Perempuan dalam Lukisan

Basuki_abdullah_balinesebeautyBung Karno pemuja wanita cantik…. Ya! Bahkan ia sempat meralat pemberitaan media Barat yang antara lain mengejek… “Bung Karno selalu melirik setiap melihat wanita cantik….” Yang benar, kata Bung Karno… “Bung Karno menatap setiap wanita cantik dengan kedua buah matanya bulat-bulat!“.

Bukan terhadap wujud dan sosok wanita. Bahkan terhadap setiap lukisan wanita, lengkap dengan keindahan yang melekat pada tubuhnya, Bung Karno akan menyukainya. Tak heran jika ia menjadi salah satu kolektor lukisan karya Basuki Abdullah. Maklumlah, Basuki Abdullah tergolong salah maestro pelukis Indonesia, yang sangat piawai menampilkan sosok perempuan dengan segala kelebihannya.

Kepada salah satu ajudannya, Bambang Widjanarko, Bung Karno pernah mengakui tentang kekagumannya terhadap lukisan-lukisan Basuki Abdullah. Ia juga mengaku, sebagai pelukis maupun penikmat lukisan, Bung Karno cenderung menyukai aliran naturalisme. “Bambang, aku tahu betul bahwa banyak aliran dalam lukisan, dan setiap aliran mempunyai pengikut dan pengagumnya. Aku sendiri senang pada naturalisme, khususnya yang menonjolkan keindahan, apakah itu manusia, makhluk hidup, ataupun benda mati,” ujar Bung Karno kepada ajudannya, pada suatu hari.

Bung Karno menambahkan, “Setiap orang selalu ingin menunjukan kebaikan ataupun keindahan dirinya, dan setiap benda betapa pun kecilnya mempunyai keindahn pula. Aku senag melihat dan menimati keindahannya itu, keindahan yang dianugerahkan Tuhan kepada yang diciptakanNya.”

Bung Karno sendiri mengoleksi banyak lukisan, termasuk lukisan-lukisan wanita cantik. Beberapa lukisan bahkan ada yang benar-benar menonjolkan keindahan bagian tubuh, entah mata yang sayu merayu, atau mata yang bersinar-binar, atau bibir tipis tersenyum manis, atau bibir indah bak buah manggis merekah, ada kalanya rambut ikal mayang yang terurai, atau bahkan yang… memperlihatkan keindahan seluruh tubuh wanita itu sendiri!

Nah, khusus terhadap kesenangannya akan lukisan wanita cantik, Bung Karno pernah menerangkan, “Aku memang dilahirkan dengan sifat yang demikian, dan aku tidak memungkirinya. Bahkan aku mensyukurinya karena itu pemberian Tuhan. Tuhan memang menciptakan wanita penuh dengan keindahan. Saya kira setiap laki-laki normal pasti senang melihat wanita cantik atau senang melihat keindahan yang ada pada diri wanita itu.”

Mari kita hela nafas sejenak…. (roso daras)

Bidadari karya basuki abdullah

lukisan-modern-karya-basuki

Telanjang, karya Basuki Abdullah

Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/10/22/perempuan-dalam-lukisan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

13 KomentarTinggalkan komentar

  1. Bagi senuman memandang keindahan wanita dengan hati yang bersih dengan penuh kekaguman menikmati keindahan ciptaanNya tanpa nafsu birahi dan pornografi didalam pikirannya.

  2. bung karno senang wanita cantik, karena dia mengagumi makhluk ciptaan Tuhan tersebut.. sebuah mahakarya yang tak satu orang pun mampu menandinginya

  3. satu saat bung karno pernah “memakan” model lukisan yang ia beli.

  4. Memang sip, BK memang peka akan keindahan 🙂

  5. kenapa sih kita harus memmuji bung karno lebih dari keyataannya ?! ia memang hebat, orator ulung, politikus handal, dan pembebas bumi pertiwi. namun tanpa mengurangi rasa hormat dan kekaguman saya kepada beliau, saya juga mengakui bahwa ia orang yang lemah dalam masalah perempuan.

    gracios sukarno el-presidente !!!

  6. Bung Karno merupakan sosok manusia yang banyak kekurangan dan juga kelebihannya. Cerita Bung karno dan Wanita-wanitanya tidak akan pernah habis dibahas. Kasarnya, 1 jilid buku dengan tebal ratusan halaman pun tidak akan cukup untuk menceritakannya. Namun biarlah Bung Karno tetap menjadi sosok yang dicintai oleh banyak orang baik itu kaum pria dan wanita.

  7. wanita adalah mahluk yang halus lembut dan indah namun bukan dari jenis mahluk lain. sewajarnya kaum laki itu mengagumi keindahan wanita, layaknya pak karno yang besar, sama dengan umumnya kaum laki laki yang berani dan tidak munafik untuk mengakui keberadaan dalam jiwanya yang mengagumi wanita

  8. beliau.. sembagai hamba tuhan sama dengan kita semua n menikmati dan mensyukira ciptaan illahi, adalah karunia yg telah diberikan untuk hambanya…. setuju..

  9. Yang haram tetap haram kecuali kamu bukan Islam.

  10. yang nggak suka dgn keindahan perempuan Munafik habis deh looooooooooo…..!!!!!

  11. No comment…!
    (biarlah ‘rasa’ ini saja yg tahu)

  12. Wanita diciptakan sebagai makhluk penghias dunia. sejak Adam diciptakan-pun sudah menjadi bagian dari keindahan itu sendiri


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: