Bung Karno Buka Rahasia Cara Membunuh Dirinya

bung karno pidato2Bagi sebagian besar rakyat Indonesia, pasti –setidaknya– pernah mendengar legenda, atau dongeng leluhur. Dalam legenda-legenda atau dongeng-dongeng masa lalu, acap terselip tentang kedigdayaan seorang ksatria, seorang raja, atau seorang tokoh. Dalam banyak versi pula, masing-masing tokoh yang memiliki kesaktian tadi, sejatinya memiliki rahasia kelemahan. Masyarakat Jawa menyebut wadi.

Bahkan dalam cerita yang tentu saja fiktif, di tokoh cerita pewayangan misalnya, seorang ksatria sakti tidak bisa mati kalau tidak diserang pada titik rahasia kelemahannya, wadi-nya. Kalaupun dia mati dalam sebuah pertempuran, tetapi bukan karena diserang di bagian yang mematikan, maka dia akan hidup kembali. Kisah lain, yang acap dilakonkan dalam seni ketoprak Jawa, seorang raja kejam yang sakti, memiliki kelemahan kalau menyeberangi sungai. Maka lawannya akan memancing dia untuk menyeberangi sungai, baru bisa membunuhnya.

Banyak kisah-kisah lain yang bahkan masih hidup sampai sekarang. Pahlawan-pahlawan ternama diyakini sebagian masyarakat sebagai memiliki kesaktian. Dia tidak akan mati kalau tidak diserang di wadi, atau di rahasia kelemahannya. Nama-nama besar seperti Gajah Mada, para Wali, Siliwangi, Pangeran Diponegoro, Pattimura, Bung Karno hingga Jenderal Sudirman pun dianggap memiliki kesaktian. Bukan hanya itu, hingga saat ini pun, di sejumlah daerah, masyarakat setempat memiliki legenda-legenda tentang sosok sakti di daerahnya.

Kesaktian datang karena “laku” atau “tapa brata” atau “semedi”. Kesaktian juga bisa karena “pegangan” atau senjata yang umumnya berupa keris, tombak, dan lain sebagainya. Menurut legenda juga, kesaktian bisa didapat dari hasil tekun berguru.

Nah, benarkah Bung Karno juga merupakan manusia “sakti”? Dengan sejarah sedikitnya tujuh kali luput, lolos, dan terhindar dari kematian akibat ancaman fisik secara langsung, menjadi hal yang jamak kalau kemudian sebagian rakyat Indonesia menganggap Bung Karno adalah manusia dengan tingkat kesaktian tinggi.

Dalam sebuah perjalanan di Makassar, Bung Karno diserbu gerombolan separatis. Di perguruan Cikini, dia dilempar granat. Di Cisalak dia dicegat dan ditembaki. Di Istana, dia diserang menggunakan pesawat tempur juga oleh durjana separatis. Bahkan ketika dia tengah sholat Idul Adha, seseorang yang ditengarai dari anasir DI/TII menumpahkan serentetan tembakan dari jarak enam saf (barisan sholat) saja.

Dari kesemuanya, Bung Karno tetap selamat, tetap sehat, dan tidak gentar. Dia terus saja menjalankan tugas kepresidenan dengan segala konsekuensinya. Dalam salah satu pernyataannya di biografi yang ditulis Cindy Adams, berkomentar tentang usaha-usaha pembunuhan yang dilakukan terhadapnya, Bung Karno sendiri tidak mengaku memiliki kesaktian tertentu. Ia menukas normatif, yang kurang lebih, “Mati-hidup adalah kehendak Tuhan. Manusia mencoba membunuh, kalau Tuhan belum berkehendak saya mati, maka saya belum akan mati.”

Dengan kepemimpinannya yang tegas, berani “menentang” mengutuk politik Amerika Serikat, dengan keberaniannya keluar dari PBB dan membentuk Conefo, dengan penggalangan jaringan yang begitu kokoh dengan negara-negara besar di Asia maupun Afrika, Bung Karno tentu saja sangat ditakuti Amerika Serikat sebagai motor bangkitnya bangsa-bangsa di dunia untuk menumpas praktik-praktik imperialisme.

Seperti pernah diutarakan seorang pengamat, karena membunuh Sukarno dari luar terbukti telah gagal, maka gerakan intelijen menusuk dari dalam pun disusun, hingga lahirnya peristiwa Gestok yang benar-benar berujung pada jatuhnya Bung Karno sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara Republik Indonesia. Tidak berhenti sampai di sini, upaya membunuh secara fisik pun dilakukan dari dalam.

Celakanya, Bung Karno, entah sadar atau tidak, dalam penuturan kepada Cindy Adams pernah membuat pernyataan, “Untuk membunuh saya adalah mudah, jauhkan saja saya dari rakyat, saya akan mati perlahan-lahan.”

Orde Baru di bawah kepemimpinan Soeharto dan atas dukungan Amerika Serikat (dan kroninya), melakukan upaya pembunuhan (bisa dibilang langsung, bisa pula tidak langsung) terhadap Bung Karno dengan cara yang telah disebutkan oleh Bung Karno sendiri. Hingga Mei 1967, Bung Karno seperti tahanan rumah. Meski masih berstatus Presiden, tetapi ia terpenjara di Istana. Tidak beluar tanpa kawalan antek-antek Soeharto.

Situasi politik berbalik menempatkan Bung Karno pada stigma yang terburuk. Gerakan demonstasi mahasiswa yang didukung militer, pemberitaan media massa yang dikontrol Soeharto, membuat Bung Karno makin terpuruk. Usai ia dilengserkan oleh Sidang Istimewa MPRS, kemudian diasingkan di Bogor, kemudian disekap di Wisma Yaso, Jl Gatot Subroto. Ia benar-benar menjadi pesakitan. Yang paling menyakitkan adalah karena dia benar-benar dijauhkan dari rakyat. Rakyat yang menjadi “nyawa”-nya selama ini.

Dengan cara itu pula, persis seperti yang ia utarakan dalam bukunya, Bung Karno wafat. (roso daras)

About these ads

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2013/01/27/bung-karno-buka-rahasia-cara-membunuh-dirinya/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini.

70 KomentarTinggalkan komentar

  1. tragis….
    Sejarah memang selalu meninggalkan jejak samar

    • sedih hatiku

  2. Hmm…kapan ya,Indonesia memiliki kepala negara yg bisa mendongakkan kepala dan tidak mau di dikte oleh negara2 lain…?

    Kayaknya sampai skarang belum ada calonnya tuh !

    Dari beratus-ratus juta org Indonesia, kayaknya belum ada ya…
    Kepala negara kita yg skarng nih,sepertinya model pemimpin yg bisa di setir kesana kemari tuh.

    Bukankah begitu? Hehehe

    • Bung Karno itu bukan militer, tapi punya sikap militan yang tegas dan jantan serta jentelmen dan tidak suka bohong. dan yg sangat mengagumkan dan membanggakan ialah Bung Karno adalah Presiden Asia Afrika.Cermatilah foto Bung Karno dengan JF Kennedy. Disitu BK adalah Bos dan JFK anakbuah. Kalo sekarang, uuuh sungguh terbalik.

      • Mudah2an kita di berikan Allah Pemimpin seperti Presiden Sukarno lagi, Amiiin ….

      • Yang terakhir juga Amerika Latin sebagai bagian The New Emerging Forces>

    • orang seperti bung karno hanya terlahir sekali di dunia ini

    • Kalau dari dulu sampai sekarang kita dipimipin orang seperti Sukarno, nggak akan seperti ini keadaan kita. Saya yakin kita sudah jadi negara digdaya dan mandiri sekarang ini !

    • @iman s soekarto betul banget kamerad…konfrensi AAA (asia afrika amerika latin) mo diadakan di jakarta akhir 1965…tp telat udah dikudeta duluan ama suharto sialan :(

  3. berbau mistis, tapi oke kok !!!!

    • Bung Karno is my inspiration. Ada banyak tokoh dgn gelar pahlawan. Tapi hanya satu pahlawan favorit sata di Indonesia. Dialah Sang Proklamator, Sang penyambung lidah rakyar, Sang orator ulung Ir. Soekarno !!!

      Saya sering lihat video wktu beliau sdg orasi via You Tube. Sumpah! merinding dan terbakar gelora rasanya mendengar beliau berpidato.
      Oh…andai aku hidup di zaman itu, pasti aku langsung daftarkan diri jadi relawan saat konfrontasi dgn malaysia.

  4. Kapitalisme selalu mengalahkan musuh-musuhnya dengan cara elegan, sedangkan cara yang dipakai Bung Karno terlalu frontal dan tidak elegan.

    Menurut saya Bung Karno terlalu egois menjadi pemimpin. Bagaimana mungkin Indonesia bisa menang menentang negara-negara besar penganut kapitalisme?
    Rakyat Indonesia jaman itu saja ngurusin perut udah susah setengah mati malah disuruh berjuang segala.

    Ingat! Rakyat yang miskin dan kelaparan berpotensi besar jadi pengkhianat dalam negri.

    • tetapi setelah bung karno wafat, rakyat semakin byk yg miskin, malah jaman sekarang bayi dlm kandungan aja uda menanggung hutang negara…bung karno punya alasan menentang negara kapital, alasan utk masa depan rakyatnya..semoga akan lahir soekarno soekarno baru utk indonesia.

    • setuju! ….masyarakat yang ‘sakit’ akan menghasilkan para PEMIMPIN yang ‘sakit’… rakyat indonesia saat ini sudah semakin ‘sakit’ sejak 1966 dicuci otak oleh harto+mafia berkeley yg menanamkan gaya hidup hedonis+konsumtif kedalam alam bawah sadar masyarakat indonesia, terbukti saat ini hampir semua lapisan masyarakat terbiasa pola hidup ‘instant’ ingin cepat kaya, tidak mau bekerja keras dan rusuh

    • Ingat..sifat rakyat orang dulu lain sama orang sekarang yang materialistis dan hanya ngurusi perut aja….

  5. Semua yg ada pada diri Bung Karno selalu positif, menyenangkan, mengagumkan, aku hampir tidak bisa melihat sisi negatif dari Bung Karno, kecuali…. melarang The Beatles datang ke Indonesia.

    • Karena saat itu The Beatles menjadi salah satu duta terselubung freemason (zionis)

  6. Sugeng enjing……..Mas Roso,
    Rahajeng……….salam dari Bali

    • Halooo mbak Christin!!! Apa kabaaaarrrr?

  7. mbak.itu sumber nya dari mana ya ? apakah dari buku terbitan ? kalau boleh tahu apa judul nya ?

  8. mari kita tiru yang hal2 yg baik dr bung karno

  9. What a amazing president which Indonesia ever had. Deeply & truly his loves,spirits and soul only to the people. All country and universe would be he fought it, just to re-claimed the prosperity of Indonesia Raya…..

    Love you first President’s.. Ir. Soekarno

  10. SOEKARNO, BUNG KARNO, adalah penyambung lidah rakyat, beliau akan benar2 mati, bl tak berkumpul dg rakyat, tdk bs menyalurkan asrpirasi rakyat, tdk bs mnjd corong rakyat,…dia seakan terbeku dlm kamar berdinding kaca tbl bs melihat tnp bs berteriak….

  11. Sang soeharto dan antek anteknya telah mendapat karma,
    hanya allah yang tahu segalanya,semoga akan ada soekarno 2 indonesia..

  12. astaghfirullah Pak. suharto sangat kejam, dan licik..

  13. biarkan orang2 yg dzolim itu merayakan kemenangannya tapi aku yakin kebenaran akan tetap benar dan putih tetap putih walaupun dilihat dalam malam atau siang hari, karena semua tahu bahwa Tuhan itu tidak buta dan tidak tuli

  14. Ooooo wajarlah saat sekarang ini kita masih terus dijajah oleh kepentingan2 asing, rupanya awalnya begitu yaa ? … Mudah2an kita bisa terlepas dan terbebas dari penjajah2 asing yang mau menang dan untungnya sendiri, sedangkan sebagian masyarakat kita masih tetap dalam keadaan kekurangan dan miskin.

  15. KIta bisa menarik beang merah bahwa kecintaan Bung Karno kepada rakyatnya melebihi kecintaan kepada dirinya sendiri dan keluarganya. Bisakah Presiden 2014 nanti mengembalikan rasa cinta tanah air dan bangsa ini tertanam kembali di setiap dada putra putri Ibu Pertiwi ? Wallahualam bisawab. Mudah2an.

  16. Orang yang memiliki ambisi yang rakus akan kekuasaan dan tidak tau balas budi benar2 membuat buta seseorang. perlakuan yang tidak mencerminkan seorang jendral kepada kepala negara. Bahkan Jendral bintang 5 yang didapat tak pantas disandangnya,,, “Soeharto” ,,, hmmmm

    pantas keluarga soekarno tidak ada yg melayat saat ajal menjemputnya…

  17. satu lagi yang patut dijadikan bahan kajian adalah, maret 1966 KKO dengan komandannya mayjen HARTONO akan mendatangkan belasan ribu pasukannya ke jakarta untuk menghancurkan RPKAD,kostrad beserta konco, begitu pula AURI yg siap mengebom markas kostrad dan RPKAD… belum lagi dukungan sebagian besar pasukan brawijaya,dipenogoro,menpor BRIMOB dan siliwangi….semuanya menunngu perintah BK,TAPI BK tidak memerintahkan hal itu terjadi disebabkan hal itu justru akan menghancurkan revolusi 17 agustus 1945 yg cape2x diperjuangkan dan dipertahankan mati2xan plus membuat republik terpecah belah (ingat nasib yugoslavia?) ….belum lagi intervensi NATO dan armada ke 7 amerika yg siap melakukan serangan masif ke jakarta dan daerah2x lain….dan tidak terbayang bila perang saudara terjadi… kejadian di libya,irak dan syria sekarang2x ini akan kita rasakan sampai SAAT INI….kekayaan alam kita akan dirampok terang2xan, warisan budaya kita dibawa keluar negeri untuk jd koleksi pribadi dan museum2x mereka :(

  18. bungkarno org sakti ? benar percaya atau tdk sampai hari ini beliau msh hidup, sht wallakfiat disuatu tempat,,,nyata bukan rekayasa

    • Betul,
      Soekarn0o skarng ini sdang “nglintang sukma”, dan ia akn muncul saat “jawa” berumur 1500, yg disebut ratu adil!

  19. coba punya presiden seperti presiden sukarno <,,,hmm mana ada yg kayak gitu lagii… tapi saya bingung knp waktu suharto meninggal dia di nobatkan sbgai pahlawan?? sedangkan udh ketawan korupsi banyak dan dia juga yg ngancurin indonesia bikin banyak hutang ke negara lain aja

    • maaf bung sejak kapan suharto diberi gelar pahlawan nasional??? :P

  20. mungkin 2036 ada presiden muda indonesia yang baru muncul dari alas baru klinting.

  21. wahai pak karno…. ku ikuti jiwa mu yg pergi…. akan ku teruskan perjuangan mu…… demi ALLAH DAN NEGRI ini aku siap mati lahir batin membela bangsa ini…… egkau selalu ku doakan…. egkau adalah penyambung lidah rakyat…. banyak remaja sekarang yg tak tau kisah perjuangan mu…..karna anak muda sekarang sudah kerasukan budaya dari korea…. aku sanggat bangga bisa lahir di tanah negri ku INDONESEA RAYA….alam yg luas dan tak ada batas nya……
    ku ikuti gaya mu kelak… suatu saat ku akan meneruskan perjuangan mu….. SLAMAT JALAN WAHAI PAK.KARNO

  22. Soekarno, bila membaca biografimu, aku iri pada Cindy Adams, ha ha. Kau Laki-laki indonesia sejati, orang Jawa sejati, Muslim sejati, sejatinya pemimpin. Kata-katamu ‘sembodo’ dengan laku kepemimpinanmu. Mungkin begitulah kira-kira… hari ini kami merayakan apa yang panjenengan dkk perjuangkan 68 tahun silam. matursuwun.

  23. Apapun sebab kematiannya sampai matipun saya akan selalu dendam kepada semua yg bertanggung jawab atas semua manusia yg telah menyebabkan kejatuhannya, kejatuhannya adalah kejatuhan Indonesia seutuhnya, dendam ini terus akan menurun kepada keturunan saya, ketika saya mati biarkan keturunan saya yg menghabisi keturunan mereka, sedangkan mereka akan saya cari dineraka agar saya puas membunuh mereka berkali kali.., akan saya godog dendam ini hingga lebih panas dari api neraka sekalipun.,

  24. Penerus dan antek2 hartois masih kuat..
    Sulit lepas dari cengkraman iblis2 NEOKAPITALIS yang memang udah di welcome kan oleh harto dan antek2nya!!

    Pelajaran juga perjalanan Bangsa ini sudah banyak, tapi masih juga belum beranjak untuk siap di GEMBLENG oleh Keadaan!

    Perjuangan melawan Bangsa sendiri memang teramat sulit, wahaii SUKARNO…

  25. tahun 61 sukarno memperjuangkan irian barat dgn TRIKORA. beliau tahu disana ada gunung emas grasberg yg sangat berharga, yg dapat memakmurkan indonesia. Itulah peninggalan emas soekarno yg dapat melunasi hutang2 dan memakmurkan rakyat indonesia. Sukarno dan JFK berteman baik, mereka dianggap sebagai ganjalan bagi kepentingan freeport yg pada saat itu sudah mengetahui gunung emas grasberg, hingga pada akhirnya JFK dan sukarno harus disingkirkan. JFK ditembak mati, sukarno disingkirkan melalui kudeta yg yg dilakukan oleh soekarno cs yg disebut sebagai “our lokal army friends” oleh freeport yg didalangi oleh augusta c long. Setelah sukarno jatuh, suharto “menjual” gunung emas tersebut kepada freeport. Hasil freeport dari tambang grasberg: 162 milyar rupiah perhari. Indonesia hanya mendapat 1% dari jumlah tersebut. hebat ya???

  26. Semoga kelak Jokowi bisa seperti Bung Karno, bukan saja untuk warga DKI tapi untuk bangsa Indonesia…

  27. semoga saja bisa muncol sosok yang gagah berani di negara dan tanah ari INDONESIA ku seperti sosok BUNG KARNO MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  28. Mungkin beliao telah merasakan getaran bahwa dirinya harus pergi meninggalkan Dunia politik dan telah memilih di alam yang abadi….

  29. .aku bngga lahir diBlitar. .lhirnya pahlawan Bung Karno dan Supryadi. .taukah anda,batu yg trdpat dimakam Bung Karno. .kalau dilihat dari belakang batu itu menyerupai macan tidur. .katanya macan itulah yg mnjga makam Bung Karno. .didekat makam,ada perpustakaan Bung Karno. .ada sebuah lukisan Bung Karno,kalau dilihat dari samping terlihat detak jantung lukisan Bung Karno(seperti lukisan hidup). .
    .BLITAR KUTO CILIK SENG KAWENTAR.

    • maaf mas BK lahir di SURABAYA bukan di BLITAR….tempat lahir BK sengaja dipalsuin ama dinas penerangan angkatan darat

      • .kalau aku gk tau mz. .tp kenapa makam Bung Karno ada Blitar. .dan makam orang tua Bung Karno juga ada diblitar…

      • ini merupakan trik penyesatan sejarah ORDE BARU mas, dimana BK dipisahkan dari masa perjuangannya di surabaya (indekost di rumah raksasa pergerakan HOS tjokroaminoto)….di wikipedia saja disebutkan BK lahir di Surabaya…..testamen BK sebelum wafat beliau minta dikebumikan di daerah yg dekat dengan sungai, sawah, padang rumput yg luas dan di bawah pohon rindang dan tentu saja tempat tersebut bukanlah di BLITAR

  30. SUKARNO adalah tokoh yg hidup bukan dizaman saya hidup, tapi karismanya masih saya rasakan hingga saat ini…pernah terjadi di pertengahan tahun 2002 saya bermimpi kembali ke tahun 1965…ketika itu saya melihat ada sepasang suami istri (tourist)…namun pada saat itu saya mencurigai mereka adalah mata2x amerika…lalu saya ikuti kemana mereka pergi…hingga kemudian saya sadari mereka pergi menuju istana negara melalui pintu depan..sungguh kaget saya saat itu..hingga karena sudah kepalang basah akhirnya saya ikuti juga mereka masuk kedalam istana, ternyata diteras istana sudah ada sukarno berdiri mempersilahkan mereka untuk masuk..setelah itu tinggal saya dibelakangnya..dan sukarno pun melihat saya dan mengatakan…”mari dek..silahkan masuk”…sungguh terkejut saya saat itu dan tidak bisa berkata kata..karena yang berbicara padaku adalah bung karno..spt shock yg terjadi pada diriku hingga aku terbangun dari tidurku…sungguh suatu mimpi yg jarang terjadi..setelah itu kucoba ingat2x lagi..ternyata sosok sukarno yg kulihat sudah memutih rambutnya namun masih segar kondisi tubuhnya…hingga saat ini mimpi itu masih terkenang..entah pertanda apa ini…wallahualambisawab.

    • Bung Karno memang lahir di SURABAYA… Gelagat kepemimpinannya diketahui pertama kali oleh nenek sukarno.. Waktu itu dia masih bayi digendong neneknya pagi2 dibawah sinar sang fajar.. Tiba2 neneknya berkata ke ibu sukarno yg lagi menjemur baju.. “Nduk, openono anakmu iki… Cah iki duwe jiwa pemimpin.. Sok mben cah iki dadi pemimpin seng dukur”..

      • Saya di ceritani kakek saya, katanya ketika di arab atau mesir (lupa saya), bung Karno ada sebuah pertemuan dengan pemimpin disana.. Ketika hendak pulang, dia lupa membawa tongkat komandonya… Kala itu orang2 sana mencoba mengembalikan ke Bung Karno, tapi tak seorang pun yg bisa mengangkat tongkat itu… Sampai – sampai bung karno sendirilah yg kembali ke negara tersebut dan mengambil tongkat itu… Orang2 sana hanya bisa melongo dan super duper heran…

        Satu lagi, Adolf Hitler yg katanya meninggal di Indonesia dan makamnya di ngagel, Surabaya… Dia sewaktu sembunyi di Indonesia (pulau Bangka tepatnya), selalu mendengarkan pidato bung Karno melalui radio.. Hitler sangat mengagumi sosok sukarno…

  31. itulah sejatinya orang indonesia

  32. Kapn presiden wafat, dan dimana, karna apa,?

  33. Andai soeharto di bunuh dari jaman sukarno. Pasti indonesia akan berbeda dari sekarang

  34. Saya rindu sosok pemimpin seperti pak Soekarno, Sang Proklamator Indonesia..

  35. Riwayatmu pak pres…mnjadikankj bangga mjd anak negri.
    maafkan saya pak. saya tidak banyak membantu negri ini. alhasil negri ini sedang dalam masa kehancuranya.

  36. Nyesek pol pas bacanya. Kenapa presiden harus mati dg cara seperti itu T__T

    • siapa pun presiden nya kalo masyarakat tidak keminter yo aman dan tenang saja…………

      • bethul mas darmin :D

  37. jangan lupakan jasa pak harto juga…beliau juga bagian dari kisah yang ada….semua presiden pasti ada baik dan buruknya…piye penak jamanku tho….

  38. @anton gimana enggk “penak” kalo korupsi 7 turunan enggak ada yg utak-atik pas mampuspun HARTO dapat upacara militer nan megah….”piye kabare lee uennak jaman ku tooo ora ono KPK sing nyekel sampeyan tooo…kulo korupsi ora ono neng ndelok, AMAN kabeh…” :P

  39. Uenak jamanku Gunduul Pringiis.. !!
    Wes entek2an dikorupsi di dol, nyebutke uenak…

    Maling yo harto karo antek2 ikuu tooo… !

    • yang paling jelek adalah masyarakat yang hanya bisa mengolok pemimpin sendiri dan tidak ada bukti membangun bangsa ………..

      • MASBULOH >>>>> maslah buat loe :P suharto bukan seorang pemimpin dia cuman PENGUASA

  40. ya elah jaman suharto mana ada KPK, ABRI (polisi & TNI) dibawah kekuasaan pa ato, siapa berani nge post berita korupsi, tapi yg namanya HARTA HARAM ya begitu liat saja skrg keluarga cendana kaga ada yg bahagia, anak rebutan harta sampe ibu tien kena tembak anaknya sendiri, hampir semuanya bercerai kagak akur, cicit nya make narkoba

  41. aku bangga mempunyai hal yang aku rasa bnyak menyerupai eyang soekarno ,brjiwa dualisme dan hdup d naungan bintang gemini itulah salah satu ,kata mbah kakung ku bung karno prnah brkata indonesia akan menjadi negara yg besar dan mempunyai kuasa namun smua itu tdak bsa kta raih secara INSTAN kta harus bso jwo ne senep disek baru sneng2 senep e nganggo coro cintai produk dlam negeri,

  42. @darmin ,kmu tuh org yg kya x tau sjarah tpi koq pesimistis trus keminter

    @anton,sampah negara yg ga ngerti sjarah

  43. Yg paling bagus ya pak harto… Semua cerita jelek tu kan dikarang buat jelekan pak harto..makane klo baca sejarah bkn indonesia ja baca jg sejarah dunia…sejarah yg asli bkn yg sdh diubah ma penguasa dunia yg super duper kaya…maka kalian kan th klo mei1998 tu dalangnyasiapa..tujuanya apa..yg pasti pak harto tu ngak pernah melanggar ham apapun.dia hanya difitnah seperti sadam hussein moammar qadaffi dll..klo dl pak harto ngak mundur justtu kita akan perang ma amrik sperti irak libya..baca tuh siapa penguasa dunia yg sbnrnya..maka kalian akan sgt trkejut klo th ni dunia sbnrnya dikuasai hnya oleh bbrp kluarga ja..n lbh trkrjut lg tu klrga yg pasti ngak islam ato nasrani..

  44. ^^ atas gw bwahahahhahah :D … satu lagi tim sukses the famous suharto’s 50 cents internet army is on the move….geli2x mo muntah baca komen lo….yg baking kudeta suharto tahun ’65 emang siapa huh? AMERIKA dan INGGRIS…suharto tuh ibarat abis manis sepah dibuang ama AMERIKA gara2x terlalu rakus :P

  45. tutuplah pintu masa lalu yang kelam
    dengan masa depan yang cerah
    kita semua harus berdoa “semoga pemimpin kita kedepannya bisa menjadi pemimpin yang mempunyai sikap spritual, etis, tegas, dan juga bertanggung jawab”
    wailai ilai nasir . . .

  46. coba anda lihat soekarno di youtube sampai selesai, disitu akan terjawab semuanya,……dengan link http://www.youtube.com/watch?v=b3AQhIA6fMU,…….terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 329 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: