Alam Magis Bung Karno di Pulau Dewata

“Magic People’s”, begitu orang biasa menyebut saudara kita dari Bali. Hampir seluruh kehidupan mereka, dipenuhi semangat berlomba-lomba menuju tri hita karana. Tri yang berarti tiga, Hita berarti sejahtera dan Karana berarti penyebab. Pengertian Tri Hita Karana adalah tiga hal pokok yang menyebabkan kesejahteraan dan kemakmuran hidup manusia.

Dalam implementasinya, masyarakat Hindu Bali senantiasa lekat dengan alam, sesama, dan Tuhan. Karenanya, ciri khas desa adat di Bali minimal mempunyai tiga unsur pokok,yakni : wilayah, masyarakat dan tempat suci untuk memuja Tuhan/Sang Hyang Widhi. Perpaduan tiga unsur itu secara harmonis sebagai landasan terciptanya rasa hidup yang nyaman, tenteram, dan damai secara lahiriah maupun bathiniah.

Bung Karno paham betul persoalan itu. Bukan saja karena ia manusia setengah Bali, melainkan Bung Karno memang dialiri darah supranatural yang kental. Masyarakat Bali pun memujanya sebagai manusia yang memiliki “kelebihan”. Terlebih manakala dalam setiap kunjungan ke Bali, ia tak jarang memerankan lakon “Dewa ngejawantah”, menaggalkan status sosial yang tinggi, dan membaur bersama rakyat.

Di Bali, akrab sekali kisah-kisah Bung Karno yang merakyat. Seperti misalnya, kegemaran Bung Karno berjalan kaki di pematang sawah, dan tak segan mencegat wanita Bali yang sedang berjalan membawa bekal makan siang suaminya yang sedang bekerja. Bung Karno menyapa lembut rakyatnya… menanyakan makanan apa yang dibawa… dan… mencicipinya! “Enak sekali, dan sangat bergizi,” komentar Bung Karno sesaat setelah mencicipi sayur bercampur “kakul” sejenis siput sawah.

Masih banyak kisah lain, dan berhubungan dengan spirit magis masyarakat Bali. Mereka umumnya percaya, roh Bung Karno masih berdiam di beberapa lokasi “wingit” yang ada di Pulau Seribu Villa…eh Pura! Sebagai contoh, sebuah kamar di hotel Samuder Beach Sanur lantai 3, begitu dikeramatkan. Kamar ini tidak pernah disewakan kepada siapa pun, sekalipun di malam tahun baru, di mana harga-harga kamar hotel di Bali selangit.

Di situlah konon Bung Karno sering melakukan meditasi. Tetapi versi lain menyebutkan, bukan di kamar itu Bung Karno mediasi, melainkan di pantai Sanur, jauh sebelum hotel itu digagas Bung Karno pada tahun 1958. Ketika itu, pantai Sanur sangat “wingit”, tidak semua jalma manusia berani mendekat.

Satu tempat lagi yang akrab digunakan Bung Karno untuk bermeditasi adalah sebuah vila yang menghadap Danau Bratan, Bedugul. Nama vilanya sendiri Lila, tetapi masyarakat banyak menyebutnya sebagai “Villa Bung Karno”. Selain, tentu saja di Istana Tampak Siring itu sendiri.

Bermeditasi tak jauh dari sumber air, baik itu samudera, danau, maupun mata air seperti di Tirtha Empul, yang terletak di belakang Istana Tampak Siring. Air. Unsur air tak pernah jauh dari lokasi meditasi Bung Karno. Entahlah, atau barangkali itu terkait dengan shio Bung Karno? Bung Karno lahir tahun 1901 di bawah shio kerbau.

Kerbau dalam zodiac Cina bukanlah banteng. Berdedikasi dan solid, Shio yang kuat ini dilahirkan sebagai pemimpin, sangat tergantung untuk meraih dan memiliki kemampuan untuk mencapai hal-hal luar biasa. Sampai di sini, kiranya tak ada yang membantah. Tapi baiklah. Lepas dari semuanya, sebagian masyarakat Indonesia memandang Sang Proklamator ini dari sisi magisnya. Kiranya, sah-sah saja. (roso daras)

Published in: on 16 Desember 2010 at 07:19  Comments (7)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/12/16/alam-magis-bung-karno-di-pulau-dewata/trackback/

RSS feed for comments on this post.

7 KomentarTinggalkan komentar

  1. upaya untuk menyeimbangkan antara lahir dan batin; jasmani dan ruhani, dengan demikian menjalani kehidupan menjadi lebih tenteram, damai, dan bahagia…

  2. Om, sorry gk nymbung sama topik ni ngmgny. Ttg supersemar it gmn sih om kelanjutan kisah bener enggakny? Bsa dibahas? Trus malem2 ½ ngantuk gini ak baca buku sejarah spupu ak utk kls 2 sma dr bumi aksara ttg kasus G30S/PKI hal 241-251 kok jadi bingung y, seolah ad missing part gitu y. Tkut aj klo yg d pelajarin anak2 sejarahny kacau. It menurut ak y om. Lgian udh malem gni y. Hhe

    • jiah si agan kan udah banyak buku yang menceritakan sejarah alternatif dari pristiwa GESTOK 1965…coba cari ajah di gramed…atau bisa browsing di mbah goooooogle…tapi setau ane pernah ada revisi buku sejarah SMA kok dijaman GUS DUR tapi kemudian dilarang ama kejaksaan agung..karena isinya “tidak sesuai fakta”…katanye seeh…tapi gini deh kita maen logika sederhana okay yang ngebunuh para jendral AD adalah tentara dari unsur AD juga yaitu mantan2x banteng raiders divisi diponegoro dipimpin oleh letkol. untung sebagai korlap..nah kol. latief dari brigif V kodam jaya sudah memberitahu soeharto bahwa ada gerakan untuk mengKUDETA bung karno di RSPAD namun mendapat tanggapan dingin..perlu diketahui soeharto memerintahkan untuk mendatangkan batalyon 454 dan 530 untuk ikut parade hari abri oktober 1965 sebagai pangkostrad saat itu…namun justru berakhir bentrok dengan kopasus…kontak senjata terjadi di sekitar bundaran HI dan sekitar pangkalan udara halim..okay sampe sini bisa ngambil kesimpulan kan gan ? ujug2x nongol supersemar..saat itu amir machmud pun sempat kaget membaca isinya karena supersemar adalah PENGAMBILALIHAN KEKUASAAN bukan perintah untuk pengamanan dan menjaga ketertiban jadi yang berkuasa selanjutnya adalah SOEHARTO malalui kudeta merangkak..32 years of lies and deception..that’s ORDE BARU !

  3. Iya yahhhh,apakah Supersemar itu sebenarnya ada apa tidak???semoga semua segera terbukti dengan benar….

    • yang ane tahu dokumen aslinya sudah dimusnahkan…untuk menghilangkan jejak para pelakunya (ORBA)

  4. i like it


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: