Calon Cover Buku ke-2… Pilih Mana?

Hari ini (21 Juli 2010), penerbit Etera mengirimkan dua alternatif cover buku “Bung Karno, The Other Stories 2, Serpihan Sejarah yang Tercecer. Dari dua alternatif, masing-masing dibuat dua versi, yang satu versi lukisan yang satu versi foto. Nah, ini versi yang pertama:

Desain sebelah kiri yang versi gambar, dan yang kanan versi foto. Selain perbedaan gambar dan foto, sekilas tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok. Perbedaan-perbedaan kecil tampak di background cover, background judul, dan penempatan nama penulis. Kita beri saja penomoran 1a buat yang kiri dan 1b buat yang kanan.

Bagi yang sudah mengoleksi buku yang pertama, secara pewarnaan, ada kemiripan. Nah, berikut ini rencana desain cover kedua.

Desain yang kedua, sebut saja 2a (yang kiri/versi lukisan) dan 2b (yang kanan/versi foto). Dibanding desain yang pertama, perbedaan mencolok terletak pada background yang lebih terang. Penempatan judul di bagian atas buku juga memberi kesan pembeda dibanding versi yang pertama, maupun versi buku jilid ke-1. Secara umum, desain ini mengesankan “beda” dengan penampilan buku yang pertama. Benang merah kelanjutan ada di judul buku.

Saya pribadi suka yang 2b. Alasannya bisa saja subjektif. Karenanya saya tidak akan kemukakan di sini. Sebab, tujuan saya memosting rencana cover itu adalah untuk meminta komen, tanggapan dari Anda semua pengunjung blog setia ini. Bantu saya memilih cover buku yang insya Allah meluncur Oktober 2010. Terima kasih sebelumnya.

Merdeka !!! (roso daras)

Published in: on 21 Juli 2010 at 03:34  Comments (30)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/07/21/calon-cover-buku-ke-2-pilih-mana/trackback/

RSS feed for comments on this post.

30 KomentarTinggalkan komentar

  1. Saya juga suka cover 2b, terkesan elegan.
    Gimana cara pesan bukunya ya Pak Roso? Sekalian yang Buku 1-nya juga..

    Salam

    • Terima kasih mas Ahmad. Score-nya 50-50. Dua setuju 2b, dua setuju yang lain (via FB). O ya, cara memesan mestinya bisa langsung ke penerbit Imania, Ki Town House Blok H, Jl Raya Limo Depok 16515, Telp. (021) 753 1711, email: etera_imania@yahoo.com, atau lewat distributor, Mizan Media Utama, alamat Jakarta di Komp. Plaza Golden Blok G15 – 16, Jl. RS Fatmawati No 15 Jakarta 12420, Telp (021) 766 1724 – 25, atau di Bandung Jl Cinambo No. 146 Ujungberung, Bandung 40294, Telp. (022) 781 5500.

      Memangnya mas Ahmad tinggal di mana? Apa tidak ada toko buku di kota Anda?

  2. Saya sependapat dengan Mas Roso cenderung memilih yang 2b, tetapi sebaiknya latar-belakangnya seperti yang 1a.

    • Oke Bung Rafi… terima kasih… matur tengkyu….

  3. Saya juga suka design 2b Bung, warna kontras, tulisan dan gambarnya terlihat jelas. Di toko buku Pekalongan kira-kira ada nggak ya Bung Roso?

    • Thanks… 2b-nya… hehehehe… Good reason…. Pekalongan? Saya rasa kok ada, Pekalongan kan kota besar Bung!

  4. Vote 2B: keliatan jelas mengenai kemampuan diplomasi BK.

    • Thanks bung Syahmin… Utk sementara 2b “memimpin” perolehan vote….

  5. 2b juga deh…secara sy lbh suka foto aslinya drpd dikartunin meski lbih nyeni n lg musim..foto diri mas roso di blog aja dikartunin…

    • Thanks Bung Iwa… makin mengerucut ke versi 2B….

  6. Saya suka 2B tapi dengan background 2A……..
    Lebih kontras dan eye catching sih.

    • Saya bayangkan, ide Bung Jabro bagus juga…. Versi 2b tetapi dengan background 2a…. Thanks!!!

  7. Desain 2b lebih simpel dan eye caching, tapi judul BUNG KARNO pakai 1a (warna kemerahan) biar lebih menyatu. B’ground 2a terlalu crowded, ilustrasi “tenggelam”, kecuali dengan latar disederhanakan. Ilustrasi model drawing terasa “lepas’.

    • Halo mas Rakhmat!!!!
      Sorry, kemarin gak jadi pulang, agenda diundur. Tp menjelang Ramadhan insya Allah pulang. Tar saya sempatkan mampir….
      Thanks masukannya…. akan saya teruskan ke penerbit. Buku mas Rakhmat kapan luncur?

  8. pilih yang ke-2, kesan elegan dan diplomatis
    saya tidak sabar nunggu yang ke-2 ini karena covernya adalah 2 orang yang saya kagumi. Saya sudah punya buku yang pertama awal saya mengenal Bung Roso, semoga anda tidak bosasn menggali sosok Bung Karno karena menyelami BK seperti menyelam di kedalaman samudera yang tidak kan habis-habisnya.. Salam Merdeka!!!!

    • THanks bung Jansen atas masukan (pilihan) covernya! Anda benar, menyelami BK memang laksana memasuki rimba Amazon…. Buat saya pribadi, tidak ada kata bosan…. Salam Merdeka!!!

  9. yang ke2 lebih bagus oh iya kapan keluarnya?

    • Thanks Myrna… Insya Allah Oktober (habis Lebaran)….

  10. yang b2 bagus tuh ..
    hmm ..
    bukunya beli dimana ya ?
    saya mau .
    saya tinggal didepok

    • Thanks Irfan… Buku yg jilid I barangkali di Gramedia Depok (Margonda) masih ada. Buku jilid kedua, insya Allah meluncur Oktober 2010.

  11. Yang 2B bagus juga kok, saya sudah beli buku yang pertama, isi nya bagus sekali…benar – benar berisi kisah-kisah dari BK yang “tercecer”, ditunggu buku kedua nya

    salam

    • Thanks Radityo… buku kdua insya Allah meluncur Oktober…. Mohon kritik dan sarannya juga…

  12. 2b ok

  13. ikutan nge vote yak om haha .. 2b mantep designnya terkesan bergelora , tonenya juga dahsyat
    salam MERDEKA!

    • Voting dah tutup Di….!!! Wkwkwkkwk… Thanks anyway… Pilihan akhir tetap pada tangan penerbit… hiks…. Semoga 2B atau terserah saja, saya percayakan penerbit….

  14. kayak nya saya lebih senang 2b gambar dan desain nya lebih jelas dan tajam.

  15. Saya kira kalau ini buku lanjutan, bagian 1 tentu lebih konsisten dengan cover buku kesatu. Meski memang secara rasa yang 2 lebih menggigit. Mungkin menggabungkan keduanya akan lebih menarik. Saya sendiri lebih suka tetap ada kesatuan desain dengan yang pertama yaitu menempatkan judul buku di tengah dari pada di atas. Hmm tapi itu kan sekedar pendapat, diterima syukur alhamdulillah, ga diterima kok tega ya! hehe

    • Decy decy decy…. teganya teganya teganya…. Opini jalan tengah…. Great… Diterima atau ditolak, ada di tangah penerbit…. (Sekadar bocoran: Sepertinya edisi kedua memang nyambung dg edisi pertama…)

  16. 1b lebih ok.. lebih sangar


Tinggalkan Balasan

