Proklamasi 17 Agustus 1945

proklamasi

Puncak perjuangan bangsa Indonesia menggapai kemerdekaan, terwujud pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, atau 17 Ramadan 1365 Tahun Hijriah. Teks proklamasi dibacakan Ir. Sukarno yang didampingi oleh Dr. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini, Jakarta Pusat.

Apa makna proklamasi kemerdekaan pada era kini? Tergantung kepada siapa pertanyaan itu ditujukan. Bagi sebagian kecil masyarakat Indonesia, yang masih segar ingatannya tentang kekejian penjajahan pemerintahan Hindia Belanda, maka proklamasi kemerdekaan dimaknai sangat dalam. Proklamasi kemerdekaan dimaknai sebagai lepasnya belenggu penjajahan dan penindasan oleh bangsa asing.

teks-proklamasiBagi generasi yang lebih muda, angkatan 60-an, angkatan 80-an, apalagi angkatan 2000-an, proklamasi 17 Agustus 1945 boleh jadi tidak lagi dimaknai sedalam pemaknaan oleh para orang tua kita, yang lahir pada era 20-an sampai 40-an. Alhasil, mengenang hari kemerdekaan, makin hari makin bergeser, dari peringatan yang begitu khidmat, menjadi ingar-bingar seremonial.

teks-proklamasi-ketikSalahkah? Ini bukan soal benar dan salah. Ini soal bagaimana nilai-nilai sebagai bangsa merdeka, tertanam pada jiwa yang merdeka. Artinya, kemerdekaan menjadi tidak bermakna jika jiwa kita masih terjajah. Kemerdekaan sama sekali tak bernilai, manakala sejatinya bangsa ini masih terjajah oleh praktik-praktik ekonomi kapitalistik. Kemerdekaan terasa semu manakala bangsa ini masih tergantung kepada utang luar negeri. Kemerdekaan sama sekali tak berarti manakala kekayaan alam dikuasai asing untuk sebesar-besarnya kemakmuran oknum penguasa.

Sekadar mengilas balik, saya upload foto proklamasi, foto teks asli proklamasi, teks proklamsi yang telah diketik, dan audio (suara asli) Bung Karno saat membacakan teks proklamasi. (roso daras)

\”Pembacaan Teks Proklamasi oleh Bung Karno\”

Published in: on 12 Maret 2009 at 10:35  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/03/12/proklamasi-17-agustus-1945/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 391 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: