Sulitnya Melawan Bangsa Sendiri

Bahkan sebelum negara ini merdeka, Bung Karno sudah mengingatkan kepada kita dengan kata-katanya yang –lagi-lagi– tetap aktual. Kurang lebih begini ia pernah berpesan:

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri”

Kalimat Bung Karno itu terasa makin aktual dengan konteks kekinian. Di era pra kemerdekaan, lawan para pejuang kemerdekaan kita jelas, kaum penjajah. Bangsa Belanda yang jelas segala-galanya berbeda dengan bangsa kita. Kulitnya bule, rambutnya pirang jagung… pendek kata… sangat mudah mengidentifikasi musuh.

Mengenali musuh kita sekarang? Jelas susah kita kenali, sebab mereka adalah bangsa kita sendiri. Yang berperan sebagai pemeras, berkulit sama. Yang berperan sebagai penindas, bangsa kita juga. Yang berperan sebagai tukang gebuk, ya orang kita juga. Yang berperan sebagai pengatur aturan, juga bangsa sendiri. Praktik-praktik penjajahan dalam bentuk yang lebih canggih, sejatinya merebak di sekeliling kita.

Dalam ilustrasi di atas, poster Bung Karno dengan insert Munir, dibubuhi kalimat pesan Bung Karno seperti tersebut di atas. Pembunuh Munir bukan orang bule, tetapi bangsa sendiri. Maka sebaik-baiknya sikap adalah tetap waspada terhadap setiap praktek penjajahan gaya baru.

Kita harus memahami kalimat Bung Karno dalam konteks yang terus di-up date. Contoh, yang disebut musuh kita adalah bangsa kita sendiri, adalah sebagian dari bangsa kita yang memiliki ideologi (dalam bahasa Bung Karno) “kontra revolusioner”. Mereka yang berjiwa neolib, kapitalis, dan individualis. Waspadalah…. Waspadalah ! (roso daras)

Iklan
Published in: on 15 Juli 2010 at 12:37  Comments (12)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/07/15/sulitnya-melawan-bangsa-sendiri/trackback/

RSS feed for comments on this post.

12 KomentarTinggalkan komentar

  1. mantap…makasih banyak infonya…salam hangat…

  2. akhirnya ada artikel atau sebuah pemikiran yang sama dengan pemikiran saya..tentang penjajaha negri ini..
    kita bkan lagi perang dengan membwa bambu runcing tapi kita berperang dengan perpecahan agama,ras,suku dll..
    sebuah masalah yang sangat pelik ,komppleks dan berbaahaya..yang dapat menghancurkan indonesiaa!!pesan bung karno pesan yang sulit dielakkan dan beliau pun jarang salah dalam berpesan dan memprediksikan sesuatu..
    semoga ini menjadi renungan buat kita ya mas
    apalagi pemda-pemudi seperti saya..dan teman teman..
    artikel yang baguss..
    salam MERDEKA

  3. jempolku tetap tak acungkan atas konsistensi penggalian sikap nasionalist pada sosok bapak pendiri bangsa ini. trus berkarya dan belajar. sukses bung

    • Matur nuwun den mas mahesa…. Merdeka!!!

  4. selain pemikiran bung karno, hendaknya pemikiran dari pak harto juga dikupas, karena beliau juga orang yang berjasa bagi bangsa ini. rakyat Indonesia juga bisa memiliki pandangan yang demokratis dalam menilai pemimpinnya, bukan hanya menghujat tanpa melupakan jasa orang tersebut.

  5. saya sangat sepakat dengan anda, selain bangsa kita sendiri, sebenaranya sedikit banyak tangan2 asing telah menggunakan boneka2 nya ( bangsa kita ) untuk menjajah negri kita…

  6. ok bgt

  7. Sayang sekali sedikit diantara kita ini yang tahu tentang kebenaran,saya sarankan banyak-banyaklah belajar sejarah Indonesia yang sebenarnya, jangan digali dari lingkungan kita saja cobalah menggali dari berbagai pihak…saya doakan kalian menemukan kebenaran…amin. Itu tergantung kalian semua yang menilai setelah kebenaran itu didapat. Semoga sukses

  8. sbetulnya ormas2x reaksioner kek gini didanain ama KELUARGA CENDANA cs…masih inget PAM SWAKARSA jaman habibi??? mereka emang tugasnye ngerusuh dan “decoy” aje… jaman ORBA ada PEMUDA PANCASILA nah skarang isu SARA dipake track record nye bisa diliat sejak “perang sodara” di ambon dan poso berlanjut dengan “SUICIDE BOMBERS FIESTA” di bali dan daerah laen nye..siap2x PERANG SODARA lagee

  9. kalimat..kalimat…kalimat….kata..kata..kata…cape sekali mendengar lantunan2 yang indah dan maniz…kapan kita perang melawan…yang di maksud…

  10. Bung…. tolong bantu saya mendapatkan video pidato-pidato Bung Karno yang lengkap, sekaligus tolong bantu sy mendapatkan buku Dibawah Bendera Revolusi Jilid 2 nya ya…. thq buanget…….

    • Video lengkap barangkali bisa didapat di Arsip Nasional. Setidaknya di sana cukup lengkap. Sedangkan yang banyak beredar (termasuk koleksi saya), hanya cuplikan-cuplikan…. Alternatif kedua ke Yayasan Bung Karno, di Jl Proklamasi.

      Untuk mendapatkan buku DBR Jilid 2, saya perhatikan. Kirim saja alamat email sampean, nanti kalau “nemu” saya kabari Anda. Sekadar berbagi pengalaaman, dua buku DBR koleksi saya, satu di antaranya justru saya dapat (tidak sengaja) di pasar buku loak Senen.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: