Indonesia Menggugat

indonesia-menggugatPembelaan Bung Karno yang diberinya judul “INDONESIA MENGGUGAT” adalah salah satu masterpiece pemikiran Bung Karno. Butir-butir pemikiran yang ia tuang dalam teks pembelaan itu, benar-benar merupakan hasil kontemplasi seorang pemikir muda, dalam ruang tahanan Belanda selama delapan bulan.

Persidangan yang bersejarah itu sendiri berlangsung 18 Agustus 1930, bertempat di Jl. Landraad Bandung. Tuduhan kepada Bung Karno cukup serius, yakni pelanggaran terhadap Undang Undang Hukum Pidana, pasal 161, 171, dan 153 yang dikenal sebagai Haatzaai artikelen, sebuah pasal yang sangat lentur. Pasal yang acap digunakan pihak penguasa terhadap “musuh politik”, yang sebenarnya merupakan delik penyebaran rasa benci.

Sukarno, bersama tiga rekannya: Gatot Mangkupraja, Maskun, dan Supriadinata dituduh mengambil bagian dalam suatu organisasi yang mempunyai tujuan menjalankan kejahatan, di samping usaha yang mengarah pada penggulingan kekuasaan Hindia Belanda. Adapun organisasi yang dimaksud adalah Perserikatan Nasional Indonesia, yang didirikan pada tanggal 27 Juli 1927. Oranigasi itulah yang kemudian menjadi cikal-bakal lahirnya Partai Nasional Indonesia (PNI).

Persidangan berlangsung panjang, sejak bulan Agustus hingga Desember 1930. Dalam keseluruhan rangkaian persidangan, pihak Hindia Belanda menampilkan saksi utama untuk penuntut umum, Komisaris Polisi Albreghs. Tapi kesemua keterangan, sama sekali gagal mengarahkan kepada kesimpulan adanya subversi komunis. Upaya penuntut umum untuk menunjukkan adanya hubungan langsung antara PNI dan Perhimpunan Indonesia di Belanda, yang mengarahkan adanya subversi komunis.

Semua tudingan itu berhasil ditepis Sukarno, sebalinya Sukarno berhasil membuktikan independensi PNI. Dalam proses persidangan, Bung Karno dkk didampingi pengacara Suyudi SH, Ketua PNI Cabang Jawa Tengah, tuan rumah saat Sukarno ditangkap, Mr Sartono, seorang rekan dari Algemeene Studieclub yang tinggal di Jakarta dan menjadi Wakil Ketua yang mengurus soal keuangan partai, Mr Sasromulyono yang tinggal di Bandung. Ketiganya melakukan tugasnya tanpa dibayar, bahkan rela mengongkosi seuruh pengeluaran.

Sekalpun begitu, Sukarno merasa perlu menyiapkan pembelaannya sendiri. Nah, kumpulan pembelaan itulah yang kemudian dirangkum dalam buku INDONESIA MENGGUGAT. Buku itu telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing. Sampai sekarang, INDONESIA MENGGUGAT menjadi dokumen sejarah politik Indonesia. (roso daras)

Iklan
Published in: on 5 Maret 2009 at 07:24  Comments (15)  

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/03/05/indonesia-menggugat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

15 KomentarTinggalkan komentar

  1. boz, ada e-booknya ga?
    dishare donk

    hehehe

  2. Bung Fariz… sayang blm ada e-booknya… Mestinya ini jadi concern Yayasan Bung Karno…. dan mudah2an pesan ini terbaca oleh mas Ruh.

  3. owh, saya mau tanya, siapa itu mas Ruh?
    tapi terimakasih telah memberi tanggapan yg menarik, moga2 aja ada yang tergerak untuk menerbitkannya dalam fersi cetak atau ebook berbayar, soalnya ini buku langka yang blm tentu di setiap toko buku ataupun toko loak ada (mungkin cuma pengalaman saya saja dlm hunting buku2 kaya gini) 😀
    terimakasih

    • Guruh Sukarnoputra biasa disapa Mas Ruh…. he he he… Dia yang sekarang memimpin Yayasan Bung Karno.

  4. Mngkn Pak Roso bisa menuliskan kembali atau menerbitkan Buku ini dengan penjelasannya (Tentu jg korespondensi dg Yayasan Bung karno). Maklum,saya sbg generasi muda (SY 16 th) Benar2 ingin utk mengetahui ttg Apa sih “Indonesia Menggugat”? Bk ini Saya temukan di Jogja,di pasar loak,tapi kondisinya sdh memprihatinkan sekali dan harganya Ratusan ribu. Ya bk ini paling di cari saya setelah bk “Bung karno,Penyambung Lidah Rakyat indonesia” karya Cindy Adams (Sy pnya buku tsb)

    • Usul menarik…. dan harus saya perhatikan… Terima kasih bung Osmond Bobby…. sang neo-sukarnois muda!!

    • wah kebetulan, saya juga domisili di jogja,
      klo boleh tau, di pasr loak mana?
      thaks 4 d info

  5. Oya,blhkah kita bertukar pengalaman ttg Bung Karno? Ni alamat saya : osmond.bobby@yahoo.com .

    Saya sdh baca buku pak Roso yang bru. menarik juga menurut saya 😄 karena dari buku itu sy bs tau sisi kemanusiaan dari seorang “Bung Karno” yang selama ini Blm saya baca di bnyk buku,terutama ttg “Indonesia Menggugat”. Dan sy rasa hrs ada bk lain dlm mlgkpi biografi BK.

    Hidup Marhaenisme!!!

  6. http://www.92pulau.com/

    Mereka anak anak muda Indonesia yg sesungguhnya..
    Mereka tidak banyak bicara
    Mereka tidak demo dengan bengis

    Mereka pemuda Indonesia yang bersemangat bukan hanya perkasa..
    Ikuti perjuangan riel mereka di situs diatas.

    Salam sejahtera,
    th

  7. pahami sembilan tesis marheinisme

    • apa aja itu..??

      • apa saja itu sembilan tesis marhaenisme..??

  8. Bung beli buku ini dimana ya… pingin banget buat referensi… tolong kasih info ya yg faham tempatnya dimana… trimakasih.

    • Indonesia Menggugat adalah pembelaan Bung Karno di persidangan Landraad. Sebagai buku, setahu saya sudah beberapa kali diterbitkan oleh beberapa penerbit dengan judul yang sama. Jika di toko-toko buku sudah tidak ada, kemungkinan mendapatkannya hanya ada tiga alternatif. Pertama, menunggu cetak ulang (entah kapan), 2, Meng-copy di Perpustakaan Nasional (atau perrpustakaan lain), 3. Mencarinya di toko-toko buku loak.

  9. apa saja itu sembilan tesis marhaenisme..??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: