Kesaksian Maulwi Saelan, Wakil Komandan Tjakrabirawa

Beberapa waktu lalu saya menemukan buku H. Maulwi Saelan, Kesaksian Wakil Komandan Tjakrabirawa, Dari Revolusi 45 sampai Kudeta 66. Buku ini, sepertinya, pernah saya baca sekitar tahun 2001. Benar. Ini memang buku yang sama untuk cetakan yang ketiga. Buku ini menarik, karena memuat kesaksian saksi mata, orang dekat, orang ring satu-nya Bung Karno: H. Maulwi Saelan.

Sebagai Wakil Komandan Tjakrabirawa, sebuah resimen yang bertugas mengamankan presiden, Maulwi Saelan tahu banyak jalannya sejarah yang terjadi sejak tahun 1962 hingga lengsernya Bung Karno. Ia sendiri termasuk tentara yang dipanggil khusus ke Jakarta dari Makassar untuk mengonsep dan mempersiapkan pembentukan Resiman Tjakrabirawa tersebut. Jabatan pertamanya adalah Kepala Staf dengan pengkat Kolonel CPM.

Dalam buku tersebut, Maulwi membeberkan secara gamblang ihwal tragedi Gerakan 30 September 1965 atau yang Bung Karno selalu istilahkan sebagai Gerakan 1 Oktober (Gestok). Maulwi dengan sangat pasti menyebut bahwa gerakan itu merupakan kudeta yang dilakukan Soeharto kepada Sukarno. Tentu saja, ini murni pandangan Maulwi Saelan, dengan dukungan kesaksian sebagai saksi hidup.

Selain topik hangat tersebut, buku ini juga mengulas riwayat karier Maulwi yang juga pernah tercatat sebagai kiper PSSI. Karenanya, ia dikomentari oleh Dr Asvi Marwan Adam dalam kata pengantarnya, dengan istilah Penjaga Gawang hingga Penjaga Presiden.

Pada bagian lain, ia mengulas juga sejarah lahirnya Resimen Tjakrabirawa. Nah, yang ini nanti akan saya kupas khusus, guna memenuhi “request” tamu blog ini.

Sebenarnya masih banyak kandungan buku ini. Tapi jari-jemari ini sungguh berat buat disuruh menari di atas tuts laptop. Bisa jadi karena pengaruh “jetlag” mudik, kemarin dulu…. Karenanya, saya sudahi saja info tentang salah satu koleksi buku (referensi) saya tentang sosok Bung Karno ini.

Sebagai penutup, saya kutipkan kata-kata Bung Karno yang diucapkan khusus kepada Maulwi Saelan pasca tragedi Gestok. “Saelan, percayalah! Saya yakin nanti sejarah akan mengungkapkan kebenaran dan siapa yang sebetulnya benar, Soeharto atau Sukarno!”. (roso daras)

About these ads
Published in: on 15 September 2010 at 12:03  Comments (18)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2010/09/15/kesaksian-maulwi-saelan-wakil-komandan-tjakrabirawa/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

18 KomentarTinggalkan komentar

  1. saelan adalah pelaku sejarah penting

  2. “Saelan, percayalah! Saya yakin nanti sejarah akan mengungkapkan kebenaran dan siapa yang sebetulnya benar, Soeharto atau Sukarno!”

    saya suka kutipan kata bung karno yg diatas .MANTAP!!!

    • yah saya sangat setuju sekali, dengan kata2 Bung Karno, yg disampaikan oleh Pak Saelan, mudah2an allah tidak sare, mana yg benar dan mana yg salah, allah pasti menunjukkannya amin

  3. saya pernah menyambangi pak maulwi di jalan bendungan…rupanya msh ada ya…

  4. saya punya bukunya dan sering membacanya.. memang buku ini sangat bermanfaat.. saya suka.. apalagi saat sukarno di cover bukunya mengatakan hal demikian kepada Saelan..

  5. Bung Roso Daras, teruskan menulis tentang buku ini, kami menunggu. Sementara saya sudah link ke blog kami: Menggali Sejarah Bangsa Indonesia http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=112751855447635&ref=ts Kami undang Bung Roso Daras dan tamu-tamunya untuk join di blog kami. Tks

  6. ya, seperti yang Soekarno katakan, biar sejarah yang akan menjawab, siapa yang sebenarnya dalam posisi benar, Soekarno atau Soeharto??
    Waktu sudah dan sedang mulai menjawabnya…

  7. Saya secara ngak sengaja browse google dpt tulisan Bapak ini! Senangnya saya bisa membaca kisah hidup dr Bung Karno, dulu alm kakek & nenek saya yg sering bercerita ttg kehebatan Bung Karno, begitupun ayah dan ibu saya yg grown up di era Bung Karno…Semakin mengagumi saja tokoh Bangsa nan Hebat ini! Thank you Pak Roso Daras for your wonderful writing!

  8. Yahhhh…sdh saatnya Indonesia jadi mercusuar dunia seperti cita-cita beliau.MERDEKAAAAA…..Maju JAYA INDONESIAKU

  9. frankly TJAKRABIRAWA is had more DETERENCE EFFECT than today PASPAMRES..and the name TJAKRABIRAWA is kinda AGITATED,MYSTICAL,GRACE and FRIGHTENED in the same time…it’s just my 2 cents

  10. keren

  11. buku tersebut saya juga miliki sebelum saya menemukan blog pak roso, banyak buku pak soekarno saya kumpulkan termasuk buku tentang sejarah gestok yang telah diputarbalikan sehingga nama bung karno menjadi redup, saya juga memiliki bukunya pledoi omerdhani dan ada tandatangan asli beliau, makasih pak roso blog bapak akan banyak membantu kami generasi muda melihat bagaimana sejarah sebenarnya, saya termasuk generasi muda soekarnois dan walaupun sejarah itu tidak diluruskan namun kita bisa menilai siapa yang benar dan siapa yang salah, dan hanya tuhan yang tahu.

  12. ditunggu pak tulisannya …maaf ya pak ngarep neh

  13. Dear All,

    Dimana saya bisa download ebooknya???

    Regards!

  14. sayang SBY beda bnget sma pak karno

  15. Saya pernah baja buku itu. Banyak sejarah yang selama ini kita tau ternyata menyimpang. Kebenaran hakiki pasti akan terkuak.

  16. Kudeta oleh USA dengan menjadikan Soeharto sebagai kaki tangan dengan imbalan kekuasaan sebagaimana kita saksikan dan alami. Kalo itu hanya dipahami kudeta yang dilakukan Soeharto tak mungkin bisa terjadi. USA selalu mempelajari sejarah bangsa2 lain. Berhubung Soekarno menjadi “Bengal” dengan bersekutu dengan Komunis yang kala itu sangat kuat perseteruannya dengan kapitalis.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 350 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: