5 Fakta Tentang Buku ‪#‎TotalBungKarno2‬

Buku Total BK-2Hari ini (17/7) sekira pukul 13.00, akun FB Penerbit Imania tiba-tiba saja menampilkan posting sebagai berikut:

5 Fakta tentang buku ‪#‎TotalBungKarno2:

1. Total Bung Karno 2, adalah seri lanjutan dari buku dengan judul yang sama yang terbit setahun lalu

2. Total Bung Karno 2 berasal dari tulisan-tulisan yang diposting di blog sang penulis, Roso Daras

3. Total Bung Karno 2 berisi kisah pembuangan Bung Karno di Ende, marhaenisme, dan kisah-kisah human interest lainnya

4. Total Bung Karno 2 dapat pujian dari Sujiwo Tejo, Iman Brotoseno, dan Tofik Pram

5. Total Bung Karno 2 sudah bisa kamu dapatkan di toko buku & toko buku online. Harganya Rp73.000

Segera saya hubungi Bung Faried Wijdan dari Penerbit Imania penerbit buku-buku Bung Karno (serial “serpihan sejarah yang tercecer). Dia membenarkan, informasi tersebut, sekaligus mengabarkan kabar baik tentang sambutan pembaca yang sangat antusias. Karena sebagai penulis, saya sendiri baru mengetahui informasi itu. Artinya saya belum memiliki buku tersebut. Berarti pula, saya tidak tahu persis apa-apa saja komen dari rekan Sujiwo Tejo, Iman Brotoseno, dan Tofik Pram dalam buku itu. Saya pun meminta Bung Faried mengirim endorsement ketiga penulis hebat itu. Berikut tiga komen mereka:

sujiwo tejo copyBuku ini ingin menyatakan kebesaran Bung Karno melalui hal-hal kecil dan seolah remeh-temeh. Buku ini juga baik untuk bacaan guru-guru Sejarah agar jutaan murid mereka kelak selalu sadar bahwa semegah dan setinggi apa pun mercu suar selalu disusun oleh unsur-unsur kecil semisal mur dan baut.” (Sujiwo Tejo, Dalang dan Penulis)

tofik pram copy“Pada diri Bung Karno terangkum semua sifat keindahan pria: romantis, kadang melankolis, namun kukuh sebagai nasionalis yang siap melinggis sifat bengis kaum kapitalis. Bung Roso Daras mengemas dan menyuguhkan sisi-sisi dramatis itu dengan manis.” (Tofik Pram, Penulis dan Sukarnois)

iman brotoseno“Roso Daras memberikan serpihan kisah hidup dan pemikiran Bung Karno yang selama ini tidak banyak terlihat. Dari situ kita bisa memahami pergulatan hidup sekaligus perjuangan Bung Karno untuk membawa bangsanya menjadi bangsa yang merdeka.  Namun banyak penulis atau penafsir yang gagal, karena tidak bisa memahami perspektif pribadi Sukarno yang bisa jadi sangat subyektif. Perpindahan minat Sukarno dari panggung politik ke panggung teater, semasa di pembuangan Ende, dianggap sebagai pertobatan seorang Sukarno. Padahal ia menggunakan kelompok sandiwara ini untuk menyusupkan ide-ide perjuangannya. Di sini justru Roso Daras bisa menjelaskan semuanya dengan runtun, dari kepingan-kepingan perjalanan hidup Bung Karno.

Bung Karno adalah sosok menarik untuk dikupas dalam pergulatan sejarah perjuangannya. Setelah sekian lama sejarah ditulis oleh pemenang (baca: orde baru). Kini saatnya kita menikmati sejarah yang ditulis dengan jujur dan bersahaja. Bagaimanapun juga, inspirasi Bung Karno akan selalu hadir dalam perjalanan semangat kebangsaan kita. Dia selalu mencintai rakyatnya. Dengan membaca buku ini, seolah olah membuatnya hadir di tengah kita dengan caranya sendiri.” (Iman Brotoseno, Blogger, Sutradara, dan Sukarnois)

Bismillah… semoga buku Total Bung Karno 2 mendatangkan manfaat bagi pembacanya.***

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2014/07/17/5-fakta-tentang-buku-%e2%80%aa%e2%80%8etotalbungkarno2%e2%80%ac/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. salam bung Roso,
    perkenalkan Nama saya Al Indy, saya seorang mahsiswa tingkat akhir jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di ITS. saya mengangkat Tugas akhir tentang bung karno. dapatkah saya mendapat kontak dari bung Roso untuk menjadi narasumber saya?

    Terima kasih,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: