Bangsa Adalah Satu Jiwa

Pancasila, Orde Baru memperingatinya tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Panca Sila. Orde Lama memperingati tanggal 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Panca Sila. Esensinya, Orde Baru membikin tanggal 1 Oktober karena digandengkan dengan satu peristiwa Gestok (Gerakan 1 Oktober) atau G30S (Gerakan 30 September) yang kemudian berbuntut tumbangnya Bung Karno dan naiknya Soeharto.

Secara substansi, sebenarnya Panca Sila patutnya diperingati tanggal 1 Juni. Tapi baiklah… bahwa kemudian 1 Oktober dikenal generasi Orde Baru sebagai Hari Kesaktian Panca Sila, tidak mengapa. Setidaknya, Panca Sila masih ditempatkan pada proporsi yang baik sebagai ideologi bangsa ini.

Sekadar renungan, berikut petuah Bung Karno:

Ernest Renan berkata: “Bangsa adalah satu jiwa”. Memang benar begitu!

Marilah kita kembali kepada jiwa kita sendiri! Jangan kita menjadi satu bangsa tiruan! Jiwa Indonesia adalah jiwa gotong-royong, jiwa persaudaraan , jiwa kekeluargaan. Kita telah merumuskan jiwa yang demikian itu dengan apa yang dinamakan Panca Sila. Hanya Panca Sila yang sesuai dengan jiwa Indonesia.

Marilah kita setia kepada Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, – Proklamasi yang bernafas Panca Sila!

(tanda tangan Soekarno)

Itulah sekadar amanat Bung Karno tentang Panca Sila. Tentang betapa Pancas Sila merupakan satu-satunya asas yang pas bagi bangsa kita. Butir-butir sila yang ada di dalamnya, merupakan hasil penggalian akar budaya, akar sosial yang telah hidup berabad-abad di setiap detaknya jatung bangsa ini.

Jika kemudian saat ini kita merasakan rentannya nilai-nilai gotong royong. Jika kita merasakan nilai-nilai persaudaraan yang memudar. Jika kita merasakan nilai-nilai persaudaraan menguap, bisa jadi karena bangsa ini memang sudah meninggalkan nafas ideologi Panca Sila. Bisa jadi karena Panca Sila sudah kehilangan makna. Bisa jadi karena ideologi itu memang sudah ditinggalkan bangsa ini. (roso daras)

Iklan
Published in: on 1 Oktober 2010 at 11:23  Comments (3)  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/10/01/bangsa-adalah-satu-jiwa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

3 KomentarTinggalkan komentar

  1. emang soeharto paling pandai melawak…….masa ada hari kesaktian pancasila…
    emang pancasila jadi sakti gara gara abis ngelawan siapa?
    ngelawan PKI?
    atau Ngelawan Rakyat sendiri?
    Pancasila tetap sakti walau tak ada lawan……….kesaktian pancasila sudah di buktikan mampu menyatukan bangsa ini pada zaman Soekarno…gak usah di saktikan lagi oleh mbah harto.
    tapi lihat sekarang apakah pancasila masih sakti?
    dimana kemanusiaan yang adil dan beradab ketika kerusuhan etnis melanda jakarta selatan di depan polisi dan kerusuhan etnis di Tarakan?
    Apakah pancasila masih sakti ketika orang mau beribadah penuh dengan ketakutan? mana sila pertama?
    Presiden SBY merayakan kesaktian pancasila sehari setelah peristiwa kerusuhan etnis tarakan dan kerusuhan di depan pengadilan jak sel…..jadi siapa yang sakti sekarang?

  2. setuju banget’pa ! yang buat orde2x an juga HARTO kok untuk menghilangkan sejarah indonesia periode 1959~1965,lha kalo HARTO tidak membuat ORBA dia tidak bisa menghapus paksa ingatan kolektif bangsa indonesia terhadap BK (walaupun tetep gagal..wong skarang ada upaya kembali membangitkan ajaran BK),selain menciptakan istilah ORLA dan ORBA HARTO juga membuat cerita fiktif bahwa PANCASILA bukan di ciptakan BK tapi oleh M.YAMIN melalui tangan si akademisi PALSU NUGROHO NOTOSUSANTO..ini juga terbukti gagal lha BUNG HATTA saja melalui wasiatnya untuk GUNTUR bilang bahwa BK LAH yang mendapat applause gila2x an disidang BPUPKI seusai membacakan idenya tentang PANCASILA tanggal 1 juni 1945,ini lagi membuat peringatan aneh mengenai kesaktian PANCASILA trus ada gelar PAHLAWAN REVOLUSI (?) dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada 7 orang yang tewas dibunuh TENTARA pemberontak 30 sept ’65 lha jendral2x yang meninggal kan pro BK semua jadi REVOLUSInya kapan ? harto mengaggap COUP D’ETAT tahun ’65 adalah revolusi HAHAHAHAHAH….kup tetap saja kup sampai skarang dunia luar pun mengaggap SUHARTO MENGKUDETA BK dan mendirikan diktator REJIM MILITER penindas dengan membunuh 3 juta orang…

    • Mataab gan… 😀 njenengan punya blog ndak,,? Aq pengen nambah wawasan di blog njenengan nich… Thxs. JASMERAH !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: