Bung Karno dalam Sketsa Kepak Garuda

Danu Widhyatmoko adalah satu nama yang menyuburkan taman sari Bung Karno di hati saya. Siapa Danu? Terus terang, saya belum pernah bertemu muka, melainkan hanya berkomunikasi lewat surat elektronik alias email. Yang pasti, dia menamakan diri dari “KepakGaruda.com”. Lantas, bagaimana nama Danu bisa begitu berarti?

Intinya, saya begitu mengagumi Anda, siapa pun Anda, yang berada pada garis Sukarno. Nah, Danu ini adalah manusia terpuji yang berada pada garis itu. Dalam emailnya, dia melampirkan dua sketsa tentang Bung Karno. Satu sketsa dialog Bung Karno dengan petani Marhaen di Bandung Selatan. Kedua, sketsa Bung Karno tengah berorasi.

Atas sketsa tersebut, Bung Danu meminta komentar saya, khususnya dari sisi fashion. Contoh, apakah ketika itu Bung Karno sudah berkopiah? Tentunya belum. Rambutnya masih klimis, bahkan manakala telat bercukur, kumis tipisnya tegas melintang. Persoalannya adalah, manakala sosok Bung Karno saat berdialog dengan Marhaen dilukiskan dengan ilustrasi tadi, kekhawatirannya adalah, masyarakat luas tidak mengenali kalau tokoh yang dimaksud adalah Bung Karno.

Sementara itu, jika dilukiskan seperti dalam sketsa di atas, logikanya tidak nyambung. Di sinilah harus ada pemilahan yang tegas, antara fungsi sketsa sejarah yang bersifat faktual, dengan sketsa yang mengedepankan esensi daripada sajian visual. Karenanya, manakala Bung Danu menanyakan komentar saya, saya tergelitik untuk menuangkannya dalam postingan kali ini, dengan harapan bisa mendatangkan sebuah diskursus menarik dan bermanfaat bagi kita semua.

Kemudian sketsa kedua:

Bung Karno tengah berorasi. Ah… apa yang harus dikomentari?

Last but not least, Bung Danu terima kasih sudah menyuburkan taman sari Bung Karno di relung hati saya. Mohon izin pula, meng-copy wallpaper di http://www.kepakgaruda.com dan sudah saya pasng di layar laptop saya…. (roso daras)

Published in: on 21 Desember 2010 at 13:40  Comments (1)  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/12/21/bung-karno-dalam-sketsa-kepak-garuda/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. terima kasih juga mas atas apresiasinya, semoga wallpaper-nya dapat segera diganti dengan wallpaper soekarno bila nanti sudah jadi🙂

    ditunggu masukan dari rekan-rekan🙂

    salam,
    /danu.widhyatmoko
    http://www.KepakGaruda.com


Tinggalkan Balasan

