Wafatnya Sukarnois Sejati… Omar Dhani

Jumat, 24 Juli 2009 siang, mantan Menteri/KSAU Omar Dhani meninggal dunia di RS Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dalam usia 85 tahun. Untuk mengenang seorang Sukarnois sejati, saya kutip sebagian wawancara Omar Dhani dengan Tempo berikut ini.

Omar Dhani

Buku “Pergunakanlah Hati, Tangan dan Pikiranku: Pledoi Omar Dani” adalah satu dari sekitar seratus buku tentang G30S. Jelas buku ini penting karena ditulis oleh salah satu pelaku utama. Setelah dibungkam selama 29 tahun, baru kali ini bekas pucuk pimpinan Angkatan Udara itu bicara. Ia baru dibebaskan dari penjara Cipinang tahun 1995 — fotonya baru belakangan ini dipajang di Markas besar AU sebagai KSAU kedua.

Daned, begitu ia disapa, lahir di Solo pada 1924. Putra KRT Reksonegoro, Asisten Wedana Gondangwinangun, Klaten, menapaki karir penerbang pada akhir 1950 di Taloa, Amerika Serikat. Tahun 1956 ia bertugas belajar di Royal Air Force Staff College di Andover, Inggris. Pulang dari Inggris, ia terlibat berbagai tugas, misalnya menumpas pemberontakan PRRI di Sumatera. Dan belum genap 38 tahun, pada 19 Januari 1962, Omar Dani menjadi Menteri/Kepala Staf Angkatan Udara menggantikan Laksamana Udara Surjadi Suryadarma. Peristiwa G-30-S seperti menjungkirbalikkan karirnya yang cemerlang, ia dituduh terlibat.

Dua hari setelah merayakan ulang tahun yang ke-77, bapak lima anak ini menerima tim redaksi TEMPO. Wawancara berlangsung di rumahnya, di kawasan Kebayoran Baru yang asri, ia didampingi oleh A. Andoko, bekas deputi Men/Pangau bidang logistik. Berikut petikannya:

Bisa Anda ceritakan situasi pada tanggal 30 September 1965?

Tanggal 30 September 1965, sore jam 16.00, laporan pertama masuk dari Letkol Udara Heru Atmodjo, Asisten Direktur Intel AURI, bahwa ada gerakan di lingkungan AD yang akan menjemput jendral AD untuk dihadapkan kepada Bung Karno. Itu reaksi dari para perwira muda AD yang tidak puas terhadap keadaan AD. Lalu saya minta dia untuk mengecek kebenarannya. Kemudian jam 20.00 malam dia datang lagi.

Apa yang disampaikan Heru Atmodjo?

Saya tanya jam berapa operasi akan dilakukan. Heru menjawab (operasi bisa terjadi) jam 23.00 (30 September), bisa 01.00 atau jam 04.00 (1 Oktober 1965). Kami heran, sudah kurang 24 jam kok (operasi) itu belum dipastikan jamnya. Kemudian ada yang menanyakan daftar yang akan diculik. Disebutkan, A. Yani, Nasution, DI Panjaitan dan seterusnya. Saya pribadi berpendapat, kalau orang hendak melakukan pemberontakan, pantasnya targetnya adalah jenderal yang memegang komando, misalnya, Yani (Menpangad), Soeharto (Pangkostrad), Sarwo Edie (Komandan RPKAD), Umar Wirahadikusumah (Pangdam Jaya). Lha Nasution kan nggak pegang komando. Saya pribadi tambah merasa aneh karena Nasution dan A. Yani dalam satu paket sasaran, padahal keduanya bertentangan terus.

Apa pertimbangan di balik keluarnya perintah harian Menpang/KSAU pada tanggal 1 Oktober 1965?

(Andoko menjawab pertanyaan ini: Ada tiga macam pengumuman waktu itu. Pertama surat perintah harian tadi, lalu kedua pada tanggal 2 Oktober 1965 jam 14.00, saya yang buat. Pada saat itu Menpangau berada di Lanud Iswahyudi, Madiun. Beliau juga membuat konsep kelanjutan dari pengumuman pertama. Kalau dibaca keduanya sama isinya: menolak adanya Dewan Revolusi. Omar Dani dari Madiun langsung kembali ke Bogor, ketemu Bung Karno, dan menunjukkan pengumuman itu. Tanggal 3 pagi dinihari baru diumumkan).

Saya membuat statement, isinya mendukung gerakan yang antirevolusioner, atas saran Heru Atmodjo. Katanya agar rakyat tahu. Kebodohan saya mungkin, karena saya kurang ngerti politik. Tahu-tahu paginya, sekitar jam 07.00 pada 1 Oktober 1965, ada siaran dari RRI tentang gerakan yang menamakan diri G-30 S. Dan tiba-tiba Presiden Sukarno mau pulang ke istana pun tak bisa. Yang menjaganya pasukan yang ditakuti, pasukan yang tak diketahui.

Kenapa Bapak membuat pernyataan seperti itu?

Karena semalam sebelumnya, intel AURI melaporkan bahwa malam itu ada gerakan dari perwira-perwira muda AD terhadap atasannya yang didukung seluruh bawahan dan sipil dari empat angkatan. Lho untuk apa? Ternyata akan menculik jenderal-jenderal.

Bagaimana awalnya Bung Karno berada di Halim hari itu?

Pagi itu saya sedang ada di Halim Perdanakusuma, tahu-tahu Letkol Soeparto, sopir dan ajudan BK menelpon saya. Dia menelepon dari rumah saya, Wisma Angkasa. Saya bertanya, Mas lha ini ada apa. Sudahlah nanti saya ceritakan, Bapak (Bung Karno) saya bawa ke Halim, jawabnya. Saya menawarkan diri untuk menjemput, dia bilang nggak usah. Saya nggak tahu kalau dia berada di Wisma Angkasa. Terus dia kembali ke BK, lalu BK pergi ke Halim. Jadi saya nggak minta BK datang ke Halim tetapi itu merupakan keputusan BK sendiri. Kemudian, karena BK hendak datang ke Halim, saya lantas mencoba menyetop pernyataan saya yang sudah terkirim ke Markas Besar AU. Begitu BK datang, di Halim kami mengobrol. Tak lama, datang Brigjen Soepardjo, datang sendiri menghadap BK. Lha, saya tahu Brigjen Soepardjo itu salah satu orang yang mengetahui dari gerakan dalam AD tersebut. Walaupun dia lain angkatan, dia itu anak buah saya di Komando Mandala Siaga.

Soeharto dikabarkan menolak menghadap BK pada 1-4 Oktober 1965?

(Terdiam sesaat) Kalau Harto dipanggil nggak datang itu bukan keanehan lagi. Itu artinya menentang atasan, apalagi atas perintah Panglima Tertinggi. Ini artinya subordinasi. Kalau dipanggil Pangti harus datang, apapun situasinya. Jawaban Harto waktu itu karena AD sudah kehilangan banyak jenderal, jadi dia nggak mau mengambil risiko lagi. Tetapi saya pikir tetap nggak boleh. Kalau A. Yani meninggal, katanya dia terus hendak mengambil alih Panglima AD juga, padahal tidak bisa dilakukan begitu saja.

Banyak analisa yang menyebutkan bahwa Soeharto terlibat dalam G-30 September?

Kilas baliknya lebih kentara lagi. Misalnya Komando Siaga Mandala, wadahnya Koti (Komando Tertinggi). Dalam hirarki kemiliteran, waktu A Yani dijadikan Menpangad, Nasution itu sebenarnya pingin menjadi Menhankam/Pangad. Tetapi saya tahu maksudnya dia ingin berkuasa di AD. Itu sudah saya lihat gelagatnya sedari 1945. Jadi kita tahu misalnya di AURI ada peristiwa-peristiwa pengganjalan. Peristiwa Soejono 1955 di Halim Perdanakusuma, Pak Suryadarma (Panglima AU pertama) diganjal terus ketika hendak dibentuk Wakil KSAU.

Para jenderal dikorbankan oleh siapa?

Dua orang. Soeharto dan Nasution. Itu sudah ada rekayasa. Kok tahu-tahu muncul istilah G-30S/PKI. Sejak kapan kok terus PKI disangkutkan? Buktinya apa? Heru Atmodjo, Soejono, nggak pernah menandatangani pernyataan Dewan Revolusi. Ketika Letkol Untung jadi saksi dalam persidangan Soepardjo, hakim menanyakan siapa yang memimpin aksi G-30S, Untung langsung menyahut: saya. Keanehan yang lain soal pengumuman Dewan Revolusi 1 Oktober, bahwa pangkat di atas Letnan Kolonel harus dicopot menjadi Letkol. Brigjen Soepardjo, waktu 1 Oktober 1965 pergi ke Halim menghadap BK, memakai pangkat Brigjen.

PKI dikorbankan juga?

Oh, iya. Gambaran seperti pesta-pesta di Lubang Buaya itu isapan jempol. Kalau memang ada rekamannya, mengapa nggak dibuat film khusus dokumenter dan diputar. Itu semua rekayasa. Saya mempertanyakan, mulai kapan kok ada istilah G-30-S diembeli dengan PKI ? Tanggal 1 Oktober 1965 petang, saya sudah mendapat informasi bahwa AD menguber PKI. Itu pun yang diuber bukannya massa, tapi pasukan 454 dari Jawa Tengah. Mereka pada jam 16.00 hendak masuk ke Halim tetapi ditutup oleh Pasukan Gerak Tjepat (PGT) AURI yang dipimpim Pak Wisnu Djajengminardo. Bung Karno ada di Halim waktu itu.

Soal dokumen Gilchrist, sejauhmana otentitasnya?

Desas-desus Dewan Jenderal sudah lama kami mendengarnya. Tidak hanya itu, (juga soal) penilaian pers luar negeri (mengenai siapa) yang akan menjadi pengganti Bung Karno. Yang steady itu empat orang. Soebandrio, Chaerul Saleh, Nasution dan DN Aidit. Dewan Jenderal (terdengar) pertama kali ketika Yani menghadap Bung Karno dan ditanyai soal itu. Yani menjelaskan (Dewan Jendral itu) untuk kepangkatan. Waktu itu saya tidak mendengar langsung melainkan dari Pak Mulyono Herlambang yang mewakili saya. Jadi, saat pembahasan Gilchrist tersebut saya tidak ada di tempat.

Dalam buku Soebandrio yang tidak jadi beredar, ada soal trio Soeharto-Ali Moertopo-Yoga Soegama yang disebut Dokumen Gilchrist sebagai our local army friends. Bagaimana pendapat Anda?

Bahwa G-30-S itu suatu rekayasa, memang begitulah. Menurut saya CIA itu sangat terlibat, dan Harto adalah tangan yang dipakai. G-30 S itu bikinan Harto.

Anda loyalis Sukarno ya?

Oh, ya. Saya Sukarnois. Saya bukan komunis. Tetapi saya juga tidak antikomunis. Kenapa? Karena kalau saya anti komunis itu berarti saya bukan demokrat. Kalau ada PKI memberontak terhadap pemerintah, lha saya akan menghantamnya.

Apa kegiatan yang rutin tiap hari saat ini?

Ngobrol-ngobrol, baca-baca buku. Yang dulu-dulu saya baca tetapi belum sempat dibaca karena ditahan, sekarang saatnya. Misalnya Di Bawah Bendera Revolusi saya sudah punya satu set. Juga Indonesia Menggugat. Yang saya cari sekarang pidato Bung Karno di forum PBB. Saya tidak pernah membaca buku-bukunya Harto, pun buku Nasution. Karena saya sudah tahu dan bergaul dengan mereka. Saya tidak menilai orang dari apa yang dikatakan tetapi dari tindakan. Dari karakternya. ****

About these ads
Published in: on 25 Juli 2009 at 05:55  Comments (79)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2009/07/25/wafatnya-sukarnois-sejati-omar-dhani/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

79 KomentarTinggalkan komentar

  1. Selamat Jalan Bapak Omar Dani,Semoga Amal kebaikan diterima disisi-Nya,Terimakasihn atas jasa untuk Bangsa ini

  2. Selamat Jalan Pak Oemar Dani, jasamu akan selalu kami kenang…

  3. selamat jalan bpk Oemar Dani, semoga Allah memberi tempat yg layak sesuai amal perbuatannya, dan sampai kapanpun sy mendoakan Soeharto masuk jahanam ( neraka ) yg paling bawah, Amiin

  4. Selamat Jalan Bapak Jendral Omar Dhani, Terima kasih untuk jasanya pada Bangsa Indonesia.

  5. Selamat Jalan Bapak Revolusi.. we will miss u.. semoga arwah mu senantiasa ditempatkan Allah SWT di surgawi.. Amin..

  6. Selamat Jalan Bapak.. Terima Kasih atas Jasa dan Pengabdiannya pada negara..

  7. Setiap ada pertemuan atau resepsi yang melibatkan seluruh pejabat negara dan istri-istrinya, kehadiran Sang Menteri Omar Dhani selalu dinantikan. Bukan kaum pria yang menantikan beliau, melainkan kaum wanitanya.
    Konon, ketampanan Omar Dhani sering dibandingkan dengan Omar Sharif, bintang Hollywood kelahiran Mesir. Ketika itu para istri petinggi negara saling berbisik memuji ketampanan Omar Dhani. Mereka seolah berebut ingin berada lebih dekat dengan Sang Menteri.
    Sementara kaum suami hanya tersenyum kecut melihat reaksi para isterinya.
    Ketampanan dan kecerdasan Omar Dhani memang memikat, bahkan seolah hampir menyamai kharisma Bung Karno. Namanya mulai disebut-sebut sebagai sosok ideal pengganti BK. Tetapi fitnah membuyarkan segalanya.
    Ketika dia mendapatkan kembali kebebasannya, rumahnya tidak pernah sepi dari acara pengajian. Omar ingin mensyukuri nikmat Tuhan yang telah diberikan, meskipun fitnah menyita sepertiga usianya dalam kurungan penjara.
    Innalillahi wainnailaihi rajiun.
    Allahumma firlahu warhamhu waafihi wafuanhu waakrimnuzulahu….
    amin

  8. oo baru tau klo Omar dhani setelah baca postingan ini,…hehe thx,

  9. Aku jadi bingung dengan sejarah sekarang ini. Pemerintah harus mengungkapkan sejarah kita selama ini. Jangan sampai simpang siur, kasihan generasi kita yang akan datang :)

    • Selamat Jalan Bapak,Terima kasih untuk pengabdian kepada Ibu Pertiwi.
      Semoga semuasejarah indonesia terbuka dan bangsaini menuju bangsa yang besar yang dicit-citakan pahlawan bangsa.

      kayak nya harus saya posting juga di blog saya.karena ini juga bagiandari kita tahu sejarah.
      thanks

      htpp://andrewiwanto.wordpress.com

  10. sejarah dari dulu emang bikin bingung,,
    disekolah apa lagi,, masa nilai sejarahku jelek,,

  11. Omar Dhani adalah korban dari kebiadaban rezim Orde baru.

  12. Mari kita banyak belajar dari kebesaran BELIAU
    kalau anda ingin lebih banyak tahu tentang teroris, baca juga tulisan saya di

    http://sudutp4nd4ng.wordpress.com

  13. ketika pelajaran pspb saya suka nanya yang “enggak-enggak” ke guru. Pak Guru akhirnya cuma senyum dan bilang “kita percaya dulu ya apa yang ditulis di buku” setelah kami sedikit berdebat, krn apa yg saya ketahui dr ayah yg sukarnois berbeda dgn pelajaran yang diterima semasa SMA.Utk bpk Omar Dhani, smg diterima Allah Swt, Allah Maha Tahu….

  14. selamat jalan bapa omar dhani..
    semoga amal ibadah bapak di terima di sisi Allah swt

  15. Memories is always beautiful..:)

  16. Selamat Jalan Bapak Oemar Dhani, Semoga Arwah Bapak Diterima Oleh Allah Subhana Wataalaa. Amiiiiin
    Terima kasih Juga atas hadirnya kolom ini, jadi saya sedikit banyak mengetahui sejarah yg tadinya salah, dan samar2 bisa saya tela’ah akan kebenarannya.

  17. ditunggu ulasan lainnya mengenai Pak Omar Dhani. tks

  18. Pak Omar adalah salah satu putra klaten terbaik…. tapi sayang … keangkaramurkaan suharto telah memberangus kecemerlangan beliau.

  19. visit my blog again

    http://jerzz.wordpress.com/

    http://blackercomputerz.wordpress.com/

    jika ingin tukeran link konfirmasi di blog saya y…

  20. JAS Merah…..

  21. aio Gan dukung Pulau Komodo sebagai new7wonders
    klik disini

  22. semakin kurang aja deh pelaku sejarah yang bisa ditanyakan detilnya..

    selamat jalan pak omar..

  23. Pak Omar adalah salah satu korban kebiadaban orde barunya si suharto anak licik dari desa kemusuk,masih banyak yng lainnya.Semoga seemua orang tau bahwa sepandai2 menyimpan bangkai suatu saat pasti kan tercium baunya.

  24. saya juga bingung mengikuti sejarah Indonesia tercinta ini..adakah wadah yang bisa meluruskan sejarah..

  25. ya semoga kebenaran akanc epat terkuak

  26. Hormat kepada Sang Jendral..

    Waktu akan membuktikan Bahwa sejarah bukanlah untuk dijadikan permainan..

    Salam Anak Bangsa..
    Salam Perubahan..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/28/foto-ayam-kampus-gan-igo-nich/

  27. Selamat jalan pak, semoga di terima di sisinya

  28. sejak orde baru hingga saat ini, kebohongan, korupsi dan kemunafikan telah menjamur kesemua aspek di indonesia, sehingga pembodohan dan penindasan serta serakah adalah hal yang lumrah. Orang orang seperti pak Omar dan yg lainnya menjadi musuh bagi mereka. Semoga Masyarakat Indonesia sadar Pak Omar….

  29. Masih ingat waktu sekolah dulu, ada mata pelajaran PSPB (Pendidikan sejarah perjuangan bangsa). Mata pelajaran tsb sangatlah penting, jikalau mendapat nilai merah kita akan tinggal kelas. Mungkin dianggap gak patriotisme (walaupun masih anak SD). Pada pelajaran PSPB itu kita semua dididik tentang kesadisan dan kengerian PKI, tentang siapa yang dijuluki pahlawan dan siapa yang di cap sebagai pengkhianat negara. Waktu itu masih gak bisa berpikir apa2 cuma taunya harus dihapal didalam benak betapa ngerinya kejadian di lubang buaya tsb. Setelah dewasa dan setelah negara ini mulai open baru perlahan-lahan memahami arti atau “isi” sebenarnya dari semua yang telah dihapal itu.

  30. trima kasih……hanya itu yang bsa sya ucapkan.
    smoga kelak anak2 qta sudah bsa tau psti tntang sjarah bangsa’na sndri….

  31. beuh..
    ternyata banyak kebohongan dalam sejarah kita..
    gw generasi muda ( gw 17thn )
    apa yang gw tau dari sekolah tentang sejarah kita ternyata banyak “busuk”nya…
    alhamdulillah gw selama ini banyak mencari kabar tentang sejarah kta akhir nya gw menemui kebenaran nya,walaupun belom seluruh nya…
    akhir nya gw berhasil tau betapa busuk nya orba..
    gw secara lantang menyatakan gw seorang SOEKARNOIS..!!!!

    • Djendral2 sayap kanan memang pantas mati karena mereka membangkang dari Sukarno,itu sebabnya Malaysia gagal diganyang pada tahun 1963..G30S ini dimaksudkan untuk membasmi para Djendral2 yg pro Amerika(neokolim)..tapi sayangnya gerakan ini dipimpin oleh sipil, jd operasi tidak berjalan semestinya…dan yg paling parah mereka melewatkan satu orang yaitu PANGKOSTRAD (Mayjen. Soeharto)!!!!!

      • ehemm… maksud agan si SYAM yach..doski khan AGEN GANDA :)

  32. halo pak,. apakah saya bisa mendapatkan foto-foto indonesia lama yang ukurannya cukup besar ( hi-res ) ?
    terutama foto-foto sejarah perjuangan Indonesia dari thn 1945 – 1965?

    terimakasih

    Agan harahap

  33. semoga bapak berada di sisi Tuhan yang paling mulia..amin.
    terus terang saya mulai ingin tahu tentang G 30 S sejak melihat tayangan kick andy. Saya merasa bahwa sejarah yang selama ini saya pelajari bertahun2 di sekolah,seolah2 membohongi saya.
    semoga apa yang di sampaikan bapak adalah benar dan dapat mengungkap apa yang sebenarnya.

  34. Kembali pada keyakinan – dan budaya setempat.

  35. kembali ke individu……………?

  36. Pahlawan sejati,berani ambil resiko.Marsekal yg sebenarnya.

  37. atas persetujuan Bung Roso, halaman facebook resmi, perpanjangan tangan dari blog Bung roso, sudah ada :)
    masih baru, mohon dukungannya

    http://www.facebook.com/pages/Bung-Karno-Serpihan-Sejarah/140120799357180?v=wall

    ayo sama2 di like, tempat menyiarkan, ngobrol2, dan tentu saja bagi2 smangat dari blog bang roso… yang konon menambah rasa bangga nasional lagi beberapa derajat :)

    semoga berkembang dan bermanfaat

  38. pak harto dan pak omar dhani sama-sama pahlawan. jangan kita saling menghujat keduanya. mereka pahlawan bangsa.

    • saya sangat tidak setuju.

    • gw setuju kalo omar dhani adalah pahlawan khususnya untuk TNI AU…tapi kalo SUHARTTO…NO FUCKIN’ WAY !!!..he’s fuckin’ cold blood murderer :(

      • Setuju ha…10x

    • Pak OMAR pahlawan YES, harto pahlawan..? NOOOOOO,……

  39. Salah satu Jendral sayap kiri yang pro rakyat, BK adalah sosok yg pro rakyat dan Omar Dhani adalah seorang Sukarnois sejati..Seandainya negara ini tidak dijual kepada para neokolim khususnya AS, dan G30S berhasil mungkin NKRI sudah lebih maju daripada Malaysia dan Singapura. Film G30S/PKI adalah propaganda orde baru,buku-buku sejarah yang memuat materi pemberontakan G30S/PKI sebaiknya dibakar semua..ini semua adalah perbuatan CIA dan orde baru…Mereka yang berkuasa setelah tahun 1967 adalah antek2 neokolim..

    Selamat jalan Marsekal..

  40. Marsekal yang Sangat Saya Hormati,
    Sejak Kecil saya merasa ada yang tidak beres dengan film G 30 S PKI tersebut, namun setelah saya beranjak dewasa dan bertemu anda, Saya Semakin Yakin bahwa Anda tidaklah seperti yang diBeritakan dalam Sejarah…

    Selamat Jalan, wejanganmu dan Harapanmu pada ku untuk Bangsa ini, akan selalu saya Ingat….

    • pelajaran PSPB yg sy terima di SMP nggak taunya sejarah sesat tho?… orba.. orba….. (orde bau…)

  41. sejak awal sya sudah tau bahwa pengikut2 sukarnois telah di fitnah dengan keji oleh pemerintah orde baru. padahal mereka2 inilah yang akan membawa bangsa kita, yaitu indonesia menjadi bangsa yang besar (berkarakter, bermartabat, dan berpengetahuan) yang melebihi negara amerika serikat. selamat jalan pahlawanku yang sejati dan juga yang sukarnois, Engkau adalah INSPIRASIKU……

    • setuju banget,,,!anda hebat.

  42. Bicara tentang sejarah, fakta kejadian yang sebenarnya pasti akan selalu simpang siur. Mengapa? karena sejarah selalu ditulis berdasar versi yang menang (penguasa saat itu) sedangkan omongan pihak yang kalah akan disensor habis karena dianggap berbahaya. Jika kita menghubungkan dengan peristiwa G30S PKI, Pemenangnya adalah soeharto dan orang2 golongan kanan termasuk CIA Amerika. Yang kalah adalah soekarno, pengikut2nya yang setia (golongan tengah) dan golongan kiri (PKI).

    • saya juga setuju dengan pendapat yang ini.

  43. selamat jalan Pak oemardani jasamu dikenang dalam sejarah indonesia………….selamat jalan ahli pesawat tempur indoneisia, ketika beliau bercanda dengan australia … kubuang sampah makan siangku di area udara australia… ayo kejarlah aku… kata si julukan Gatotkaca anak lanangnya Bung Karno ini, sepenggal kisah kenangan belia….

    • buang sampahnya pake TU-16 :)

      • ya…. berangkat dari Madiun, buang sampah di Alice Springs, balik Madiun….nggak ada yg bisa kejar…. itulah sepotong sejarah kedigdayaan AURI kita…..

  44. saya serta seluruh rakyat indonesia mengucapkan selamat jalan.

  45. Gud setuju banget ama loe

  46. Ass wr wb,

    salam..
    untuk Bpk Omar Dhani,khususson ila arwahi.. Alfatihah.

    INDONESIA Bangga punya Putera seperti anda, walau terdzolimi..tapi Bumi Negeri ini satu saat akan bersaksi.

    wassalam

  47. salut kepada alm bp.jenderal besar AU oemar dhani sebagai sukarnois sejati beliau layak mendapatkan posisi yang diperhitungkan dalam sejarah bangsa ini sejarah yang harus jangan dilupakan oleh waktu tetapi harus selalu dicari kebenarannya walau beliau sebagai saksi sejarah telah tiada semoga ada penggantinya amin

  48. Kelak suatu saat nanti Sejarah menemukan jalan kebenarannya sendiri.

  49. di hari yang paling berharga Indonesia 66 tahun. kusampaikan salam kebanggaan buat pak umar dani semoga dialam barjah mendapat kemulyaan dihadapan Allah. Amin..!!
    Kamis, 17-8-2011. Merdeka… Merdeka,,,

  50. biar urusanya diselesaikan di akherat antara Suharto dan Bpk Umar dani, ganti nuntut balas di hadapan Allah SWT

  51. sayahgnya kita bisa ngomong setelah semua berlalu. sekarang masih ada yang mengusulkan harto jadi pahlawan…, itu tuh golkar . setuju?i

  52. Selamat jalan, Kamerad!

  53. Pak Omar mudah2an diberi rahmat & ampunan Allah SWT….Amiiin …. dan orang yg menzalimi beliau sekarang mungkin sdg menerima azabnya dengan penuh penyesalan dialam sono….

  54. Bung Karno sendiri sering mengatakan: Sejarahlah yang Akan memberikan penilaian akhir. Dan semua ini merupakan tantangan bagi para pengagum ataupun penganut ajarannya untuk lebih banyak belajar lagi, mendalami lagi ajaran-ajaran Bung Karno.

  55. Selamat jalan Pak Omar Dhani..jasa mu untuk bangsa dan negara luar biasa,menjadikan TNI AU paling disegani di Asia Tengara di thn 1965-67, seorang nasionalis sejati..semoga pak Omar Dhani di terima Tuhan dan dapat tempat yg indah disisNYA ,di banding Suharto ..yg dari dulu sudah jadi maling harta negara..tidak bermoral..pernah mau di berhentikan pak Yani karena menyeludup..dan terakhir sebagai penghianat proklamator RI dan memperlakuan Bung Karno secara biadab !!

  56. INDONESIA NEGARA ANJING!PARA PEMIMPINNYA DARI BANGSA BINATANG.SEJAK DARI AWAL SEJARAH INDONESIA TIDAK ADA YANG JUJUR.SEMUA PENUH KEBOHONGAN.

  57. Omar Dani orang hebat, tetapi kena fitnah Soeharto. begitu pula Bung Karno tokoh nomor wahid di Indonesia, diperlakukan tidak manusiawi oleh Soeharto. Dulu Soeharto penyelundup, setelah berkuasa membunuh banyak orang dan embahnya koruptor.

  58. […] Dhani pada Desember 1966 (Almarhum meninggal pada 24 Juli 2009 silam) yang loyal terhadap Soekarno [wawancaranya bisa dibaca di sini]. Alasan Soaharto menghubungkan Omar Dhani dalam peristiwa Gestapu hanya karena lokasi mayat-mayat […]

    • Percayalah, bahwa kebenaran sejati akan tampak pada waktunya. Siksaan, tangisan bahkan bilur penderitaan adalah Pengorbanan atas Kebenaran Sejati.
      Saya yakin, bahwa pengorbanan bapak tidak sia-sia karena hingga kini data fakta atas peristiwa G30S semakin terungkap bahwa ada rekayasa atas peristiwa tersebut.
      Sosok anda saya kagumi, menjadi contoh bagi generasi agar bersemangat dan pantang menyerah walau disiksa, dibungkam dan dikorbankan demi Kebenaran Sejati.
      Selamat Jalan Pak Omar Dhani.
      Tuhan besertamu.

  59. Percayalah, bahwa kebenaran sejati akan tampak pada waktunya. Siksaan, tangisan bahkan bilur penderitaan adalah Pengorbanan atas Kebenaran Sejati.
    Saya yakin, bahwa pengorbanan bapak tidak sia-sia karena hingga kini data fakta atas peristiwa G30S semakin terungkap bahwa ada rekayasa atas peristiwa tersebut.
    Sosok anda saya kagumi, menjadi contoh bagi generasi agar bersemangat dan pantang menyerah walau disiksa, dibungkam dan dikorbankan demi Kebenaran Sejati.
    Selamat Jalan Pak Omar Dhani.
    Tuhan besertamu.

  60. memang pejabat suka memutarbalikkan fakta, terutama setelah era orba

  61. Peristiwa Gestapu adalah peristiwa rumit dan pelik dikarenakan banyak sumber sejarah yang manipulatif data, spekulatif, rekayasa, dan tensi yang sangat tinggi, dan asumsi asumsi dari berbagai sumber ahli sejarah..semoga satu saat nanti peristiwa ini bisa diluruskan dalam sejarah negri ini, kita harus bersikap adil dan bukan berdasarkan doktrin belaka dalam pelurusan sejarah..kami sangat berharap satu saat nanti akan terbuka secerah mentari siang hari bahwa siapa yanh sebenarnya dalang peristiwa ini,,,??

  62. Selamat jalan Opa Umar. Terimakasih sudah mengawal ajaran si Bung sampai akhir hayat. Do’a dari pemuda Pasundan-Bandung..

  63. Selamat Jalan Bapak…. Semoga Bapak Mendapat Maghfiroh dan Husnul Khotimah…… amin YRA

  64. politik itu hitam bisa menjadi putih,dan putih bisa menjadi hitam
    Semoga arwahnya ditempatkan disisi NYA….

  65. asyik.. para jendral sdh ku bantai shg aku bsa naik pangkat. stlh naik pangkat, aku bantai pki krn menghalangi ku merebut kekuasaan soekarno.

  66. selamat jalan pak Omar Dani. bapak salah satu putra Solo terbaik. sayang, fitnah membuat reputasi bapak yang cemerlang menjadi hancur. syukurlah aku membaca posting ini, jadi aku bisa tahu betapa liciknya Orde Baru dan betapa loyalnya pak Omar.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 372 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: