Sketsa Proklamasi

Hanya persembahan dua sketsa proklamasi kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. Peristiwa yang berlangsung di kediaman Bung Karno, Jl. Pegangsaan Timur 56, Menteng, Jakarta Pusat (Sekarang Jl.Proklamasi) itu, adalah momentum bersejarah bagi bangsa kita. Itulah momentum kita melepaskan diri dari kolonialisme penjajah. Melepaskan diri dari cengkeraman Belanda. Melepaskan baju Hindia Belanda, dan berganti menjadi Republik Indonesia.

Tahun ini, 2010, memiliki kesamaan suasana… yakni suasana proklamasi di bulan Ramadhan. Benar… proklamasi kita tahun 1945, berlangsung di tengah kemuliaan bulan suci penuh berkah Ramadhan. Persiapan proklamasi telah berlangsung sejak malam hari, dan hari-hari sebelumnya melalui serangkaian rapat-rapat penting. Klimaksnya, usai makan sahur, segenap anak bangsa berjaga-jaga di kediaman Bung Karno.

Saat fajar merekah, mereka memasang tiang bendera, mempersiapkan ini dan itu menyambut momentum maha penting. Bung Karno sendiri baru kembali ke rumah saat shubuh. Demikian pula Hatta, Sjahrir, dan semua tokoh bangsa yang teribat pembahasan pada rapat-rapat Badan Persiapan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia di rumah Maeda. Malam itu, agenda final yakni menyusun teks proklamasi.

Begitulah sejarah singkat proklamasi kemerdekaan kita. Terjadi di bulan Ramadhan. Tepat benar jika kita segenap anak bangsa, khususnya yang muslim, merenungkan serta melayangkan setting sejarah proklamasi kemerdekaan dengan suasana menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Semoga, tersiram dahaga nasionalisme kita sebagai warga negara merdeka. Semoga, muncul kesadaran kita semua terhadap apa yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa ketika memproklamasikan kemerdekaan itu.

Pertanyaan selanjutnya adalah: Sudah tercapaikah cita-cita proklamasi yang digelorakan 65 tahun lalu? (roso daras)


Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/08/16/sketsa-proklamasi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

6 KomentarTinggalkan komentar

  1. saya kemarin mencari FB bung roso, sekaligus kirim pesan, tapi kwatir jarang dibuka.. ini pesannya

    bung roso… saya salut akan dedikasi anda… salut akan blog anda (yang saya gemari jauuh sebelum buku other story terbit)…. isi blog anda luarbiasa mencerahkan… sekali lahi terima kasih

    tapi bung, mengapa tidak dibuatkan grup FB??? agar isi blog itu tersiar lebih gencar??? ke mata para pemuda indonesia yang ganderung fb-an ini?? akan sangat luarbiasa… pasti tersenyum Bung Karno di alam sana, melihat sedikit saja usaha kita, cucu cucunya, untuk mengingat jasanya….

    oleh karena itu, saya ingin meminta ijin….
    membuat grup di fb, dimana siapa saja bisa join dan like, yang menyiarkan isi blog bung roso…. bolehkah kiranya???

    saya hanya punya tujuan satu…. membagi rasa kepada orang2 lain, agar mereka merasakan yang bung rasa, yang saya rasa… saat membaca blog bung…

    saya tunggu tanggapannya… terimakasih

    • Maaf bung, rada lambat nanggapi… Mutlak kesalahan Telkomselflash!!!! Jaringannya error mulu!!! Tp udah saya tanggapi tuh di FB. THanks!

  2. Iy om, emg momentny pas bgt wktu bulan puasa. Wah smga tahun ini lebih kidmat dan lebih dihayati y 17 Agustusny. Tp dean ngrasa kok makin tahun makin sepi y… FYI d twitter lgi heboh om mw jdiin hut Indo sbg trendingtopic. Tp lihat tayangan td, bangunan sejarah persinggahan Soekarno-Hatta mw dilelang jdi sedih. Sekirany kalau ad yg bsa dibantu berhub dg pelestarian sejarah kita dsb, libatin dean y om. Makasi

  3. atas persetujuan Bung Roso, halaman facebook resmi, perpanjangan tangan dari blog Bung roso, sudah ada 🙂
    masih baru, mohon dukungannya
    http://www.facebook.com/pages/Bung-Karno-Serpihan-Sejarah/140120799357180?v=wall

    ayo sama2 di like, tempat menyiarkan, ngobrol2, dan tentu saja bagi2 smangat dari blog bang roso… yang konon menambah rasa bangga nasional lagi beberapa derajat 🙂

    semoga berkembang dan bermanfaat

  4. karya yg luar biasa..
    menarik sekaligus bersejarah
    awal munculnya teks kemerdekaan INA.
    bapak sungguh luar biasa dalam
    mengingatkan bagaimana kemerdekaan itu
    susah payah didapatkan..
    tapi kita lihat sekarang bagaimana para KORUPTOR
    Itu..,menjajah Indonesia..

    saya salut sama bapak.
    🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: