Surat dari Ende untuk KITA

Syahdan, 24 Oktober 2015 lalu, ada email masuk. Mengingat materinya begitu menyentuh, izinkan saya berbagi dengan sidang pembaca blog yang mulia. Begini bunyi surat-elektronik itu:

i nyoman krisnayanaSalam dari Ende Bung Roso Daras, perkenalkan nama saya adalah I Nyoman Krisnayana Tri Antara. Saya adalah Guru SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah terdepan, Terluar dan Tertinggal) dengan tempat penugasan Desa Ndoruea 1, Kecamatan Nangapanda.

Jika Bung Roso pernah mengunjungi Teluk Numba, Desa Numba adalah salah satu bagian dari Kecamatan ini. Saya adalah pembaca setia blog dari Bung. Saya juga membaca Buku Bung yang berjudul Total Bung Karno, jujur saya mengenal Bung Karno dari tulisan Bung Roso Daras, lalu anugerah Tuhan saya ditakdirkan Tuhan untuk mengabdikan diri di sini selama setahun.

Saya mengajar di SMA Karya Nangapanda. Izinkan saya bercerita Bung, ketika saya akan mencontohkan siswa-siswa agar berani tampil di depan kelas dan bercerita tentang apa pun saya memilih Tokoh Bung Karno yang akan saya ceritakan, betapa terkejutnya saya. Mereka mengetahui Bung Karno pernah diasingkan di Ende, tapi mereka tidak tahu makan ibu Amsi ada di sini, di Ende.

Mereka tidak tahu sosok Riwu Ga, mereka tidak tahu Bung Karno menyuakai Teluk Numba. Bahkan mereka tidak tahu tempat lahir Bung Karno. Saya sedang menghubungi dan menghimpun buku-buku untuk mereka baca, karena jujur kendati bangunan untuk Perpus telah ada namun buku bacaan sangat terbatas, akses internet kurang.

Sumber pengetahun utama mereka hanya Guru. Saya teringat akan Bung, oleh karena itu saya ingin memohon bantuan Bung untuk berkenan mengirimkan beberapa buku karangan bung untuk menjadi bahan bacaan mereka di Perpus, sehingga mereka lebih mengenali Bung Karno yang pernah tinggal di Ende.

Mohon maaf Bung jika permintaan saya terkesan memaksa, saya sampai hari ini masih sering berceita tentang Bung Karno dengan siswa-siswa saya, saya ingin mereka tidak hanya mengetahui bahwa Bung Karno diasingkan di Ende, tapi lebih tahu banyak hal lagi mengenai Bung Besar. Salam dari Ende Bung.

Sungguh, saya terharu dan bangga dengan pak guru I Nyoman Krisnayana Tri Antara. Karenanya, saya berniat meluluskan permintaannya. Untuk itu, saya membalas email Bli Antara, dan menanyakan detail alamat. Dan tiga hari kemudian, tepatnya 27 Oktober 2015, datanglah balasan sebagai berikut:

Merdeka, Salam Bung

Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan ini, semoga banyak yang tergerak juga untuk ikut membantu.

Alamat Sekolah tempat kami mengabdi: SMA Karya Nangapanda, Jalan Jurusan Ende-Bajawa, Dusun Puuwaru, Desa Ndorurea 1, buku dari Bung bisa dikirim via Pos, ini contact yang bisa dihubungi 082146431154. Kadang-kadang Pihak Pos lebih suka meminta kami yang mengambil kiriman.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih, Insya Allah jika kiriman buku telah sampai saya akan kirimkan beberapa foto untuk Bung, terima kasih banyak Bung Roso Daras. Terima kasih telah membantu dan memberi saya inispirasi untuk datang ke Ende, saya banyak mengenal Bung Karno dari tulisan blog Bung Roso. Merdeka!!

Sidang pembaca blog yang mulia….

Beberapa judul buku saya tentu tidak akan berarti apa-apa dibanding kebutuhan akan buku bacaan di sekolah tempat Bli Antara mengajar. Untuk itu, melalui blog ini, dan melalui posting-an ini, saya memohon keikhlasan Anda, untuk mengirimkan buku-buku bacaan yang sekiranya bermanfaat, sekaligus mengisi perpustakaan yang sepertinya “besar ruang, kecil isi” itu.

Semoga, uluran tangan kita, memberi arti bagi masa depan anak-anak didik di Ende. ***

Published in: on 3 November 2015 at 11:55  Comments (4)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2015/11/03/surat-dari-ende-untuk-kita/trackback/

RSS feed for comments on this post.

4 KomentarTinggalkan komentar

  1. Bung, perkenankan saya ikut membantu.. apa yang bisa saya lakukan akan saya usahakan bantuannya. boleh PM saya om…di FB..

    • Terima kasih banyak bung Hendrat….. Kita sudah komunikasikan soal itu….. Semoga menjadi amal jariyah…. amalan yang tak berbatas usia….. Amin.

  2. Reblogged this on Hendratyuswito’s Blog and commented:
    Yuk kita bantu

  3. Selamat sore bung Rosdar…
    Salam kenal.
    Nama sy Ivans Haykel, domisili di bukittinggi-sumbar. Saya ada agenda diskusi dan seminar, dengan menangkat menolak lupa bung Karno di kota saya. Konsep acara tsb juga hendak melibatkan pejabat era demokrasi terpimpin setingkat mentri sbg saksi dan pelaku sejarah. Kemudian juga seorang narasumber ahli, setingkat penulis ataupun akademisi. Untuk kepentingan tersebut, saya hendak terlebih dahulu diskusi dengan bung Rosdar. Kalo bisa langsung lewat telpon. Jika tdk keberatan, mohon konfirmasi kesediaan bung untuk saya tilpon. Nomor hp saya : 081808058790 atau 082363413445.
    Besar harapan saya untuk menerima respon dari bung rosdar. Salam dari kami di daerah, ibukota PDRI. Tabik


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: