dedhy…. Semampu dan setahu saya, insya Allah saya dengan senang hati menjadi narasumber penyusunan skripsi bung Dedhy.

      • Wah, terimakasih banyak Bung atas kesediannya. Selanjutnya mungkin bisa kirimkan email bung ke saya melalui dedhyb@rocketmail.com atau sms di 085646216450. Mohon maaf jika harus wawancara melalui email. Terimakasih.

  179. Semoga BERKAH & JAYA NUSANTARA!!!

  180. Salam Bung Roso,

    Terima kasih karena isi postingan Anda menginspirasi saya.

    Saya merupakan seorang mahasiswi di salah satu Universitas di Jakarta. Saat ini saya memasuki tahap pembuatan skripsi dengan tema mengenai daya komunikasi persuasif yang ditampilkan oleh Bung Karno melalui pidatonya “Indonesia Menggugat” dalam membangkitkan nasionalisme.

    Permasalahannya adalah saya masih mencari narasumber valid yang menjadi saksi mata persitiwa tersebut yang masih mampu untuk diwawancarai. (Mengingat persitiwa tersebut sudah lama berlalu).
    Apakah Anda dapat membantu saya memberikan usulan dalam memilih narasumber tersebut?

    Terima kasih sebelumnya.

    • Salam Evelyn!
      Menarik topik yang Evelyn angkat dalam skripsi tersebut. Sayang, untuk mencari saksi mata (yang masih hidup dan masih bagus daya ingatnya), saya sama sekali tidak punya referensi.
      Peristiwa itu terjadi 18 Januai 1930, sekitar 84 tahun yang lalu. Artinya, yang hadir dan paham situasi, haruslah setidaknya berusia 17 tahun lebih di tahun 1930. Berarti pula, saat ini dia sudah berusia 101 tahun.
      Apa boleh buat, mungkin Evelyn bisa merujuk pada literatur. Sebab, menurut saya, sumber pertama peristiwa itu (dugaan saya), sudah tidak ada. Kalaupun ada, mungkin sangat langka dan sudah pikun.

      • Salam Bung Roso,

        Terimakasih atas balasannya.
        Saya sudah menduga akan sulit mencarinya. Maka dari itu saya memutuskan untuk mengganti kategori narasumber tersebut. Apabila diijinkan dan Bung Roso berkenan, bolehkah saya menjadikan Bung Roso sebagai salah seorang narasumber dalam proses pembuatan skripsi saya ini? Mengingat Bung Roso merupakan seorang Soekarnois dan blogger independen yang saya rasa cocok untuk dijadikan seorang narasumber.

        Terima kasih sebelumnya :)

      • Salam! Dengan senang hati saya akan membantu, sependek pengetahuan saya tetang pokok materi yang hendak Evelyn tulis. Layangkah pertanyaan tertulis ke email rosodaras@yahoo.com
        Merdeka!

  181. Terima kasih Bung Roso atas balasan dan kesediannya untuk membantu saya dalam mengumpulkan informasi yang saya butuhkan. Hendaknya Bung Roso bersedia menunggu hingga saya menyampaikan pertanyaan nantinya. Semoga pengetahuan Bung Roso memberikan manfaat besar bagi saya nantinya.

    Salam Merdeka!

  182. Terima kasih,
    Saya telah membaca beberapa judul


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 328 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: