Rencana Cover ke-3, Dipilih…Dipilih…

Dua hari lalu, penerbit Imania mengirimkan rencana cover buku yang ke-3. Seperti postingan terdahulu, dalam buku ketiga dan Insya Allah selanjutnya, pendekatan judul serta content mixed, dibuat sedikit berbeda dari dua buku terdahulu. Kali ini, fokus tulisan pada “perseteruan” Bung Karno dan Kartosoewirjo.

Ah, tapi ini bukan posting tentang konten buku ketiga. Selain tidak membuat Anda penasaran untuk membaca (tepatnya: membeli) buku ini, juga karena saya ingin berbagi dan minta masukan sidang pembaca blog ini sekalian, terhadap rancangan cover yang telah disiapkan penerbit. Ada dua rancangan cover, seperti terlihat di bawah ini: versi A dan versi B.

Nah, atas pilihan cover tersebut, saya pribadi memiliki beberapa catatan. Misalnya, komposisi judul dan foto, saya cenderung melilih yang B, dengan catatan, boks bertuliskan “The Other Stories 3” lebih dirapatkan ke atas, menempel teks “Serpihan Sejarah yang Tercecer”. Keseluruhan judul juga bisa lebih ke atas.

Kemudian, ilustrasi perang baratayudha dalam epik Mahabarata itu, saya cenderung memilih yang versi A. Sebab, warna sephia di versi A rasanya lebih cocok dengan desain yang B. Dengan sedikit penguasaan software adobe photoshop, beberapa catatan tersebut saya wujudkan menjadi seperti di bawah ini:

Nah, bagaimana menurut Anda? (roso daras)

Published in: on 23 Juni 2011 at 05:28  Comments (8)  
Tags: , , , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2011/06/23/rencana-cover-ke-3-dipilih-dipilih/trackback/

RSS feed for comments on this post.

8 KomentarTinggalkan komentar

  1. Saya pilih desain yang B. Alasannya: warna hijaunya menjadi daya tarik tersendiri (setidaknya membuat orang melirik saat pertama kali melihatnya terpajang di rak di toko buku).

  2. Kapan terbitnya mas? mau cepet2 hunting nih…

  3. Di dalam postingan ini saya ingin menyajikan 7 situs yang menurut saya cukup menarik dan tentunya saya simpan bookmark . Untuk yang pertama ini saya menyajikan 7 situs yang berhubungan dengan HTML dan CSS baik tools framework maupun tips dan triks….

  4. bagus mas covernya.. pilihannya adalah yg B.
    tapi kalo bisa, background blkg bung karno & kartosuwiryo di tambahkan sedikit lambangnya masing” (untuk menggambarkan / mengesankan “VS.” nya itu)

    • Ide bagus…. Semoga penerbit mengakomodir ide Anda… Merdeka!!!

  5. mas roso daras saya lihat dari judulnya ada sedikit “mispelling” /salah eja. setahu saya “baratayudha” itu ditulis “bharatayuda” dengan h diantara b dan a. terima kasih semoga ini bisa membantu

    • Bung hyperwind… terima kasih masukannya. Saya akan cek ulang spelling judul yg Anda maksud.
      Saya hanya menggunakan pendekatan “Barata” dan “Yudha”. Barata adalah tokoh pewayangan yang menurunkan trah Astina dan Pandawa yang kemudian berperang akbar sehingga dinamakan Baratayudha. Perangnya trah (keturunan) Barata. Dalam pemahaman saya kata Yudha yang pakai “h”, sebab huruf “d” dibaca seperti kalau kita mengucap gedhang…. bukan wedang.

  6. Bagus yang B dimonitor saya warna hitam, sebagai simbol kelam yang lagi pada perang (rada mirip poster film action)… salam kenal


Tinggalkan Balasan

