Sukarno, Presiden Miskin

Penulis buku “Fatmawati Sukarno, The First Lady” menuliskan pada bagian ke-6 kalimat sebagai berikut: “Sukarno, mungkin satu-satunya presiden termiskin di dunia. Semasa hidupnya, ia hanya memiliki satu rumah di Batutulis, Bogor. Untuk melukiskan “kemiskinannya”, kepada Cindy Adams, Bung Karno pernah bertutur, “Dan, adakah kepala negara lain yang lebih melarat dari aku, dan sering meminjam-minjam (uang) dari ajudannya?”….

Kita tentu harus melihatnya secara proporsional. Sebagai presiden, lazimnya tentu hidup dalam keadaan serba berkecukupan. Setidaknya, banyak hal yang menjadi beban negara. Meski begitu, kita juga mengetahui, bahwa selama menjabat, Bung Karno tinggal di istana. Istana negara milik negara. Bung Karno sendiri tercatat hanya memiliki sebuah rumah di Batu Tulis, Bogor. Rumah-rumah yang lain, ia belikan untuk istri-istrinya.

Sedangkan rumah Batu Tulis pun, selengsernya Bung Karno langsung disita Sekretariat Negara. Aneh. Entah atas dasar apa, rumah milik pribadi Bung Karno satu-satunya itu diambil oleh negara. Bahkan, Gubernur DKI Ali Sadikin, pernah memberi ebuah rumah dan sebidang untuk tinggal keluarga Sukarno.

Bukan hanya itu, semua harta pribadi milik Bung Karno yang ia tinggalkan di Istana, saat ia “diasingkan” oleh rezim baru, sebatas hanya didata, tetapi barang-barangnya raib entah kemana. Sungguh geram jika melihat kenyataan itu. Sebuah rezim yang diawali dengan konspirasi busuk bersama kekuatan asing, disusul oleh aksi menjarah harta mantan presidennya…. Itulah pondasi Ode Baru.

Tidak berhenti sampai di situ. Anak-anak Bung Karno pun terkena getahnya. Mereka tidak pernah mewarisi harta Bung Karno yang berlebihan. Mereka juga harus bekerja untuk nenopang hidupnya. Guntur dipaksa berhenti sekolah, dan bekerja membantu ibunya. Mega, Rachma, Sukma hidup bersama suaminya. Mereka masih sering berkumpul di rumah ibunya, di Jl. Sriwijaya 26, Jakarta Selatan. Kehidupan Fatmawati sendiri jauh dari kemewahan, sekalipun ia janda presiden, mantan first lady negara ini.

Dan ini cerita nyata… menggambarkan betapa sederhananya keluarga mendiang Bung Karno. Manakala hujan turun deras, air masuk karena atap yang bocor. Beberapa bagian langit-langit rumahnya bahkan tampak rapuh dan rusak. Sebagai janda presiden, Fatmawati tidak menerima tunjangan barang sepeser. Ia, baru menerima tunjangan resmi pada Juni 1979, sembilan tahun setelah kematian Sukarno!

Lebih ironis, ketika tahun 1972, rumah di Jalan Sriwijaya harus ditinggalkan karena tak kuat menanggung biaya perawatan rutin. Fatma mengontrakan rumah itu. Rumah yang telah menemaninya dalam kesedihan dan kesepiannya. Uang kontrakan dipakai antara lain membiayai Guruh kuliah di Belanda. Fatma sendiri hidup bersama ibunya, Khadijah di Jalan Cilandak V, Jakarta Selatan, tak jauh dari lokasi yang sekarang terkenal dengan Rumah Sakit Fatmawati. Namun saat itu, jalan menuju rumahnya sempit dan berlumpur. (roso daras)

Published in: on 17 September 2011 at 03:44  Comments (20)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2011/09/17/sukarno-presiden-miskin/trackback/

RSS feed for comments on this post.

20 KomentarTinggalkan komentar

  1. dan “teori konspirasi” ORDE BARU (TNI AD) dengan kekuatan NEKOLIM (CIA+MI6)pun terbukti skarang2x ini,modusnya sama tidak ada yang berubah secara signifikan, sepertinya operasi klendestin dan intelejen “pendongkelan” BK jadi prototype operasi2x kudeta/revolusi(?) selanjutnya yg dilakukan kepada para pemimpin asia afrika amerika latin progresif dimulai dari salvador allende di cile, zulfikar ali bhutto di
    pakistan sampai penggulingan muamar khadaffi di libya..dari disinformasi,penggalangan massa,separatisme,pemberian modal/senjata,sabotase dan terorisme kalo enggak mempan juga baru diinvasi!

  2. Assalamu ‘alaikum..

    Mendengar cerita miris, yang dilakukan oleh sebuah penguasa baru dengan lebel ” orde baru “..
    membuat hatiku terbakar panas yang menggelegak..

    Karena, betapa dzolim nya penguasa dan antek-antek nya..
    Apapun bentuk dan dalih nya. Jelas -jelas PENGKHIANAT.. akan negeri sendiri …

    Bung Karno, sosok yang bijak.. tawadhu.. dan tanpa pamrih.

    Memaafkan kesalahan adalah khas Bung Karno.. terhadap yang anti beliau, walau di musuhi, malah target pembunuhan..

    Tapi satu, bagi salah satu anak negeri ini dan masih banyak lagi..
    Bahwa.. TIDAK ADA KATA MEMAAFKAN buat soeharto dan antek-antek nya !!!

    wassalam

  3. dan “teori konspirasi” ORDE BARU (TNI AD) dengan kekuatan NEKOLIM (CIA+MI6)pun terbukti skarang2x ini,modusnya sama tidak ada yang berubah secara signifikan, sepertinya operasi klendestin dan intelejen “pendongkelan” BK jadi prototype operasi2x kudeta/revolusi(?) selanjutnya yg dilakukan kepada para pemimpin asia afrika amerika latin progresif dimulai dari salvador allende di cile, zulfikar ali bhutto di
    pakistan sampai penggulingan muamar khadaffi di libya..dari disinformasi,penggalangan massa,separatisme,pemberian modal/senjata,sabotase dan terorisme kalo enggak mempan juga baru diinvasi!

    +1

  4. bagiku TIDAK ADA prsiden yang bernama SOEHARTO!!!

  5. ketika aku SD, aku melihat Soeharto sebagai penyelamat Indonesia dari kebiadaban komunis…. tapi begitu dewasa, aku mulai bisa mencium bau busuk di balik senyumnya…. kalau kelahiran SOEKARNO merupakan karunia Tuhan bagi bangsa Indonesia, maka adanya SOEHARTO merupakan cobaan, azab dan peringatan Tuhan kepada bangsa Indonesia. aku berusaha menahan gelegak kebencian yg membuncah di hati ini kepada Soeharto, tapi sering gagal.

  6. Begitu pintar dan liciknya Retorika, Pencitraan dan Manipulasi nya soeharto …

    Sampai2 banyak yang merindukan soeharto ..
    Benar2 briliant dalam membangun image buat generasi yang tercekoki buku2 versi Orde Baru !!

  7. Kalau saja para pemimpin itu tahu diri seperti Bung Karno,sy yakin para bawahan dan rakyatnya pun akan punya malu untuk berbuat korup dan memperkaya diri dg uang negara

  8. Betapa kejam dan tak punya rasa kemanusia’n kepada rezim orde baru !!
    Bapak pendiri bangsa di perlakukan dgn sangat keji,Di perlakukan bagai binatang…
    Sungguh kejam’y masa orde baru…Tidak ada maaf buat masa orde baru….

  9. Itulah manusia..habis manis sepah dibuang…..kalo jabatan pimpinan pemerinatah (dibaca:presiden) dulu semasa Ir. soekarno memang didapat dengan perjuangan untuk membebaskan dari penjajahan dan itu murni perjuangan rakyat dan bukan untuk mencari kesempatan mengeruk uang rakyat. kalo sekarang mah…didapat dari memanfaatkan rakyat, jual janji-janji palsu (bohongin rakyat), dan akhirnya sebagai kesempatan mengumpul harta banyak-banyak tak peduli akan menyengsarakan rakyat “halal haram hantam”.. itu dimulai sejak orde baru dan sekarang “semakin parah……….parah…

  10. kapok …. rasakno…. pada masanya soekarno juga spt soeharto pada masanya

  11. @guntur,komen ente kgk mutu😦 asal njeplak enggk karuan…..

  12. suharto adalah pencetus korupsi pertama di indonesia.sampai negara kita di buat morat marit dan dg kelemahan hukum di negara kita ini jd aneh menurut aku.

  13. Tak ada manusia yg sempurna,tanpa mengurangi rasa hormat,sukarno pun ketika berkuasa cendrung memenjarakan lawan-lawan politik nya,syahrir,natsir dan masih banyak yg lain nya,jadi inti nya…politik itu memang kotor…menghalal kan segala cara..

  14. masya allah bergetar rasa nya dad ini membaca artikel di atas sungguh pedih penderitaan mantan prrsiden dan ibu negara sksn kah sejarah di perbaiki dg cara memberikan pakta yg benar di sekolah sekolah

  15. mudah2han kelak Presiden kita seperti SUKARNO atau jangan tanggung2 seperti Presiden Iran saat ini: Mahmoud Ahmadinejad. amin

  16. Manfaatkan jejaring sosial,sebarkan kebaikan bungkarno,sebarkan juga kebusukan Suharto,yg menurutku MURI wajib mencatat Suharto sebagai manusia Indonesia paling kejam,agar menjadi pelajaran bagi presiden presiden selanjutnya,ingin nama baik,ya berbuatlah yg baik.jasad boleh mati,tapi nama tdk akan pernah tewas

  17. Mana ya opsi share ke twitter,ada hacker rajin mencuri akunku,

  18. ya suharto menjual negara ini pada asing. lihatlah freeport !!! berapa keuntungan yang didapat kel uharto tiap bulan dari bumi Papua ???

  19. sebenarnya masyarakat indonesia sdh banyak yg tau tentang kebusukan suharto,termasuk sy krn dpt cerita dr simbah…

  20. semoga hidup lagi sosok seperti “BUNG KARNO” yg bisa memimpin bangsa Indonesia Seperti Dulu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: