Bung Karno dan Al Hijr

Malam-malam ini, saya dan mungkin juga Anda umat Islam di seluruh dunia, tengah gigih menggapai Lailatul Qadar. Lailatul Qadar atau Lailat Al-Qadar (bahasa Arab: لَيْلَةِ الْقَدْرِ ) (malam ketetapan) adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadhan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Gambaran tentang keistimewaan malam ini dapat dijumpai pada Surat Al Qadar, surat ke-97 dalam Alquran.

Dengan nawaitu ngalap berkah…. ngalap pahala… posting ini tentu saja dimaksudkan dalam rangka menyongsong malam seribu bulan itu. Siapa tahu, fa Insya Allah, bermanfaat bagi saya, berguna juga bagi Anda. Bagi saudaraku non muslim, setidaknya bisa menjadi sekadar wacana.

Foto di atas adalah tema postingan ini. Ada banyak foto yang menggambarkan Bung Karno memegang kutipan ayat-ayat suci Alquran versi raksasa. Satu-satunya keterangan foto yang saya dapat hanya begini bunyinya “Presiden Sukarno dan Ibu Negara Fatmawati Sukarno pada upacara di Istana Negara awal tahun 1950-an”. Tidak lebih.

Saya dan mungkin juga Anda, tentu ada yang penasaran, kutipan surat Alquran apakah yang dipegang Bung Karno? Atas dorongan rasa penasaran itulah kemudian saya melakukan upaya mencari tahu, salah satunya dengan kaca pembesar. Maklumlah, foto hitam putih produksi tahun 50-an itu, tentu saja sangat sulit untuk dibaca secara kasat mata, terlebih bagi saya yang tidak mahir-mahir amat membaca huruf Arab.

Dengan upaya tadi, diketahuilah bahwa ayat-ayat suci tadi adalah Surat Al-Hijr.

Surah Al-Hijr (bahasa Arab:الحجر, al-Hijr, “Al-Hijr”) adalah surah ke-15 dalam Alquran. Surah ini terdiri atas 99 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Al-Hijr adalah nama sebuah daerah pegunungan yang didiami oleh kaum Tsamud pada zaman dahulu yang terletak di pinggir jalan antara Madinah dan Syam (Syria).

Nama surah ini diambil dari nama daerah pegunungan itu, berhubung nasib penduduknya yaitu kaum Tsamud telah dimusnahkan Allah, karena mendustakan Nabi Saleh dan berpaling dari ayat-ayat Allah. Dalam surah ini terdapat juga kisah-kisah kaum yang lain yang telah dibinasakan oleh Allah seperti kaum Luth dan kaum Syu’aib. Surah ini juga mengandung pesan bahwa orang-orang yang menentang ajaran rasul-rasul akan mengalami kehancuran.

Pokok-pokok isi

  1. Keimanan: Kepastian nasib suatu bangsa hanya di tangan Allah; Allah menjamin kemurnian Alquran sepanjang masa; alam malakut (langit) senantiasa dijaga dari syaitan; kadar rezeki yang diberikan kepada manusia sesuai dengan hikmah kebijaksanaan Allah; Allah memelihara hambaNya yang telah mendapat taufiq dari godaan setan; Allah di samping bersifat pengampun dan penyayang juga mengazab orang-orang yang ingkar; manusia dihimpun pada hari kiamat.
  2. Hukum-hukum: Larangan terhadap homoseksual; kewajiban melakukan ibadah selama hidup; larangan menginginkan harta orang kafir; perintah kepada Nabi Muhammad SAW agar melakukan dakwah agama secara terang-terangan; larangan berputus asa terhadap rahmat Allah.
  3. Kisah-kisah: Nabi Ibrahim a.s. dengan kaumnya; Nabi Luth a.s. dengan kaumnya; kaum Syu’aib dan kaum Shaleh a.s. (Tsamud).
  4. Dan lain-lain: Kejadian-kejadian dalam alam ini menunjukkan kebesaran Allah; kejadian alam dan isinya mengandung hikmah; angin mengawinkan tepung sari bunga-bungaan; asal kejadian Adam a.s.

Sedangkan yang terpampang dalam foto di atas adalah kutipan surah Al-Hijr dari ayat 1 sampai ayat ke-15. Pada masa tahun 50-an, Bung Karno tengah berada pada puncak usahanya mempersatukan bangsa Indonesia yang bersuku-suku, dan beragam pula agamanya. Melalui upaya-upaya itulah Bung Karno menggalang persatuan dan kesatuan bangsa. Dan sesungguhnya, Bung Karno seorang nasionalis-religius, atau bahkan seorang intelektual muslim nasionalis besar.

Itulah kesimpulan yang bisa kita tarik setelah membaca buku “Bung Karno, Islam, Pancasila, NKRI” terbitan Komunitas Nasionalis Religius Indonesia (2006). Buku itu berisi surat-surat Islam Bung Karno kepada A. Hasan, artikel-artikel keislaman di berbagai media dan buku, serta pidato-pidatonya dalam berbagai acara keagamaan. (roso daras)

Iklan
Published in: on 5 September 2010 at 05:56  Comments (8)  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/09/05/bung-karno-dan-al-hijr/trackback/

RSS feed for comments on this post.

8 KomentarTinggalkan komentar

  1. “Itulah kesimpulan yang bisa kita tarik setelah membaca buku “Bung Karno, Islam, Pancasila, NKRI” terbitan Komunitas Nasionalis Religius Indonesia (2006). Buku itu berisi surat-surat Islam Bung Karno kepada A. Hasan, artikel-artikel keislaman di berbagai media dan buku, serta pidato-pidatonya dalam berbagai acara keagamaan.”

    Kalau ada versi online mohon dibagi ya mas , trims 🙂

    • Versi online? Sepertinya belum ada nih….

  2. Sedikit nambahin bung Roso untuk bacaan latin dan terjemahannya bisa didownload diSurat Al-Hijr

    • Terima kasih bung Sumego…

  3. bung karno ………1001 orang yg bisa kayak beliau..

  4. Ass wr wb,

    salam bung Roso…
    mengenai ke spiritualan sosok SUKARNO, sudah tidak diragukan lagi. satu catatan dari saya..
    Beliau( H. AHMAD SUKARNO) pernah sowan ke Bangkalan MADURA, bertemu dengan Kiai Sepuh SYAIKHONA KHOLIL, walaupun SUKARNO bukan seorang muridnya, tapi beliau(Syaikhona Kholil) memegang kepala SUKARNO dan meniup ubun-ubun nya.
    Sumber dari :
    Kiai HR.As’ad Syamsul Arifin (1897-1990),Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Asembagus, SITUBONDO Jawa Timur, dengan belasan ribu santrinya.
    Dan KHR.As’ad Syamsul Arifin adalah teman SUKARNO.
    SUKARNO juga memprakarsai dan meng-idekan pembangunan Masjid Istiqlal Jakarta,dan Masjid Salman ITB Bandung.
    Beliau juga memprakarsai dan merealisasikan Proyek TERJEMAH dan TAFSIR AL-QUR’AN kedalam Bahasa INDONESIA, yang menghasilkan Satu TERJEMAH AL-QUR’AN dan SEBELAS JILID TAFSIRNYA.
    terimakasih..

    wassalam

  5. Alhamdulillah ,,,, kancaku ampuh soal agama. 🙂

    • Halo dab…. piye kabare? Alhamdulillah, sempat nyasar ke blog ini. Salam kompak selalu, dab…. I lop yu pull….. :0


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: