Saatnya Shalat di Amerika Serikat

Masih dalam rangka kunjungan Presiden Sukarno ke Amerika Serikat tahun 1956. Ketika tiba saatnya shalat, Bung Karno dan rombongan menuju salah satu masjid di sana untuk bersujud. Foto-foto berikut terasa sejuk kalau kita resapi dalam hati. Karenanya saya merasa tidak perlu berpanjang kata mengomentari ataupun memuji. Kita nikmati saja deretan foto di bawah ini, sambil membenamkan imaji sedalam-dalamnya….

Bung Karno Sholat1

Bung Karno, dengan tongkat komandonya berjalan kaki melintasi koridor masjid. Para pengawal correct menjaga Presidennya, lantas mengiringkannya masuk ke dalam masjid.

Bung Karno Sholat2

Bung Karno Sholat3

Usai shalat berjamaah, Bung Karno berdoa sejenak. Sejurus kemudian, ia bangkit berdiri lagi untuk kembali melaksanakan shalat sunah dua raka’at…. Anggota rombongan lain, ada yang mengikuti Bung Karno shalat sunah, ada yang tekun berdzikir, ada pula yang beringsut mundur, dan menunggu di luar masjid.

Bung Karno Sholat4

Bung Karno Sholat5

Bung Karno Sholat6

Bung Karno Sholat7

Usai shalat, tak pernah lupa Bung Karno khusuk berdoa. Tampak di sebelah kiri Bung Karno adalah Roeslan Abdulgani. Diplomat muda, pahlawan pada pertempuran heroik 10 November 1945 di Surabaya. Ia kemudian diangkat menjadi Menteri Luar Negeri, dan termasuk tokoh di balik Konferensi Asia Afrika Bandung yang bersejarah itu. Roeslan Abdulgani wafat 29 Juni 2005 dalam usia 91 tahun.

Bung Karno Sholat8

Bung Karno Sholat9

Bung Karno Sholat10

Seperti umumnya jemaah masjid, begitu pula Bung Karno. Di dalam masjid, tidak ada presiden, tidak ada menlu, tidak ada pejabat. Yang ada hanya imam dan makmum. Begitu pula usai shalat, Bung Karno dengan santai duduk di tangga masjid untuk mengenakan sepatu, seperti halnya jemaah yang lain.

Usai shalat, ia kembali melanjutkan protokol kunjungan kenegaraannya. Antara lain menggelar pembicaraan bilateral dengan Presiden Dwight Eisenhower yang dikisahkan “kurang mesra”. (roso daras)

Iklan
Published in: on 28 Juli 2009 at 18:19  Comments (86)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/07/28/saatnya-shalat-di-amerika-serikat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

86 KomentarTinggalkan komentar

  1. Di sela-sela kesibukan dan protokol kenegaraan, beliau masih sempat menunaikan kewajiban shalat. Presiden yang sekarang gitu juga gak ya? 🙂

    • seharusnya memang begitu, menghadap Allah sungguh lebih utama dari pada hanya bertemu sesama ciptaan Allah. setiap kita, tdk terkecuali president haruslah mengutamakan yang fardhu, baru activities lainnya.

      • subhanallah… 🙂

  2. sisi2 lain kehidupan bung karno -yg sederhana&religius- yg sangat menyejukkan&menjadi teladan bagi rakyatnya meskipun beliau sudah tiada. andai saja semua pemimpin seperti beliau. ya..andai saja.

  3. peminpin yang sangat patut dihormati..

  4. Dan Pemimpin yang patut dicontoh, mudah2an pemimpin yg sekarang bisa mencontoh Beliau, yang tidak memikirkan perutnya sendiri, tapi betul2 memikirkan rakyat indonesia.

  5. Nice Info…Jarang22 nich di expose…
    Salam…

  6. coba presiden sekarang kayak gitu….. hmmm… ku mau ez jadi pembantu di rumahnya seumur hidup. hihi

  7. Bagaimana bung karno dengan para wanita? 🙂

    • bung Krano sangat menghargai wanita.

      • sorry, terlalu cepat ngetik, maksudnya bung Karno bukan Krano 🙂

  8. Perhatikan pada foto baris ke 5 dan 8, tepat dibelakang ada foto sesosok wanita yang secara tidak sengaja tertangkap oleh kamera.Konon kabarnya, Bung KARNO selalu didampingi oleh bidadari yang selalu membantunya. mungkinkah foto tersebut adalah bidadari tersebut? atau??????

    • Dasar Bodoh!!!
      INi yang bikin orang Indonesia kjenaAdzab terus….
      HARUSNYA
      Umat Islam hanya percaya bahwa HANYA ALLAH SWT YANG MAHA PENOLONG….

      • Sory, Allah memberikan perintah kepada malaikat dan Allah itu ada dalam setiap detak jantung dan dalam aliran dalam aliran darah setiap manusia. Karena Dia Zat seperti angin yang berhembus

      • ah siapa bilang itu bidadari, itukan istri pejabat AS yang ta,jub melihat Bung Karno shalat.

  9. dngar2 bung karno punya banyak isteri…

    • kalu syah, dan bisa . . . .jaman duluuu gak cuman banyak tetapi buanyaaak banget, dan itu tenyata nenek moyang kita he he he

      • dari pd pejabat sekarang banyak yg berzina, lebih baik nikah halal hukumnya

  10. Bung Karno tetep sebagai salah satu anak bangsa terbaik, dan patut menjadi teladan pemimpin2 sekarang…

    salam muslimshare
    mampir ke blog ku yah..
    http://muslimshare.wordpress.com

  11. inna sholata tanha anil fahsyai wal munkar, jadikanlah shalat sebagai benteng prilaku Anda!!! tapi harus ingat shalatnya juga harus ikhlas dan benar.

  12. Wah thnk’s banget atas fotonya…. pengetahuan baru nih…

  13. shalat yang utama dan pertama ktk kt ditanya d alam barzah

    nitip ya bagi yang mau baca pernyataan nurdin m top
    http://positivecoffee.blogspot.com/2009/07/pernyataan-nurdin-m-top-tentang.html

    • aku gak mau baca ach…

  14. sepuluh jempol bwt Bung Karno
    Saluuutttt……..

  15. kok di foto pake kaos kaki?? gimana tuh??

    • sholat pake kaos kaki ga pa2, di mesjid2 di jeddah banyak orang sholat juga pake kaos kaki, bahkan malah ada yang sempat buang ingus pake tisu, yang extrim lagi malah sempat lihat ponsel karena ada sms masuk. tapi itu ga perlu dipermasalahkan.

  16. mantap…

  17. pemimpin yg hebat.andai aja beliau masih ada,

    silakan mampir
    http://takpenting.wordpress.com

    • INSYAALLOH KITA MAKMUR, DAMAI, TIDAK DILECEHKAN NEGARA LAIN. MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

      • merdekaaaaaa…..

  18. Sungguh pemandangan sangat menarik untuk diteladani oleh para pejabat masa kini. Sholat, dimanapun berada tidak pernah ditinggalkan. Yang paling berhak mewarisi nilai-nilai ritus agama adalah keluarganya, termasuk juga menantunya. Kurang tepat kiranya, jika sang Ayah rajin beribadah, sementara anak, menantu, cucu tidak rajin, apalagi meninggalkanaya.

  19. Pemimpin Yang Religi dan Patut di contoh….

  20. HHmm…kisah2 seperti ini baru sayalihat di sini 🙂

  21. Menarik..

  22. Subhanallah, contoh teladan akan seorang pemimpin yang masih menyadari bahwa dirinya kecil di hadapan Sang Pencipta

  23. Ngilirik presiden saat ini???

    sholat juga gak pak SBY???

    • pak SBY waktu ke DC sini malah menyewa salah satu ruang konprensi di hotelnya utk tempat solat jum’at. Krn protokoler tidak memungkinkan utk solat di mesjid ini.

      • kalau presiden berjiwa besar, gak usah takut walau pun kita ditempat berbahaya kalau Alloh menghendaki untuk selamat ya selamat.

  24. tuker link y?
    http://ula3.wordpress.com/

    • gabung di forum kita ya…
      salam kenal aku ana

      • aq dicki.
        ya boleh og

  25. yang begini foto-foto bagus ni bukan foto-foto yang ditampilkan hanya keungguilan dibidang duniawi melulu, panen raya, peresmian gedung tertinggi, jembatan terpanjang, minta foto-fotnya ya

  26. Salah tuh ALLAH bukan hanya maha penolong, tp maha segalanya. lagian kepikiran aja tuh yg nulis. setahu saya, kayaknya sosok wanita di belakang itu namanya Cindy Adam yg membuat buku2 Soekarno, diantaranya Penyambung Lidah Rakyat. bener ga bosss.

    • Cindy Adams? Saya yakin bukan. Ini foto tahun 1956. Sedangkan Bung Karno baru bertemu Cindy Adams tahun 1965 atas perantara Dubes Howard Jones. Kemungkinannya adalah staf lokal keduataan kita di Amrik.

  27. Masjid in lokasinya di Washington DC. Namanya Islamic Center Washington DC. Diresmikan berdirinya tahun 1957. Kalau foto ini dibikin tahun 1956, mungkin sudah selesai dibangun tapi belum diresmikan saja. Sejarahnya bisa dilihat di http://www.theislamiccenter.com/home/visits.html

    Terima kasih atas postingnya. Indah sekali.

    Doni

  28. Oh Bapakku tercinta

    Betapa engkau menara dalam hidupmu sewaktu masa tuamu. Betapa rakyatmu mencintai engkau. Waktu itu aku masih sangat kecil, tetapi kharismamu begitu mengglegar duniaku.

    Kejujuranmu yang menjatuhkan kedudukanmu. Semoga dari pengorbananmu, akan timbul pahlawan2 baru seperti Engkau Bapakku!!

    Semoga engkau diberi kedamaian disisi Allah Yang Maha Kuasa. Amen.

  29. Biasa aja. Sholat sudah seharusnya sebagai muslim. Tapi pemikiran2 Beliau tidak islami dan sama saja dengan presiden dan pejabat sekarang kebanyakan sekuler. Ulama sekaliber HAMKA dipenjara! MASYUMI dibubarin!

    • Hidup nasionalis…

    • astagfirullah….aku baru berbuat sedikit banget buat bangsaku.Aku berdoa, mohon dihindarkan dari sifat sombong. Amin

    • kalem mas..jangan liat dari 1 sisi tapi dari banyAk sisi..bung karno is the best untuk NKRI,JALES VIVA JAYA MAHE..RAWE RAWE RANTAS MALANG MALANG PUTUNG,,DI TOHI PECAHING DODO WUTAHING LUDIRO..MERDEKA..!!!

    • baca dulu buku BUNG KARNO DAN WACANA ISLAM, RELIGI DAN RELIGIUSITAS BUNG KARNO. baru komen fren….

    • lidah tak bertulang dan bibir tak bernyawa,apapun yg telah d lakukan paduka yang mulia Ir. Soekarno adalah untuk kita semua,segala hal yg terjadi skrng adalah ujian bg kita semua bangsa indonesia dan Paduka Yang Mulia Ir. Soekarno tetap pujuang Revolusi Kemerdekaan Indonesia yang Sejati di Dunia!

  30. insyaAllah beliau diterima disisiNYA dengan segala jasa beliau terhadap rakyat dan bangsa indonesia.Amin

  31. waaaach….Bungkarno memang keren….dan mempunya wibawa yg sangat² tak tertandingi.

  32. sesungguhnya manusia itu ciptaan Nya dan akan kembali pada Nya. Nice blog. Kami harap jangan lupa untuk mengunjungi kami dan Kami juga berharap dapat membangun hubungan yang baik dan menjadi teman baik

  33. matur nuwun postingnya…. luar biasa, jarang di ekspos…

  34. NUMpaN9 LEWAt n LAmb knaL…
    SALut utk artikeL Di bLO9 Ni,akhrx sayA DpertemUKAN JU9a sm buN9 KARNo he…
    ok,9udLUck updatE TRuz propiL BUn9 karnO NYa…

  35. rruuuaaarrr bbbiiiiaaaassssaaaaa….!!!!

  36. apa yang kita bisa perbuat untuk kemajuan bangsa dan negara?maka jng lah susak mencaci maki orang lain,kita hrs sadar akan diri kita sendiri.

  37. hahahaha…
    indonesia memang unik, tak ubahnya dengan jaman kemerdekaan.. para pemuda yang ditulis sebagai keras hati dan kecil nyali tersebut juga berpikiran sama dengan beberapa orang disini.. belum apa-apa sudah menjudge ini salah itu baik… hahaha

    yang saya pahami beliau adalah orang besar.. murid dari banyak guru besar di dunia.. guru dari ajarannya yang merupakan ideologi kelas wahid ciptaan manusia..

    baik dan buruknya disajikan secara lugas dalam blog ini.. pantaslah untuk kita menghargainya…

  38. artikel yang bagus…
    mantep kang…
    wa para penjuang menjadi pemimpin
    na sekarang yang jadi pemimpin kita itu siapa…

    n salam kenal
    ttd
    http://www.sebatangkayu.tk

  39. Bung Karno pemimpin yg karismatik di seluruh bangsa, dan disegani oleh lawan politiknya, dan sederhana bersama rakyat, mohon ijin copy pic nya ya..

  40. Wah keren… subhanallah 😀

  41. BapakKu, kalau saja mengikutmu meneruskan perjuanganmu, Insya Allah negara kebangganku akan menjadi negara yg terkaya diDunia – Kaya Iman, kaya akhlak, harta dan bersatu-padu. Wawlahualam bisawab.

  42. Itulah INDONESIA yang BerkeTuhanan Yang Maha Esa…sila pertama PANCASILA

  43. http://sukoco1117.wordpress.com/2009/02/18/bung-karno/

    tambahan bagi yang mu foto bung karno

  44. update fotonya ya gan……

  45. Mantap sekali bung Karno!
    Suatu album foto yg tak terkira nilainya, bersama dengan kegiatan beliau.

  46. dia banyak belajar dari buku terbitan Ahmadiyah tentang tabligh di afrika dan Eropa…

    • Bung Karno belajar dari banyak sumber. Buku Ahmadiyah hanya salah satu sumber. Buku karya orang Ahmadiyah yang dia baca di antaranya Mohammad The Prophet karya Mohammad Ali, Inleiding totthe studie van den heiligen Qor’an juga dari Mohammad Ali, He Evangelie van den daad dari Khawadja Kamaludin, De bronnen van het Christendom, juga dari Khawadja Kamaludin dan Islamic Review.
      Pernyataan Bung Karno jelas, “Saya Bukan Seorang Ahmadiyah”. Atau pernyataan dia yang ditulis di Endeh 25 November 1936, “Saya tidak percaya bahwa Mirza Gulam Ahmad seorang nabi, dan belum percaya pula bahwa ia seorang mujadid”.
      Statement itu secara khusus disampaikan Bung Karno yang telah difitnah melalui pemberitaan di media “Pemandangan” yang memberitakan berita sampah dengan mengatakan, Bung Karno telah mendirikan cabang Ahmadiyah dan menjadi propagandis Ahmadiyah bagian Sulawesi. Padahal, saat itu Bung Karno sendiri dalam masa pembuangan di Endeh.

  47. Informasi yang sangat bagus bro buat refleksi perjuangan bangsa Indonesia

  48. very inspiring..salut buat Bung Karno dan kharismanya…

  49. Is there any more TRUTH HERO LIKE Bung Karno who is willing to sacrifice for his country? – look at him?, he doesnt have any wealth, except his family and his people who love him till TODAY!! May the LORD forgive all your sins my Bapak – your intention were excellent for Indonesia – , Oh MY Rabb, place him in Your Jannah. Amen.

  50. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  51. Ketika negeri ini tengah sulit karena sepakterjang poitisinya yg banyak merugikan rakyat,..di sinilah saya kangen dengan sosok Soekarno…..Semoga Allah melapangkan kuburnya dan melahirkan sosok pemimpin seperti beliau.

  52. hahahaha…indonesia ki jan ,,,wkkwkwkw
    kagak lupa sholat kyaak para pahlawane…..
    huhuhuhhuuhh 🙂

  53. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

  54. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

  55. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

  56. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

  57. Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

  58. kenalkah anda pengawal yg ikut sholat bersama bung karno di foto no. 2 dan 3 ?

    • Bung Ahmad…. kalau tidak salah ajudan beliau ketika itu Kolonel Sughandi.

  59. kalo sekarang bupati ato gubernur kalo ada rapat,,sholatnya ditelat-telatin

  60. Yang komen BK Islam sekulerlah, menjarain Hamka lah, Bubarin Masyumi lah..

    Keliatan Oon nyaa..

  61. Hmm it appears like your website ate my first comment
    (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I wrote and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to the
    whole thing. Do you have any points for beginner blog writers?
    I’d definitely appreciate it.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: