Malaysia, “Dijajah” Inggris Sampai Tahun 2962

lukisan ganyang malaysia

Hari ini, Selasa 2 Juni 2009,  suasana konfrontatif antara Indonesia dan Malaysia kembali membara. Pemicunya adalah provokasi kapal Kepolisian Diraja Malaysia ke wilayah perairan Indonesia di blok Ambalat. Media cetak, elektronik, online, memberitakan ulah negeri jiran yang “keterlaluan”. Tak ayal, tidak hanya blogger... tidak sedikit masyarakat yang terbakar amarah, dan siap “ganyang Malaysia”.

bendera IndonesiaSontak seorang sahabat memintaku mengilas balik sejarah “Ganyang Malaysia”, sejarah Bung Karno mengobarkan perang terhadap “boneka British”. Bahkan bila perlu, dikilas balik ke saat di mana Perdana Menteri Inggris Harold McMilan dan Perdana Menteri Malaysia Tungku Abdul Rahman merancang “Proyek Malaysia” dalam perundingan di London Oktober 1961 dan dilanjutkan Juli 1962.

Bung Karno meradang. Sebab, proyek nekolim itu memang sengaja dibentuk untuk “mengerangkeng”, “memojokkan” dan melumpuhkan kekuatan Indonesia (baca: Bung Karno). Fakta di lapangan, bahkan Rakyat Malaysia sendiri menolak negeri boneka Malaysia bentukan Inggris. Sebab, itu berarti memperpanjang cengkeraman Inggris di negeri semenanjung itu. Mereka bahkan lebih memilih bergabung dengan Indonesia daripada Malaysia tetap dicengkeram Inggris.

malaysia20flagItu hanya sekilas latar belakang konfrontasi Indonesia – Malaysia yang dikobarkan Bung Karno dengan jargon “Ganyang Malaysia”, “Ini Dadaku, Mana Dadamu”….

Saya sendiri merasa tidak terlalu tertarik menguak kembali kisah itu. Sebab, literatur “Konfrontasi Indonesia – Malaysia” terlalu banyak bisa kita jumpai secara online. Artinya, kalau saya ungkap kembali sejarah tadi di blog ini, maka hanya  sedikit manfaat yang bisa dipetik dari tulisan itu. Sebab, yang terjadi kemudian hanyalah copy-paste, pengulangan…. Lantas, kalau itu yang saya lakukan, untuk apa pula Anda mengunjungi blog ini?

Sampailah saya pada upaya telaah pustaka, mencari sesuatu yang –setidaknya bagi saya– adalah hal baru. Tertumbuklah mata saya pada buku yang belum lama saya jadikan rujukan tulisan terdaulu, yakni buku Memoar Oei Tjoe Tat, Pembantu Presiden Soekarno. Ada beberapa hal yang saya rasa menarik perlu kita ketahui, agar kita bisa melihat Malaysia secara lebih lengkap.

soekarno

Tahukah Anda, sebagai sebuah negara, sejatinya Malaysia tidaklah memiliki kedaulatan penuh.  Benar kata Bung Karno, ia tak lebih dari B-O-N-E-K-A…. boneka Inggris. Dalam kalimat yang saya rasa sepadan, bahwa sejatinya, Malaysia bukanlah negara merdeka. Malaysia –seperti halnya negara commonwealth/persemakmuran lain– tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari cengkeraman Inggris.

bakar bendera MalaysiaNegara Malaysia dibentuk di atas sebuah perjanjian antara Inggris dan Malaysia. Pasal VI perjanjian yang ditandatangani di London pada 9 Juli 1963 tertera: Pemerintah Malaysia harus mengizinkan pemerintah Inggris menggunakan haknya dalam meneruskan pemeliharaan pangkalan-pangkalan militer dan fasilitas-fasilitas yang kini dipegang oleh penguasa militer Inggris di Singapura dan pemerintah Malaysia harus mengizinkan pemerintah Inggris mempergunakan pangkalan-pangkalan tersebut jika sewaktu-waktu Inggris perlu.

ganyanghitamSelain itu, Malaysia mengizinkan Inggris menyewa tanah selama 999 tahun untuk dijadikan pangkalan militer. Sebagai contoh, Naval Base Sembawang 999 tahun. Kanji juga 999 tahun. Di samping itu, masih banyak tempat lain: Loyang Yurongbukittombok, Mount Faber, dll. Saya menghitung, jika perjanjian itu ditandatangani tahun 1963, dan berlaku untuk 999 tahun ke depan, itu artinya, Malaysia masih menjadi negara “jajahan” Inggris sampai tahun 2962 Masehi…..

Lantas, apa yang mereka banggakan dengan status Malaysia sebagai sebuah negara? Mestinya tidak terlalu bangga. Atau bahkan malu menjadi boneka imperialis. Akan tetapi, jangan-jangan karena status itulah mereka menjadi ekspansionis. Setelah mencaplok Sipadan – Ligitan melalui kemenangan mereka bersengketa dengan Indonesia di Mahkamah Internasional, kini mereka terus menyoal Blok Ambalat.

Mereka, dapat saya pastikan, akan terus dan terus memprovokasi Indonesia. Yang paling mudah adalah dengan manuver-manuver armada kapal mereka, baik milik institusi militer ataupun kepolisian. Dan, manakala kita terprovokasi dan menyulut konflik sehingga menjadi sengketa antarnegara, maka persoalan itu tentu akan dibawa ke Mahkamah Internasional di Denhaag, Belanda. Mari kita camkan, siapakah Belanda itu? Belanda adalah sekutu Inggris. Siapakah Inggris? Inggris adalah sang “Pemilik” Malaysia.

Semoga, tulisan singkat ini menjadi bahan renungan yang bermanfaat. (roso daras)

About these ads

The URI to TrackBack this entry is: http://rosodaras.wordpress.com/2009/06/02/malaysia-dijajah-inggris-sampai-tahun-2962/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini.

151 KomentarTinggalkan komentar

  1. guru kencing berdiri, murid kencing berlari..= ‘murid’ KURANG AJAR!!! Itulah Malaysia!!

  2. coba klo bapakku masih ada.Bung karno
    Beliau gak bakal membiarkan harga diri bangsa indonesia di injak2.
    malaysia suka mencari2 kesempatan di atas penderitaan bangsa indonesia.
    merasa diri paling hebat…
    padahal negaranya cuma secuil.
    belagu amat sih jadi orang…..
    sekalipun punya senjata terhebat di dunia sekalipun
    gak bakal bisa menghancurkan indonesia…..
    ingat gak,dulu jaman bung karno kita perang dgn taktik gerilya…..
    padahal jepang dan belanda memiliki senjata tercanggih…
    semua itu adalah kuasa Illahi….

    • Bung Karno tu komunis…

      • SOK TAHU lah kau pa cik..justru UMNO itu pake cara2 komunis+rasialis dalam memerintah tapi tidak ngaku…bah orang malon emang kumpulan MUNAFIK !…andaikata ia KOMUNIS pun setidaknya dia telah memerdekakan REPUBLIK indonesia dari penjajah tidak seperti negeri pa’ cik…LoL

      • tuduhan sosialis atau komunis…
        Tapi fakta yang menyatakan Bung Karno itu Pahlawan..seorang legenda…
        percuma menjadi seorang muslim tapi menjadi “anjing” seorang kafir..
        (Tengku Abdul Rahman yang menjadi “anjing” Elizabeth)…

      • masa bukan tau

      • malaysia yang komunis maunya menang padahal merdeka aja ngemis,,,,

  3. emang malaysia aneh2.. dulunya belajar ke kita, sekarang sok pinter karena udah lebih terkenal..

    • itulah kelemahan kita, bangsa yang besar diusianya yang ke-64 tak mampu menunjukan kemerdekaan di berbagai sudut kehidupan warga negaranya.. Masa kalah ama Malaysia. Jadi tentu kita akan ketinggalan lebih jauh jika kita tak mambpu bangkit dari sekarang…

      • betu2 setuju
        kenapa kita bangsa Indonesia tidak mampu mempertahankan Hak dan kekayaan kita.

        mari kita rapatkan barisan mempertahandan dan tunjukan dada kita biar mereka tau kita tidak hanya diam untuk di jajah di persemakmur kan atau rela untuk jdi boneka para penjajah

  4. Ga perlulah kita marah dg hinaan bangsa malaysia, kita ambil positifnya, seperti dikatakan malaysia kalo polisi kita mata duitan, ya kita perbaiki kinerja polisi.
    Balas menghina mungkin malah bikin mereka tambah senang kita yg sudah menderita, tambah terhina.

    Mampir ya:
    http://adit38.wordpress.com

    • kata2 bijak. setuju deh! tp bole dong marah asal kemarahan itu dipergunakan untk memperbaiki diri, bknnya malah balas menghujat. getoo kan dit??

    • kita gak balas menghina kok, cuma menyampaikan fakta dr malingsia.

  5. hgghhhh jadi semakin geregetan ma Malingsia nih.
    Kalo Bung Karno masih ada mungkin sudah ada maklumat utk PERANG.

    • kenapa harus mengandalkan bungkarno.
      apa itu tanda ketidakpercayaan diri buat bangsa indonesia??
      dari pada pusing” mikirin malingsia mending kita pikirin aja dulu negara kita,, liat tuh pemipinnya aja cuma bisa ngopi doank di gedung dpr mpr.
      sekarang panggung politik kita jadi panggung sandiwara, banyak artis” yang naik tahta. so perbaiki dulu negara kita,, kita support semua warga kita wat bangkit lebih dari ini…
      tunjukkan kepada dunia bahwa kita “tak sekedar negara”.
      satu kata untuk kita. “Merdeka” “merdeka” dan “merdeka”

      • lbih baik slbriti yg naek jd dewan tp indonesia lbh bae, dri pd orng yg pkar politik.akhrnya cm ngbohongn kt doang

      • Dengan belajar masa lalu berarti kita belajar masa depan karna sejarah pasti akan selalu terus berputar,sepakat dah sm Bung Karno lagian mereka memulai masak kita diem aja sabar juga ada batasnya gan

    • malingsia (maling yang kena sial) hahah :D

  6. oom??
    g salah tuh??
    maaf apabila saya salah^^,sy bkn manusia sempurna
    yang dikontrak 999 tahun khan cuma military base aja
    bukan tnah malaysia keseluruhan,,
    kalau cma perjanjian mengenai NAVAL base dll sih tidak bisa dibilang penjahan…
    malah ini menguntunkan mereka krn pny military support yang kuat..
    Kita tidak mungkin menyerang malingsia yang statusnya anggota dari Five Power Defense Agreement (FPDA),,,
    bisa2x kita diGANYANG juga sama Inggris Aussi New zealand et cetera

    • Bung Patrick…. Anda benar. Karenanya, kata “Dijajah” saya kasih tanda kutip, karena memang tidak secara harfiah. Mengingat sejarah dibentuknya serta “keharusan” Negara Boneka Inggris itu mengizinkan wilayahnya untuk military base Inggris, esensinya adalah “penjajahan” dalam bentuk lain. Karena, ketika sebuah negara tidak memiliki kedaulatan penuh, maka dia tidak bisa dikatakan sebagai negara yang merdeka semerdeka-merdekanya.
      Bahwa dia diuntungkan karena FPDA dan commonwealth-nya… itu bersifat relatif. Yang membuat kita “tidak mungkin” menyerang mereka, menurut saya pribadi, bukan karena kita takut diganyang mereka, tetapi lebih karena pertahanan dan alutsista kita memang lemah (atau dilemahkan). Tp kalau kedaulatan kita diinjak-injak, saya pribadi cenderung setuju mengganyang malingsia. Seandainya kita kalah atau mati karena menegakkan harga diri dan kedaulatan, niscaya kekalahan kita terhormat, kematian kita mulia.

      • yup,,
        anda benar sekali!! (mohon maaf saya tidak memperhatikan tanda kutipnya)

        Secara Alutsista kita memang terbilang lemah namun kita(bgnsa Indonesia) namun kemenangan dalam pertempuran tidak hanya tergantung hanya alutsista (sebagai contoh perang vietnam)

        saya sangat mendukung posisi Indonesia untuk Defensif,Setiap inci kedaulatan kita harus dipertahankan dengan segenap jiwa dan raga kita
        Dan juga secara moril(Nasionalisme rakyat NKRI) Skill(penguasaan medan) dan kondisi geografis kita sangat berpihak pada kita…

      • hri gni jgn pke istilah jgn pke ilmu.
        ktka mreka mremehkan kt ajak perang,
        umat muslim perang lwan kaum quraisy jmlhny klah tp mgp bs mng?
        krna kbnrn d tgkan.
        kl bcara istilah bkin bku aj.
        indonsia plng dtktin saat ini .

  7. Klo kita ganyang malingshit gampang aja!!!

    • jgn terlalu PD bos ^^
      defensif mungkin
      tpi ofensif ????
      marilah kita membenahi diri dulu….
      percuma berperang hanya utk kalah…
      karena pada akhirnya kita jadi bahan tertwaan…
      lebih baik kita perbaiki dulu ekonomi kita…hehehehe

      salam

      • wah pesimis lo orngnya,,

    • betul itu

  8. Live Free or Die Hard…
    Death to the Enemy…
    Fight for our Dignity or Die Honorably…

    sebelum perang fisik kita perang Cyber aja dulu… or pshycology warfare… anyway.. gwa siap perang… hehehe….

    • DIE FOR SOMETHING IS BETTER THAN DIE FOR NOTHING

      • i gree….

  9. termakasih atas informasinya,
    sangat bermanfaat sekali buat wawasan nasionalisme saya pribadi..

    salam,
    ricoh sanusi

  10. ahh pastes aja gak bisa bikin negara republik.
    negara kerajaan,beda dgn indonesia negara republik,negara demokrasi,jadi suara pemimpin dipilih oleh rakyat,dari rakyat,oleh rakyat,untuk rakyat.
    negara kerajaan,kekuasaan tertinggi di pegang raja.
    seburuk apa pun kelakuan sang raja pasti ditutup2in.
    padahal apa yg dilakukan sang raja,belum tentu benar,
    (kesalahan selalu ditutupi,kebaikan selalu dipamerkan)itulah sifat ria yg selalu bersekutu dengan iblis.
    jgn anggap negara kerajaan itu pinter,bego ya iya.
    apa sih yg mau di banggakan sama malaysia???
    kesombongan????
    manusia tidak akan bisa sombong selamanya!!!!!
    “janganlah engkau berjalan dimuka bumi dengan sombong,
    sesungguhnya engkau tidak dapat menembus bumi,dan tak akan sampai engkau setinggi gunung”(Q.S AL ISRA 37)
    an,lain dgn Indonesia,negara

  11. Malingsial emang kampret sebar provokasi dimana2.

    http://www.penipuan-jawa.blogspot.com/

    • kita umat islam sedang ditertawakan.. 2 negara islam yang mempunyai budaya yang sama malah bangsa dan agama yang sama bergaduh sesama sendiri.. jaga lah tutur katamu hai sahabatku.. pemisahan bangsa kita sudah dirancang, apa yang penting usahlah ditoleh lagi ke belakang.. pandanglah ke depan dan carilah jalan penyelesaian agar bangsa kita kembali bersatu..

  12. malangnya Indonesia berhutang sama IMF. Terus kini nggak mampu bayar. Kini menjadi BONEKA US.

    • kan sampai saat ini sudah di bayar 145.000.000 US$ .malah malaysia mau pinjam ke imf 200.000.000US$.

    • uda lunas oon…

      • loe ga tau negara USA bisa maju karena, Amerika pinjem emas i donesia” Coba kalian buka Link (Hutang Amerika Terhadap Indonesia (Green Hilton Agreement) .

        justru amerika takut indonesia meminta uangnya kembali,.

  13. naval base yg anda katakn, semuanya terletak dalam daerah Singapore. bahkan, salah satu tempat yang anda bilang, Sembawang, telah digunakan United States of America untuk kegunaan angkatan laut mereka. :)

    ada beberapa komentar yg mengatakan Malaysia mengambil kesempatan terhadap kesusahan Bangsa Indonesia… buktinya apa sih? sebaliknya, Malaysia membuka pintu sempadannya untuk Bangsa Indonesia datang ke Malaysia mencari rezeki. baik dari produk seperti indomie, rokok gudang garam, sampoerna mild, bahkan perusahaan rumah makan padang dan baso skrg udah ada di Malaysia. lagu2 dan filem dari Indonesia juga byk kok di sana. ga kayak di Indonesia yg cuman tahu Siti Nurhaliza doank.

    Malaysia memajukan angkatan bersenjatanya itu wajar. masa mau pake besi buruk sampe kapan pun. pesawat tempurnya cuman berapa kok. di Ambalat sono, kapal perang Malaysia yg ditempatkn di sono cuman 4, tetapi Indonesia mempersiapkan 7 kapal perang di blok Ambalat.

    udah ga zaman sih perang2 fisik. lebih pparah perang sesama rumpun dan sesama agama. malu ah. masa Islam ma Islam perang. masa Islam ma Islam saling mencaci, membenci…. MALU!!!

    sebagai bloggers yg pinter, kita harus menilai setiap penulisan, lebih2 lagi blog. jangan kita terima bulat2 apa yang di kata. kita harus selidiki juga.

    kalian pilih sih, lebih suka kita mubazir uang kita yg mmg udah hbis di korupsi dgn belanja perang, ato mau memajukan lagi bangsa kita.

    Malaysia bukan boneka, Malaysia bukan maling….

    Malaysia adalah saudara….

    kita cuman harus lebih memahami antar satu dgn yg lain…

    • “”””””””””””””””””””””””””””””””””:::::/./..??>>????,,,,,….. …………

    • berapa ramai rakyat indonesia yang terbuka fikirannya seperti saudara? yang jelas pemilik web ini adalah amat sempit fikirannya kerana ingin berbalah sesama Islam sedangkan si kafir tersenyum di tepi…

      kepada yang sedang bersemangat sekali untuk ‘ganyang Malaysia’, mengapa tidak disekeh-sekeh saja anak2 kafir yang ada disekeliling kalian dari membuang masa dengan pegangan saudara yang langsung tidak memberi manfaat..

      • islam itu tgas ..
        jd kl mlysia ngra islam kt gblh mncri kbnrn?
        rang dia bekingannya kafir[inggris]?
        msuh islam?sktu amerika/??kl dia ngku shbt sbgai umat islam, knpa gprnh drbh skapnya yg?
        coba fikir?????????????????

    • betul… saya setuju dengan fahmi
      kita adalah saudara tinggal berjiran. saya diMALAYSIA menerima dengan baik kedatangan orang INDONESIA ke MALAYSIA… <>;)

    • bener om mendingan kita satuin.. ok

      • Kalo gitu baik malingsia barat ataupun timur di Unifikasi saja dibawah panji Garuda Pancasila.
        jadi namanya Republik Indonesia Raya.
        Dari wilayah Republik Indonesia ditambah bekas wilayah Inggris di semenanjung malaya dan kalimantan utara.

    • saya sokong kamu.. sejarah pernah membuktikan yang kita malaysia indonesia dan filipina hampir bersatu di bawah maphilindo.. tetapi penyatuan ini mendapat tentangan, ini karena mereka (pihak-pihak tertentu) sedar akan kekuatan kita sekiranya bersatu.. mungkin 1 dunia kita boleh takluki di bawah maphilindo.. jadi “mereka” pisahkan kita dan jadikan kita sentiasa bermusohan supaya kita terus terusan menjadi lemah dan tidak sedar akan keupayaan kita.. Kita mempunyai keupayaan yang besar untuk bersatu.. budaya sama, bangsa sama, percakapan kita hampir sama dialeknya saja yang berbeda.. sekiranya kita menghormati antara 1 sama lain dan bersatu seterusnya.. kalian saudara-saudaraku akan melihat sejarah itu bakal berubah..

    • lebih baik kita tolong saudara kita yng tertindas di selatan thai.. mereka juga melayu, juga islam dan serumpun dengan kita.. kesian mereka.. ditindas sama tentera thai..

  14. dahhhhh hajarrrrrrr!!!!

    semua gerilya PERANG CYBER!!!!!!!!

    kita Ganyang si alay-alay ke kejeniusan QTA!!!!

    MERDEKA!!!!

  15. Lebih baik mati terhormat( BELA NEGARA) drpd hidup bikin malu alias malu-maluin. Pa kita takut dg Malaysia alias malingsia binti maling sialan? Dulu bambu runcing+nasi tiwul aja bisa menang lawan Belanda, pa yg skarang makannya spageti,donat,daging bisa kalah!!? Apa mentalx X yg penakut…?

  16. Aku berasa hairan kenapa banyak sekali rakyat Indonesia yang tidak berpuas hati terhadap Malaysia. Sedarkah kamu banyak rakyatmu yang mencari sesuap nasi di negara tersebut. Buka minda dan jalan terus kehadapan…

    • mang rang mlysia gda ap yg krja d indonsia,,?
      jstru itu kt jg bnyk mmbntu mrka dngn adanya kwan2 kt bkrja dsna,
      bkn brarti kt yg hrus trma ksih.
      ngaco km too

  17. aku juga heran… kenapa sampai sekarang mau-maunya malingsial masih nunduk2 sama inggris & menjadi jongosnya sampai 2962??… hahaha… dasar mental budak.. soalnya nggak punya nyali buat nyerang inggris.. nggak berani mati secara terhormat membela bangsa… makanya malingsia nggak punya pelajaran sejarah, soalnya nggak pernah & punya pahlawan..
    eh ada ding pahlawannya.. CICAK MAN… huahahahaha

  18. Bangsa Indonesia terlalu reaktif, kayak bangsa Bar-Bar

    • anda ini orng bar-bar yg smbnyi di indonsia….
      tnya mbahmu,,wktu mrdkain indonsia ikut perang ga?
      kl ngga wajar aj kl km blng kt ky sku ba-bar,cz mbah km ngmpt wktu perang dan mgkin cm msak drumah…

  19. Reaktif itu perlu…
    supaya tak dilecehkan.

    jangan sampai kita takut sama negara boneka macam Malingsial tuh..hehe

  20. Jangan mengatas namakan Agama dalam masalah ini, inilah salah satu kelemahan kita..
    selalu menilai bahwa kita sama2 orang Islam nya, jadi gak boleh berantem!!..padahal, bangsa kita bangsa yang plural, kenapa harus dilihat “Islam” nya saja??
    lihatlah harga diri kita sebagai satu bangsa!..bangsa Indonesia!!..

    kalau kita masih dibutakan dengan istilah “Muslim Brotherhood” dan mengatas-namakan istilah itu di atas rasa Nasionalisme kita, rasanya terlalu bodoh,,dan mungkin terdengar Naif..

    dan mungkin Pahlawan kita di alam sana menangis dengan kencangnya mendengar ini..

    Coba bayangkan, bermacam2 suku dan Agama di Bangsa ini bersatu membela Negara dengan tumpah darah, demi kemerdekaan, sekarang hanya dikalahkan dengan kalimat ” sesama Islam jangan berantem”…Hey Bung, Ini Bukan Negara Islam!!..

    • atju awalnya,tp akhrnya ga bgt.
      ralat ahh……….
      kt ngara islam

    • Islam mestilah nombor satu, Dalam kubur ditanya Apa agamamu bukan apa bangsamu… faham?

      • yeah and nordin m top was a good moslem…shit man.. is your brain a cumdumpster?

      • Emang elu pernah ke alam kubur..??

  21. Bung said,klo indonesia bangsa bar bar, ente juga bar bar dong??..

    bukan masalah reaktif atau nggak,ini persoalan bangsa kita bung yang di injak”.
    mana jiwa NASIONALISME sampean?? …
    klo semua warga negara indonesia nggak bangga dengan negara sendiri dan cuma bisa menghina. gimana dunia internasional, lama” bisa ilang negara kita di caplok malingsia. wong warga negaranya sendiri aja ga bangga.
    MERDEKA!!! NKRI HARGA MATI, APAPUN AKAN KU KORBANKAN UNTUKMU NEGERI.!!!

  22. setau gw.. tari pendet itu ASELI BALI!!!

  23. Harus liat kasus per kasus, jangan terlalu reaktif.
    Contohnya pemukulan Karate kita di Malaysia … bukan main reaksi di Indoneisa sampai bakar2 bendera orang/gayang/konfrontasi dan malah menuntut PM. Abdullah Badawi minta maaf. Sampai PM. yg secara langsung minta maaf.
    kalau mau lihat kasus kan terlalu tinggi PM yang harus minta maaf. Cukup Jenderal Kepala Polisi aja udah cukup.

    Khawatir bangsa ini lama2 kena ajab, akibat keserakahan sebagian orang demi kekayaan namun mengorbankan rakyat kecil dengan pembodohan.

    • kakayaan dr hongkong??
      mang dbyar sruh komen dsni?
      kl mslah pmkln krte itu, emang hrs bgtu, jgnkn PMnya,, rajanya yg mnta maaf lbh bgus..
      pkir dong bang

  24. Tunjukkan pada negara Ri ini…

    rakyat indonesia sekarang pasrah negaranya di injak-injak negara lain…

    Lihatlah para pahlawan yang telah gugur mempertahankan Ri in, tapi kok generasi penerusnya letoy… bener kata BUNG KARNO : GANYANG MALAYSIA…!!! atau sampai kapan dan terus menrus harga diri indonesia akan di injak-injak berkali-kali dan berulang-ulang,,, kasih syock therapy…

  25. malaysia ibarat cicak…
    Walapun Indonesia diam & terus diam jgn diartikan gx brani…
    Negara ini negara bsr lebih brs dr malaysia…
    Haiyo Indonesia angkat tang”an mu gunakan merah daramu jgn biarkan malaysia mencaplok hakmu…
    Km rakyakmu & sebagai anak ibu pertiwi km siap berjuang smpai titik drh peng”abisan…
    Haiyo berjuang kt bkn pepes tu malaysia…

    • besar tak bermakna besar otaknya

  26. mas..ijin ambil gambarnya ya…
    saya juga mau buat artikel tentang malaysia tapi gak ada gambarnya…
    ijin ya mas…

    • Monggo Bung Mabro… silakan… Bravo Indonesia!!!

  27. salam kenal bang,
    Butul sekali tu, sapa yang bertindak kurang ajar harus segera ditindak, supaya tidak lebih parah, lama² nglunjak, ya nggak? so, Bersatu kita Teguh, bercerai…. ancurlah kita…..

    Salam Sukses.

  28. kita sudah lupa pada dasar negara.
    “pancasila”
    bukan sekedar panca sila. dibalik semua itu :
    1 ketuhanan yang maha esa.
    jika kita bangsa indonesia bangsa yang beragam suku dan budaya sudah bisa taat akan agamanya, dan menjalankan hakikatnya maka akan timbul :
    2 kemanusiaan yang adil dan beradab.
    setelah kita mengerti akan keadilan yang tumbuh di negara yang subur dan kaya raya ini maka akan timbul :
    3 persatuan indonesia
    karena di dalam suatu negara bisa tercipta persatuan yang penuh di dasari oleh keadilan yang merata, jika kita negara indonesia bersatu maka akan tercipta :
    4 kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah dan kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.
    karena adanya persatuan dan kesatuan indonesia maka “kita” enggan untuk melakukan yang tidak boleh dilakukan. tidak mengambil yang tak boleh di ambil. karena semuanya cinta negara maka cinta adalah anugrah yang kuasa maka cinta yang akan menjaga negara maka cinta yang akan selalu mengutuhkan kita.
    selanjutnya jika ke 4 tahap itu telah ternjunjung tinggi maka negara kita, negara indonesia akan menjadi negara yang:
    5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.
    sekian. allah akbar.
    “merdeka”

  29. Jgn slhkan org2 kt yg tlalu blebihan/ksal thd malingsia.
    Org kt bgtu krn ingin m’perthankan mrtabat bgsa ini,
    Sy kira wjar jk rkyat kt mrah sm si maling.
    Krn di ngri indonesia inilah prtama x kt membuka mata
    Dan mngkin menutup y.
    Jdi brikanlah sdikit rasa nasionalisme x an.

    • SAYA SNGAT SETUJU DGN ANDA …..
      kt mmng wajib dan hrus ky gni,,

  30. ala…banyak la…kalau indonesia tu hebat sgt..kenapa datang malaysia ramai2..menyusahkan plak tu…kalau hebat dan bagus sangat indonesia tu…sepatutnya lebih mewah dan makmur dari malaysia…sendiri mahu ingat dan fikir la…

    • memang saat ini banyak warga negara indonesia yang datang ke malaysia, tetapi, apakah anda tidak berfikir, kalau orang malaysia juga banyak yang berkunjung ke indonesia? jangan berfikir pendek bung!

      luas negara indonesia, 2 kali lebih besar dari negara saudara! 20 tahun yang lalu, orang malaysia lah yang mengemis meminta ilmu kepada orang indonesia, saat ini roda kehidupan sedang berputar, malaysia boleh berada di atas, tapi akan ada saat nya kebusukan pemerintahan kalian akan terungkap,,

      indonesia negara yang merdeka dengan perjuangan, dengan darah dan pengorbanan, jangan rendahkan kami, hanya karena kami sedang terpuruk!

      • Aku masih tak faham, bila Malaysia mengemis di Indonesia? Anda berkata tenaga pengajar dari Indonesia, tu hanya kata-kata manis anda sedangkan hakikatnya tiada tenaga pengajar Indonesia dari zaman 60 an lagi di Malaysia

    • ehhh oon..
      kl indonsia sbsar jawa barat uda kaya se dunia.ya kt brthap aj , sbar dan optimis,,
      kg skolah lo??????
      ndonsia ngara trpanjang sdunia,sdar ga lo????

      • Klu negara sahaja besar tapi tidak tahu mmemerintah apa gunanya??

        Jangan diikutkan perasaan amarah bercampur cemburu..

        Hanya kamu dan bangsa negara kamu yang mampu mengembalikan keagungan bangsa mu..tp kamu lebih mahu memburuk2kan negara jiran yang memiliki bangsa serumpun hanya kerana cemburu.

        Bukan berusaha untuk memperbaiki ekonomi dan kemajuan untuk rakyat indonesia sendiri.

        Jika rakyat Indonesia bagus tidak mungkin dihina..malah akan dipuji..terima kenyataan rakyat indonesia lebih suka beremosi, berlebih-lebihan dalam melakukan sesuatu.

        Kenapa tidak diganyang sahaja Singapura, bahkan singapura juga bukankah sebahagian dari Nusantara?? mengapa senyap..tiada berbunyi..takut sama singapura???

        Malaysia marah sama warga singapura, indonesia marah sama malaysia..

        Sedangkan singapura itu bukan negara Islam, malah proksi serta pengkalan Yahudi di Asia..

        Mengapa Indonesia double standard dalam hal ini?? mengapa mahu perangi malaysia sahaja?

        Isu tarian pendet di mulai oleh Singapura, dulu Indonesia menghentam Malaysia kerana isu itu, apabila tahu Singapura yang mulakan, terus senyap..tiada berbunyi dan bersuara..dasar dayuss..

        Dasar cemburu kejayaan Malaysia..ubah cara pemikiran kamu, kini bukan lagi masa kita untuk berperang sesama Islam, bangsa serumpun, sepatutnya bersatu, bekerjasama walaupun berlainan negara.

        Dasar orag bodoh sahaja berkata-kata serta bertindak hanya mengikut emosi dan hawa nafsu..

        Jika Indonesia mahu berperang dengan malaysia silakan…jangan ingat Malaysia akan berdiam diri..rakyat kami juga ada maruah bukan mudah untuk diperangi begitu sahaja…

        Siapa maling jika bukan kamu yang sebenarnya!!

  31. Wow, its a new thing to me and i am so shocked! painfully shocked!! i never did pay any attention at all, for past 20 years of my adult life, when i heard rumours that indonesians dont like malaysians. until today that is. i always laughed at the idea and thoughts that indonesians actually hate malaysians. it never gets into my head that such thing is possible. i always assume that we are of the same roots, same origins, same people, same rumpun, divided by modern history of western colonizations. i always assume its brothers, siblings relationships. i feel nothing strange, and still can smile, even malaysia has more than 4 millions indonesians working in malaysia, almost half illegal, in and out freely, zero documentations, via the malaysian beaches. i really took for granted all these. my family and friends, jumped and traveled to indonesia, everytime and anytime, when time & money permits. the feeling is just so homely, like popping in and out visiting your neighbour’s house. even though i have had several bad experiences with indonesians workers, running away after borrowing money, or disappeared after stealing things from my house, i always took it as “individuals”, and never lose hearts towards indonesians in general. i always felt so proud of indonesia and felt protective & even defensive, when westerners or other foreigners make comments that indonesia is corrupt, poor, backward, arrogant, small minded, etc. i wake up today. today, i bumped into several indonesian bloggers, ganyang malaysia, and read the deep hatred on malaysia and malaysians, then i realized ..ooops!! what was i thinking!! you cant take things for granted anymore. i bet there are indonesians who like malaysians out there, however, the bunch that hate malaysians, are not small, and runs deep. the impromptu ideas of always going to indonesia for holiday & visits, doesnt feel safe anymore. Greetings, befriending, and mingling with indonesian workers around me, at work or at home, suddenly feels awkward. all these while, i accepted them like relatives, brothers and sisters. even new ones that i met here and there. the impulse to send my maids to their homes every two-three months, laden with clothes, books and gifts to help out their poor relatives in indonesia, suddenly feel not right anymore. wow, i have to sit down a bit today, and digest these new things and change my views on life. disappointed, deeply and personally. when i studied and worked in australia, US, europe, and i witnessed racisms and hatreds towards asians, i really hated that. little did i know, that racisms, superiority complex, insecurity, is so strong, so close to home.

    • Jgn putus asa terhadap semua orang. Hanya kerana setitik nila, jangan lah rosak susu sebelanga..Hanya kerana segelintir rakyat Indonesia yang membenci kita rakyat Malaysia, jangan pula kita membenci mereka juga.Yang mengenali kita lebih tahu siapa kita

      • kt ga bnci masyrkat/orang malaysia, pmrinthan dan sistemnya yg kt sesali,
        mngpa ini trjdi brulang2?

  32. kapan sih mo perang ganyang malaysia nih…. gw kagak tahan lg nih…., rasanya sperti mo orgasme….

    • better u look at ur country before talking about other country. kamu memang tidak tahu bersyukur.malaysia telah berikan banyak peluang perkerjaan kepada rakyat negara kamu, tapi inikah balasannya?

      • bsnis jgn d sangkt pautkan ama hrga diri,
        anda mw jd budak kt seseorng mmbrkn uang 1000000000000 trlyun?
        cb jwb?

      • Balasan???

        Kamu baru akan lihat balasanny tatkala negaramu hancur ditangan kami..dan kamu akan menjadi wanita penghibur di negara kami…hahahaa

  33. Wahai kalian yang berkoar-koar anti-Malaysia…!!! Loe pade musti baca dulu ini website : SIVE.WORDPRESS.COM. Di sini ada ribuan bukti yang menunjukkan bahwa prinsip kalian adalah salah.

    • uda jgn sok pke politik dah?

      gda ujungnya kt debat tntng politik.
      skrng kt liat bkti nyata aj,

  34. <<< NEED DUKUN WAD SANTET ORANG2 MALAYSIA,,,

    • Sebab tu korang tak maju, suka menjadi hamba JIN

      • celana “jins” maksod lo ? ROFL

  35. Pak Roso Daras (apakah ini nama asli?) Saya izin ambil gambarnya untuk blog saya http://www.lifeschool.wordpress.com. Dimuat pada 1 Oktober 2009. Terima kasih.

  36. kalo saya setuju dengan kataan bung karno .kalo negara saya memang tidak memiliki jaty diri.saya pun sudah muak dengan negara saya sendiri.rencananya saya akan pindah kebangsaan jadi INDONESIAN saya akan ikut perang jika di perlukan!!!

    • waahh…dengan senang hati bung kami menerima anda…dan yang perlu anda ingat ..NEGARA kami adlah NEGARA yang mendapatkan kemerdekaan dengan jerih payah kami sendiri..bkn spt MALAYSIA yg di beri inggris jahanam…

      • Itu nama nya diplomasi, itu lebih bijak..

        Bukan seperi kamu hanya tahu berperang, menumpahkan darah..bangsa babarian..

        Klu Indonesia hebat kenapa sampai kini masih belum pulih ekonominya…

        Dasar cemburu kan Malaysia sahaja..cukup, klu dilayan kamu tiada ertinya, sampi bila2 pun kamu tidak kan berubah dan terus cemburukan Malaysia..

        Bukan mahukan keamanan, tp huru hara sahaja..

        Jika kamu mahukan peperangan silakan, kami bukan takut..tp kami masih percaya keamanan, diplomasi lebih penting dan ia menunjukkan tahap intelektual..bukan seperti kamu hanya tahu bermusuhan sahaja..

        Saya percaya hanya segelintir sahaja rakyat Indonesia yang berfikiran seperti kamu, yang selebihnya sentiasa mahu berjabat tangan dengan malaysia..

        Hanya golongan seperti kamu yang suka menghuru-hara, mengadu domba, mencetuskan permusuhan dikalangan bangsa nusantara ini.

        jika dilihat kembali kepada sejarah, para wali daripada tanah Jawa dan tanah Melayu sering bersahabat..

        Malah bertukar-tukar ilmu..bukan seperti segelintir daripada kamu yang hanya mengikut hawa nafsu dan emosi.

        Hanya tahu bergaduh dan berperang…malah sesama suku bangsa kamu di Indonesia pun tiada aman..sering sengketa..Mana lebih jelek?

        Bagaimana dengan peristiwa di Ambon? kenapa dibunuh wanita dan juga kanak2? adakah Islam mengajari kamu begitu?

        Sudah..hanya membazirkan masa sahaja bertengkar dengan orang2 seperti kamu..

        Wassallam.

      • indonesia negara penuh korrupsi..baik dr tingkat polisi sampai pengkantoran..banyak korrupt…i’ve experienced that..one thing for sure…kata bapak yang handle aku settle visa extension,dgn bangganya die ckp ‘inikan BUDAYA indonesia…kalau enggak diberi uang lebih,nanti entri nya ngak diproses…’mentatiliti rendah..polisi pun begitu…tanpa segan silu,minta 25ribu rupiah atau nk kena saman…hahaha…mane letak halal haram???ke diorg tak tahu mane halal mana haram???patot la byk kena bencana…buat peringatan bersama..

  37. ▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■
    ★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★

    Ternyata orang indonesia adalah yang pertama yg merantau ke bulan. Namanya Pak Selamet
    http://indobulan.notlong.com/

    ★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★☆★
    ▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■▓■

  38. lw gk usah pamer kehebatan malay lw…
    gw uda bertahun2 dsni uda tahu segalanya
    gk NEGARA lw yg hidungnya dicocok/dijajah kyk lembu oleh inggris
    gk MELAYU lw sendiri yg hidungnya dicocok/dijajah kyk lembu oleh etnis CINA
    gk MAHASISWA lw yg hidungnya dicocok/dijajah kyk lembu oleh UMNO
    gk PEKERJAAN lw yg hidungnya dicocok/dijajah kyk lembu
    oleh PATI
    gk BAHASA lw yg hidungnya dicocok/dijajah kyk lembu
    oleh BAHASA ASING (ada dosen melayu yang tidak tahu translate nama benda ke Bhs Melayu)

    so, MELAYU mana di malaysia ini…
    bhs kasar nya lw tu air mani yg kluar dari P****S suku jawa, minang, atjeh, bugis, banjar dll trus dikandangin n dipelihara oleh inggris utk membunuh sesama melayu (mksdnya abg lw NKRI)…

    • Mat Indon kena cucuk hidung kat Malaysia…haha sapa lebih malu?

      • cucuk hidung ? cucuk tanam kaleee…just get the fuck out and shut the fuck up BIRD BRAIN !

  39. hahahahahahahahahah parah parah.
    manusia gak ada akur akurnya
    masalah negara saya lebih baik lah negara mu sampah lah
    masalah agamaku paling benar agama mu sesat lah

    hahahahahahahahahahaha

    hebat lo setan berhasil menghancurkan manusia dan menyesatkan manusia hahahahahahahahahaha

    • btul ..!!!!!
      ni semua 2 gra” SETAN …
      kga bsa liat manusia damai .
      syirik bgt si SETAN ..!!!!

  40. “MAFILINDO” itulah sepenggal kalimat seorang Soekarno…sebelum Indonesia merdeka Bung Karno sempat di panggil oleh kaisar Jepang,Di tanyalah Bung Karno,berapa luas wilayah yang ingin kau merdekakan?.. lalu jawab Bung karno bekas wilayah majapahit,bila kita cermati hal itu maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Malaysia merupakan bagian dari wilayah majapahit bukti peninggalan majapahit adalah adanya alun-alun,,inilah yang harus di perjuangkan oleh Generasi penerus setelah Bung Karno untuk menyatukaan wilayah majapahit itulah sebabnya mangapa wilayah NKRI tidak di masukkan kedalam UUD45.

    Sebelun Sumpah pemuda,Taman siswo mecakup wilayah Nusantara untuk meningkatkan rasa Kebangsaan Satu Nusa,Satu Bangsa, Satu Bahasa .
    di Malaysia peninggalanya berupa adanya universitas kebangsaan dulu Malaysia belajar dengan Indonesia,hari ini Indonesia belajar dari malaysia,contahnya stratavikasi guru mengapa bisa terjadi?….karna kita belum tahu jati diri bangsa ini, contohnya BERAPA LUAS NKRI SAAT INI?..mengapa kita disebut NATION STAT?..

    UNTUK DI RENUNGKAN
    081399112284

  41. Malingsial = INDONSIAL : sama aja tuh…hahaha…

  42. indonesia kayak anjing tersepit deh…udah di lepasin malah menggigit..udah di kasi pekerjaan di malaysia malah menggigit….coba bandingkan jumlah rakyat indonesia yang ada dimalaysia dan rakyat malaysia di indonesia..ramai dong pendatang tanpa izin @ pendatang haram indonesia di malaysia malah udah capai ratusan ribu..orang indonesia emangnya suka demonstrasi jalanan…orang indonesia di malaysia juga ya suka merampok, membunuh..di malaysia orng indonsia selalunya jadi maling..ingat tuh.pikirnya pakai otak bukan emosi…

    • dooh ! and you think all MALON is a SAINT huh? you sir are a very sad sad person..i feel sorry for you..

  43. Pendatang Haram tuh khan cuma istila korang, saja banyak TKI yang asalnya legal dimanipulasi oleh toke-toke dan polis diraja Malingsia, pasportnya dan visanya dipegang oleh Pemilik perusahaan sehingga statusnya menjadi tidak jelas dan menjadi objek pemerasan polisi diraja malaysia. Dulu akupun pernah ditawari untuk bekerja diperkebunan sawit di malaysia, untung naluriku mengatakan bahwa tidak ada untungnya kerja disana, ngapain jauh jauh pergi kerja ke Malaysia kalau upahnya cuma beda 500rb rupiah. sedangkan biaya hidup disana berkali-kali lebih mahal dari pada biaya hidup di indonesia.
    Ternyata Allah SWT masih melindungi hambanya yang lemah ini.

  44. asal tau aja yah MALON merasa dirinya superior dibanding negara2x tetangga ASEAN laennye (jadi bukan ama INDO doang) kagak percaya??? MALON vs singapur masalah aer,MALON vs pilipin masalah SABAH dan MORO,MALON vs thailand masalah thailand selatan..so emang dari sononye nih MALON songong abis…tapi emang yang paling parah yah ama INDO pas DWIKORA wong kalo full scale war ‘ntu KL bisa kita dudukin kok (kalo kagak disabot pristiwa GESTOK ’65 loh)..trus kata siape MALON “bermurah hati” ngasih kerjaan ke TKI? jiahhh…propaganda UMNO..justru MALON butuh SKILL dan LABOR dari TKI…banyakan orang INDO yang jadi spesialis di perusahaan2x besar MALON (digaji sangat besar) dan buruh kasar di perkebunan2x klapa sawit..mengapa??? orang MALON tuh nature nya MALAS dan SOMBONG..AFAIK ama komen di atas gw TKI kita banyak yang LEGAK kok namun karena hukum ekonomi DEMAND and SUPPLY MALON butuh unskilled TKI dengan jumlah besar nah dari sini lah kerja sama illegal dimulai jadi 2-2 nya salah MALON salah pejabat KORUP kita juga salah !trus masalah MALON SOVERIGNITY..MALON itu kagak berdaulat krena “ruh” kemerdekaanya kagak ada seperti dikutip majalah TIMES edisi tahun 1957(bulan lupa gw) “…today we witnessed a new born nation called malaysia but the spirit of indepedency is kinda off, because the british served it a on silver platter…” LoooL…memang jaman MAHATIR dan S’HARTO masalah2x besar antar kedua negara bisa “dinegosiasikan secara kekeluargaan antar bangsa serumpun” namun hal ini dilihat oleh MALON sebagai celah untuk selalu memprovoke INDO…tipe pemerintahan,gaya politik dan manajemen ekonomi MALON persis sama dengan ORDE BARU contoh UMNO=GOLKAR,pers dibungkam,ekonomi di kasih ke orang tionghoa tapi hak politik mereka dikebiri,diskriminasi ras terselubung warga non MELAYU jadi warga kelas 2..saya akan sampaikan hal yang menarik tentang asal usul kerajaan melaka, tahukah bahwa moyang orang MALON modern skarang asalnya dari majapahit ? what de fuck ? yuppp bener skali namanya PARAMESWARA yang berdomisili di palembang..si P ini jadi buruan orang2x majapahit pusat di jawa karena dituduh memberontak si P dan konco akhirnya kabur ke temasek dan jadi bajak laut, sekian lama jadi bajak laut bosen juga doski maka pindah ke semenanjung malaya dan masuk Islam lalu mendirikan kerajaan MALAKA..so basically MALON is just a SELF HATING JAVANESE ROFL..

    • mantab mas

  45. haha bodoh punya Indon, Sembawang tu berada di Singapore..manakala Kanji dan Loyang Yurongbukittombok, Mount Faber seumur hidup aku tak pernah dengar ada di Malaysia.

    Kalau dah ada Lombok tu Indon yang punya hahahaha

    • just suck your grand pa’s DONG shit cunt ! liat dolo perjanjian itu dibuat kapan pa’cik.. itu taon 1963 ! MALON ama singapur masih jadi satu dalam FEDERASI MALAYSIA ! well MALONERS gonna MALON anyway..intelegensia orang MALON emang sungguh menyedihkan so you better READ some credible HISTORICAL source than your crappy VERSION of MALON history ! seperti yang saya telah tulis di atas moyang pa’ cik itu orang majapahit dari PALEMBANG SUMSEL jadi tak usah gaduh laaa..

      • Siapa kata semua nya dari majapahit?

        Dari langkasuka, kampucia, ayuthia mahu diletakkan dimana?

        dasar dungu..

    • Biarkan saja…. sedang ada Malingshit pamer kebodohan…..

    • .MALON itu kagak berdaulat krena “ruh” kemerdekaanya kagak ada seperti dikutip majalah TIMES edisi tahun 1957(bulan lupa gw) “…today we witnessed a new born nation called malaysia but the spirit of indepedency is kinda off, because the british served it a on silver platter…” LoooL…

      tahukah bahwa moyang orang MALON modern skarang asalnya dari majapahit ? what de fuck ? yuppp bener skali namanya PARAMESWARA yang berdomisili di palembang..si P ini jadi buruan orang2x majapahit pusat di jawa karena dituduh memberontak si P dan konco akhirnya kabur ke temasek dan jadi bajak laut, sekian lama jadi bajak laut bosen juga doski maka pindah ke semenanjung malaya dan masuk Islam lalu mendirikan kerajaan MALAKA..so basically MALON is just a SELF HATING JAVANESE ROFL..

  46. kpan dmainya sih ..???
    bosen tau dnger orang Malay jlek”in Indon..
    bosen tau dnger orang Indon jlr”kin Malay..

    Pda tahu ppatah “BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KITA RUNTUH” kga si ..???

    klu tau, mnding d trapin aj deh ..
    Ayo kta brsatu (Indon&Malay) utk mnghancurkan pngadu domba kta..

    apa klian kga ngrasa klu kta cu5 di adu domba supaya kta slg brmsuhan .??

    • ada juga malon yang sering ngadu domba :( contoh yang paling deket si safee striker malon itu WNI sebelom masuk timnas MALON dan jadi wn MALON lha ortunya WNI kok,trus napa bisa gitu? MALON punya CAPITAL mereka bisa membeli orang2x indo yang berbakat, satu lagi di perbatasan kalimantan serawak banyak penduduk yang menyebrang dan berganti kewarga negaraan karena diimingi oleh uang yang lumayan banyak lalu menjadi askar penjaga perbatasan… sapa seeh yang kagak mao duit banyak ? ketimbang di indo sendiri idup nelangsa…money talks baby..liciknya malon bila suatu saat terjadi konfrontasi jilid 2 mereka mengerahkan para ex WNI sebagai canon fodder menghadapi bangsanya sendiri…

  47. kalo menurut ane sih gan!, negara malaysia itu negara yang hebat..! , yah sama lah kayak anjing hebatnya!!

  48. malaysia itu negara bodoh yg ga bisa melawan penjajah!!
    lawan inggris aja ga bisa!!!!!!!
    malon juga mengklaim budaya2 indo,,memang mereka ga punya budaya?
    mengklaim wilayah!!!!!!!!!!!!!!!
    dasar negara photocopy!!!!!

  49. tidak baik kita bermusuhan kitakan berjiran…

  50. Sebagai umat Tuhan, yang beriman lagi berakal, saya yakin, kalau segala pandangan sentiasa menjurus kepada jalan Maha PENCIPTA lagi PENGASIH, kita semua akan merasai kebaikan serta menikmati kedamaian yang selalu kita idamkan. :-)

  51. Malaysia sudah beratus tahun dijajah, 31 Ogos yang lalu Malaysia baru saja menyambut kemerdekaannya yang ke-54. 54 tahun belum cukup menggantikan penderitaan yang dialami oleh rakyat Malaysia ratusan tahun dahulu. Saya yakin rakyat Indonesia sudah lebih awal merasai kebebasan, seharusnya kita bersyukur atas kebebasan yang kita rasai ini. Jangan hanya nila setitik rosak susu sebelanga, jangan hanya salah faham yang sedikit rosak persaudaraan kita. Mari berdamai.

  52. Kita tidak pernah kehilangan Sipadan Ligitan karena pulau itu bukan milik kita. Sipadan Ligitan tidak pernah masuk dalam Deklarasi Djuanda maupun UU No.4 Prp/tahun 1960.

    Masalah mengenai batik, rendang (dikenal dengan Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional) sudah pasti memiliki kesamaan, karena lingkup geografis. Namun, jika diperhatikan batik yang Indonesia miliki dan Indonesia miliki itu berbeda. Indonesia punya batiknya sendiri dan Malaysia punya batik mereka sendiri.

    Masalah caplok mencaplok pulau itu sebaiknya diteliti terlebih dahulu. Sampai saat ini, masih banyak sengketa perbatasan antara Indonesia dengan negara-negara tetangga yang belum selesai.

    Ada baiknya kita tidak terprovokasi media ato berita yang tidak kita verifikasi sebelumnya.

    Apa Indonesia tidak ada kesalahan? Banyak. Bisa saja saya jelaskan apa saja kesalahan negara kita yang mempengaruhi negara-negara tetangga (termasuk Malaysia), tapi apa gunanya selain menambah perdebatan.

    Mari jaga perdamaian regional.

    • maaf gan komennya terkesan “santun dan bijak” namun ada error sdikit sipadan dan ligitan memang masih status quo kalo dilihat dari sejarah masa belanda dan inggris,tarik ulur masalah kepemilikannya justru rame waktu jaman SUHARTO,kalo enggak salah skitar tahun ’78 malon membuat peta perbatasan mnurut versi mereka sendiri,hal ini diprotes oleh indo namun tidak terekspos karena kedua negara adalah anggota ASEAN…diplomasi sangat alot karena malon ngotot dengan pendirian mereka..tarik ulur trus terjadi dimana sipadan dan ligitan terabaikan oleh pemerintah ORBA (enggak tau alasannya apa nganggap remeh atau terlalu naif?) sampai diam2x malon membuat bangunan resort sederhana dng bendera malon berkibar,inipun blm ada respon dari pemerintahan ORBA sampai kasus ini berangkat ke mahkamah internasional tahun 2002 dan indo kalah

  53. maiagkkkkkkkk malaysia

  54. masalah malaysia adalah juga masalah Inggris,dan masalah Inggris adalah juga masalah amerika?apa yg terjadi jika rencana angkatan kelima ide PKI dijalankan?adalah adanya tambahan angkatan perang Indonesia yg terdiri dari jutaan kaum buruh tani yg dipersenjatai?malaysia bisa menjadi terigu?apakah intel amerika tidak tahu rencana ini?tentu tahu?apakah mungkin ya G30S terkait proyek ganyang malaysia?amerika dan Inggris tentu tidak akan rela malaysia hancur menjadi terigu.dan jawabnya adalah bubarkan PKI.

  55. aku tidak bermaksud memihak komunis?aku tidak tahu apa itu komunis?dan penelitian wong goblok ini menghasilkan fakta aneh?komunis adalah faham yg tidak bisa sejalan dg liberalis?anehnya,hampir seiya dg nasionalis?mengutamakan kebersamaan?sdg liberalis,mengutamakan kebebasan.hanya karena ini sajakah terjadinya banyak perang?jika aku menjadi kamu dan kamu menjadi aku.sebaiknya kita lebih memilih faham yg mana?negara ini sukses kena tipu politik imperialis,yg karena identik rampok,diperhalus menjadi liberalis

  56. kebebasan seperti apa sih?yg dimaksud kaum imperialis yg menjelma menjadi liberalis?apakah termasuk menjadi tuan tanah di negara orang?bebas mengeksporasi kekayaan alam negara lain dg membawa serta hukum negaranya menancap di tanah negara tersebut?menciptakan iklim industri ditanah yg kaya akan sumber alam?dan menjadikannya negara kuli?jika freeport tidak harus patuh hukum Indonesia,apa sih arti dari tanah yg diatasnya adalah berlaku hukum bangsa asing?apa status tanah tersebut jika bukan tanah jajahan?

  57. kapan ya diterbitkan buku sejarah yg sesuai fakta?lalu di ajarkan disemua sekolah dasar di negara ini,dan di dok pakai stempel dari godam oleh depdikbud?G30S itu bukan pemberontakan,tapi pembersihan faham komunis oleh amerika lewat CIA,atas dasar penyelamatan aset negaranya yg ada di tanah ini?yg terancam akan digunduli oleh rakyat Indonesia?sepertinya itu tema yg lebih pas?menyangkut G30S,1965?dalangnya nggak terlalu penting?tapi maksudnya?memberlakukan aturan hukum bangsa amerika diatas tanah papua?

  58. kenapa amerika menggunakan jasa “our local army friends”demi menggagalkan proyek ganyang malaysia?karena tentara mereka sedang sibuk perang melawan vietnam?mungkin kata amerika pd Inggris,waduh bro?gmn nih tentara kami sendiri sedang kocar kacir dilabrak tentara vietkong?kami juga sibuk perang?nggak sempet ngebantuin malaysia?jawab Inggris:tapi boss,Indonesia punya rencana gawat?mau membentuk angkatan kelima,terdiri dari ribuan buruh tani dipersenjatai?bisa hancur malaysiaku?USA:mmmmh?money politik aja?

  59. kebebasan seperti apa sih?yg dimaksud kaum imperialis yg menjelma menjadi liberalis?apakah termasuk menjadi tuan tanah di negara orang?bebas mengeksplorasi kekayaan alam negara lain dg membawa serta hukum negaranya menancap di tanah negara tersebut?jika freeport dan perusahaan amerika lainnya tidak harus patuh pada hukum Indonesia,apa sih arti dari tanah yg diatasnya adalah berlaku hukum bangsa asing?apa status tanah tersebut jika bukan tanah jajahan?,,,sedikit renungan atas kata “merdeka”.

  60. bisakah ideologi suatu kaum itu mati?yg salah satunya,memburu gold,glory,gospel?hanya orang tolol yg tidak tertarik akan emas?dimana tempatnya?Indonesia punya yg terbanyak?kasihan aja rakyatnya?dalam politik rakyat hanya dijadikan tumbal kepentingan perebutan kekuasaan?atas apa?ya emas itu tadi?bukan faham ini itu?bahaya laten komunis?bagi siapa?adalah bagi aset bangsa asing?amerika itu licik bin pengecut?mereka ingin tampak suci,dg tangan yg sesungguhnya berlumuran darah jutaan manusia Indonesia,pd th 1965

  61. aku khawatir faham suatu kaum yg berazas,gold,glory,gospel,masih eksis.atau apakah kecelakaan bangsa ini berawal dari ideologi tsb ya?konon biarawan asal roma yg merantau ke tanah jawa di era majapahit melihat istana kerajaan di jawa dipenuhi emas?begitu pulang kenegaranya tentunya ngoceh donk?lalu datanglah belanda monyetisme 3G kemari?dan dibenak mereka waw?banyak sekali buah rambutan manis di sini?sedih jika membayangkan kita merasa merdeka?dg fakta?kita yg punya pohon mereka yg makan buahnya.

  62. cari pembenarannya saja?supaya tidak salah faham antara malaysia dg Indonesia.apa kira kira alasan bungkarno mencetuskan ide ganyang malaysia.apa juga yg akan dilakukan malaysia andai bangsanya hendak dikepung kekuatan asing yg sewaktu waktu siap menghancurkan bangsanya karena di tanah bangsa tersebut terkandung banyak sekali emas.balik lagi ke ideologi imperialis dg missi gold,glory,gospel.yg gospel ini bahaya?menyebarkan agama?sepertinya Indonesia sdh hancur dari dulu jika Islam bukan mayoritas disini?

  63. gold,glory,gospel.imperialis 3G punya PR rumit?menyebarkan keyakinan agama yg lebih benar?salah satu caranya,hancurkan selainnya yg ada?golden di Indonesia banyak?bisa menghasilkan glory?tapi susah menancapkan gospel disini?caranya jahat sekali,diberinya Islam gelar terroris?imperialis 3G punya missi berat,di Indonesia,tidak semudah menghapus komunisme?sebaiknya jangan mau diadu domba imperialis 3G?seperti yg pernah terjadi di Indonesia antara tentara dan PKI?malaysia dg Indonesia mayoritas kaum muslim?

  64. sejarah kokberdasarkan kira kira?aku Islam,musuhku yg memusuhi Islam,bukan malaysia?malaysia mayoritas muslim?ganyang malaysia sendiri,oleh bungkarno sepertinya dialamatkan pada Inggris,yg hendak menjadikan malaysia pos satpamnya?guna mengintai negara Indonesia.aku nggak yakin pembubaran PKI terjadi,lewat sabotase oleh CIA,jika amerika kala itu tidak sdg perang dg vietnam?mungkin amerika akan menyerang Indonesia lewat malaysia.berhubung tentaranya sedang sibuk?jadinya nggak sempat?digembosi aja kekuatan RI?

    • errr…maksut ente apa yak ? abisan panjang bener seeh komen ente :)

  65. Termenung sejenak baa komentar “rinto ermanda”

    ada benarnya juga Bung!

  66. SEMUA TERGANTUNG PEMIMPIN2 NEGARA&PARA DIPLOMAT2 BANGSA INDONESIA. MASIH PUNYA NASIONALISME&HARGA DIRI &KEBANGAAN SAMA TANAH AIR INDONESIA RAYA TIDAK..? KLW RAKYAT GMANA YG MEMIMPIN…. IBARAT SENAPAN&PELURUH NYA.. KALW KOMPAK DI JAMIN MANYOSS. JANGAN KAN MALAYSIA LINGGIS SETRIKA AJA BS KT LAWAN… SEJARAH MEMBUKTIKAN RAKYAT INDONESIA MAMPUH MEMULANGKAN PEJAJAH BULE2 SINTING. SISIPIT NIPON… YAKIN KAN DIRI KLW INDONESIA ADALAH BANGSA YG BESAR. CUMA IYA BELUM BISA MENEMUKAN PEMIMPIN YG BER NYALI BESAR… SEPERTI BUNGKARNO& JENDRAL BESAR SUDIRMAM&DIPLOMAT BESAR SEPRTI PAK ALI ALATAS.

  67. Persahabatan dan perdamaian antara Indonesia dengan Malaysia harus ditingkatkan, supaya perniagaan dan perdagangan antara Indonesia dengan Malaysia bisa bertambah banyak dan bertambah baik

  68. Hahahaha ………………. Negara Maling, Negara Lemah, Negara copy paste, Negara Dancok. Bendera Juga hasil ngopy punya nya Amerika, Lambang a mirip ama kerajaan Belanda, Harimau nya itu harimau sumatra, lagu kebangsaan nya ngopy lagu Indonesia, woi sadar diri donk Negara loe tu kalo nggak di beri Inggris sampai sekarang gak bisa merdeka tau, mendingan Indonesia merdeka karena Tumpah darahnya sendiri, Negara Maling, lemah Boneka, yang bisanya cuma copy paste aja, helllooooowwwww ……….. 2012 kaleeee copy paste gak kreatif banget, trus mantan perdana menterinya suka SODOMI haduh malu” in aj.

    KOK MALING KEMANA – MANA
    KOK MALING KEMANA – MANA
    MALU DONK, MALU DONK
    BISANYA CUMA COPY AJ
    ITULAH MALENGSIALLLLLLLL …………… !!!!!!!!!!!!!

    FUCK MALAYSIA DANCOK
    PUKI PUKI MALENGSIALLLLL …… !!!!!!!!!

  69. KITA BANGSA INDONESIA
    JANGAN MAU KALAH DARI B.O.N.E.K.A.
    HAI SEMUA BANGSA INDONESIA MARI KITA RAPATKAN BARISAN
    SATUKAN SEMANGAT

  70. Bebas berbicara itu bagus, lebih bagus lagi kalo yang berbicara itu orang yang benar2 tau situasi (tau kebenaran dari sumber terpercaya, bukan cuma dr blog bbrp orang/searching google).
    Jika cuma ikut2an, mungkin diam lebih baik dan cari tau kebenarannya.Karena kalau kita salah, maka bisa jadi kita yang menjadi “penjahatnya”. Mungkin kebanyakan sebagian orang tak peduli efek dari yang dikatakannya, karena dia sendiri memang ingin jadi “penjahatnya”.

    *Tidak sedikit pemilik Blog di luar sana yang memang menulis untuk menyebarkan kebohongan dengan berbagai tujuan.
    So, be aware guys!
    (maaf nih pemilik blog, gk lagi ngomongin anda….^^)

  71. bruaakakakaak….aneh ya…wrga indon nie bnyak pngetahuannya tntang malaysia…tp pngetahuan itu smuanya seleweng…heyy,kaji dlu sjarah ngara sndiri…jgn sibuk sjarah ngara orang lain..

    • ente sendiri juga belon tau banyak ttg sajarah negeri ente khan? :P mangkanya jngan sok klaim mengklaim lah pa cik

  72. Thank’s Infonya bung..

  73. Kita negara berdaulat kita Akan pertahankan kedaulatan ini walaupun nyawa jadi taruhannya negara kita perdamian tapi lebih memilih kedaulatan Indonesia siapa pun yg merorong kedaulatan negara kita kita siap untuk mengganyangnya MERDEKA

  74. Mari kita bangsa INDONESIA bersatu … Islam,Budha,Konghuchu,hindu, dan kristen/katolik bersatu untuk menghancurkan MALAYSIA..”

  75. salam…malaysia bukan boneka british…kami cuma sertai commonwealth xbermaksud jdi boneka british habis bagaiman dengan negara india ..india ahli commonwealth…kenape tak kata india itu boneka inggris…kalo macam itu jadi indonesia,Malaysia dan seluruh dunia ahli United Nation jdi kita semua boneka amerika gitu….satu lagi Sabah dan Sarawak bersetuju untuk menyertai malaysia melalui undian rakyat sabah dan sarawak….JADI KEPADA RAKYAT INDONESIA SEBELUM MENGHUJAT PERLU TERLITI DAHULU LOGIKNYA..JNG MAHU JADI AHLI SEJARAWAN MALAYSIA….BACA DULU WIKIPEDIA TAU NGAK…SALAM DAMAI SAYA XSUKA GANYANG2 DAN BERDEMOSTRASI BUANG MASA…BAIK SAYA MENYUMBANG SESUATU UNTUK NEGARA…

    • maaf pa/ma ‘cik wiki bukanlah “reliable source”, malaysia federation is pushed by the brits without any discussion with the indonesia and the philipine government first, the “refendum” which done in sabah and serawak was rigged without people consent….ini dibuktikan dengan keluarnya (dikeluarkan ?) singapur dan brunei dari federasi dikemudian hari…malaysia boleh saja menghapus bagian sejarah ini tp tidak semua orang akan percaya :) dengan kasus lahad datu tempo hari, legalitas sabah dan serawak akan tetap dipertanyakan di dunia internasional

    • Dungu dipiara!UN itu persatuan bangsa2,united nations!Not commonwealth nations! Indonesia tidak tergabung dalam perserikatan dengan negara manapun yg pernah jajah Indonesia.Tidak seperti malingsial. Saya juga suka damai,tapi tergantung juga siapa yg ajak damai.Malaysial suka berulah,tapi di mulut bilang damai.Suatu hari akan hancurlah negara malaysial ini.Roda kehidupan berputar,tunggu saja :)

  76. Majukan negara kalian dulu………x payah jg tepi kain orang………bela bangsa dan agama kalian………jgn porak perandakan negara…perbaiki kesilapan diri…….x guna klu cuma pndai bercakap je…….

  77. Apa yang akan terjadi kalau sabah dan sarawak berada di bawah indonesia?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 327 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: