“Freestyle Onthel” ala Bung Karno

Bung Karno Freestyle

Komunitas bersepeda makin menjamur saja di negeri ini. Mulai dari sepeda onthel buat “klangenan”, sepeda gunung buat yang gemar merawat jantung, hingga model BMX untuk yang gemar memacu jantung. Nah, ini tentang Bung Karno dan sepeda.

Tidak banyak literatur tentang itu. Bung Karno dalam biografinya hanya menyinggung sedikit masa-masa sekolah di HBS Surabaya. Masa-masa ia berjalan kaki, sementara para murid Belanda sudah ber-haha-hihi dengan sepeda angin. Ia lantas berusaha memperketat pengeluaran sehingga bisa menyisihkan sedikit uang bulanan untuk ditabung.

BK Naik SepedaPrinsip sedikit demi sedikit lama-lama membukit itu berbuah sepeda juga. Judulnya, “Bung Karno Akhirnya Punya Sepeda”. Tapi judul itu tidak bertahan lama. Dalam satu kesempatan, Anwar Cokroaminoto, putra H.O.S. Cokroaminoto yang masih berusaha tujuh tahun, iseng-iseng mengeluarkan sepeda Bung Karno, dan menaikinya. Tentu saja tanpa seizin Bung Karno.

Guubbbraaaaakkk…. Anwar tidak bisa mengendalikan laju sepeda, dan menubruk tembok. Sepeda ringsek seketika. Demi melihat suara tubrukan, Bung Karno menghambur keluar. Matanya terbelalak, jantung berdegup kencang, si pitam naik ke ubun-ubun. Ia lihat Anwar berdiri ketakutan, dan tentu saja kesakitan. Sukarno mendelik dan menyepak bokongnya. Anwar pun menangis meraung-raung. Hati Sukarno sendiri menangis melihat sepeda kesayangan yang ia beli dengan susah payah, kini ringsek sudah.

Beberapa tahun kemudian, ketika Sukarno sudah menjadi tokoh pergerakan, mengetuai organisasi, mendapat honorarium… ia berkisah, kembali membeli sepeda. Tapi bukan untuk dirinya, melainkan untuk si Anwar. Mungkin ia merasa bersalah karena dulu telah menyepak bokong Anwar karena marah.

Free Style JadulPendek kata, Sukarno adalah pengendara sepeda yang baik. Dalam beberapa kunjungan ke luar negeri, ia bahkan menjajal sepeda-sepeda onthel kebanggaan negara itu. Salah satu foto bahkan menunjukkan freestyle onthel ala Bung Karno. Ia bisa menghentikan sepeda, tanpa menjejakkan kaki ke bumi, badan membungkuk dan memegang roda depan. Foto yang lain menunjukkan, zaman dahulu pun, freestyle sudah ada. Bedanya, kalau dulu menggunakan sepeda onthel, sekarang memakai sepeda BMX. (roso daras)

Iklan
Published in: on 20 Juli 2009 at 08:03  Comments (15)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/07/20/freestyle-onthel-ala-bung-karno/trackback/

RSS feed for comments on this post.

15 KomentarTinggalkan komentar

  1. Great!!!
    Hal-hal yang kecil sepertinya, tapi ketika itu menyangkut seseorang yang besar artinya bagi sebuah bangsa, maka itu akan menjadi sesuatu yang besar yang pantas untuk diingat.

  2. Wow, bung Karno dulu cool ya, pake freestyler segala

  3. hmmm tapi ada baiknya sarana sepeda ini lebih dibuat agak modern sedikit.

    misalnya dengan membeli sepeda modern tanpa mikir masalalu lagi.

    • justru kita harus melestarikan hal2 yang akan punah. sehingga tidak akan habis walau di makan waktu

  4. Emang betul sekarang sepeda itu lagi trendy,ampe harganya kalo yang betul jadul ngalahin harga sepeda motor.Kang Dadang Blog

  5. Hi Roso, awesome blog!!

    saya membahas sedikit blog anda di web ini..
    http://footurama.com/news/?p=3274#more-3274

  6. onthel is sehat

    salam kenal đŸ™‚

  7. a freestyler…

    who would guess…

    hehehe…

  8. […] source: rosodaras.wordpress.com […]

  9. Wah…hebat juga ya, soekarno bisa freestyle pake ontel. kl dia masih hidup, saya mau ngadu, jagoan dia apa saya? coba waktu itu udah ada smash, pasti dia ga bisa?

  10. saya sangat terkesan denan foto2 Soekarno yang mengendarai sepeda, apalagi sewaktu memboncengkan istrinya… kalau ada lagi pose2 beliau yang sedang bersepeda boleh dong dikirim ke email kami untuk bisa kami upload di blog kami

    salam

  11. kalau boleh tau merk sepeda bung karno apa ya…

  12. Wah keren .. mas boleh ijin buat share ya di website and facebook saya

    • Bung Ricky, terima kasih sudah mampir… Silakan di-share, semoga bermanfaat….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: