Hari-hari Terakhir Bung Karno (4-Tamat)

jenazah Bung KarnoSiapa yang tak murka, demi mengetahui bahwa selama kurang lebih 1,5 tahun “dikerangkeng” di Wisma Yaso, Bung Karno, mantan Presiden Republik Indonesia, tokoh pemersatu dan proklamator bangsa, ternyata hanya diserahkan perawatannya secara penuh kepada dr Soeroyo. Siapakah dokter Soeroyo? Dia bukanlah dokter spesialis, melainkan dokter hewan!

Ia masuk-keluar Wisma Yaso dengan perawat-perawat yang tidak jelas didatangkan dari mana. Bahkan obat-obatan yang dicekokkan ke Bung Karno pun sama sekali tidak tepat. Ia hanya memberinya duvadilin (mencegah kontraksi ginjal), metadone (penghilang rasa sakit), royal jeli, suntikan vitamin B1 dan B12, serta testoteron. Selain itu, Sukarno tiap malam juga minum valium.

Tiap malam minum valium selama tahunan, tentu saja membuat tidurnya tak lagi terkontrol. Akibatnya Sukarno mulai sering merasakan pusing. Setiap itu pula, perawat memberinya obat pengurang rasa sakit, novalgin.

Perawatan yang sembrono juga sering terjadi, ketika Bung Karno terbangun tengah malam dan muntah darah, dokter Soeroyo hanya memberinya vitamin. Sementara, dokter Mahar Mardjono yang disebut-sebut sebagai ketua tim, sama sekali tidak pernah hadir ke Wisma Yaso. Itu semua terungkap dalam dokumen yang lebih 27 tahun tersimpan oleh Siti Khadijah, yang tak lain adalah istri dokter Soeroyo. Benar adanya, bahwa sejarah pada akhirnya akan mengalir menemukan jalan kebenarannya sendiri. Benar pula, bahwa ada kecenderungan yang seolah tersusun rapi, tentang “pembunuhan” terhadap Sukarno.

Tidak banyak cerita, tanggal 21 Juni 1970, pukul 07.00 WIB, Bung Karno menghembuskan nafas terakhirnya. Adalah dr Mahar Mardjono, satu-satunya orang yang menyaksikan “kepergian” Putra Sang Fajar. Keterangan yang ia kemukakan, “Pada hari Minggu, 21 Juni 1970, pukul 04.00 pagi, Bung Karno dalam keadaan koma. Saya dan dokter Sukaman terus berada di sampingnya. Menjelang pukul 07.00 pagi, dr Sukaman sebentar meninggalkan ruangan rawat. Saya sendiri berada di ruang rawat bersama Bung Karno. Bung Karno berbaring setengah duduk, tiba-tiba beliau membuka mata sedikit, memegang tangan saya, dan sesaat kemudian Bung Karno menghembuskan nafas yang terakhir.”

Tak lama berselang, keluarlah komunike medis:

1. Pada hari Sabtu tangal 20 Juni 1970 jam 20.30 keadaan kesehatan Ir. Sukarno semakin memburuk dan kesadaran berangsur-angsur menurun.

2. Tanggal 21 Juni 1970 jam 03.50 pagi, Ir Sukarno dalam keadaan tidak sadar dan kemudian pada jam 07.00 Ir Sukarno meninggal dunia.

3. Team dokter secara terus-menerus berusaha mengatasi keadaan kritis Ir Sukarno hingga saat meninggalnya.

Komunike itu ditandatangai Ketua Prof Dr Mahar Mardjono, dan Wakil Ketua Meyjan Dr (TNI-AD) Rubiono Kertopati.

Sementara itu, Syamsu Hadi suami dari Ratna Juami, anak angkat Bung Karno dan Inggit Ganarsih yang melihat jenazah Bung Karno melukiskan dengan baik, “Wajah almarhum begitu tenang. Seperti orang tidur saja nampaknya. Mata tertutup baik. Alis tebal tidak berubah, sama seperti dulu.” (roso daras)

makam-sukarno-1

Iklan
Published in: on 20 Juni 2009 at 16:59  Comments (53)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/06/20/hari-hari-terakhir-bung-karno-4-tamat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

53 KomentarTinggalkan komentar

  1. bung, apakah ini cerita benar dan dapat dipertanggungjawabkan? Jangan sampai disebut fitnah!! Nanti anda sendiri yg repot!

    • Insya Allah benar. Soal kerepotan? Kerepotan apa yang bisa menimpa saya demi mengemukakan cupkilan sejarah pahit yang menimpa Bung Karno? Cemooh? Cercaan? Ancaman fisik? Kiranya tidak akan ada “kerepotan” yang cukup berarti dibanding apa yang sudah dialami proklamator kita.

    • maap mas jgn percaya tulisan…jaman sekarang mah kalo udh muji orang wahhh setinggi langit, apalagi kalo ngejatuhin orang lebih parah lagi.
      yg nulis fansnya sukarno tuh…ntar adalagi fansnya suharto….
      2-2nya sama aja mas, bikin rakyat miskin, 2-2nya ga usah dibaca sejarahnya, PALSU.
      bangsa yang baek yaitu bangsa yg menghargai jasa para pahlawannnya. “ya kalo pahlawananya kayak gitu…APAKATADUNIA……

      kalo kita tanam buah mangga masa sih tumbuhnya buah manggis, kalo kita tanam keburukan buahnya keburukuan, kalo kebaikan buahnya kebaikan, rakyat waktu itu miskin sukarno kawin terus, senengnya hamburin uang negara utk bikin istana2.

      Suharto pun demikian adanya, 2-2nya saya kira bukan pahlawan, pahlawan sejati sampe matinyapun Tuhan bakal muliakan. ada istilah ” hidup mulia mati syahid….

      • Ah Sakit Jiwa kali kau ini ya… okelah anggaplah tulisan ini fans nya soekarno… Tapi kau ini mikir tidak? yang memerdekakan bangsa ini Soekarno bukan kakekmu…. kalo gak ada Soekarno kau ini bangsa Budak…. kayak kakek dan nenekmu yang diajadikan budak belanda… tau nya kau itu.. gak sampe kurasa otakmu menangkap itu ya….

      • Lho mas mbok yo belajar lebih jauh lagi. kita jangan hanya menghormaiti dan menghargai pahlawan. mungkin satu yang lupa yaitu Jangan Pernah Lupa Kamu Akan Sejarah. ya bisa saja itu sejarah anda sendiri dari mana sampeyan berasal. tapi yang dibahas ini Sejarah Bangsa. Bangsa Indonesia . kalo sampean sendiri lupa dan tidak mau belajar akan sejarah waduh……h sama saja Kacang Lupa akan Kulitnya

      • Kalo melihat tulisan anda anda itu gak punya terima kasih ya, coba anda rasakan kalo misal tidak ada beliau (Sukarno). Mungkin nih kalo misal kita berperang sekarang paling anda akan membela yang bayar anda mahal, hormati kek sedikit jasa beliau, gak usah frontal gitu. Kalo saya lihat anda itu gak bangga dengan Indonesia. Cam kan itu

      • he,,he,,he,,merdeka dari mana,,,? wong teks proklamasinya membahas “hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dilaksanakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya” so,,,, it’s all about siapa menguasai siapa! bukan memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan, tapi memindahkan kekuasaan penjajah kepada golongan siapa saja yang bisa merebutnya. Terbukti hari ini,,intervensi asing sangat besar dalam keijakan pemerintahan Republik Indonesia.

      • Buat atas ane :
        “PEMINDAHAN KEKUASAAN???”
        klo ente nganggap selama ini kata diatas bukan memerdakakan bangsa indonesia sendiri, berarti selama ini dari mulai anda lahir sampai sekarang anda msih menjadi budak (belum Merdeka)… simple aja mas… xD

      • gini loo mas.. di dalam politik itu ga’ berlaku hukum “siapa menanam benih dia akan memetik buahnya”.. politik ya cuma soal : pemindahan kekuasaan dan lain2.. jadi,orang suci sekalipun bisa dibunuh demi kepentingan !!

        sukarno punya sejarah sesuai kepentingannya,begitu juga suharto dengan sejarah dan kepentingannya..
        cuma yg pasti sukarno itu dari yg saya tau dan saya baca : dia hebat,dia proklamator,bapak pemersatu bangsa..dan yg pasti indonesia benar2 menjadi negara yg BERDAULAT pada masanya.. ga’ kaya’ sekarang,apa2 dibawah komando amerika serikat.. obama dipuji2 sementara benyamin sueb dilupakan ! errrghh.. negara kasian kita sekarang ini mas, ga’ ada gagah2nyaa.. 😦

        sementara suharto ?
        apa yg dibuat selain “tipu daya kemakmuran?”
        seolah2 kita makmur,nyatanya kita makan dari hasil ngutang.. behh.. 😦
        belum lagi termasuk pelanggaran HAM yg parah.. hikzz.. hikkzz..

        jangan asal skeptis makanya mas.. 😀

      • baiklah setiap kita menelisik kembali tinta tinta sejarah yang pernah ditorehkan oleh bangsa ini dan orang2 yang terlibat di dalamnya…

        Tentu tidak ada yang bisa menjadi ‘sempurna’.. Tapi ada yang mau menyempurnakan Indonesia.. Dialah Soekarno, Presiden pertama kita, awal dari jalan hidup bangsa Indonesia menuju kesempurnaan khas Indonesia

      • Johan :
        Anda ga pernah mensyukuri apa yang diperjuangkan pahlawan dengan mati matian ya?Anda cuma bisa melihat,tertawa dan merasakan keenakan yg telah lama diperjuangkan Indonesia.
        Sekarang sudah merdeka,anda nggak menghargai,mencontoh,dan melanjutkan perjuangan Soekarno,tapi anda cuma mengejek dengan frontal.Toh,memiliki istri lebih dari 1 itu tak ada salahnya,itu sunnah rasul!Dan penderitaan masyarakat saat masa Bung Karno itu bukan salah Bung Karno,tapi salah Amerika yang egois yg tak suka Indonesia bekerja sama dengan China!
        Kalau Pak Harto memang salah,ia mensejahterakan rakyat,tapi itu cuma dengan uang korupsi!Apa ia tega menghidupi rakyat dengan uang haram?Semua itu cuma dilakukan orang yg tak punya hati!Dan ia juga telah seenaknya mempijaki Indonesia selama 31 tahun!Anda boleh menyalahkan Soeharto yang bekerja sama dengan AS demi keuntungan dirinya dan AS,tapi anda jangan pernah menyalahkan Soekarno,karena ialah pemimpin yang sesungguhnya,pemimpin yang membuat kita bebas merdeka sehingga menjadi seperti ini!

    • mau cerita ini benar atau tidak, soekarno tetap berjasa bagi bangsa indonesia, dia yg mengumandangkan kemerdekaan kita, sayang kematiannya tak sepantas jasa2 nya, walaupun begitu nama bung karno tetap mengisi menu tokoh favorite di stp jaringan sosialku, bravo for bung karno..

  2. Ya Tuhan, ampunilah dosa dosa Bapak kami Ir. Sukarno jika ada. Dan ingatlah jasa jasanya bagi kami bangsanya. Terimalah Beliau di surga-Mu supaya Beliau boleh istirahat dalam damai.

    Biarlah ya Tuhan, kebenaran terungkap pada waktu-Mu, dan ajar kami, bangsanya, untuk menghormati Beliau sepatutnya.

  3. ternyata.. seorang pahlawan dihargai tak lebih dari penggerusan karakter politik dan penganiayaan seperti ituh..

    mau seperti apa ya, Indonesia ini?

  4. Saya hanya comment bahwa Soekarno telah memerdekakan bangsa ini dari penjajah… sekarang tugas kita melanjutkan cita2 Bung karno dengan mengusir penjajah (menjajah apa saja).. dan ini paling berat sebab bangsa kita sendiri yang menjajah negri nya….

  5. salm kenal mas…
    lanjut terus mas..kebenaran memang harus diungkap,
    walau ditutupi atau dihilangkan sekalipun, kebenaran akan selalu muncul dan menang. kalaupun tidak di dunia, maka di akhirat nanti akan dibukakan semua pintu kebenaran.
    Saya bukan soekarnoisme, tapi saya lahir, makan ,minum dan besar di tanah tumpah darah indonesia. Jadi saya mencari dan menggali kebenaran sejarah bangsa indonesia.
    buat yang tidak ingin tahu kebenaran sejarah bangsa indonesia, mending ke laut aja…he..he..
    sukses mas..!!

    • setuju… sy stuju banget bung karno emang perlu kita jd kan tauladan..

  6. IR SOEKARNO Adalah Pahlawan yang memproklamasikan KEMERDEKAAN INDONESIA….
    kalau IR SOEKARNO tidak memproklamasikan kemerdekaan indonesia…maka KAKEKNYA JOHAN yg anti soekarno masih jadi ROMUSHA atau BUDAK BELANDA…dan NENEKNYA JOHAN yg anti soekarno masih jadi PEMUAS NAFSU SEX TENTARA JEPANG ATAU BELANDA…
    Berterima kasihlah kepada IR SOEKARNO..

    • w suKa oPiNi Loe….gOod..

  7. tiap tiap manusia akan punya sisi negatif..bung karno menurut saya harus di hormati, seperti kata bijak bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya terlepas dari sisi negatifnya

  8. Mau ada orang bilang apa tentang Bung Karno, tetap Bung Karno adalah seorang Bapak Bangsa yang tidak tergantikan. Orang bilang dia doyan nikah, and so what? no body’s perfect. Yang pasti kalo ga ada Bung Karno dan Bung Hatta mungkin sampe skarang kita masih dijajah Belanda & Jepang, dan yang pasti hanya Bung Karno yang bikin negara kita betul2 dihormati sama negara lain (termasuk amerika & negara tetangga sebelah). Hail for Bung Karno…

  9. Info yang sangat bermanfaat, makasih yach…

  10. menurut saya bangsa yang maju iyalah bangsa yang mempunyai orang-orang atau rakyat yang bangga pada negeri,bangsa,dan tanah airnya dan juga cinta pada sejarah serta pahlawan2nya, menurut saya, saya adalah orang yang belum tau apa itu arti kemerdekaan, tetapi saya tau rasanya sudah merdeka, ingat ya mas, saya cicit dari ratna juami, anak angkat dari kakek buyut soekarno dan nenek inggit, saya tau sebenarnya siapa yang mau soekarno meninggal, saya tau itu semua dari kakek buyut saya hanafi, itu semua kerjaan soeharto membayar dokter hewan itu untuk memberi obat yang salah untuk kakek saya, tapi apalah arti sekotak berlian yang diberikan soeharto untuk kakek saya hanafi, itu semua untuk menghilangkan jejak soeharto atas rencana pembunuhan soekarno, tapi ya sudahlah itukan dulu, moga soeharto dapat ganjaran yang setimpal atas perbuatannya terhadap kakek buyut saya soekarno, saya putra BENGKULU, trimakasih, mas, saya udah curhat disini

  11. ya mas orang hidup pasti ada baik dan buruknya…..
    klo BAPAK KUSNO sering kawin, dia punya misi….
    KLO PEJABAT SEKARANG SERING KAWIN ITU DOYAN DAN MENGHAMBURKAN UANG YANG DITERIMANYA DARI NEGARA… terkadang kebenarannya sulit untuk kita terima….
    apalagi BAPAK KUSNO menyampaikan kepada smua negara bahwa INDONESIA ADALAH NEGARA TERBESAR……

  12. yoh nggene iki kudu ditiru ora koyok suharto

    • Pinter!

  13. asem iiii kok ra dibalesi neng roso daras woooo tak kuwetak ndasmu weng ko nek ra kok balesi………..

  14. Kpd sdr2 diatas yg trhrmt. Mari qt sbgai warga indnesia yg cint indonsia (klo cint…) untk selalu meliht orng it jgn cm krn kslhnx yg cm secuil sj. Tp Qt prlu lihat dr sisi baikx jg. Okelah klo emang si soekarno pux kesalhn, tp kmrdekaan yg qt rasakan skrng ini apakah tdk ada sngkt pautx dgn usaha beliaw?. Anda skrng sih sdh enak…, seandaix sj anda hidup pd wkt it…blm tent anda bs berbuat sesuat kpd negara. U/ sy pribadi,… sy akan selalu mengenang dan mghrgai semw pahlawan indnsia trlepas dr semw kesalahan yg mrk bwt. Krn sy yakin bhwa hal yg paling kecil yg mereka korbankan pd wkt it bukan cm hrta, tahta, keluarga, ttp bhkan nyawa merek sndr, yg tdk lain adalah untuk negara,…..klo anda rasa it smw blm cukup, anda boleh memajukn ngra ini dr diri pribdi msng2 dulu….

  15. orang anti syariat Islam kok dibangga2kan?
    Indonesia merdeka itu bukan karena sukarno/suharto/asu2 yang lain..tapi karena pemuda2 pesantren.semboyan merdeka atau mati itu darimana?dari falsafah jihad kaum pesantren yang memberi semangat rakyat indonesia yang dplintir oleh sukarno?sukarno pernah minta bantuan rakyat aceh untuk berperang dengan imbalan aceh diijinkan menerapkan syariat Islam,tapi apa buktinya???aceh tetap dipaksa menggunakan pancasila,dan aceh tetap melawan dan menuntut syariat Islam yang baru bisa terealisasi saat ini

    • Semua punya peran yang penting dalam dalam proses merdekanya bangsa ini. tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, mustahil Allah memberi bangsa ini kemerdekaan. kita sebagi generasi penerusnya seharusnya melanjutkan apa yg telah diperjuangkan. bukan mencari siapa yang paling berjasa. yang jelas jangan sampe membanggakan orang yang suka ngomong ASU kayak ente..

    • dangkal sekali pikiran ente -_-a

    • DI/TII/AL”CIA”DA/AL”MOSSAD”A wannabe detected…syariat islam ??? helloooooo is anybody there ? knock..knock (i’m knockin your empty brain) antum lebih bae ke PALESTINE ama AFGHANISTAN aje kalee disana syariat islam kok..skalian bawa handai taulan,keluarga dan sahabat antum dan nikmati “surga syariat islam” ROFL

    • Siapa yg anti islam?Ir.Soekarno tidak membenci islam!Tapi ia hanya mencoba menyatukan bangsa,menjadikan bangsa yg adil dan memberlakukan HAM kepada semua masyarakat Indonesia!

  16. aku ingin sepertinya………….

  17. dalam seabad mungkin gak pasti akan lahir seorang yang kayak soekarno..

  18. Saya orang Blitar,dan saya bangga karena bisa menjadi cucu Bung Karno,sebelum mencela atau menghina orang lain sebaiknya anda koreksi dulu diri anda sendiri dan anda pikirkan apa yang sudah anda lakukan untuk bangsa Indonesia tercinta,saya yakin gak ada apa apAnya dibandingkan dengan pengorbanan Bung Karno demi memerdekaan bansa Indonesia,paling-paling anda cuma mondar mandir ngomong gak karu karuan gak jelas (GILA).SEKALI merdeka tetap merdeka,sekali BUNG KARNO TETAP BUNG KARNO,Semoga ALLAh SWT menerima semua amal nya,dan menempatkan beliau sebagai golongan orang-orang yang beriman.Amin amin Ya Robbal ‘Alamin.

  19. Pahlawanku tercinta Bung Karno doakan cucumu(Fathur Rahman Chomsun Al-Ghany)bisa meneruskan perjuanganmu,dan semoga Blitar kotaku tercinta akan melahirkan Sukarno Sukarno yang gagah dan pemberani,maju tak gentar membela yang benar MERDEKA…ALLAHU AKBAR…

    • Assalaamu`alaykum @Fathurrahman: Salah satu hal yang tak masuk akal. Muhammad `alaihi Ashsholaatu wa Assalam adalah manusia terbaik untuk teladan, itu saja bliau tidak boleh dikultuskan. Begitu juga Sukarno rahimahullah, bliau sdh wafat, mampukah bliau rahimahullah mendoakan manusia yg masih hidup, bliau sdri tdk bisa lgi beramal kecuali ketika masih hidup, bliau juga tdk bisa menghindar dr adzab qubur(jika bliau diadzab), bahkan bliau butuh doa dari org2 yg masih hidup. Mudah-mudahan kaum muslimin dijauhkan dari keyakinan yg demikian. Allahu a`lam

  20. jasamu biar ALLAH SWT saja yang membalas wahai proklamator ku,..
    —————————–
    http://abid912.wordpress.com

  21. ASTAGFIRULLAHALAZDIM…… KENAPA KITA INI…. CELA MENCELA SESAMA KITA….. SADARLAH SEMUANYA…… MEGA AJA ARIF GAK BALAS DENDAM WAKTU DIA JADI PRESIDEN… KITA JANGAN MENJUSTICE…. PENULIS BLOG INI UNGKAPIN SEJARAH TERSEMBUNYI ITU REALITA… TAPI KITA GAK USAH JADI SALING SERANG ANTAR KITA…. SOEKARNO BAPAK PROKLAMATOR KITA… HORMATI BELIAU…

  22. Janganlah ribut sesama bangsa ini…suri tauladani yg baik, tinggalkan yg buruk…jangan mempertajam kebaikan & keburukan seseorang…hormat-menghormatilah sesama…

  23. emg tega bgt tu suharto
    kata guru sejarahQ zmn sma,
    pdhl stelah dy lengser, dy aj gak diperlakukan kyk gitu.
    tega bgt bgt bgt

  24. ehhhhh,,kabeh ki ngmong opo to ??????????????

    yen ga mudeng ga usah ngmng ae,,,,,lambemuah…

  25. bagaimanapun baik soekarno maupun soeharto pernah berjasa bagi bangsa ini.tidak usah di perdebatkan.lanjutkan saja perjuangan mereka dengan bekerja keras untuk membangun bangsa ini

    Merdeka

    • BK berjasa masuk akal kalo ‘HARTO berjasa ??? mmmm are you losing your fuckin’ mind ?? c’mon man…

  26. haNya oraNg yaNg tiDak taU di uNtuNg yaNg meNjeLek_jeLekan baPak prokLamator kita (Ir.sOekarNo)…..meNdiNg kaLian keLuar aJa dari Negara rePubLik iNdoNesia….

  27. BUNG KARNO DAN PAK HARTO TELAH BERBUAT BANYAK DEMI BANGSA,DAN KALIAN YANG BERI KOMENTAR APA YG KAMU BUAT?????? KWKWKWKWK

    • kalo BK gw setuju dia sangat sangat sangat berjasa untuk republik ini walau tidak menafikan kesalahan yang telah beliau perbuat semasa hidup..tapi SOEHARTO kesalahan lebih BANYAK dari jasanya !!! TOLAK GELAR PAHLAWAN UNTUK SEORANG PENGHIANAT !

  28. Bung Roso, di blog saya ada cerita mengenai detik-detik terakhir bung karno yang mungkin sudah pernah anda baca sebelumnya

    http://bossgahutagalung.wordpress.com/2010/03/20/detik-detik-terakhir-bung-karno/

  29. sukarno pahlawan, suharto jg pernah berjasa buat negri ini walau cuma sekelumit; tapi yang saya tidak terima; pernyataan “ANJING NEKOLIM” yang menghina sukarno adalah antek malaysia yang sok muslim; semoga otaknya di kepala … tidak di dengkul seperti islam indonesia pada umumnya.

    • maksud agan grombolan “FRONT PEMB…”yang pake peci putih dan baju koko itu yah.ooops i did it again 🙂

  30. Goblok sekali anda..anggap saja ini dari pro Bung Karno….atau siapa..otak dan hati lo pake lah..udah jelas2 Bung Karno memerdekakan kita…kalo bukan karna Beliau (Bung Karno)…nenek lo udah jd teman tidurnya para tentara belanda…otak sm hati lo bener2 gk ada keknya…mestinya lo aja yg masuk wisma yaso…mestinya lo yg mati disuntik dokter hewan itu..dasar anjing goblok kau..

  31. Agak aneh. Koq pakai Metadone?. Itu kan obat untuk ketergantungan zat sejenis opiet (heroin)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: