Ki Ageng Suryomentaram

Ada apa dengan Ki Ageng Suryomentaram? Ada Bung Karno di balik sosok Kejawen yang satu ini. Nama Ki Ageng Suryomentaram, melekat begitu dalam bagi siapa pun pengkaji “ilmu kaweruh”, ilmu kejiwaan ala Jawa. Petuah-petuahnya, wejangan-wejangannya sangat berisi. Lahir dari sebuah endapan penjiwaan yang panjang.

Sedikit introduksi, Ki Ageng Suryomentaram adalah sosok darah biru dari kasultanan Yogyakarta. Dia adalah putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono VII. Pria yang lahir di Keraton Yogyakarta pada 20 Mei 1892 itu, juga dikenal sebagai paman dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Raja Yogya paling berpengaruh, dan terkenal dengan bukunya, “Tahta untuk Rakyat”.

Sebagai putra raja, maka Ki Ageng Suryomentaram dengan sendirinya merupakan seorang Pangeran. Pewaris tahta kerajaan. Akan tetapi, ia meninggalkan status ke-Pangeran-an, juga meninggalkan kehidupan keraton dan minggir ke wilayah Bringin, Salatiga. Di sana ia hidup sebagai petani. Di kesejukan Salatiga, Ki Ageng Suryomentaram memusatkan seluruh daya dan perhatiannya untuk menyelidki masalah-masalah kejiwaan.

Dalam masa itu, ia menggunakan dirinya sendiri sebagai “kelinci percobaan”. Banyak hasil kontemplasinya yang kemudian dituang dalam bentuk “serat” atau tulisan. Tidak berhenti di situ, Ki Ageng Suryomentaram kemudian memiliki “pengikut”. Bahkan kemudian Ki Ageng Suryomentaram acap melakukan perjalanan ke berbagai kota untuk memberikan wejangan dalam bentuk ceramah-ceramah, dengan jumlah pengikut yang terus bertambah. Salah satu nama sesi ceramahnya adalah Junggring Salaka Agung (pertemuan besar antara pelajar-pelajar Ilmu Jiwa dari Ki Ageng Suryomentaram).

Beberapa materi ceramah bahkan sudah dibukukan dan diterbitkan oleh Yayasan Idayu. Misalnya serial tentang Mawas Diri, Ilmu Jiwa Kramadangsa, dan Wejangan Pokok Ilmu Bahagia.

Nah, tahukah Anda… Bung Karno termasuk orang yang menggemari pemikiran-pemikiran Ki Ageng Suryomentaram. Keduanya acap melakukan dialog tentang Ilmu Jiwa, Ilmu Mawas Diri dan lain sebagainya. Jika keduanya sudah berbicara, maka semua bentuk protokoler hilang. Ki Ageng Suryomentaram akan menerima Bung Karno dengan sangat santai, berkaos oblong, bersarung… sekalipun Bung Karno (misalnya) datang dengan busana kepresidenan.

Ingin rasanya mengutip tulisan-tulisan Ki Ageng Suryomentaram di blog ini. (roso daras)

About these ads
Published in: on 21 Januari 2012 at 08:39  Comments (13)  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2012/01/21/ki-ageng-suryomentaram/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

13 KomentarTinggalkan komentar

  1. pak apa benar beliau lahir 20mei 1982 seperti yg bapak tulis ?

    • Bung Anton, mohon maaf, saya keliru kutip/ketik. Yang benar kelahiran 1892. Kesalahan sudah saya koreksi. Matur nuwun.
      Merdeka!!!

  2. Beliau merupakan priyayi kasultanan Ngayogyakarto Hadiningrat yang melakukan kehidupan Sufistik. Selain itu sumbangannya dalam mempersiapkan Kemerdekaan al; Bersama tokoh lain al Ki hajar Dewantara mempelopori berdirinya perguruan Taman Siswa Selain itu bersama Ki gatot Mangkuprodjo dan Bung Karno beliau mendirikan PETA yang merupakan cikal bakal TNI kita. Tidak heran kalau beliau dekat dengan Bung karno. Kata ayah saya yang orang asli Jogja kalau Bung karno ke Jogja selalu menyempatkan ketemu Ki Ageng. Merdeka !!

  3. Itu tahun kelahirannya salah ya? Kok 1982?

  4. sukses selalu buat bapak roso, yang terus memberikan pada kami nilai kearifan sang putra fajar, dan terus membawa sejarah agar tidak terlupakan atau di paksa untuk melupakan.. kalau boleh saya meminta sedikit informasi tentang ideologi soekarno, “Marhaenisme”.. nyuwun penjelasanipun.. terima kasih..

  5. terima kasih dumateng bapak roso yang sudah membukakan jendela ilmu bagi kami untuk lebih tau atas jejak langkah sang penyambung lidah rakyat. kalau boleh, kami meminta penjelasan dan ulasan lebih mendalam tentang ideologi sang putra fajar “Marhaenisme” dan tentang kabar asal usul bung karno yang sesungguhnya.. matur nuwun

  6. terima kasih dumateng bapak roso yang sudah membukakan jendela ilmu bagi kami untuk lebih tau atas jejak langkah sang penyambung lidah rakyat. kalau boleh, kami meminta penjelasan dan ulasan lebih mendalam tentang ideologi sang putra fajar “Marhaenisme” dan tentang kabar asal usul bung karno yang sesungguhnya.. matur nuwun

  7. Seorang Tokoh yang masih misterius secara hakikat…
    Siapa sebenarnya Ki Ageng Suryomentaram.. ??

  8. terima kasih atas tulisannya. perkenalkan, nama saya ismunandar, saya ketua cabang pelajar kaweruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram yang tinggal di salatiga. kami mengadakan pertemuan sebulan sekali dan banyaklah manfaat yang didapat. Orang-orang yang stress mulai terbuka hatinya. mereka yang dulu gampang marah sekarang bisa bersabar. Sungguh ilmu karuh Jiwa membuat hidup ini tersa tabah, tenteram dan damai.

    • Mohon maaf, Pa ismunandar kalau boleh alamat lengkap Salatiga nya dimana kalau ada Umur,rizky saya sowan, Tks Danu

      • saya tinggal di salatiga permai vi/140-141, blotongan, sidorejo, salatiga. Sekarang salatiga mengeluarkan buletin MARIFAT RASA harga langganan per bulan 5000= ongkos kirim 5000= 10 ribu. ini sudah terbit 3kali mulai juli Agustus september. bagi yang ingin berlangganan silakan kontak ke nomor HP 085640564692, atau tilpon rumah (0298) 340181

  9. Jangan pernah berhenti mengali Dan memberikan informasi terkaya dengan sejarah kepahlawanan putra Sang Fajar MERDEKA terimakasih Pak Semoga kita eling dengan pendiri bangsa ini

  10. dalam sejarahnya beliau mempunyai seorang putra yang berusia 40 hari dibawa kecilacap yang menjadi pertanyaan siapakah nama anak itu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 350 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: