Rahasia Pidato yang Memukau

BK Pidato2

Terkadang kita mendengar seseorang, beberapa orang, banyak orang, bercerita hal-hal magis tentang Bung Karno. Bahkan ada kalanya, bagi seseorang, beberapa orang, banyak orang, cerita-cerita tadi terasa dibesar-besarkan. Entah yang melempar topik tongkat komandonya, pecinya, kacamatanya, sampai segala sesuatu yang pernah disentuhnya.

Tulisan ini tentu saja tidak bermaksud mengonfirmasi hal-hal itu. Tidak membantah, tidak pula mengiyakan. Segala cerita magis, mistis, ghaib, supranatural di sekeliling kehidupan Bung Karno, ada kalanya merupakan ekspresi kekaguman seseorang, beberapa orang, banyak orang tentang Putra Sang Fajar. Mengapa harus mengomentari orang berekspresi?

Nah, ini pun tentang ekspresi. Cermin diri, suara hati. Bung Karno adalah manusia ekspresif. Ia sangat pandai menyuarakan kata hati, jerit hati, seruan hati. Tidaklah mengherankan jika semua pidato yang menggelegar, semua orasi yang memukau, semua kata sambutan yang membahana, berasal dari hati. Ekspresi jiwa yang dibungkus kekayaan kata, menjadikan Bung Karno seorang pembicara yang jaya.

Salah seorang yang dekat dengannya, yakni Dr. Soeharto, dokter pribadinya, termasuk yang sangat menikmati setiap Bung Karno berbicara. Yang ia rasakan, khasanah hati dan pikirannya menjadi lebih kaya. Usai mendengar pidato Bung Karno, selalu saja tumbuh tunas semangat baru dalam hidupnya.

Kebetulan, sebagai seorang dokter yang terbiasa mengobservasi detail keluhan pasien, ia pun senantiasa mencermati kata demi kata, serta struktur kalimat dan alunan birama saat berbicara. Bung Karno, dengan penguasaan sedikitnya tujuh bahasa asing dengan baik itu, sesungguhnya adalah manusia dengan amunisi kata-kata tak terhingga.

“I am speaking to you in a language, which is not mine nor yours, but I am speaking with the language of my heart,” begitu kalimat yang cukup sering dipakai Bung Karno dalam pidato-pidato di manca negara. “I am speaking with language of my heart”… bahasa hati.

Kalimat yang juga termasuk sering diselipkan dalam pidato-pidato Bung Karno, adalah semangat persamaan derajat antarmanusia. Dan itu sungguh mengena, di saat dunia masih ada yang memberlakukan sistem apartheid, kasta, kelas, golongan, dan ras. “Men all over the world, under the skin, is one,” kata Bung Karno. Tak ada perbedaan antara satu manusia dengan manusia yang lain, kecuali sekadar kulit. Jadi sesungguhnya, di balik kulit putih, kuning, sawo matang, atau hitam, hanya ada satu nama: MANUSIA.

Mungkin karena itu pula, Bung Karno begitu cepat lebur di mana pun ia berada. Sebutir debu kuku, Bung Karno tak berasa rendah di hadapan bangsa bule yang lebih putih, lebih tinggi, lebih besar fisiknya. Demikian pula, tak sebutir debu di udara, Bung Karno merasa lebih dibanding bangsa berkulit hitam pekat, sawo matang, atau kuning.

Terhadap semua bangsa, Bung Karno menaruh respek yang sama. Terhadap semua bangsa, Bung Karno mengulur persahabatan yang sama. Bahkan sebelum mengakhiri pidato di depan bangsa-bangsa lain di dunia, ada kutipan Perancis yang nyaris tak pernah lupa ia ungkapkan… “Au revoir. Partir est une peu mourir dans mon coeur…” Sampai jumpa lagi. Perpisahan menyebabkan sedikit kematian dalam hati saya. (roso daras)

Iklan
Published in: on 19 Agustus 2009 at 03:33  Comments (15)  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/08/19/rahasia-pidato-yang-memukau/trackback/

RSS feed for comments on this post.

15 KomentarTinggalkan komentar

  1. Wuihhh…tulisan anda semakin mengalir saja.
    Saya jadi tertarik soal “perpisahan” – benar tidak Pak Roso, perpisahan bukan hanya menyebabkan sedikit kematian dalam hati seseorang, tetapi juga bisa berarti sebuah kematian akan harga diri seseorang yang memisahkannya? (Mohon dikoreksi kalau salah)…. 🙂
    Boleh saya link artikel ini ke fb saya supaya teman2 saya bisa menambah wawasannya akan seorang Sukarno? Terimakasih sebelumnya. Indonesia sangat beruntung mempunyai seorang penulis hebat seperti anda Pak Roso.
    Selamat berkarya! BRAVO!

  2. luar biasa, sya kepengen juga jadi pembcara hbat…

  3. Mas Roso, diriku mengambil salahdua dr tulisan di blog ini. Krn suka yg itu jd kukopikan ke fesbuk. Heheee tanpa permisi. Abisnya baca di komen2 sebelumnya ngebolehin jd pede ajalah diambil. Gk usah hrs bilang ini itu segala. Klopun gk diijinin mw gk mau hrs direlakan loooh. Heheee minta ijin terakhir.:D

  4. Betul Bung, BK tak akan takut atau rendah di hadapan manusia manapun, di pertemukan ama orang2 intelex BK juga punya segudang ilmu pengetahuan yg di sandangnya, di pertemukan ama orang2 beragama / Kiayi BK orang beragamis, jadi betul BK tak minder sama siapapun kecuali punya salah. Soal persamaan derajatpun sudah BK pelajari di dalam Al Qur’an sebagai pegangan hidup yg di anut

  5. Insya Allah lambat laun orang akan tahu siapa BK itu, asal Mas Roso mengeluarkam mutiara tentang Sang Fajar melalui rubrik artikel kisah perjuangan & pengorbanan BK demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Salam Berjuang Mas !

  6. Saya meng­ucapkan SELAMAT men­jalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pen­dapat yang telah menying­gung atau melukai per­asaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini men­jadi momen­tum yang baik dalam melang­kah dan meng­ham­piriNYA.. dan men­jadikan kita manusia seutuh­nya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku ter­chayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  7. luar biasa ! Bung Karno, tdk terbayang bagiku dalam keadaan tertindas BK bisa menguasai banyak bahasa, mungkin sudah di buat sedemikian oleh dalangnya, kena lara nggak kena pati

  8. bahasa hati seorang Soekarno memang selalu bisa menggetarkan jiwa dan perasaan pendengarnya

  9. ARTIKEL YANG SANGAT BAGUS SEMOGA NANTI SAYA MENJADI SERANG PIDATO YANG ANDAL SEPERTI BUNG KARNO

  10. tergantung jari jemari ini kemana klik situs2 yg ada dlm internet,tdk sedikit yg kesasar jauh membawa seseorang terperosok ke lembah pekat gara2 internet ini,penuh jebakan terutama anak2 muda tak sedikit yg tua2pun larut dlm kubangan internet,

    Tetapi yg satu ini LUAR BIASA BRAVO buat PAK ROSO DARAS

    Wasalam

    MAULANA

  11. INDONESIA bangga punya SUKARNO yg sangat brilian,tetapi apa yg salah tentang indonesia,sampe sekarang masih berkutat dg kemiskinan kebodohan

    mana jiwa patriotmu pejabat,jendral dan seluruh rakyat indonesia demi bangsa sekarang,sebelum hilang dri peta dunia,

    bagus broooooo,artikel ini sangat berharga broooo

    Thank

  12. wah memang BK bukan main….saya teringat di tahun 57-59 an depan toko kami di Rangkasbetung orang-orang berkumpul banyak sekali mendengarkan radio pidato BK… berapa lamapun pidato tersebut… sampai pernah ada pidato yang 4(empat)jam mereka tak bergeming mendengar pidato yang bersemangat….memamng kalimat pidato beliau itu sampai sampai tidak perlu lagi diedit oleh para editor…saking rapinya tutur kata dalam setiap kalimatnya….. Mudah mudahan bung Roso dapat menulis menggali lebih banyak lagi tentang BK.. Tks.

  13. untuk menjadi seorang yang ahli dibidang ini diperlukan keberanian,kerajinan,dan keinginan yang kuat, tapi jangan lupa pidato yang akan dibawakan perli dikuasai sebelum naik pangpung karena ada orang yang berpidato lupa akan apa yang akan disampaikan karena saking geroginya…….

  14. mas saya maw tanya tentang pidato bung karno yg begini ucapanya..kl g salah…”berikan saya 10org terbaik bangsa ini maka akan saya genggam dunia ditangan saya.”
    yg mw saya tanya itu kata2ny benar y?kl salah tolong dikasi tw kata2 nya yg benar dan keseluruhan pidato singkat beliau agar saya g sepotong2 membacanya..dan kpn dan dimana beliau brpidato sprti itu tepatnya??
    mohon bantuanya y mas…
    wassalamualaikum..wr..wb

  15. tulisan bagus. mhn ikhlashnya buat nge-link ya? matur nuwun


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: