Bung Karno Sang Singa Podium

BK Singa PodiumSungguh saya bersyukur sekaligus mengapresiasi langkah Rhien Soemohadiwidjojo yang telah menulis dan memplublikasikan buku: “Bung Karno Sang Singa Podium”. Syahdan, penulis yang bernama asli Arini Tathagati ini beberapa bulan lalu menghubungi saya, meminta tulisan untuk endorsement buku setebal 427 halaman itu.

Seperti biasa, saya merasa tersanjung disusul mongkog hati, besar rasa, untuk meluluskan permintaan Arini, sesibuk apa pun. Apalah arti kesibukan rutin, dibanding memenuhi permintaan seorang penulis yang telah bersusah payah menulis buku tentang Bung Besar.

Buku terbitan Second Hope ini sudah beredar di  pasaran. Akan tetapi, terus terang, saya baru tahu setelah Arini berkirim email, mengabarkan ihwal telah beredarnya buku itu. Alhamdulillah, dia menanyakan alamat diiringi niatnya mengirim satu copy buku sebagai komplimen buat saya, tentu saja disertai  bubuhan tanda tangan sang penulis. Terima kasih. Buku sudah saya terima.

Buku ini berisi 8 (delapan) bab. Bab 1 Siapa tak Kenal Bung Karno. Bab 2 Bung Karno Sang Singa Podium. Bab 3 Pidato Bung Karno Pra Proklamasi. Bab 4 Pidato Bung Karno di Masa Proklamasi dan Perang Kemerdekaan (1945 – 1950). Bab 5 Pidato Bung Karno di Masa 1950 – 1958. Bab 6 Pidato Bung Karno di Masa Demokrasi Terpimpin. Bab 7 Pidato Bung Karno Setelah 1965. Bab 8 Kutipan-kutipan  BungKarno.

Sekalipun judulnya Bung Karno Sang Singa Podium, tetapi Arini yang menggunakan nama penulis Rhien Soemohadiwidjojo itu melengkapinya dengan sejarah Bung Karno. Akan tetapi, ruh buku ini sejatinya tersaji di Bab 2 Bung Karno Sang Singa Podium. Tak heran jika penulis dan penerbit menyepakati bab ini sebagai judul besar buku.

Bab 2 ini diawali dengan sub bab tentang Bung Karno Sang Orator Ulung. Sub bab kedua, tentang tema pidatto-pidato Bung Karno.  Sub bab ketiga mengupas rahasia pidato-pidato Bung Karno. Sub bab keempat tentang tanggapan para pendengar pidato-pidato Bung Karno. Sub bab kelima tentang pidato religius Bung Karno. Sub bab keenam tentang penerjemah pidato Bung Karno. Terakhir, sub bab ketujuh tentang peran para ajudan Bung Karno.

Seperti biasa, saya selalu risih jika melihat atau membaca penulisan Sukarno dengan “oe” (Soekarno). Sayangnya, saya menemukannya di buku ini. Tentang penulisan Sukarno dan Soekarno, saya pernah menulis secara khusus di blog ini, mengutip statemen Bung Karno kepada Cindy Adams. Intinya, dia yang memberlakukan ejaan yang disempurnakan, maka secara konsekuen dia pun mengubah penulisan namanya dari Soekarno menjadi Sukarno. Ihwal tanda tangannya yang menggunakan “oe” dia berdalih, sebagai hal yang berbeda. Tanda tangan yang sudah diguratkannya dengan “oe” sejak ia sekolah, tentu tidak mudah untuk diubah.

Terakhir, (ehm…) buku ini tetap menarik karena di halaman belakang ada endorsement dari pemilik blog ini….🙂 (roso daras)

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2013/12/12/bung-karno-sang-singa-podium/trackback/

RSS feed for comments on this post.

11 KomentarTinggalkan komentar

  1. Pak, maaf…katanya film tentang soekarno jadi kontroversi, kata ibu racmawati itu tidak sesuai dengan kehidupan beliau bahkan cenderung melecehkan,….bagaimana pendapat bapak?

    • Halo bung Benny…. Tidak ada gading yang tak retak. Sekalipun blm menonton, saya pastikan film itu tidak akan sempurna. Cenderung melecehkan? Saya tidak yakin. Itu mungkin persepsi subyektif bu Rachmawati. Dan itu sah-sah saja. Di atas semuanya, saya menaruh respek dan apresiasi terhadap MPV dan Hanung serta pihak mana pun yang mau memfilmkan Bung Karno. Concern saya bukan pada aspek konflik dan kritik film, tetapi lebih kepada penghargaan bagi siapa saja yang berupaya “menyentuh” Sukarno.

  2. mudah2an masyarakat Indonesia dari yang muda sampai yg tua bisa lebih mengenal dekat siapa Bung Karno melalui buku atau film2 bertemakan Sukarno…..salam kenal Pak Roso Daras

    • Salam kenal Ervanius. Merdeka!!!

  3. Segera nonton ah…. wajib nonton, melebihi wajibnya nonton film pemberontakan G30S saat masih sekaolah, duluuuuuu.

  4. brp harga buku “bung karno sang singa podium” ??

  5. bagaimana cara menghubungi dan berkorespondensi dengan bapak?

  6. Wah kelihatanya buku berkualitas tinggi nih ?

  7. Terima kasih atas ilmu dan pengetahuannya bung ……

  8. Terima kasih bung ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: