Misteri Tongkat Komando Bung Karno

Bung Karno dan Tongkat Komando

Dalam banyak dokumentasi foto Bung Karno, tidak sedikit yang menampakkan sosok Putra Sang Fajar itu memegang atau mengempit tongkat komando. Dalam hierarki kemiliteran, posisinya sebagai Panglima Tertinggi, tentu saja merupakan hal yang wajar jika ia sering terlihat memegang tokat komando. Sama seperti yang sering kita lihat, ketika Panglima TNI, Panglima Kodam, Kapolri, memegang tongkat komando.

Akan tetapi, tidak begitu dari kacamata spiritual. Kalangan yang percaya hal-hal ghaib. Kalangan yang percaya adanya kekuatan tertentu pada benda-benda keramat. Kalangan yang percaya adanya hal-hal metafisik yang tidak bisa dibahas dengan kalimat lugas, dan tidak bisa dinalar dengan pola pikir normal. Nah, kelompok ini, begitu eksis di Indonesia, sejak dulu sampai sekarang.

Di antara kalangan mereka, percaya betul bahwa tongkat komando Bung Karno bukanlah sembarang tongkat. Tongkat komando Bung Karno adalah tongkat sakti, yang berisi keris pusaka ampuh. Bahkan, kayu yang dibuat sebagai tongkat pun bukan sembarang kayu, melainkan kayu pucang kalak. Pucang adalah jenis kayu, sedangkan Kalak adalah nama tempat di selatan Ponorogo, atau utara Pacitan. Di pegunungan Kalak terdapat tempat persemayaman keramat. Nah, di atas persemayaman itulah tumbuh pohon pucang.

Ada begitu banyak jenis kayu pucang, tetapi dipercaya pucang kalak memiliki ciri khas. Salah satu cara untuk mengetes keaslian kayu pucang kalak, pegang tongkat tadi di atas permukaan air. Jika bayangan di dalam air menyerupai seekor ular yang sedang berenang, maka berarti kayu pucang kalak itu asli. Tetapi jika yang tampak dalam bayangan air adalah bentuk kayu, itu artinya bukan pucang kalak. Pucang biasa, yang banyak tumbuh di seantero negeri.

Begitulah sudut pandang mistis masyarakat spiritual terhadap tongkat komando Bung Karno. Alhasil, tidak sedikit yang menghubungkan dengan besarnya pengaruh Sukarno. Tidak sedikit yang menghubungkan dengan kemampuannya menyirap kawan maupun lawan. Tidak sedikit yang menghubungkan dengan “kesaktian” Sukarno, sehingga lolos dari beberapa kali usaha pembunuhan.

Apa kata Bung Karno? “Ah… itu semua karena lindungan Allah, karena Ia setuju dengan apa-apa yang aku kerjakan selama ini. Namun kalau pada waktu-waktu yang akan datang Tuhan tidak setuju dengan apa-apa yang aku kerjakan, niscaya dalam peristiwa (pembunuhan) itu, aku bisa mampus.” (roso daras)

About these ads

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2009/07/02/misteri-tongkat-komando-bung-karno/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

77 KomentarTinggalkan komentar

  1. mnrut bapak,,,bung karno akan hadir kembali tidak?d zaman sekarang ini?

    • Dalam pengertian harfiah… tentu saja tidak. Tp dalam pengertian spiritual, who know’s…. Kita berharap, ajaran-ajaran Bung Karno menjadi inspirasi bagi pemimpin sejati… entah kapan… Dan yang jelas, bukan satu pun di antara tiga capres yang ada sekarang….

      • hah…. itu betull….

      • Kalo gue gak setuju ajaran2 Bung Karno menjadi inspirasi…kalo ajaran2 Nabi Muhammad SAW menjadi inspirasi baru gue setuju,karena sudah terbukti & diakui oleh umat di seluruh dunia…apalagi…

      • Y AP IY….SOTOY AH

      • @fi halim yu “umat” yang mana dolo gan? :P

  2. wahh
    mistis banget yak!!

    blogwalking aja ahh

  3. Blognya menarik pak.
    Senang menemukan dan membacanya.
    Ijin reblog boleh kan.
    Terimakasih banyak…

  4. Benar perkataan Bung Karno, segalanya ditentukan Tuhan Yang Esa.

  5. Mulai dari kaca mata. tongkat dan masih banyak lagi aksesoris bung karno yg dianggab sakti baik oleh orang2 dijamannya maupun orang2 yg lahir setelah bung karno wafat, tapi gue tak percaya begitu saja sebelum melihat dengan mata sendiri.

  6. kadang2 ada mistisnya juga memang

  7. REVOLUSI BELUM SELESAI!!!
    SHAPING AND RESHAPING…
    TOOLING AND RETOOLING…
    BAGAIKAN ORKESTRA SIMPHONI JEBOL DAN BANGUN…

  8. yach…. spirit dan rasa nasionalesmenya Bung Karno itu yang harus di bangkitkan kembali boeat generasi sekarang ini… Tak loepa Salam kenal juga pada yg empunya blog ini…Mean yach ke sekitar akar rumput

  9. Bukan Tongkat Biasa..
    wah wah
    keren xD

  10. Setuju dengan pendapat Bung Karno, semua karena kehendak Allah, itulah kata2 seorang Muslim sejati.

    Kayu Pucang Kalak saya rasa tak lebih hebat dari Kayu Ulin yang cuma dapat tumbuh di bumi Kalimantan (termasuk Malaysia Timur). Kayu Ulin (Eusyderoxilon Zwageri, T.Et.B) atau kayu besi amat kuat terhadap gerusan air sehingga di tempat kami digunakan untuk berbagai keperluan, bahkan dibikin atap (Sirap).
    Mereka yang percaya pada kekuatan benda (dinamisme), bukan termasuk orang yang benar2 percaya kepada Tuhan (musyrik).
    Bagi umat Muslim jangan percaya kepada hal2 demikian, percaya saja secara total kepada Allah (hasbunallahu wa ni’mal wakil), cukup Allah satu2nya Pelindung.

    Salam dari tenggara kalimantan, let’s visit me to http://www.imisuryaputera.co.nr

    • Bung Karno tidak dilindungi allah, tapi dilindungi oleh tongkatnya yang menangkal serangan lahir batin.
      dan juga karena beliau adalah titisan dewa Wisnu…..

  11. menurut saya dengan memegang tongkat itu akan berimbas pada psikologi. karena merasakan ada kenyamanan dan ketenangan ketika merasa aman karena semua energi negatif akan mengalir ke tongkat-nya.

    *sok-sok jadi psikolog*

  12. tongkat itu relatif

    lam kenal aja…

  13. oya bg, gimana cara bikin Balas itu ? ajarin dunk

  14. Hanya sebuah sugesti pada diri seseorang yang membuat orang lebih mempunyai rasa percaya diri. Tongkat Komando Sukarno lebih tepatnya untuk memberi stimulasi sugesti tersebut. Saya kira semua orang memiliki kebesaran hati ketika menggunakan atau mengenakan semacam barang kesukaannya. Seperti para musisi pasti sering menggunakan instrument yg ia pakai. Karena dirinya memang telah menyatu.

  15. Terlepas dari adanya mistis yang dimiliki oleh Bung Karno, apakah melaui tongkat atau apaun yan dimilikinya, saya salut dengan sosok Bung Karno. Gaya kepemimpinannya, dia punya kharisma sebagai seorang pemimpin. Secara pribadi,saya kagum padanya. Saya harap, akan munculdi negeri kita yang punya kharisma pemimpin seperti bung karno.

    Salam.

  16. kayak tongkat nanny mcphee aja :lol:
    jangan lupa datengin blog saya ya mas, di http://adenaufal.wordpress.com/2009/07/04/telah-terbit-time-edisi-michael-jackson/ sekalian komen… :D

  17. ya barangkale bung karno dulu dapat inventaris tongkat dari si buta dari goa hantu. kita g perlu mendalami lebih jauh tentang kesaktian bung karno tp kita harus meneladani apa yang telah dilakukan bung karno untuk kita bangsa indonesia. key…….

    • Betul juga kali itu tongkat warisan “Sibuta dari goa hantu”. Kalau dapat warisan tuh tongkat, lumayan juga ya tuh keris dalamannya dari logam meteor.

  18. Orang indonesia memang suka hal2 mistis…..

    salam,

    http://bursasepatu.wordpress.com

    http://planetshoes.wordpress.com

  19. Dengan membawa Tongkat.. Bung Karno terlihat gagah n berwibawa.. setiap pemimpin ada khas nya masing-masing ….Menjadi Pemimpin bukan pekerjaan sim salabim yg sesaat .. tetapi “zero to hero”

  20. sip…..
    walaupun mistis…
    tapi tetep buat keamanan kan gpp….

    namun d balik mistisnya seorang bung karno….
    ada sosok kepemimpinan yang tegas…..!!!!

    betul ga ????

  21. mas saya ingin tahu lebih banyak mengenai cerita dan sejarah beliau bisa nggak?

    http://sitihotiah.wordpress.com

    masnurhidayat23@yahoo.com

  22. lah, menurutku itu memang klenik indonesia.
    intinya bung karno muncul sebagai kaum terdidik saat jaman indonesia terjajah..dan memang leadership dan keberaniannya membuat bung karno menjadi pemimpin karismatik.

  23. Jawaban yang diplomatis dari seorang pemimpin besar. Memang sudah seharusnya seperti itulah seorang pemimpin.

  24. tongkat komando itu adalah salah satu perlambang kewibawaan tinggi dari seorang panglima tertinggi..

  25. Salut ya Om… jawaban muslim sejati….

  26. Wow….. salut….. semoga president kita yang sekarang bisa menjawab seperti bung Karno…..

  27. Harapannya Presiden siapapun yang jadi dapat membaca sejahrah dan pengalaman masa lalu yang baik bagi bangsa, sehingga bangsa ini dapat menikmati arti kemerdekaan yang telah dirintis oleh pendahulu kita yaitu Bapak Proklamator dan mudah-mudah Roh dan semangat kemerdekaan tetap berkobar pada bangsa ini dan khususnya kepada Pemimpin kita dengan semangat ING NGARSO SONG TULODO, ING MADYO MANGUN KARSO, TUTWURI HANDAYANI. Sekedar komentar anak cilik bangsa ini yangselalu menginginkan isi di dalam pembukaan UUD 45 terwujud yaitu Masyarakat yang aman dan sejahtera mudah2an Ammin….Wassalam.

  28. klo jaman dulu BK suka bawa tongkat disamping “keharusan” juga bisa nambah pede gitu kali ya..
    yg bikin penasaran kaca mata hitam milik BK, kabarnya tuh kacamata bisa “tembus” menerawangi tubuh org yg dipandang, klo ada ulasan/ceritanya bagi2 dong…

    • iya bnr kata bpkku dlu bpkku wktu kcl sering dipanggil bpk..sebutan pak karno wktu itu k istana tampak siring..
      disuruh mijat kepala ampe kaki..beliau blng bahwa itu bkan kacamata biasa…dan dia denger dr pegawai istana bahwa bpk sering lihat2 tempat pemandian di tirtaempul…dkt istana.. dengan memakai kca mata hitam itu.n beliau bs memprediksi msa depan…termasuk hidup ayah saya…sya bangga sbgai anaknya walau ayah sya cm disruh mijat wktu itu….ayah sya asli tampaksiring..cm beliau tdk punya istri dr bali….itu smua cm krn izin yg maha kuasa…

  29. APAKAH ORANG INDONESIA SUDAH MELUPAKAN WARISAN agama NENEK MOYANG dENGAN MENELAN BULAT2 agama LUAR? ALLAH menciptkan benda yang mempunyai kekuatan mistis/misteri adalah KUASANYA WAJIB HUKUMNYA MENERIMANYA… KARENA benda alam ITU CIPTAAN ALLAH. Apa yang harus di masalahkan?

  30. KAPANKAH sejarah yang sesungguhnya akan masuk kebuku pelajaran sekolah? Yang aku dapatkan Di sekolah hingga siswa jaman sekarang, Soekarno itu dekat sekali dengan PKI yang “jahat” itu. Padahal sejarah adalah harus nyata bukan untuk kepentingan penguasa. Sekaran masa orde baru telah lewat. Pertanyaannya SAMPAI KAPAN SEJARAH SOEKARNO DI “NISTA” AKAN DI BEBERKAN SECARA RESMI OLEH PEMERINTAH?

  31. yang namanya pemimpin lahir batin pasti punya tongkatlah, seperti nabi Sulaiman juga punya, nabi Muhammad ? punya juga…emang waktu khotbah jumat di agak pegang tongkat ? antara khotbah jumat dengan orasi lapangan gaya bung Karno khan serupa tapi tak sama….

  32. Tongkat Komando BungKarno awalx merupakan 1 tongkat utuh warisan kesultanan Bima, ketika Bung Karno berkunjung keBima, oleh Sultan Salahuddin tongkat tsbt dipotong menjadi 2, yg satu diberikan keBungKarno, kemudian yg satunya lg. Disimpan di istana Kesultanan Bima. Sampai sekarang ‘kembaran’ dr tongkat Komando BungKarno masih tersimpan diIstana Bima. BungRoso bikinin artikelx dong tentang asal muasal tongkat Komando ‘Sang Putera Fajar’..

    • mas kririm artikel ttg tongkat bung karno dunk..itu kota bima atau kata bima itu kata intrinsk dari sebuah nama orang \

  33. Saya senang bisa membaca segala sesuatu yang ada hubungannya dengan Soekarno…dialah pemimpin yang tidak mau diatur pemimpin dunia baik blok kapitalis maupun blok komunis…sayang Indonesia tidak lagi/belum lagi memiliki pemimpin sekwalitas Dia…mohon ijin boleh aku tag dan berikan kepada kawan2 lain agar mereka lebih mengerti siapa Soekarno tersebut?

    Balas

  34. Memang sejarah Indonesia tak pernah lepas dari hal2 yg berbau mistis. Dari zaman kerajaan sampai masanya bung karno! Bahkan ada eks pejuang didaerahku mengatakan bahwa bung karno dapat merubah merang (batang padi) menjadi sekolompok pasukan. Entah itu jin taklukannya atau apa! Ada juga seorang kakek yg mengatakan (dia adalah veteran) yg mengatakan bung karno pernah mendatangkan pasukan jepang u/k melatih pejuang RI (waktu itu penjajah menyuruh rakyat u/k kerja paksa). Selang 4 bulan, tentara jepang dikembalikan kenegaranya.Tp yg aneh disini adalah para tentara dikirim ke jepang bukan dgn pesawat. Tetapi diajak ke gunung jati (cirebon) & disanalah bung karno mengirim tentara jepang kenegaranya, tp dgn cara dijebloskan kedalam gunung tsb. Wallahu’alam…..
    Saya sendiri orang indramayu, & orang yg bercerita kpd saya berumur kurang lbh 100 thn (skrng beliau wafat). Kakek tsb sgt mengagumi bung karno.

  35. beliau(bung karno ) memang orang yg misterius banyak hal2 yg belum terbongkar… apa ada cerita lainnya??

  36. Yang Jelas beliau sll prihatin dan rajin beribadah all dan mungkin dr keprihatinannya inilah beliau slalu dilindungi ALLAH SWT…beliau sll pasrah dan tawakal pada kehendak ALLAH SWT.

  37. trus tingkat dan kaca mata bing karano sekrang nasibx ba gai mn…..???

  38. Bima adalah sebuah daerah kesultanan yang ada di Nusantara yang pertama kali bergabung dg NRI walaupun statusnya sebagai sebuah daerah istimewa.
    Tahun 1950 Soekarno mengunjungi Bima selama 2 hari dan pada saat itu Sultan Muhammad Salahuddin memberikan sebuah keris kepada Bung Karno yang oleh Bung Karno dijadikan tongkat komando.
    Tongkat komando itu adalah sebuah keris dg gagang dan sarung terbuat dari kayu “sangari me’e” yang konon satu-satunya hanya ada di daerah bima.
    Kembaran tongakat komando tersebut kini tersimpan di asi mbojo (eks istana kesultanan bima)
    Bung Karno dengan Sultan Bima adalah sosok yang sangat akrab diibarat dua sisi mata uang.
    HIDUP BUNG KARNO……
    HIDUP SULTAN BIMA……
    NAMAMU TIDAK AKAN PUDAR OLEH MASA
    AKAN DIKENANG SEPANJANG ZAMAN

  39. Hidup d’Indonesia memang selalu ada kecemburuan, hanya melihat kekurangan org lain dan merasa hebat, selalu mengkritik pemimpin, blm tentu bisa jadi pemimpin kalaupun jadi pemimpin makin parah aja….. melihat dari hal tsb maka kebanyakan pejabat selalu menggunakan hal mistik utk menjaga diri, jabatan, dll krn di setiap daerah d’ Indonesia memiliki kebudayaan yg berbeda dan masih banyak terdapat org yg percaya dgn dunia ghaib, semua berpulang kepada kita jgn hanya melihat selumbar balok di mata orang lain sedangkan dimata kita sendiri tdk dilihat, belajarlah melihat kekurangan org lain dan kekurangan kita sendiri, jgn selalu mempersalahkan org lain krn kita blm tentu bisa…. salam dari Orang Minahasa (Sulawesi Utara), klu Hal Ghaib di Minahasa juga Banyak dan sejarah minahasa tdkpernah di angkat ke permukaan seperti sejarah Bung Karno.

  40. Alloh Maha Kuat dan Maha Dasyat, itulah sebagian sifatNya pula yang diberikan kepada mahluk, seperti batu yang keras dan kuat tapi sekuat batu dan Gunung Alloh Maha Kuat, tongkat nabi Musa yang diberi keajaiban Alloh, serta cicin nabi Sulaiman, namun para nabi tetap menTahuidkan Alloh. Insya Alloh tidak beda jauh sebagaimana tongkat komando Soekarno, bila Alloh memberikan kekuatan padanya memang Alloh Maha Kuat dan Berkendak. Sebagaimana pula bila Alloh memperikan keistemewaan pada kerbau slamet, itupun Hak Alloh. Ingat tetap menTAUHIDkan Alloh, dan pesanku jangan gampang menuduh orang musyrik, karena urusan Tauhid adalah urusan Hati, yang terpendam dalam hati adalah yang tahu adalah manusian itu sendiri dan Alloh, bukan ANDA, ANDA dan ANDA. Sebagaimana Syahadat adalah Pondasi Orang Muslim, anda tahu bahwa pondasi selalu terpendam didalam tanah, namun bangunan yang kokoh tentu pondasinya kokoh.

  41. Bung Karno adalah ikon bangsa, arah dan tujuan bangsa beserta tokoh lainnya diletakkannya. Semua negara maju disandarkan kepadanya hingga dia menyerahkan kepada anak bangsanya sekiranya sudah kuat. Malayasia dengan Mahatirnya, India dengan Mahamatnya, sayangnya Indonesia yang tahu arah bangsa di sikat duluan, dan pesiun secepatnya. Digantikan anak bangsa yang tidak tahu getirnya perjuangan, tidak ada jiwa nasionalisme, yang ada adalah parpolisme, dan individualisme maklum untuk menjabat harus melalui parpol dan bermodal besar.

  42. saya cinta indonesia, saya cinta pancasila, saya cinta merah putih, saya cinta bung karno. indonesia adalah bung karno, bungkarno adalah indonesia,.. bung karno selalu mengerti apa mau rakyat.. bung karno selalu memeluk rakyat.. bung karno mencintai rakyatnya, dan rakyat mencintai bung karno. walau beliau sudah wafat, tetapi sesungguh nya beliau hidup di hati kami, rakyat indonesia, termasuk saya. tpi saya sedih, melihat tanah air sekarang seperti ini,, sakit sekali rasanya hati ini.. melihat semuanya berantakan.. korupsi di mana2, yang miskin tambah miskin, yang kaya tambah kaya, orang asing berdatangan ke negri kita membawa banyak uang, membuka usaha, dan mengalahkan pengusaha pribumi.. seharusnya tidak begitu. kalain thu?? kami rebut negri ini dari menir menir edan belanda.. dengan pengorbanan besar,, rasa lapar, darah yang bercucuran. rasa capek, lelah, sakit, semua nya kami, berikan demi tanah air, saat itu kami tidak meminta gajih berapa pun jumlah nya, makan enak saja saat di medan perang kami sudah senang,, kami tidak berpikir besok giliran siapa yang mati, siap yang tertangkap di siksa dan di bunuh, kami hanya berfikir besok atau lusa, anak cucu dan keturunan kami harus merdeka seperti bangsa lain, di saat tidak ada rentetan peluru, dentuman bom atau geranat, kami ingin generasi kami pintar, juju, peduli, saling menolong dan baik, kami ingin lihat generasi kami. pake baju bagus, makan enak, sekolah layak, agar nanti bisa jadi andalan untuk negara, tpi ternyata lain kebanyakaan.. kami yang sudah tua tinggal menunggu mati,, dan hanya bisa terdiam, sekarang tidak bisa berbuat apa2,, “dari kami yang sudah tua…..”

  43. mestinya anak cucu bung karno menceritakan asal usul didapatnya tongkat komando yang berisi keris,kalau kata buyutku entah benar atau tidak keris itu didapat dari gurunya hasil bertapa dengan dua orang teman nya bung karno,

  44. Maaf sblmnya….?bagi yg sembarangan mudah menilai sesuatu musyrik,,
    Eyang Soekarno tidak solat untuk tongkatnya,kerisnya,ataupun benda2 pusaka yg lainya,,,sudah jls Beliau adalah muslim sejati yg mengerjakan ibadah&slat untuk mnymbah Allah.
    atas dsar apa anda mengatakn musyrik?!!!!
    Saya harap anda (yg mngtakan musyrik)harus belajar untuk lebih mengenal diri anda sendiri,siapa diri anda?Sudah percaya dirikah anda?Apa anda mengenal diri anda?
    Tidak ada seorangpun yg berhak untuk memfonis bahwa seseorang itu adalah musyrik karna sy yakin andapun tidak tau apakah anda musyrik atau tidak!!!…Sesungguhnya hanya ALLAH lah yg maha tau dan brkuasa atas sglanya….

    Jika anda menilai musyrik hanya karna kata “percaya” sungguh keliru anda?!!
    Anak jaman skarang slalu bilang hruz PD(prcya diri) mungkin andapun trmsuk orang yg PD stidaknya anda prnah mngtakan saya PD(prcya diri)
    Nahhh lhoo …^_^,,???!!!

    Makasih…

    • Setubuh

  45. BK Inspirasi Indonesia,.

  46. Beliau belum mati

  47. siiippppp..

  48. Saya pernah memiliki potongan kecil kayu pucang kalak… Memang kalau kita tidak siap memilikinya rasa amarah cepat timbul karena aura kayu tersebut.. Kebetulan saya tinggal di dekat daerah Kalak, kec. Donorojo, kab. Pacitan asal kayu tersebut… Memang ada cerita asal muasal pohon pucang tersebut… pohon itu tumbuh di pusara. makam pangeran Gugur yang kalah perang dengan prabu Damarwulan…

  49. Saya pernah memiliki potongan kecil kayu pucang kalak… Memang kalau kita tidak siap memilikinya rasa amarah cepat timbul karena aura kayu tersebut.. Kebetulan saya tinggal di dekat daerah Kalak, kec. Donorojo, kab. Pacitan asal kayu tersebut… Memang ada cerita asal muasal pohon pucang tersebut… pohon itu tumbuh di pusara makam pangeran Gugur yang kalah perang dengan prabu Damarwulan… Untuk keris isi tongkat didapat dari kesultanan di luar jawa… mohon disambung bagi yang tau asal muasal kerisnya..

  50. “negara utara kuru, disana ayem tentrem kadya siniram banyu wayu sewindu…negara seperti itu tidak pernah maju …karena tidak ada up and down..up and down…. “, nampak bung Karno sangat dinamis, beiau senang menjawab tantangan, dengan gambaran marhaen kita ditantang untuk menjadi bangsa mandiri, kita bukan bangsa miskin, kita punya harta dilaut, kita punya emas permata dibumi, kita punya minyak, kita punya sagu, singkong, jagung, suweg, tales, kita punya orang orang seperti habibi, sujatmoko, nurtanio, sumitro joyohadi kusumo, saparinah sadli, machfud md, rudy hartono, satopek, chris john, pical dan banyak lagi contoh. Tapi nampaknya kita kehilangan akal sehat , limbah b3 didatangkan sedangkan emas di freeport, uranium di newmont yang jauh lebih berharga dibiarkan terbawa ke amerika , bahkan sampah hip hop , sexy dance kita pungut dari sampah peradaban asing, pendet, rendang batik, gondang tortor, reog ponorogo dan gak terhitung dipatenkan tetangga sebagai kriya budaya tingginya. Perlente seperti londo tetap kau orang INDONESIA, fasihlah seperti orang parsi engkau adalah orang INDONESIA. Jadilah orang yang bangga pada anaknya yang pandai bahasa daerah , jadilah orang tua yang bangga anaknya bisa menyenandungkan dhandhang gula ” ono kidung remekso ing wengi” atau pucung ” ngelmu iku kelakone kanti laku ” atau ” rambadia rambamu nadadito atau apose kokandau atau helele ualadetiang lele atau bikul mokoh mokoh atau sulatantina atau anging mamiri daripada berecak kagum saat prayer atau umbrella atau no women no cry atau ….kita kehilangan diri kita…..jangan hanya kagumi Soekarno tapi internalisasikan spirit perjuangan untuk INDONESIA nya, jangan tetap menjadi marhaen tetapi bangun dan berdayalah menjadi bangsa berdikari dan berdaulat utuh….salam INDONESIA JAYA ….sama rasa sama bahagia

    • salam kenal semuanya..brg x ada yg bisa kasih wejangan..tadi malam saya mimpi aneh, saya masuk kesuatu rumah kuno sepertinya rumah bangsawan..saat kaki kanan masuk melangkahkan hati dgn memandang sekeliling ruangan saya terhenti sejenak dan dalam hati berkata oh rupanya waktunya telah tiba harta amanah nusantara aku buka,oh ternyata kuncinya ialah tongkat ini..tongkat dipegang tangan kanan dan saya lihat diri ternyata saya bungkarno.weladalah apaya makna mimpi itu tolong2.mksh

  51. Dari pemikiran -pemikiran bung karno yang aku baca melalui buku, juga dari pidato – pidatonya, aku yakin bung karno sendiri tidak mempercayai adanya kekuatan ghaib di tongkatnya.

  52. Tongkatnya ada dimana skrg? Dan mengapa tongkat tsb tidak melindungi BK dari ancaman GESTOK?

    • Hidup pak Karno ..

  53. Matur nuwon Pak Soekarno

    NB : Mojopahit

  54. saya punya tongkat Pakduka Bungkarno,,

  55. Saat ini belum ada yg bisa menemukan tongkat belio,di manakah sekarang??

    • MUNGKIN SEMUA NYA MURCA

  56. Tongkat komando paduka mulia bapak sukarno sudah di wariskan kepada orang yg di amanati untk membawa tugas amanat yg keturunan dari majapahit jg bpk sudah kasi lencana bintang segi 5 jg sudah resmi jdi anak paduka yg mulia, orangnya jg sudah resmi di kasi lencana dri bank dunia SUISSINDO & tdk mau di sebutkan namanya

  57. Sudah hadir,tpi jdi bung karno muda sekarang masih di sembunyikan jati drinya dan masuk ke raga/ tubuh dri keturunan majapahit sperti paduka romo sukarno, sekarang dlm perjalanan tugas dri romo sukarno

    • SIAPA DIA MAS

  58. Tuhan atau Alloh Yang maha Besar senantiasa memberikan wahyuNya kepada semua manusia dari setiap angkatan dan golongan. Salam budaya Jawa kiranya Tuhan/Gusti Alloh juga memberi wahyu berupa kekuatan supranatural melalui perantara benda2 atau wejangan2. Jadi Bung Karno juga diridhoi Gusti Alloh untuk memimpin bangsa Indonesia menjadi bangsa merdeka. Dengan Pucang Kalak pada tongkat membuat Bung Karno menghargai budayanya sendiri. Kekuatan spiritual tidak harus dari Timur tengah, atau Negara China atau manapun. Nenek moyang kita telah mewariskannya.

  59. Bung Roso jadi sebenarnya ada berapakah jenis dan bentuk Tongkat nya Pak Karno

  60. Adakah hubungan nya Tongkat itu dengan Kraton Sana Bung Roso

  61. Tongkat Komando Bung Karno, yg berkepala burung Garuda, berisikan bilah Trisula Weda, adalah tongkat symbol kepemimpinan Dunia.
    Pini sepuh Tokoh2 telah merestui beliau untuk memimpin..
    Tonkat tersebut sekarang berada di Kediri Jawa Timur, dan dipegang seorang tua, Rakyat biasa tanda kutip.

  62. Apa kata Bung Karno? “Ah… itu semua karena lindungan Allah, karena Ia setuju dengan apa-apa yang aku kerjakan selama ini. Namun kalau pada waktu-waktu yang akan datang Tuhan tidak setuju dengan apa-apa yang aku kerjakan, niscaya dalam peristiwa (pembunuhan) itu, aku bisa mampus.”

    Ini menunjukkan bahwa beliau seorang muslim yang memiliki aqidah yang kuat…. Semoga Allah mengampuni beliau dan memasukkan ke dalam surga-Nya. Amin

  63. […] File Name : Misteri tongkat komando bung karno | roso daras Source : rosodaras.wordpress.com Download : Misteri tongkat komando bung karno | roso daras […]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 368 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: