Bung Karno di Mata Penyair Indonesia

Yayasan Seni & Budaya Gema Patriot, Jakarta pada tahun 1996 menerbitkan sebuah ontologi: Bung Karno di Mata Penyair Indonesia. Simak salah satu syair kreasi penyair Indonesia berikut:

Jikalau aku berdiri di pantai Ngliyep

Aku mendengar Lautan Hindia Bergelora membanting di pantai Ngliyep itu

Aku Mendengar lagu Indonesia

Jikalau aku melihat sawah-sawah yang menguning-menghijau

Aku tidak melihat lagi batang-batang padi yang menguning-menghijau

Aku melihat Indonesia.

Jikalau aku melihat gunung gunung

Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Merbabu, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Kalabat, dan gunung-gunung yang lain

Aku melihat Indonesia.

Jikalau aku mendengarkan lagu-lagu yang merdu dari Batak, bukan lagi lagi Batak yang kudengarkan

Aku mendengarkan Indonesia.

Jikalau aku mendengarkan Pangkur Palaran dari Jawa, bukan lagi Pangkur palaran yang kudengarkan

Aku mendengarkan Indonesia.

Jikalau aku mendengarkan lagu Olesio dari Meluku, bukan lagi aku mendengarkan lagu Oleisio

Aku mendengarkan Indonesia.

Jikalau aku melihat wajah anak-anak di desa-desa dengan mata bersinar-sinar berteriak “Pak, Merdeka!, Pak, Merdeka!, Pak, Merdeka!”

Aku bukan lagi melihat mata manusia,

Aku melihat Indonesia.

Sebuah apresiasi yang tinggi dari para penyair terhadap perjuangan Bung Karno mewujudkan sebuah negara bernama INDONESIA. (roso daras)

Published in: on 8 Juli 2011 at 10:42  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2011/07/08/bung-karno-di-mata-penyair-indonesia/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 357 pengikut lainnya.

