Pendahuluan Buku DBR Jilid Kedua

bk-proklamatorKutipan di bawah ini, saya ambil dari KATA PENDAHULUAN buku DIBAWAH BENDERA REVOLUSI Jilid Kedua. Pada galibnya, jilid pertama dan jilid kedua merupakan satu rangkaian penerbitan. Sekalipun begitu, kalimat-kalimat dalam kata pendahuluan Jilid Pertama dan Jilid Kedua tidak sama. Berikut nukilan selengkapnya:

KATA PENDAHULUAN

Dalam “Sepatah Kata” jilid pertama buku DIBAWAH BENDERA REVOLUSI dijelaskan bahwa buku DIBAWAH BENDERA REVOLUSI akan erdiri dari dua jilid. Ternyata kemudian bahwa bukan saja dua jilid, akan tetapi akan terdiri dari beberapa jilid dan kini sedang dalam percetkan sampai jilid keempat dan jilid-jilid berikutnya akan segera pula menyusl.

Seiring denan tekad bangsa Indonesia untuk mengganyang terus proyek Neo-Koloniais “Malaysia”, khusus untuk jilid kedua ini dihimpun 20 buah pidato 17 Agustus dari Presiden Sukarno, dengan maksud bukan sekadar untuk memudahkan penelitian dan peninjauan kembali jalannya Revolusi Indonesia serta bahan perbandingan kemajuan antara babak yang satu dengan lainnya, tetapi dengan maksud utama, adalah agar himpunan 20 buah pidato 17 Agustus ini, tetap meberi api-baru –memberi dorongan dan kekuatan baru– bahkan menjadi pusaka keramat untuk bimbingan yang menyeluruh ke arah tujuan Revolusi Indonesia, yaitu terbentuknya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Panca Sila.

Sesuai pula dengan penjelasan pada jilidpertama, maka himpunan 20 buah pidato 17 Agustus ini, bukan sekadar untuk menghias lemari/buku dan memperkaya khasanah perpustakaan dengan sebuah buku yang bernilai dokumenter yang menjadi sumber bagi penulisan sejarah Revolusi Indonesia, tetapi adalah agar menjadi pegangan hidup yang senantiasa segar –menjadi sumber ilham yang tiada kering-keringnya– baik bagi generasi sekarang maupun generasi yang akan datang, sedemikian pula agar menjadi bahan penelitian-ilmiah bagi ahli politik, ahli sosiologi, ahli hukum, dan lain sebagainya.

Karena itu, persembahan himpuna 20 buah pidato 17 Agustus ini kepada rakyat Indonesia, adalah dengan maksud agar kita semua mempunyai pegangan yang sama menggerakkan Revolusi Indonesia menuju kemenangan.

Jakarta, 20 Agustus 1964

Panitia Penerbit

DIBAWAH BENDERA REVOLUSI

H. Mualliff Nasution

(roso daras)

Iklan
Published in: on 13 Februari 2009 at 13:41  Comments (9)  

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/02/13/pendahuluan-buku-dbr-jilid-kedua/trackback/

RSS feed for comments on this post.

9 KomentarTinggalkan komentar

  1. ampe batuk2 saya bacanya..

  2. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin 😀

    • Wa’alaikumussallam mas Dedhy… terima kasih sudah bersilaturahmi… Semoga Tuhan memanjangkan usia kita, memperlancar rezeki kita, dan mempermudah segala urusan kita…. Amiiiinnnn…
      Sebagai sesama blogger… well… saya senang sekali bertukar link… tapi jujur saya ini blogger pemula, belum paham navigasi dan tetek-bengek about blog. Mas Dedhy kasih tau langkah-langkahnya… saya segera mengikuti langkah-langkah itu… dan akhirnya kita bertukar link…. Salam kenal kembali. Thanks dan wassalam.

  3. ass.
    mas saya ingin menjual buku DBR jilid 3 dengan harga 2 jta nego..
    minat hub; 087883661181

    • Jilid 3 atau Cetakan ke-3???

  4. Sy punya e book Dbr jilid 1. yang kami alihkan dari aslinya DBR Jilid I cetakan ke 3. apa boleh di share?

    • Silakan… dengan senang hati…..

  5. dimana bisa dapatkan ebook dbr? balas..
    sudah mendapatkannye..

    salam

  6. DBR I dan II cetakan awal, dengan tempatnya “lukisan pejuang” koleksi saya..,

    Hidup Bung Karno !!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: