Rapat Raksasa “Persatuan” di Banten

Jalannya Republik Indonesia mengalami pasang-surut. Banyak kepentingan asing masih berniat mengobok-obok negara yang kaya sumber daya alam ini. Mereka menggunakan berbagai cara untuk mendongkel pemerintahan yang sah. Salah satunya dengan menyokong pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) pimpinan Kartosuwirjo yang mengusung idealisme mendirikan Negara Islam Indonesia.

Basis mereka adalah hutan-hutan Priangan. Mereka turun gunung melakukan aksi-aksi teror, dengan harapan mendapat publikasi internasional. Kesan yang hendak digalang adalah, pemerintah tidak becus mengelola keamanan rakyatnya.

Sementara itu, Bung Karno dengan pengaruhnya yang sangat besar, terus mengonsolidasikan persatuan dan kesatuan bangsa. Ia melakukan kunjungan ke wilayah Jawa Barat yang lain, yakni ke wilayah Banten, meliputi Rangkasbitung, Serang, dan Pandeglang. Di sini, Bung Karno menggelar rapat raksasa bertema “Persatuan”.

Rapt raksasa di alun alun serang, 1951

BK-rakyat Badui

Seperti biasa, dalam setiap kunjungan, Presiden Sukarno secara spontan akan mendatangi rakyatnya. Seperti ketika di Rangkasbitung, ia pun menyempatkan diri untuk berkenalan lebih dekat dengan masyarakat Suku Badui. Giliran para pengawal yang harus pandai-pandai mengamankan situasi, dan menghindarkan Bung Karno dari “serbuan” rakyatnya.

cenderamata dan kapal kovert

Dalam kunjungannya ke Serang, 1951 itu, Bung Karno menggunakan kapal perang jenis kovert milik Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI). Tampak pula, Bung Karno dihadiahi cendera mata berupa kerajina tangan tradisional masyarakat Pandeglang. (roso daras)

Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/07/30/rapat-raksasa-persatuan-di-banten/trackback/

RSS feed for comments on this post.

6 KomentarTinggalkan komentar

  1. mas, saya ucapkan selamat atas artikel2nya, ternyata banyak juga kunjungan tiap harinya, kemaren saya pengungjung ke 74.118 sekarang ke 76.549 waw…? mas, kemana ya kaca mata hitam Bung Karno sekarang di simpan ? barang kali kaca mata ghaib juga itu, untuk melihat wujud sejatinya manusia atau kepala hewan di sekitar BK

    • Halo again bung Arief…. Kacamata hitam beliau??? I have not idea… Sebentar saya liat arsip dokumen saya, tentang semua barang yang didata di Istana, sesaat setelah Bung Karno dijatuhkan. Saya pernah mencermati item demi item, tetapi kebanyakan buku. Siapa tahu nyelip di sana. Tapi kalau toh ada (tercatat), pasti sudah ada yang menggelapkan. Sama seperti ketika anak-anak BK mau mengamankan barang-barang milik bapaknya yang tertera di arsip resmi, ternyata yg ada hanya arsip/catatannya. Sedangkan barang-barangnya, raib.

  2. Mengenai kekacauan yg dialamatkan ke DI-TII harus didalami lagi kebenarannya. Secara logika tidak mungkin suatu gerakan menimbulkan kekacauan untuk menarik simpati internasional. Apalagi niatnya sangat mulia mendirikan negara islam di negeri yang mayoritas muslim. Sejarah selalu subjektif. Penulis terlalu mengagungkan peran sukarno dalam membangun negara ini. Saya jadi curiga dengan perjalanan karir beliau yg terlalu sempurna. Kemungkinan ada organisasi rahasia global yg merancang kepemimpinannya sejak 1920.

  3. artikel bagus mas. dah sy bookmark nih. sy pernah baca sebagian dari bukunya bambang widjanarko. memang bung karno pemimpin terbesar bangsa ini, dan belum pernah ada yg menyamainya, trelepas dari plus dan minusnya sebagai manusia. ijin meng-copy boleh mas?

    • Thanks Eagle… Meng-copy? Bukan hanya boleh… dianjurkan, malah… he he he….

  4. Ih rasany jdi pgn ngmg stupid pada it org yg bernama Andi. Saya org yg miskin sejarah saja mgkin logika lebih jalan drpda bung tsb. Hahaha


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: