“Tuan Punya Bom Atom, tapi Saya Punya Seni”

bersama keneddy2Adalah kebiasaan Presiden AS, John F. Kennedy menerima tamu-tamu negara di lantai atas Gedung Putih. Tapi protokol itu tidak berlaku bagi Sukarno, Presiden Republik Indonesia. Dan itu dinyatakan langsung kepada protokol Gedung Putih, “Kennedy mesti turun. Sambut saya di bawah. Kalau tidak, saya tidak akan datang.”

Entah bagaimana si petugas protokol itu menyampaikannya ke Kennedy. Tetapi yang jelas, ketika Bung Karno datang ke Gedung Putih, Kennedy turun ke ke lantai bawah, dan menyambutnya dengan ramah. Setelah ritual pertemuan dua kepala negara sekadarnya, barulah keduanya bersama-sama menaiki tangga ke atas, diiringi para staf kedua petinggi negara tadi.

Bukan hanya itu. Bung Karno bahkan diberi kesempatan berpidato di Gabungan Kongres dan Senat Amerika Serikat. Ini sangat jarang terjadi, Kepala Negara disambut di Amerika Serikat dengan Sidang Gabungan Kongres dan Senat.

CharlieWilsonO, ya… mundur sedikit ke belakang, ke saat di mana Bung Karno tiba di Gedung Putih, disambut Kennedy di bawah. Ketika itu, Kennedy sempat memperkenalkan para staf yang mendampinginya. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Charles Wilson, nama lengkapnya Charless Nesbitt Wilson. Politisi kelahiran Texas tahun 1 Juni 1933, alias satu zodiak dengan Bung Karno.

Ketika diperkenalkan, Wilson yang berperawakan gagah dan berwajah macho, maju hendak menyalami Presiden Sukarno. Saat itulah muncul spontanitas humor diplomasi yang sungguh luar biasa dari seorang Sukarno, presiden negara berkembang yang belum lama lepas dari penjajahan Belanda.

Kepada Wilson, Bung Karno tidak sekadar mengulurkan tangan untuk bersalaman. Lebih dari itu, Bung Karno dalam bahasa Inggris yang fasih berkata, “Kombinasi baju dan dasi Tuan tidak bagus,” berkata begitu sambil Bung Karno membetulkan ikatan dasi yang kelihatan miring. Selesai merapikan dasi Menhan Amerika Serikat, Bung Karno melanjutkan ucapannya, “Tuan boleh punya bom atom, tapi kami punya seni yang tinggi.”

Bayangkan, mental siapa yang tidak koyak. Apalagi Bung Karno melakukan semua gerakan dan ucapan tadi dengan sangat penuh percaya diri, disaksikan begitu banyak orang. Dari hal-hal kecil seperti itulah, dignity, harga diri kita sebagai bangsa dibangun oleh Bung Karno, sehingga Indonesia tidak dipandang sebelah mata. (roso daras)

Iklan
Published in: on 27 Juni 2009 at 04:24  Comments (20)  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/06/27/tuan-punya-bom-atom-tapi-saya-punya-seni/trackback/

RSS feed for comments on this post.

20 KomentarTinggalkan komentar

  1. membaca isi blog ini sungguh mengasyikkan. sy merasa anda penulis yg hebat, cerita cerita sejarah ditulis ringan, sehingga tdk memberatkan bagi pembaca spt sy. Dari penggambaran cerita, seolah anda sendiri berada di dekat bung karno. btw, terima kasih atas artikel-artikelnya. sy tunggu kisah yg lain. ohya, kapan menulis buku lagi?? kabari sy, pasti sy bakal beli

    • Nyaris meledak kepala saya demi menerima pujian Bung Rendy… he he he… terima kasih. Buku saya terakhir merupakan bunga rampai tulisan para tokoh nasionalis, seperti Kwik Kian Gie, Amin Aryoso, Achadi, dll. Buku selanjutnhya, Insya Allah, atas saran teman-teman (termasuk komplimen Anda), saya akan membukukan konten blog ini, dengan tambahan informasi di sana-sini. Sekali lagi, terima kasih. Salam buat Bung Rendy.

  2. Percaya diri dapat mengalahkan segala sesuatu yang terlihat secara phisik dan percaya diri dapat diperoleh dari motorik otak karena seni, hal ini-lah yang ditakut kan oleh menteri pertahanan amerika serikat. Sedangkan saat bung karno mengatakan bila dia tidak turun maka saya tidak datang, ungkapan ini sangat luar biasa, karena bung karno menerapkan bahwa ia tidak perlu takut kepada siapa-pun kecuali ALLAH seperti dalam Sila pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa). Dan terlihatlah kesetaraan bangsa Indonesia memandang bangsa lain (sesuai dengan Pembukaan UUD 1945)

    Bravo buat Bung Karno yang telah meletakan/menanam pondasi/prinsip Kenegaraan dan Bernegara pada Bangsa dan Pemerintahan Amerika Serikat.

    Pertanyaannya => Apakah ada setelah pemerintahan Bung Karno yang meletakan hal-hal tersebut diatas ?, mohon bantuannya karena saya kurang mengikuti perkembangan yang ada sampai saat ini.

    Hormat saya, buat orang-orang yang telah menyediakan blog ini atau apapun namanya karena saya sedikit GAPTEK.

  3. Bung karno disegani dan ditajuti oleh lawan. Siapa pemimpin kita yang bisa seperti itu yach. Kalo didunia ini kayaknya cuma Ahmadinejad 🙂

    • pemimpin kita bung karno adalah pemimpin yang betul betul luar biasa kewibawaannya di mata dunia internasional..entah adakah lagi pemimpin indonesia yang sekualitas bung karno..?

  4. Wahhh.Saya sangat tertarik dengan tulisan anda ttg Bung Karno. Meski saya bukan penggemar fanatik dari beliau, tapi saya yakin ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari sikap beliau yang selalu membawa kemuliaan bangsa kita di mata pergaulan dunia. Saya teringat kata-kata ayah saya, bahwa betapa Bung Karno sangat tegas dengan kedaulatan RI. Akankah presiden kita nanti mengikuti jejak sikap dan kegagahan Bung Karno? Jangan sampai kita dijajah lagi secara fisik, ekonomi ataupun ideologi oleh bangsa lain apalgi bangsa yang masih serumpun. Hidup Bangsa Indonesiaaa!

  5. Saya sangat tertarik dengan tulisan saudara. Apakah dapat memiliki copy koleksi tulisan saudara dalam format pdf untuk koleksi pribadi saya. Maaf…berapa ongkos gantinya?. Saya sedang di luar negeri.

    • Terima kasih Bung Winner… Saya tidak punya copy tulisan berbentuk pdf. Bukankah Anda bisa meng-copy tulisan-tulisan saya di blog ini? Tapi kalau Anda butuhkan, insya Allah saya akan siapkan. Ongkos? Hmmm…. tidak perlu repot-repot…. saya sudah sangat senang Anda mengapresiasi tulisan saya. Kirim alamat email Anda, nanti saya respons. Terima kasih.

  6. Jujur Oom Roso daras….
    saya udh abis 2 jam baca tulisan2 Oom….hehe
    mumpung d kantor lagi ga da kerjaan, blogwalking dan ketemu tulisan yg luar biasa tentang soekarno
    seorang yang sangat menjunjung tinggi harga diri Bangsa Indonesia di mata Int’l
    mudah2an ada tokoh lain di masa yang kan dtg seperti soekarno
    supaya Bangsa ini bs bangkit
    bukan cm sebagai bangsa yang sering dihina,,terutama oleh malaysia

    semoga di masa dpn saya jg bisa menjadi penulis yg seperti anda…THX

  7. Terima kasih buat Om Roso….
    dgn adanya tlsn ini wawasan saya bertambah mngenai
    Putra sang Fajar dan saya juga bangga bangsa ini
    pernah memiliki seorang pemimpin yg tegas dan
    mempunyai prinsip sendiri dan juga tdk tunduk
    terhadap aturan bangsa lain.mudah-mudahan bangsa
    ini melahirkan Sukarno2 lainnya yg mmpnyai sikap
    yg tegas dan tdk tunduk pada bangsa lain.
    jgnlah memandang seseorang hanya dr kesalahannya
    tapi pandanglah dr perbuatan baik yg prnh dilakukannya
    sekali lg saya ucapkan terima kasih buat Om Roso semoga apa yg Om tulis bermanfaat dan dpt menambah
    wawasan bagi semua yg membaca

  8. wah ceritanya bagus Om Roso, saya memang suka dengan sosok Bung Karno yang kharismatik…. Saya ingin sekali bertemu dengan Bung karno dan bilang Saya menggaguminya.
    Beruntung sekali anak2 nya punya ayah seperti Bung Karno…Kalau ada cerita yang lain tolong dong kirimin aku…

  9. Thanks for sharing om, ya dignity… boleh kalah dalam satu hal tapi menang di lain hal…. motivasi yang bail untuk saya…

    Wass.

  10. terima kasih bayak karena telah membantu saya untuk meninggikan rasa nasionalisme saya pada negri ini.

    HEbad…
    anda jebolan pers?

    • Terima kasih juga bung iAndoru…. Jebolan pers? ha ha ha… kayaknya belum jebol deh…..

  11. Wah..istimewa Bung..bravo..bravo..

  12. Entah sudah berapa kali saya baca tulisan ini. ada perasaan yang membuncah begitu hebat ketika sukarno bicara, “Kennedy mesti turun. Sambut saya di bawah. Kalau tidak, saya tidak akan datang.”
    Kapan Indonesia punya pemimpin sekaliber Sukarno?
    Kapan rakyat Indonesia punya dignity sekaliber Sukarno?
    Kapan pemimpin kita memberi contoh sikap sekaliber Sukarno?
    Karena kita tahu, jangankan menghadapi pemimpin negara adikuasa, menghadapi malaysia & singapura saja – INDONESIA IMPOTENT !

  13. Sebagai pengagum utama Paduka Yang Mulia Soekarno, ini adalah blog terbaik yang pernah saya lihat..
    saya minta izin untuk menulis dan mengandakan blog ini di Facebook saya.
    terima kasih banyak atas Ilmu yang anda berikan

    Jangan pernah sekali-sekali melupakan sejarah

  14. wkwkwkwkwkw… saya curiga jangan – jangan anda adalah “HIGHLANDER” manusia abadi dari skotlandia..
    karena menurut saya, pada cerita ini anda berada di antara Bung Karno dan si Wilson itu…
    wkwkwkwkwkwk…
    wajib di print (maaf ya mas) dan diceritakan kepada keluarga di rumah…
    Terima Kasih!!!

    • Setuju.. dari tulisan Bung Roso, saya merasa beliau ada di tempat itu dan pada saat itu mendampingi Bapak.

      Luar biasa, malah dalam beberapa penggambaran cerita, seolah-olah tahu bagaimana perasaan Bapak.

  15. Hai…
    Para pengagum Pa Soekarno.

    Saya menyampaikan. amanah Soekarno yg menjadi pegangan saya.

    1. Nak, tegagkan kejujuran.
    2. Nak, tegakkan keadilan.
    3. Nak, bantu pelaksanaannya. (Mewujudkan tegaknya “KEBENARAN” mencapai Adil Makmur & perdamaian dunia serta pengawasan amanah)
    4. Nak, saya akan memimpin negeri ini kembali dalam wujud yang lain.(artinya akan datang penerus soekarno yang lebih hebat untuk mencapai tegaknya “KEBENARAN” indonesia akam mencapai jaman keemasan atau menjadi mescusuar dunia)

    Dan penerus soekarno sudah saya temukan, dan saya akan membatu perjuangannya untuk menekakkan “KEBENARAN” karena di tahun 2010 ini sudah waktunya, lihat saja efek yang terjadi, geger bangsa ini geger dunia, kerusuhan dimana-mana, para pemimpin mulai berjatuhan, negara pada kacau, kebohongan kemunafikan merajalela dan pasti akan terbongkar semua.

    Kalimat soekarno kepada beliau YANG MULYA.
    “KAU BUKAN ANAK KADUNGKU, TAPI KAU YANG AKAN MEMBAWA ILMUKU, KAU HARUS LEBIH HEBAT DARI AKU”

    DIA BUKAN ANAK KANDUNG BIOLOGIS
    TETAPI DIA ANAK IDIOLOGIS

    dan perlu diketahui
    Tongkat Komando sudah diserahkan, tongkat berkepala GARUDA (tongkat ini dari manakah asalnya???? serta lihat hadis imam mahdi ada kalimat “Imam mahdi akan muncul membawa tongkat” itulah tongkatnya.

    siapa penerusnya itu?????????
    BAik orang/kitab2/hadis menyebut dengan istilah bermacam-macam; seperti AL MAHDI, IMAM MAHDI, ISA ALMASIH, MESIES, AVATAR, RATU ADIL, SATRO PININGIT DAL LAIN-LAIN.

    Walau beliau tidak mengaku apa-apa dan tidak merasa apa-apa, tapi saya tahu siapa beliau sebenarnya, karena saya melihat adanya:
    CAHAYA/ NUR / ROH KUDUS /CAHAYA KEBENARAH /CAHAYA ALLAH / ZAT ALLAH yang meneranginya. Itulah deraja manusia yang diberi kemulian ALLAH.

    Beliau selalu mengajarkan tentang “KEBENARAN” yaitu
    HIDUP YANG BEWNAR dan HUKUM YANG BENAR.

    Demikian semoga bermanfaat.

    Penulis
    SAHRUDIN
    081386480007
    http://www.kiblatdunia.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: