Biografi BK versi Lambert Giebels

sukarno-biografi-lambert-giebels1Ada begitu banyak biografi tentang Bung Karno. Dari yang sekian banyak tadi, paling populer tetaplah biografi yang ditulis Cindy Adams, seperti sudah disinggung dalam tulisan lain dalam blog ini. Nah, yang tersaji dalam tulisan ini adalah salah satu biografi yang cukup menyedot atensi masyarakat. Salah satu alasannya karena, inilah satu-satunya biografi yang ditulis oleh penulis yang seorang warga negara Belanda.

Judul biografinya: Soekarno, Biografi 1901 – 1950. Saya pribadi semula enggan membeli buku ini. Alasannya sederhana saja, orang yang tidak bisa menulis nama Sukarno dengan benar, apa mungkin menulis biografi secara benar pula? Setidaknya karena saya mengacu kepada ungkapan Bung Karno lewat Cindy Adams, bahwa sejak era penyempurnaan ejaan bahasa Indonesia, Sukarno menulis namanya tidak lagi menggunakan “oe” tetapi “u”. Bahwa dalam tanda tangan ia menorehkan “oe” ia berdalih, tidak mungkin mengganti guratan tanda tangan yang telah ia lakukan puluhan tahun. Akan tetapi bahwa dia sendiri yang menganjurkan penggunaan ejaan yang disempurnakan, sehingga menjadi naif kalau Sukarno masih menulis namanya dengan S’oe”karno.

Tapi, demi membaca kata pengantar, saya tahu bahwa buku biografi ini patut disimak. Karenanya saya kesampingkan ihwal “oe” tadi, dan membacanya. Cukup menarik, setidaknya beda dengan biografi tulisan Cindy Adams. Jika Cindy menulis biografi berdasar wawancara langsung dengan Sukarno, maka Giebels melakukannya dengan ilmiah (menurut terminologi dia). Artinya, telah melalui tahap survei, lacak data, wawancara saksi hidup, dll.

Dikatakan, ada tiga biografi lain yang dinilainya ilmiah. Pertama, karya biograf Jerman B. Dahm tahun 1964, kemudian tulisan biograf Australia I.D. Legge tahun 1972 dan karya biograf Australia-Belanda C.LM. Penders, juga di tahun 1972. Ketiga biografi tadi memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Seperti Dahm misalnya, yang mengakhiri tulisan biografiya hingga tahun 1945. Sementara Legge mengakui, karyanya sebagai “a political biography”.

Nah, Giebels ini mencoba mengangkat Sukarno lebih tuntas, setidaknya sejak kelahirannya (1901) hingga tahun 1950. Buku setebal 522 halaman terbitan PT Grasindo – Jakarta itu, membagi buku tadi ke  1 pendahuluan dan 11 bagian. Bagian pendahuluan berjudul PENDAHULUAN: ANAK FAJAR. Kemudian ke-11 bagian masing-masing, ke-1 MASA MUDA 1901 – 116, ke-2 PENDIDIKAN BELANDA 1916 – 1926, ke-3 PEMIMPIN NASIONAL 1926 – 1930, ke-4 PAHLAWAN DAN MARTIR 1930 – 1932, ke-5 PAHLAWAN YANG TERSUNGKUR 1932 – 934, ke-6 DIASINGKAN DI ENDEH KEMUDIAN BENGKULU 1934 – 1942, ke7 JEPANG DI PETA DUNIA, ke-8 MASA PENDUDUKAN JEPANG 1942 – 1945, ke-9 PROKLAMASI KEMERDEKAAN 1945, ke-10 DEKOLONISASI 1945 – 1947, dan ke-11 PERJUANGAN KEMERDEKAAN 1945 – 1949.

Giebels melengkapi buku itu dengan epilog REVOLUSI YANG BELUM SELESAI. Selanjutnya, seperti laiknya karya ilmiah, ia mencantumkan narasumber yang dipakai, daftar pustaka, singkata-sngkatan dan lain sebagainya. Alhasil, lepas dari segala kontroversi yang sempat mewarnai pemunculan buku ini, yakinlah, buku ini merupakan salah satu sumber rujukan penting bagi siapa saja yang ingin mengenal Bung Karno lebih dalam. (roso daras)

Iklan
Published in: on 15 Februari 2009 at 13:19  Comments (4)  

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/02/15/biografi-bk-versi-lambert-giebels/trackback/

RSS feed for comments on this post.

4 KomentarTinggalkan komentar

  1. buku itu sangat menyentuh penuh dengan peristiwa kepahlawanan,,saya sampai terharu membacanya…
    saya kpengen cari yang bagian ke-2 tahun 1950-1970 tapi ga pernah ketemu,, kalau ada info utk buku yg ke-2 tolong kasih tau ya ke email saya.. thanks..

    • Setau saya, seri kedua memang tidak pernah terbit…. Tp saya akan informasikan kalau nemu….

  2. Mas, itu beli bukunya dimana ya? Saya mau beli itu, nyari ga dapat2.

    • Saya beli di Gramedia beberapa tahun yang lalu. Jika saat ini tidak ada lagi di toko buku, kemungkinan sold-out, atau sudah diretur ke penerbitnya. Biasanya suka ada edisi cetak ulang. Tunggu saja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: