Rahasia Terbesar Hartini Sukarno

Dengar ungkapan Hartini tentang Bung Karno. Coba renungkan dalam-dalam kata demi kata berikut:

Saya cinta pada orangnya, pada Bung Karno-nya, bukan pada presidennya…. Saya akan perlihatkan kepada masyarakat, bahwa saya bisa setia, dan akan mendampingi Bung Karno dalam keadaan apa pun, juga dalam kedudukannya. Dan saya (Hartini), telah membuktikannya.”

Begitulah Hartini, yang bernama lengkap Siti Suhartini, wanita lembut, bergerak-gerik anggun. Ia, begitu dipuja oleh Bung Karno. Ia begitu dimanja oleh Bung Karno. Ia, begitu dibanggakan oleh Bung Karno.

Kita boleh menebak, apa gerangan yang membuat Hartini begitu istimewa? Bahkan Bung Karno bergeming menyunting Hartini, meski hal itu mengakibatkan Fatmawati meninggalkannya. Dalam buku Srihana-Srihani, Biografi Hartini Sukarno, ia mengemukakan salah satu rahasia terbesar, mengapa Bung Karno begitu mencintainya.

Ada banyak rahasia besar tentunya, dalam konteks hubungan lelaki dan perempuan. Akan tetapi, tentu saja tidak semua bisa dibagi. Alhasil, ia membagi satu saja rahasia buat kita, yakni ihwal kebiasaannya bertutur kata lembut, halus kepada Bung Karno. Ia, dalam keadaan santai, resmi, atau saat-saat memadu cinta, tetap menggunakan bahasa Jawa srata tertinggi yang disebut “kromo inggil”.

“Di situlah kelebihan saya,” kata Hartini suatu hari, seraya melanjutkan, “Mana ada orang sedang intim, masih juga ber-kromo inggil. Ini rahasia terbesar yang pernah saya buka. Sebaliknya, Bapak sendiri amat memperhatikan kepentingan wanita. Sama sekali tidak egois.”

Selebihnya, Hartini benar-benar mengabdikan diri sebagai seorang istri bagi lelaki Jawa dengan watak-watak khas. Watak-watak lelaki Jawa yang umumnya manja, suka dilayani bukan saja dalam hal fisik, tetapi juga perasaannya. Itu semua didapatkan dengan sempurna dari seorang Hartini. (roso daras)

Iklan
Published in: on 23 Januari 2010 at 04:30  Comments (14)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2010/01/23/rahasia-terbesar-hartini-sukarno/trackback/

RSS feed for comments on this post.

14 KomentarTinggalkan komentar

  1. Waduh Bu Hartini…tansah ngendikan mawi basa jawi inggil…meniko saget kagem tulodho kagem poro wanodyo kapurih tansah dipun sayang kaliyan garwo…

  2. sip intim pun pake kromo inggil

  3. Wah kalo saya ngomong kromo inggil sama suami bisa diketawain sama dia.Dikira mau main wayang.hehe….salut buat ibu hartini ๐Ÿ™‚

  4. Saya ter’sentuh’ dengan kalimat terakhir:
    “Watak-watak lelaki Jawa yang umumnya manja, suka dilayani bukan saja dalam hal fisik, tetapi juga perasaannya. Itu semua didapatkan dengan sempurna dari seorang Hartini. (roso daras)”

    Rasa-rasanya kok bener … hehehehe …
    Menarik …

  5. Setuju mas rosodaras.. wanita jawa terkenal dengan lemah lembutnya.. pasti itu yang membuat bung karno bertekuk lutut.. ๐Ÿ˜€

  6. tolong dunk ada tulisan tentang petualangan cinta sukarno dengan wanita wanita yang bukan istrinya. kenapa ada yg mengaku sebagai anak sukarno, memangnya ada berapa anak sukarno diluar nikah? siapakah shalimar?

  7. Hebat Bu Hartini… melayani perasaan laki-laki jawa itu bagaimana…? harus belajar nih… biar suami tetap penuh kasih… he…3x

  8. Oh jadi pada hakikatnya para lelaki memang senang dimanjakan dalam bentuk lahir maupun batin ya…..

  9. halah rugi punya suami yang manja dan banyak perempuan. konyol jadi istrinya soekarno megalomania.

    • jadi pilih siapa sis? rhoma irama?,aceng fikri? atau andhika “kanjen” band? atau pangeran cendana si kriminal tommy? ๐Ÿ˜›

    • Bener nihhh ??? blas gak percaya aku.

      • Nina@
        Waah…
        Ni anak baru baca kisah Bung Besar, belum seper enam acan yaa…
        Atau kemakan buku” picisan hasil karya orbau “sampah” ??

  10. salut ibu Hartini, layak mendampingi pria sehebat Bung Karno.

  11. Sakmenika kulo tumut rahayu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: