Hotel Indonesia, Riwayatmu Kini

Hotel Indonesia DibangunIni adalah tentang Hotel Indonesia. Bangunan bersejarah yang pernah menjadi kebangsaan bangsa Indonesia. Hotel Indonesia adalah icon penting kota Jakarta. Hotel Indonesia adalah sejarah itu sendiri. Dialah hotel bintang lima yang dibangun untuk pertama kali di Indonesia, sekaligus yang pertama di Asia Tenggara. Penggagasnya? Siapa lagi kalau bukan Sukarno, Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Seperti halnya ketika ia membangun Sarinah Dept Store, maka proyek Hotel Indonesia pun tak sepi dari kritik sebagian elemen masyarakat, yang menuding sebagai proyek mercu suar. Bung Karno terus melangkah. Bahkan mengobarkan slogan ‘A Dramatic Hotel_Indonesia 1962Symbol of Free Nations Working Together’, bagi proyek pembangunan Hotel Indonesia itu. Dan… hotel termegah di Asia Tenggara itu pun diresmikan oleh Presiden Sukarno pada 5 Agustus 1962.

Di atas lahan seluas 25.082 meter persegi, Hotel Indonesia dibangun dalam rangka menyambut Asian Games IV yang digelar di Jakarta tahun 1962. Hotel megah itu dimanfaatkan untuk menampung tamu negara, dan atlet mancanegara yang bertanding. Sejak saat itu kepopuleran Hotel Indonesia tersebar ke penjuru dunia.

Hotel Indonesia 2006Hotel Indonesia dirancang oleh arsitek asal Amerika Serikat, Abel Sorensen dan istrinya, Wendy. Desain bangunan dibuat seperti huruf T sehingga seluruh kamar menampilkan pemandangan luas Ibu Kota. Bagian hotel yang pertama kali dibangun adalah Ramayana Wing dan Ganesha Wing.

Dalam perjalanannya Hotel Indonesia beberapa kali mengalami renovasi. Terakhir pada 2007 lalu setelah pengelolaan hotel bersejarah itu berpindah ke swasta di bawah pengelolaan jaringan Kempinski, yang berpengalaman mengelola hotel-hotel tua di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Jatuhnya hotel bersejarah ke tangan swasta inilah yang kemudian menuai protes para pecinta cagar budaya. (roso daras)

Hotel Indonesia 2009

Iklan
Published in: on 18 Juni 2009 at 13:47  Comments (2)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/06/18/hotel-indonesia-riwayatmu-kini/trackback/

RSS feed for comments on this post.

2 KomentarTinggalkan komentar

  1. ternyata seperti ini ya sejarah Hotel Indonesia,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: