Mengutip Bung Karno di Dinihari

Jarum jam menunjuk pukul 01.30…. TVRI menayangkan siaran langsung shalat tarawih di Masjidil Haram, Mekah. Suasana hati hanyut dalam lantunan kalam Illahi yang begitu indah. Seperti biasa, saya sering iseng melayangkan tangan ke arah deretan buku-buku di bawah label “DOK BUNG KARNO”. Maksudnya jelas, saya akan menulis apa saja dari sumber buku yang saya ambil melalui tangan buta.

Syahdan… tercabutlah satu buku berjudul “Mutiara Kata Bung Karno untuk Rakyat Indonesia” susunan Wawan Tunggul Alam, SH. Sekali lagi dengan iseng saya buka secara acak dengan jemari buta ini. Tersibaklah pagina 24, di bawah judul “Doa”, lalu ke halaman-halaman selanjutnya. Ah… kok pas benar dengan suasana dinihari ini. Saya baca beberapa halaman, dan baiklah, saya kutipkan beberapa di bawah ini.

Kutipan 1:

“Saya tidak tahu, akan diberi hidup oleh Tuhan sampai umur berapa. Tetapi permohonanku kepadaNya ialah, supaya hidupku itu hidup yang manfaat. Manfaat bagi tanah air dan bangsa, manfaat bagi sesama manusia. Permohonanku ini saya panjatkan pada tiap-tiap sembahyang. Sebab, Dialah Asal segala Asal. Dialah ‘Purwaning Dumadi‘.” (6 Juli 1957).

Kutipan 2:

“Semangat ajaran Nabi Muhammad, mengobarkan pelaksanaan tiga kerangka tujuan Revolusi Indonesia. Semangat ajarannya. Ya, itu memang benar! Semangat ajaran itu yang membawa kita kepada perjuangan. Semangat ajarannya itu yang membawa kita rela berkorban untuk mencapai maksud kita. Semangat ajaran itu yang membawa kita kepada Revolusi Indonesia. Semangat ajaran itulah yang membuat bangsa Indonesia menjadi seperti sekarang ini.” (6 Agustus 1963).

Kutipan 3:

“Vivekananda, orang yang beragama Hindu mengatakan, bahwa Muhammad SAW mempunyai jiwa bledek, thunderbolt, artinya bledek, petir. Jadi di dalam jiwa Muhammad itu menurut perkataan Vivekananda bersemayamlah jiwa seperti bledek. Nah, orang-orang yang demikian ini kita agungkan. Kalau kita benar-benar mengagungkan beliau, kita harus meniru kepada beliau. Maka oleh karena itu harapanku ialah agar supaya bangsa Indonesia berjiwa bledek.” (6 Agustus 1963)

Kutipan 4:

“Siang dan malam kegandrungan saya hanya ingin mengabdi kepada Tuhan, mengabdi kepada tanah air dan bangsa, menyumbang kepada Revolusi, menyumbang kepada pelaksanaan Amanat Penderitaan Rakyat.” (1960).

Kutipan 5:

“Di dalam cita-cita politikku aku ini nasionalis, di dalam cita-cita sosialku aku ini sosialis, di dalam cita-cita sukmaku aku ini sama sekali theis: Sama sekali percaya kepada Tuhan, sama sekali ingin mengabdi kepada Tuhan.” (1947).

Lima kutipan itu dulu sebagai bahan renungan kita bersama. Semoga bisa menyiram relung-relung hati kita yang kering. (roso daras)

Published in: on 5 September 2010 at 18:52  Comments (9)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/09/05/mengutip-bung-karno-di-dinihari/trackback/

RSS feed for comments on this post.

9 KomentarTinggalkan komentar

  1. Trims Bung Roso Daras, sangat menginspirasi sekali.

    • Terima kasih kembali bung RInalf….

  2. blog rosodaras ini menulis lengkap sisi lain kehidupan Bung Karno, aqiu sbg anak bangsa yg tidak pernah mengenal sosok proklamator dg baik, bahkan namanyapun sdh jarang jarang terdengar, menjadi lebih mengenal sosok Beliau, aqiu mengharapkan jg temans semua yang dilahirkan jauh setelah bahkan putra putri Bung Karno punya anak cucu bisa mengetahui & mengenali sosok nya walau melalui tulisan cerita & mungkin cuma copas

    seperti beliau katakan jangan sampai kita melupakan sejarah, maka Bung Karno adalah sejarah

    sekali lagi terima kasih salah satunya aqiu sampaikan kepada roso daras blog, semoga temans yg ikutan membaca copas ini juga bisa sama seperti aqiu, berterima kasih atas usaha roso daras mengenalkan & mengenangkan sejarah

    aqiu tuliskan hal di atas di akhir copas banyak artikel roso daras yg aqiu masukan ke dalam forum lintascafe.com

    walau belum mendapat ijin dari oom roso daras, tp aqiu yakin semangat berbagi pasti memberikan kebaikan untuk memberitakan sejarah ke semua masyarakat

    salam hormat Q utk bapak roso daras

    • Terima kasih…. Psti saya izinkan… malah saya merasa senang blog ini mampu menarik minat anak muda mengenal dan lebih mengenal proklamatornya….

  3. Terimakasih pak Roso Daras …saya sangat senang membaca tulisan bapak mengenai Bung Karno meskipun belum semua sempat saya baca

    Pak Roso, apakah betul Bung Karno senang Meditasi dan sangat percaya akan hal2 Gaib ?

    • Terima kasih kembali Bung “Sang Aku”. Kalau senggang, dibaca yaaaa… hehehehe….
      Bung Karno sedang meditasi, benar! Tapi saya tidak mengaitkannya dalam konteks klenik lho yaaa…. Sebab, sesungguhnya, sebagai orang Islam, manakala Bung Karno melakukan shalat, terkandung makna meditasi di dalamnya.
      Soal ghaib? Bukankah kita memang harus percaya hal-hal gaib? Itu salah satu rukun iman sebagai seorang muslim. Sekali lagi, saya tidak mengaitkannya dengan hal-hal yang berbai klenik.

  4. Mas Roso, sy ad seorang pngagum Putra Sang Fajar y ingin m’jual satu dr bbrapa harta t’besar sy, sy ingin m’jual Kitab Di Bawah Bendera Revolusi jilid 1 yg sy punya dikarenakan sy harus m’ngobati saudara sy, smentara sy dalam keadaan t’jepit dlm hal finansial saat ini…
    Sy mau meminta tlg kalau2 ad p’ngunjung blog ini y t’tarik slhkan hub sy di no.
    081242920098

    • Bung Rudy, saya pribadi sudah mengoleksi DBR lengkap. Ada satu rekan yang sedang mencari, dan almat emailnya sudah saya email ke Anda. Mohon dicek. Jika Anda tidak keberatan, mohon emailkan harga buku yg Anda tawarkan, siapa tau saya bisa bantu.

  5. Bung Karno sangat ekspresif..menggelora.. berjiwa ‘BLEDEK’ .. mungkin karena itu ya anak2nya diberi nama ‘menggelegar’.. GUNTUR, GURUH, TAUFAN, dll


Tinggalkan Balasan

