Tragedi Sukarno, Dari Kudeta sampai Kematiannya

Tragedi SukarnoSukarno yang lahir saat fajar menyingsing, diyakini ibundanya, Idayu, akan menjadi orang besar, tokoh penting, pejuang bagi rakyatnya. Sejarah kemudian mencatatnya sebagai Pemimpin Besar Revolusi, Paduka Yang Mulia Presiden Republik Indonesia, Panglima Tertinggi, Singa Podium, Peraih Gelar 26 Doktor Honoris Causa… sungguh pencapaian luar biasa, yang bahkan belum pernah ada yang bisa menandingi. Tidak di Indonesia, barangkali tidak pula di atas jagat raya.

Perjalanan hidup seorang Sukarno begitu kontroversi. Ia dicerca, tapi juga dipuja. Bahkan dalam buku biografinya ia mengatakan, “Aku dipuja seperti dewa dan dikutuk seperti bandit”. Begitulah tokoh proklamator kita. Muda dipuja, saat jaya diagung-agungkan, tetapi di akhir hidupnya disingkirkan dan “dibunuh pelan-pelan”.

Rezim Soeharto mengubur nama Sukarno. Para pengikut dikerangkeng, dijebloskan penjara tanpa diadili. Sukarnois diidentikkan komunis, karenanya harus distempel “manusia terlarang” dengan bebagai kategori dan tingkatan. Jazad Bung Karno, dimakamkan di Blitar oleh Soeharto dengan alasan supaya dekat dengan ibunya. Padahal, Sukarno sendiri berkehendak dimakamkan di antara bukit yang berombak, di bawah pohon rindang, di samping sebuah sungai dengan udara segar… impian yang bahkan dituliskannya dalam sebuah testamen.

Ya, permintaan terakhir Sukarno agar dikuburkan di halaman rumahnya di Batu Tulis Bogor, ditolak rezim Soeharto. Soeharto tentu tidak mau, makam Sukarno di Bogor menjadi tempat yang populer, banyak dikunjungi rakyat pecintanya. Terlebih letak Bogor yang begitu dekat dengan Jakarta, pusat kekuasaan Soeharto yang didudukinya dengan bertindak keji terhadap Sukarno.

Adalah buku “TRAGEDI SUKARNO, Dari Kudeta Sampai Kematiannya”, yang mengupas secara cukup tuntas, sepenggal hidup Sukarno sejak periode 1965 yang disebut sebagai “Titik Balik”, hingga “Saat Fajar Tenggelam”, sebuah episode terakhir kehidupan Sukarno. Buku yang ditulis Reni Nuryani dan diterbitkan Penerbit Ombak, Yogyakarta 2008 itu –sekali lagi– menjadi salah satu buku yang paling lengkap di antara judul-judul lain dengan tema sejenis.

Dalam buku itu, dikupas tentang masa-masa Bung Karno terusir dari Paviliun Istana Bogor, periode sakit dan “dikerangkeng” di Wisma Yaso, Catatan Medis Sukarno, serta pendukung tulisan lain yang merujuk pada referensi yang lebih komplet.

Kini, jazad Bung Karno sudah kembali ke asalnya. Pelan tapi pasti, bersama guliran sang kala, manikam Sukarno kembali bersinar. Ajaran-ajarannya kembali digali. Dan… persis seperti ucapan yang pernah meluncur dari mulut Sukarno, “Sejarahlah yang akan membersihkan namaku.” (roso daras)

About these ads
Published in: on 16 Juni 2009 at 02:34  Comments (14)  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2009/06/16/tragedi-sukarno-dari-kudeta-sampai-kematiannya/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

14 KomentarTinggalkan komentar

  1. ass.wr.wb
    wah baca nya jadi gak bosen mas!!!!!
    seneng bgt baca2 kisah Bung karno,
    memang betul tuh,bung karno adalah
    pemilik jiwa yg abadi.
    namanya tetap akan di kenal penerus bangsa,
    bagi yang mengenal dirinya.
    terus kirim kisah2 bung karno yah????
    makasi banyak sebelumnya.

  2. saya kagumi bung karno, ajarannya, prinsipilnya, tapi saya kurang suka ketika bung karno bisa ‘dimanfaatkan’ PKI..

    • Bung yg punya blog permisi………

      Di manfaat kan PKI gimana mas????
      makanya baca dulu mas baru kumen!!!
      prinsipnya Bung KARNO,sampai saat ini
      byk org yg membaca kisahnya,sampai saat ini pun,tdk ada yg tahu maksud sebenarnya.

      jgn melihat BELIAU itu dr sisi gelapnya!!!!
      tapi lihat apa yg sudah Beliau kerjaan
      untuk kemerdekaan bangsa INDONESIA.

      • maap mas jgn percaya tulisan…jaman sekarang mah kalo udh muji orang wahhh setinggi langit, apalagi kalo ngejatuhin orang lebih parah lagi.
        yg nulis fansnya sukarno tuh…ntar adalagi fansnya suharto….
        2-2nya sama aja mas, bikin rakyat miskin, 2-2nya ga usah dibaca sejarahnya, PALSU.
        bangsa yang baek yaitu bangsa yg menghargai jasa para pahlawannnya. “ya kalo pahlawananya kayak gitu…APAKATADUNIA……

        apa yg sudah Beliau kerjaan untuk kemerdekaan bangsa INDONESIA, luar biasa, tapi setelah dinodai dgn napsu liarnya, nama besarnya jadi hina.
        APALGI SUHARTOOOOOOOO..

        kalo kita tanam buah mangga masa sih tumbuhnya buah manggis, kalo kita tanam keburukan buahnya keburukuan, kalo kebaikan buahnya kebaikan, rakyat waktu itu miskin sukarno kawin terus, senengnya hamburin uang negara utk bikin istana2.

        Suharto pun demikian adanya, 2-2nya saya kira bukan pahlawan, pahlawan sejati sampe matinyapun Tuhan bakal muliakan. ada istilah ” hidup mulia mati syahiD.

        makenye tong, pada banyak2 istighfar aj deh, biar kte2 smuayg masih idup diampuni dosanye ama Alloh, amin.

  3. saya krg setuju dgn kusumadinata. menurut saya, jaman itu bung karno tidak punya pilihan lain. beliau ditekan dr berbagai sisi. tentu beliau mncari ‘teman’

  4. Bung Karno …
    terlepas dari segala kekurangan Bung Karno, Bung Karno adalah the one & the only the real President for Indonesia. Berani mengatakan tidak & berani mengatakan kebeneran walau menyakitkan … !!!

    sebenernya dari dulu sampe sekarang kita dan seluruh rakyat Indonesia masih sangat2 membutuhkan jiwa kepemimpinan beliau … !!! tidak bisa di pungkiri bahwa beliau begitu idealis dalam menentang Imperialisme Barat (Kapitalis) & begitu sangat2 menghargai karya2 anak bangsa & proteksi SDA Indonesia

    akhir kata sesuai blog di atas … biarlah Sejarah yang berbicara …

    MERDEKA…!!!
    MERDEKA…!!!
    MERDEKA…!!!

  5. sy kurang sependapat dgn Johan, ini Sejarah bukan Riwayat, klo Sejarah itu cerita nyata sedang Riwayat bisa dirubah rubah di karang betul atau tidak, misalkan riwayat mas Johan lulusan sarjana tp klo di tanya orang lain mengaku lulusan smp, itu namanya mas johan berilmu dewa tp ngaju punya ilmu gembel ( tak terpelajar ) soal BK menghamburkan uang membangun hotel indonesia atau stadion dll. yg menikmati kita2 sbg penerus,lain dg Soeharto membangun sana sini hasil bangunannya klo di jual tdk cukup untuk membayar utangnya, ini sejarah nyata

  6. si Johan tuh.. kaya yang orang bener aja…. bisa2nya bilang sejarah palsu…. Indonesia nggak merdeka ngga ada elu tahu….. Bung Karno juga manusia… ada sisi baiknya juga sebaliknya…. apa yang telah dilakukan Bung Karno…. adalah suatu hal yang sangat besar artinya bagi Indonesia yaitu MERDEKA

  7. Ass wr wb,

    salam bung Roso…
    orang yang teriak atau berkoar jeleknya SUKARNO adalah PECUNDANG..!!
    orang yang teriak dan berkoar itulah sebenarnya yang sebenarnya musuh dalam selimut, sudah keliatan piciknya.. yang akan jadi pengkhianat Negeri ini..
    (dengan seakan-akan pengamat sejarah yang akurat)
    hahahahhaa…
    Kalo bahasa simplenya
    “Bener ujare Dewek”

    SUKARNO adalah INDONESIA
    INDONESIA adalah SUKARNO

    wassalam

  8. orang yg mengatakan bung karno berbuat salah adalah anggotanya suharto,,tidak tahu berterimakasih. kita bersyukur bung karno lahir didunia ini karna kalau tidak mngkin sampai saat ini kita masih dibawah penjajahan. Bung karno ada satu-satunya presiden didunia ini yg disegani oleh dunia. Bung karno hebat dalam perang dgn mengandalkan pola pikirnya, kuat didlm membangun ekonomi, hukum dan lain sebagainya. Kesalahan bung karno hanya tidak mampu menciptakan kader yg mampu mengantikan dirinya. Bung karno pendekar jagat raya.

  9. Tak bisa dipungkiri dari sekian juta rakyat di Indonesia saya adalah pecinta sejati bung karno sampai sekarang…apapun alasan-nya terlepas dari apapun itu, bagiku bung karno tidak tergantikan, dan beliau belum ada yang bisa menandinginya sampai skrng. perlu di ingat keluarnya Indonesia dari PBB. itu artinya tdak sedikitpun bung karno takut terhadap dunia barat,..hanya orang” yang licik dan tidak tau balas budi kalau mencela dan mencaci beliau,.. bayangkan kalau kita tanpa beliau, .. apa kita bisa hidup dalam kebebasan seperti sekarang ini.? itu masih menjadi pertanyaan besar !karna lahirnya Bung Karno Indonesia MERDEKA Sampai sekarang !!TITIK

    MERDEKA !!!
    MERDEKA !!!
    Salam The Sokarnois

  10. KITA LIHAT NANTI KEBESARAN ALLAH SWT,
    DI SUATU TEMPAT ADA PESAN MISTERIUS,
    SEMUA ORANG YANG TAHU HAL ITU SEDANG MENUNGGU HINGGA SAAT INI,

    I’M COMMING.

    THINK ABOUT THAT.

    ALLOHHUAKBAR,
    GUSTI ALLOH MBOTEN SARE-KATA PARA SESEPUH ORANG JAWA,
    SING SOPO SALAH SELEH-SUDAH TERBUKTI.

  11. maaf bukannya soekarno sebelum wafat di datangkan dokter hewan……

    • johan pengamat sejarah busuk…! Lihat bung karno,dgn gigih dia melawan semua musuh,tp tdk dgn bgsanya sndri…! Jika tanpa beliau INDONESIA gk akan pernah ada…!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 363 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: