Buku Tua Kunjungan Bung Karno ke Uni Soviet

Buku Kunjungan BK ke SovietJalan menemukan jejak-jejak sejarah Bung Karno selalu saja terkuak tanpa rencana. Seperti berkah silaturahmi di suatu hari ke kediaman seniman Teguh Twan di Jl. Pemuda, Kebumen beberapa waktu lalu. Tanpa dinyana, seniman keturunan Tionghoa yang nasionalis itu menyimpan satu buku tua yang sangat langka: Kunjungan Presiden Republik Indonesia Sukarno ke Sowjet Uni. Di bagian bawah tertulis Penerbit Seni Lukis Negeri, Moscow, 1956.

Buku yang hampir semua halamannya sudah “mreteli” (terlepas jadi lembar-lembar terpisah) itu, berisi narasi singkat tentang kunjungan Bung Karno yang disertai sejumlah petinggi negeri itu ke sana. Selebihnya, berisi foto-foto otentik dan langka, yang menangkap momen-momen bersejarah selama Bung Karno berkunjung ke Soviet (sekarang Rusia).

Menyimak buku tersebut, terbayang, betapa rombongan Bung Karno disambut dengan begitu agung. Begitu mendarat, semua petinggi negeri komunis itu menyambut di bandara internasional setempat. Dalam perjalanan ke Kremlin, Bung Karno dan petinggi Soviet menaiki mobil terbuka. Di sepanjang jalan, berjejer lautan rakyat mengelu-elukan Bung Karno dengan bentangan spanduk bertuliskan kalimat-kalimat bersahabat.

Bukan hanya itu, dalam setiap kunjungan Bung Karno ke negara-negara bagian Soviet (yang saat ini sudah menjadi negara merdeka pasca pecahnya Soviet), Bung Karno senantiasa dielu-elukan masyarakat. Di setiap kota yang dikunjungi, selalu digelar rapat akbar yang dihadiri lautan masa. Bahkan dalam salah satu kunjungan, digelar khusus pertandingan persahabatan antara tim sepakbola Indonesia melawan tim sepakbola Uni Soviet.

Pesan-pesan rakyat Soviet kepada rakyat Indonesia tergambar dalam buku itu. Sangat menyentuh, meski dalam narasi yang tidak lagi up-to-date untuk konteks sekarang. Sempat terpikir untuk meng-up-date buku itu dan menerbitkannya kembali sebagai sumber referensi anak negeri.

Postingan selanjutnya, akan saya tuliskan narasi berikut foto-foto kunjungan Presiden Sukarno ke Soviet. Saat ini, saya tengah mengedit dan menyempurnakan narasi, agar lebih tergambar suasana kunjungan, serta lebih mudah ditangkap pembaca generasi sekarang. Tunggu yaaa…. (roso daras)

Published in: on 30 Desember 2013 at 11:40  Comments (14)  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2013/12/30/buku-tua-kunjungan-bung-karno-ke-uni-soviet/trackback/

RSS feed for comments on this post.

14 KomentarTinggalkan komentar

  1. Sebagai anak negeri saya menyambut diterbitkan nya ‘Buku Kundjungan Presiden Republik Indonesia Sukarno Ke Sowjet Uni’. Penerbit Seni Lukis Negeri, Moscow, 1956.

    Indahnya berbagi kenangan Presiden Pertama RI.

  2. wah terbitin ulang bukunya bisa ndak ya pak😀
    seenggaknya ebook juga bisa

  3. Saya tunggu postingan selanjutnya, narasi berikut foto-foto kunjungan Presiden Sukarno ke Soviet.

  4. Hebat betul pny Presiden kaya BK

  5. Reblogged this on Bung imam.

  6. Bisakah berbagi tentang buku kunjungan presiden RI Soekarno Sowjet Uni, fotokopinya mungkin?
    Kebetulan sy bbrp wkt ini mencoba menelisik & membuat narasi ttg para pemuda indonesia yg pernah sekolah di uni soviet sktr th 60an slh satunya komunitas druzbha. Tp selama ini informasi yg sy dptkan msh terlalu minim baik berupa narasumber ataupun referensi buku. Mohon sarannya. Terimakasih.

    • Saya pribadi tidak memiliki copy buku itu. Saya hanya memotretnya halaman demi halaman. Semua narasi dan foto insya Allah akan saya posting di blog ini. Jika ada kesempatan jumpa Teguh Twan kembali, saya akan minta izin meng-copy.

      • terimakasih atas respon & perhatiannya🙂

      • Permisi Mas,
        Saya Imam dari Surabaya Umur 15 tahun ..

        Saya ada buku fikiran Rak”jat sm Kunjungan Presiden Republik Indonesia Sukarno Di Uni Sovet .

        Mas mau ?. Kalau mau saya rela memberikanya buat koleksi anda ..

      • Saya Serius Mas, Pokoknya Tidak di Jual …

        Tapi Yang Fikiran Rak’jat saya minta di tukeri salah satu buku koleksi anda ?.

      • Apaka mas mau ?.

        Ditunggu responya …
        Makasih

  7. salam kenal Pak,ditunggu segera kompilasi foto2 BK di Sovyet, nice blog you have

  8. Artikel nya bagus2,bahkan saya juga punya buku tentang soekarno dari roso daras. Benar2 makin terinspirasi dan kagum dengan sosok bung karno. Semoga beliau diberikan tempat yg indah di sisi Allah swt.

  9. Baru hari ini Saya baca biografi Bung Karno, Salut Buat Bang Roso Daras, Artikel yang wajib di Baca Anak Negeri.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: