Sekilas Saya

Saya, Roso Daras…roso daras

Bukan siapa-siapa, hanya orang yang menggandrungi Bung Karno. Gandrung akan kecintaannya terhadap Tanah Air. Gandrung akan pemikiran-pemikirannya, dan terutama gandrung akan rasa nasionalismenya. Atas alasan itu pula, saya berusaha terus dan terus menggali pemikiran-pemikiran Bung Karno.  Setidaknya, untuk memuaskan nafsu keingintahuan saya lebih jauh tentang sosok Putra Sang Fajar.

Pergulatan saya dengan pemikiran Bung Karno, sampailah saya pada momentum yang saya sebut “kebetulan”, yakni ketika saya menulis buku “Aktualisasi Pidato Terakhir Bung Karno: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah”,  dan langsung disambut baik penerbit Grasindo (Gramedia Group),dan diterbitkan sebagai salah satu “seri pemikiran Bung Karno”, yang terbit tahun 2001, bertepatan dengan seabad Bung Karno. Momentum itu makin memompa semangat saya untuk terus memahami pemikirannya.

Pahamkah saya terhadap pemikiran Bung Karno? Jauh panggang dari api. Makin mencoba mendalami, makin merasa kecil saya. Makin berusaha mempelajari, makin bodoh saja rasanya. Sebaik-baiknya sikap, adalah tidak berhenti. Itu artinya, saya sedang dalam perjalanan memasuki belantara Sukarno.

Ibarat spon basah, semua hal yang saya coba serap, akhirnya menumpulkan otak saya. Karenanya, saya harus segera memeras spon basah tadi, agar kembali kering dan siap menerima hal-hal baru dari seorang Sukarno.

Saat ini, saya sedang menyusun sebuah buku, tidak jauh dari sosok Bung Karno. Insya Allah, tidak lama lagi akan terbit. Itu adalah salah satu upaya saya memeras spon basah. Nah, blog ini sedianya saya siapkan, manakala karena satu dan lain hal, buku tadi tidak jadi terbit. Dan jika itu terjadi, maka di sinilah akan saya tampilkan. Niatnya hanya berbagi.

Saya melihat begitu banyak komunitas pro Sukarno. Barangkali sama banyaknya dengan para pihak yang antiSukarno. Bagi saya, itu tidak masalah. Mengagumi dia adalah hak saya. Sekalipun begitu, kekaguman saya sejauh ini saya anggap normal-normal saja. Artinya, saya kagum terhadap ajaran Bung Karno, tetapi tetap dengan kesadaran bahwa, Bung Karno tidak akan lebih besar kalau saya puji…. Bung Karno tidak akan lebih kecil kalau saya maki. ***

Iklan
Published in: on 5 Februari 2009 at 15:25  Comments (11)  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://rosodaras.wordpress.com/2009/02/05/sekilas-saya/trackback/

RSS feed for comments on this post.

11 KomentarTinggalkan komentar

  1. mas Roso Daras, mohon ijinnya untuk men-share tulisan-tulisan panjenengan ini, demi meluasnya ajaran-ajaran / pemikiran-pemikiran bung karno.

    • Wah, mas Dhanik sampai nyasar ke halaman ini, pasti udah habis-habisan menjelajah yaaaa….. Share tulisan2 di blog ini? Sumonggo, kanthi remen ing manah…. demi meluasnya ajaran-ajaran/pemikiran-pemikiran Bung Karno.

  2. Bagai mana hubungan Bung Karno dengan Panglima Sudirman?? Atau dengan tokoh2 militer lainnya?

    • Dari sedikit referensi yang saya punya, mereka fine-fine saja…. Tunggu postingan tentang Bung Karno dan Jenderal Sudirman…..

  3. mas roso, nyuwun sewu saya juga minta ijin utk menyebar luaskan tlsan ini di facee book..turnuwun

    • Lha monggo…. he he he…. tur nuwun… sami-sami mas….

  4. mas roso, boleh gak saya print tulisan2 di blog ini?
    mau saya kirim buat bapak saya ^^ buat kado ultah ke 75 hehehe…

    pasti boleh kan mas? hehehe… matur nuwun sanget sebelomnya

    • PASTI BOLEH Nia… saya sangat tersanjung… semoga menjadi kado yang berkenan buat ayahanda… Salam hormat buat beliau….

      • hehe… cepet bgt balesnya ^^
        saya mau minta ijin lagi, spt javakrisna sy jg minta ijin nyebarin di facebook. copy paste boleh gak mas? sumbernya tetepppp… gak bakal lupa disertakan ^^

      • Boleh… sangat boleh…

  5. Bung Roso minta ijin buat nge-link kan blog saudara di blog saya…saya suka sekali tulisan-tulisan di blog saudara. Ditunggu tulisan terbarunya…

    Salam Sejahtera


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: