Sewindu Dekat Bung Karno

sewindu-dkt-bkMemandang Sukarno dari dekat, adalah salah satu kelebihan yang dimiliki para ajudannya. Kita beruntung, karena salah satu ajudan Bung Karno, berkenan menuliskan pengalamannya dalam sebuah buku yang sangat menarik: Sewindu Dekat Bung Karno.  Penulisnya adalah R. Geraldus Bambang Setyono Widjanarko, atau yang akrab dikenal sebagai Bambang Widjanarko.

Bambang adalah salah seorang ajudan Bung Karno dari November 1960 sampai Juni 1967. Selama sewindu ia bisa dibilang, di mana ada Sukarno, di situ ada Bambang Widjanarko. Tak heran jika ia mengenal betul kepribadian Sukarno, lengkap dengan segala pernak-pernik asmara yang menyelimutinya dari waktu ke waktu.

Bambang yang kelahiran Karanganyar, Kebumen 9 September 1929 itu, dalam kata pengantar buku yang diterbitkannya tahun 1987, mengatakan ihwal kebesaran tokoh Sukarno. Ia bahkan meyakini, ketokohan Sukarno akan senantiasa menjadi buah bibir hingga kapan pun. Sukarno dengan segala kontroversi yang menyelimutinya, diakui Bambang sebagai konsekuensi lumrah. Bung Karno juga manusia, yang memiliki kelebihan sekaligus kekurangan.

Bambang dalam bukunya banyak mengupas kisah-kisah ringan. Tak heran jika kita mendapat begitu banyak romansa human interest dari seorang Proklamator kita. Cerita Bambang tentang bagaimana Bung Karno mengatur jadwal untuk para istrinya, sungguh memikat. Di dalamnya, ia selipkan pula cerita-cerita para wanita Sukarno ketika “ngambek”. Membaca bagian ini, kita benar-benar bisa dibuat hanyut oleh bayangan suasana yang terjadi ketika itu.

Bambang Widjanarko, harus diakui sebagai seorang ajudan dengan memori yang bagus. Kenangan-kenangannya terhadap hal-hal remeh-temeh tapi menarik, sungguh patut dipuji. Sekalipun begitu, ia juga tak lupa mengisahkan bagian-bagian yang cukup genting, seperti percobaan pembunuhan terhadap Bung Karno dan saat-saat kejatuhannya.

Buku setebal 212 halaman terbitan Gramedia itu, sekali lagi, sangat menarik. Dalam banyak kesempatan saya mengatakan, setiap buku tentang Sukarno, ibarat sekeping puzzle…. Kita tentu saja tidak bisa melihat Sukarno secara utuh hanya dari satu buku. Sebab, seperti pernah Bung Karno katakan sendiri, bahwa untuk menyusun “ajaran Bung Karno” saja dibutuhkan waktu sedikitnya 50 tahun. Bagaimana dengan keseluruhan kehidupannya?

Dalam buku ini, keseluruhan rangkaian pengabdian Bambang Widjanarko sebagai ajudan, disajikan ke dalam 17 judul. Masing-masing: Hari Pertama (1), Argentea Cristata dan Besi Tulang (2), Keris, Burung, dan Arca (3), Yes, Your Majesty (4), Guest House untuk Kennedy (5), Seni (6), Arjuna (7), ABS (8), Lokal (9), Percobaan Pembunuhan (10), Carlos (11), Kesepian (12), Pidato (13), Tidak Jadi Masuk Sesko (14), 1 Oktober 1965 (15), Kala Senja (16), dan Kuantar Engkau ke Tempat Peristirahatan Terakhir (17). (roso daras)

Iklan
Published in: on 22 Februari 2009 at 21:21  Comments (6)  

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/02/22/sewindu-dekat-bung-karno/trackback/

RSS feed for comments on this post.

6 KomentarTinggalkan komentar

  1. I remember your speak ” GO TO HELL WITH YOUR AID “

  2. Bung saya sudah mecoba mencari kemana2 buku ini tapi tidak saya dapatkan.. mungkin Bung Roso bisa membagi informasi dimana saya bis amendapatkan buku ini.. khususnya di sekitar Medan.. Terima Kasih

  3. Saya sangat ingin memiliki buku ini, dimana saya memperolehnya/membelinya…?

  4. Bambang Widjanarko walau ajudan Sukarno, ibarat anak”emas” , tapi mengkhiananti Sukarno dikemudian hari akan kesaksiannya seputar gestok, dia menyudutkan Sukarno.
    Dan satu2 nya ajudan yang tidak merasakan dinginnya penjara orde baru.

  5. @Rider betul banget BW telah membuat malu KKO dengan menghianati BK (walau setelah suharto tumbang BW mengaku bahwa dia dipaksa utk membuat kesaksian palsu disertai siksaan)

    • @MarhaenMarxist, siksaan & penjara itu sudah jadi trend nya ala orba jaman pangkopkamtib, orang2 Sukarnois tulen pun terkena masuk dinginnya sel orba..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: