Saiful Sulun: Bung Karno, Pemimpin Dunia

Dalam proses penyusunan buku H. Amin Arjoso, SH sampailah saya kepada seorang tokoh militer Indonesia, Mayjen TNI (Pur) Saiful Sulun. Sebenarnya, persinggungan saya dengan dia sudah terjadi tahun 1985 saat dia menjabat Panglima Kodam V/Brawijaya, di Surabaya. Kemudian tidak lagi intens, sampai akhirnya ia menjabat Wakil Ketua DPR RI.

Belakangan, Saiful Sulun termasuk satu di antara banyak jenderal Angkatan Darat yang resah dengan arah perjalanan bangsa dan negara akibat telah melenceng dari cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945. “Konstitusi kita sudah diamandemen secara serampangan…. Pancasila sudah diabaikan. Tidak heran jika belakangan kita merasakan suasana kebangsaan yang semakin tidak karuan,” ujar Saiful Sulun, saat saya jumpai di kediamannya, di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan.

Berkomentar tentang Bung Karno, penggagas Pancasila maupun perumus UUD 1945, Saiful mengaku jujur, tidak kenal secara personal. “Maklumlah, sebagian besar saya hidup dan mengabdi di era Orde Baru. Persentuhan pertama saya dengan Bung Karno ya saat pelantikan sebagai perwira tahun 1960, saat lulus dari akademi militer. Itulah satu-satunya saya bersalaman dengan Bung Karno. Jadi, praktis saya hanya mengenyam Orde Lama selama tujuh tahun. Nah, sebagai perwira muda, tentu saja sangat jarang bersinggungan langsung dengan Panglima Tertinggi, Presiden Sukarno,” kenang Saiful.

Artinya, kekagumannya terhadap Bung Karno lebih banyak didengar dari cerita. Namun ia sepakat, bahwa Bung Karno merupakan satu-satunya pemimpin bangsa Indonesia yang memiliki kapasitas dan kualitas dunia. Tentu saja dengan kesadaran bahwa tidak semua pemimpin itu memiliki kesempurnaan. Sama seperti manusia yang juga memiliki banyak kekurangan, termasuk Bung Karno.

Akan tetapi sebagai pemimpin, Bung Karno tidak bisa dikatakan sebagai pemimpin lokal. Bung Karno adalah pemimpin yang mendunia. Kaliber kepemimpinan Bung Karno tidak hanya tingkat nasional, tetapi diakui dunia. Bahkan, tanpa mengurangi rasa hormat, belum ada pemimpin Indonesia yang menyamai Bung Karno.

“Karenanya, mempelajari sejarah Bung Karno, menjadi sangat penting untuk mengetahui lebih dalam jati diri bangsa dan sejarah bangsa. Selain itu, kita juga harus proporsional dalam menmpatkan setiap pemimpin. Bung Karno punya jasa besar, Pak Harto juga punya jasa besar… sekalipun begitu, tak lepas dari kekurangan, karena keduanya hanyalah manusia biasa,” tegas Saiful Sulun, yang belakangan aktif di Forum Komunkasi Purnawirawan ABRI. (roso daras)

Iklan
Published in: on 8 Juni 2010 at 02:54  Comments (1)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/06/08/saiful-sulun-bung-karno-pemimpin-dunia/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. saya sangat sejutu dengan pendapat aki saiful..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: